Kenapa Tidak Ada Kebencian Di Antara Para Penganut Agama-Agama Tionghoa Di Indonesia?


Ada 3 organisasi agama Tionghoa di Indonesia yaitu: MATAKIN (Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia), PUTI (Paguyuban Umat Tao Indonesia) dan MTI (Majelis Tridharma Indonesia). Di luar ketiganya adalah Cung Cung Cap.

Agama Tiongkok kuno adalah agama yang dilembagakan dan dijadikan hukum (xiàn 憲) oleh Kelima Kaisar (wǔdì 五帝) lalu disebarkan (yán 言) oleh Ketiga Raja (sānwáng 三王) serta dilestarikan oleh ketiga dinasti (Xià 夏, Shāng 商 – Yīn 殷, Zhōu 周). Ajaran dan sejarahnya tercatat dalam kitab Wǔjīng 五經 (Kelima kitab).

Khonghucu (551 SM-470 SM) menghabiskan waktu 13 tahun keliling Tiongkok guna mencari kitab-kitab yang tersebar di antara para ahli waris dinasti Xià, Shāng dan Zhōu dan menyalinnya. Khonghucu lalu mengelompokkan kitab-kitab itu menjadi lima kitab yang diberi nama Wǔjīng 五經 (Kelima kitab).

  1. Yìjīng 易經 – Kitab Perubahan
  2. Shūjīng 書經 – Kitab Sejarah
  3. Shījīng 詩經 – kitab Sajak
  4. Lǐjīng 禮經 – Kitab Kesusilaan
  5. Yuèjīng 樂經 – Kitab Musik

Hanya raja suci (Shèngwáng 聖王) yang berhak menetapkan tradisi sembahyang (zhì jìshì 制 祭祀) Tiongkok. Itu sebabnya sejak Kaisar Zhōu yōuwáng 周 幽王 (781 SM – 771 SM raja terakhir dinasti Zhou barat) mengaku tidak mendapat Firman (tiānmìng 天命) dari langit yang di atas (Shàngtiān上天 – shàngdì 上帝) untuk menjadi kaisar (Tiānzǐ 天子 – putra langit) tidak ada ajaran baru lagi. Bahkan saat kaisar dinasti Han mengubah kalender Zhōu ke kalender Xià tidak ada perubahan ajaran agama sama sekali.

Dengan fakta-fakta sejarah tersebut di atas maka tidak sulit bagi siapa saja untuk menguji apakah klaim suatu isme bahwa ajarannya adalah ajaran agama Tiongkok kuno benar-benar ajaran agama Tiongkok kuno? Bertentangan dengan ajaran agama Tiongkok kuno adalah bukti bahwa itu bukan ajaran Tiongkok kuno.

AGAMA KHONGHUCU

Seumur hidupnya, Khonghucu (551 SM-470 SM) hanya mengarang satu kitab yaitu kitab sejarah Chūnqiū jīng 春秋 經 (Kitab Musim Semi Dan Gugur). Kitab itu dimuliakan oleh umat Khonghucu sebagai kitab suci mendampingi Kelima kitab (Wǔjīng 五經) dimana Kitab Musik (Yuèjīng 樂經) hilang waktu pemusnahan dinasti Qín 秦 (221 SM–206 SM). Makanya saat ini kitab suci umat Khonghucu disebut Kelima kitab (Wǔjīng 五經).

Saat Khonghucu wafat, murid-muridnya melakukan perkabungan 3 tahun di makam beliau. Mereka sangat berduka sehingga masing-masing melampiaskan dukanya dengan mengenang kebersamaanya dengan Khonghucu. Catatan-catatan itulah yang saat ini kita kenal sebagai kitab Lúnyǔ 論語 (Ditanya Maupun Tidak ditanya).

Murid Khonghucu yang bernama Zēngzǐ 曾子 menulis kitab Dàxué 大學 (Ajaran Besar). Cucu Khonghucu Zǐsī 子思menulis kitab Zhōngyōng 中庸 (Tengah Sempurna). Murid Zǐsī 子思 yang bernama Mèngzǐ 孟子 menulis kitab Mèngzǐ 孟子. Keempat kitab itu pun dimuliakan sebagai kitab suci Khonghucu dengan judul: Sìshū 四書 (Empat Risalah).

Guru (zǐ 子) berkata, “Hanya memberitakannya (shù述), tidak mengarangnya (zuò作) karena aku yakin (xìn信) dengan kebaikan (hǎo 好) ajaran kuno (gǔ古) itu dan diam-diam aku meneladani sahabat tuaku (lǎopéng老彭) itu. Lun Yu VII:1 – Shuer

Khonghucu sendiri menyatakan bahwa dia hanya memberitakan, tidak mengajarkan ajaran baru. Siapa saja bisa menguji yang tercatat di dalam Sìshū 四書 (Empat Risalah) dengan membandingkannya dengan Wǔjīng 五 經 (Lima Kitab). Memang tidak ada ajaran baru.

Bagaimana dengan agama Khonghucu Indonesia? Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, meskipun mengklaim menyembah Langit (Tiān 天 – yang maha tinggi) dan nenek moyang (zōng 宗) sesuai ajaran Tiongkok kuno namun mereka juga menyembah yang tidak disembah bangsa Tiongkok kuno yaitu: Menyembah Khonghucu, Malaikat Tungku (zàoshén 灶神 – zàojūn 灶君) dan Malaikat Bumi (Fúdé zhèngshén 福德 正神).

AGAMA DAO

Pada tahun 142, di provinsi Sichuan, Zhang Daoling 张 道陵 mengumumkan kepada dunia bahwa Lǎozi 老子 (570 SM-470 SM) bukan hanya telah menampakkan diri kepadanya bahkan memberinya amanat untuk membersihkan dunia dari kemerosotan dan mendirikan negara baru yang warganya hanya terdiri dari orang-orang terpilih (240.000 orang). Gerakan Zhang Daoling itu disebut Jalan Lima Gantang Padi (wǔ dǒu mǐ dào) karena yang mau bergabung harus menyumbang lima gantang padi agamanya disebut Tiān shī dào 天師道 (Jalan Guru Langit).

Zhang Daoling benar-benar kurang ajar. Bukan hanya mencatut nama Laozi, dia juga mencilok kitab Dàodé jīng 道德 经. Ajaran Dàodé jīng (Kitab Jalan dan Kebajikan) sangat ilmiah dan tidak takhayul sama sekali sementara ajaran Tiān shī dào (Jalan Guru Langit) isinya takhayul. Lǎozi menampakkan diri adalah takhayul alias cerita khayalannya. Meskipun Zhang Daoling mengaku sakti dan abadi namun sebenarnya dia bukan hanya tidak sakti sama sekali bahkan akhirnya mati.

Agama Dao memang lahir di Tiongkok tahun 142 namun bukan agama Tiongkok kuno karena ajarannya bukan hanya berbeda namun bertentangan dengan ajaran kitab Wǔjīng 五 經 (Lima Kitab).

AGAMA TRIDHARMA

Agama Tridharma dirintis oleh Kwee Tek Hoay (guō dé huái 郭 德 懷) di Batavia pada tahun 1920 dengan nama Sam Kauw Hwee (sān jiào huì三 教 会) artinya Perkumpulan Tiga Agama karena ingin membendung Kristenisasi atas orang Tionghoa Nusantara dan kecewa dengan umat Khonghucu yang menolak untuk menyembah Buddha dan para dewa-dewi agama Dao.

Yang dimaksudkan dengan tiga agama dipeluk menjadi satu (sānjiào héyī三教 合 一) adalah: Agama Khonghucu, agama Buddha dan agama Lo cu (lǎozi 老子) yang saat ini disebut agama Dào道.

Agama Tridharma bukan agama Tiongkok kuno karena sebagian ajarannya bertentangan dengan ajaran kitab Wǔjīng 五 經 (Lima Kitab). Agama Tridharma adalah agama takhayul yang menyembah dewa-dewi. Takhayul terbesar umat Tridharma adalah “membendung Kristenisasi” atas orang Tionghoa. Ha ha ha …

AGAMA CUNG CUNG CAP

Cung cung cap adalah umat agama Tiongkok kuno yang walaupun sudah tidak tahu ajarannya namun kekeh jumekeh beribadah dengan tulus dan setia karena percaya bahwa leluhur (zǔ祖) dan nenek moyang (zōng 宗) mustahil mencelakai anak cucunya, itu sebabnya kita terus menjaga tradisinya karena itu berguna.

Cung cung cap adalah singkatan dari: Ngacung ngacung tancap. Itulah cara orang Tionghoa sembahyang pakai hio (dupa), setelah hionya diacung-acungkan ke langit langsung ditancapkan ke hiolo (tungku). Untuk apa melakukan hal demikian? Itulah cara Tionghoa memberi hormat.

Saat ini, banyak Tionghoa yang sudah terkontaminasi ajaran Kristen sehingga saat memberi hormat mereka berdoa minta rejeki. Menurut kesusilaan (lǐ 禮) Tionghoa, perilaku demikian, kurang ajar sekali. Saat cung cung cap, kita sedang memberi hormat. Saat memberi hormat, kita harus memberi hormat dengan tulus dan penuh hormat. Mustahil anda memberi hormat kepada Presiden Jokowi sambil minta sepeda, bukan? Perilaku demikian tidak tulus dan kurang ajar namanya.

Orang cung cung cap hanya melakukan sembahyang meneladani perilaku leluhurnya. Karena tidak diajari, itu sebabnya mereka tidak tahu ajarannya. Karena sejak kecil diajari pantang makanya mereka tidak berani melanggarnya.

Dari generasi ke generasi lebih dari 2000 tahun berlalu, mereka tidak memahami ajarannya namun melakukannya dengan tulus dan setia adalah bukti betapa HEBATNYA agama Tiongkok kuno. Ketulusan ibadah saudara-saudaraku itulah yang selama ini mendorong semangatku untuk bersusah payah mempelajari kitab-kitab Tiongkok kuno (Sìshū 四書, Wǔjīng 五 經, Dàodé jīng 道德 经, Mòzǐ 墨子, Zhuāngzǐ 庄子, Lièzǐ 列子, dll) dengan harapan, suatu hari nanti aku mampu mengajarkannya dengan gamblang.

15 thoughts on “Kenapa Tidak Ada Kebencian Di Antara Para Penganut Agama-Agama Tionghoa Di Indonesia?

  1. orang rumpun ras mongoloid (tiongkok,mongolia,korea,jepang,vietnam) yg menganut agama langit/samawi umumnya memilih satu agama kalau kristen ya kristen saja, islam ya islam saja sedangkan yg milih agama timur ini paling unik mungkin satu-satunya di dunia menganut lebih dari satu agama tanpa konflik apalagi perang antar agama yg menewaskan ribuan/jutaan orang, gimana mau perang karena dipercaya Lao zi pergi ke barat bereinkarnasi jadi sakyamuni, Kong zi juga dipercaya reinkarnasi budha, yg paling populer guan yin, guan yu dipercaya oleh ketiga agama juga unik bukan. kalau ada yg mengklaim dari sekian ribu agama yg ada di dunia agamanya paling benar, wahyu tuhan langsung mungkin diketawai anak cucu kita kelak karena demikian mudahnya mencari informasi mengenai setiap agama di era digital ini.memperdebatkan tuhan sama dengan memperdebatkan dimana ujung alam semesta ini? tnis rumpun mongoloid yang memilih agama timur umumnya milih lebih dari satu menurut negara/wilayah :

    China Tibet menganut: budha+bon+tao+konghucu

    China Han menganut : budha+konghucu+Tao

    China Taipei :budha+konghucu+tao+zhen fo zong+i kuan tao

    Mongolia : budha+Shamanisme

    Korea : budha+konghucu+shamanisme

    Jepang : budha+shinto

    Vietnam : budha+konghucu+tao+chaodao

  2. Agama Tiongkok kuno memang sangat berbeda dibandingkan dengan agama-agama lain, apalagi agama Kristen dan Yahudi. Masalah utama saya saat hendak mengajarkan ajaran agama Tiongkok kuno kepada masyarakat adalah masyarakat sudah dipengaruhi cara berpikirnya oleh agama-agama masehi, itu sebabnya saya mulai dengan mengajarkan dan menguliti Alkitab.

    Tahun ini, sudah waktunya. Saya sudah menemukan jurusnya. Makanya makin hari tulisan saya akan makin BULAT dan lengkap dan cara berpikir tiongkok kuno sudah terbukti sangat mujarab waktu dipakai untuk menguliti ajaran Alkitab.

    Sabarlah bro.

  3. agama tiongkok itu unik, tidak dogmatis harus begini-begitu, bukan agama missionaris yg gemar cari pengikut sehingga selama 2500 thn cuma dianut oleh rumpun ras mongoloid maupun ras mongoloid yg kawin campur dg suku bangsa lainnya, ajaran lebih mementingkan etika, moral, kesusilaan.
    secara tidak langsung produk agama tiongkok menyebar ke seluruh dunia seperti kungfu, wingchun, zen,logika fengsui, seni kaligrafi, cara sembahyang sujud agama tiongkok ada juga ditiru kepercayaan/agama lain di dunia.

    dari berbagai sumber tiongkok hari ini jadi negara paling maju di dunia jika diukur dari banyak variabel itu walaupun ideologi komunis tapi tetap berbasis konfusianisme. walaupun sekuat tenaga penyebar agama dari beragam kepercayaan luar tiongkok mencoba mengkonversi masyarakat tiongkok namun selalu gagal tak bisa melebihi 5% pengikut bahkan cenderung menurun. berbeda dg tionghoa rantauan demi kemudahan kehidupan, ekonomi, pendidikan, terlebih alasan politik cukup banyak yg pindah dari keyakinan leluhur adapula cuman keyakinan di ktp saja yg diganti.

    kembali kepada judul kenapa tidak ada kebencian antaragama tionghoa karena lao zi, kong zi tidak pernah mengajarkan :akulah kebenaran….., atau akulah satu-satunya jalan, tidak ada pula ancaman jika tidak percaya ajaranku nanti kau masuk neraka. jika kita amati berita di tiongkok ajaran kuno masih lestari seperti festival musim semi,festival hantu kelaparan, festival perahu naga, patung-patung tertinggi sejagad bertebaran di tiongkok yg tingginya hampir 200 meter seperti patung lao zi, kong zi, amitabha, avalokitesvara

  4. memangnya harus ada ya kebencian di antara penganut agama tionghoa ? Judul yang aneh

  5. bengcu jahat bohong fitnah dosa ke neraka ❗❗❗❗

    bengcu jahat bohong fitnah dosa ke neraka ❗❗❗❗

    bengcu jahat bohong fitnah dosa ke neraka ❗❗❗❗
    ❗❗❗❗
    bengcu pembohong pemfitnah ❗❗❗❗

    babi anjing bengcu jahat tidak baik ❗❗❗❗

    bengcu buat dosa pasti di hukum ke neraka ❗❗❗❗
    ❗❗❗❗
    bengcu jahat bohong fitnah dosa ke neraka ❗❗❗❗

    bengcu jahat bohong fitnah dosa ke neraka ❗❗❗❗

    bengcu jahat bohong fitnah dosa ke neraka ❗❗❗❗

  6. bengcu provokator kerusuhan ❗

    bengcu jahat tukang adu kambing ❗

    bengcu pembohong pemfitnah dosa ke neraka ❗

    LAPOR bengcu KE POLISI ❗❗❗❗

    POLISI TANGKAP bengcu ❗❗❗❗

    CURSED BENGCU DEAD PUNISH TO HELL FOREVER❗❗❗❗
    ❗❗❗❗
    bengcu jahat bohong fitnah dosa ke neraka ❗❗❗❗
    ❗❗❗❗
    bengcu pembohong pemfitnah ❗❗❗❗
    ❗❗❗❗
    babi anjing bengcu jahat tidak baik ❗❗❗❗
    ❗❗❗❗
    bengcu buat dosa pasti di hukum ke neraka ❗❗❗❗
    ❗❗❗❗
    CURSED BENGCU DEAD PUNISH TO HELL FOREVER❗❗❗❗

  7. bengcu provokator kerusuhan ❗

    bengcu jahat tukang adu kambing ❗

    bengcu pembohong pemfitnah dosa ke neraka ❗

    LAPOR bengcu KE POLISI ❗❗❗❗

    POLISI TANGKAP bengcu ❗❗❗❗

  8. Yang disebut kitab suci agama KHonghucu lestari sampai hari ini. Ada yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, ada pula yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Pertanyaannya adalah, apakah anda pernah MEMBACANYA? Apakah anda mengerti ISInya?

  9. Bung daripada anda semakin ngaco terhadap ajaran tri dharma
    Baru baca sedikit sudah merasa paling tahu

    Saya tantang anda debat terbuka dengan tim, dimana ana domisili saya yg sponsorin di tempat tri dharma terdekat,
    Mau di jakarta surabaya atau semarang biar nanti umat yang menilai kita siarkan live

    Tapi ingat ini debat ilmiah jangan ada unsur penistaan, anda sendiri tahu kan resiko menista agama

    Salam kebajikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.