Kenapa Sembahyang Orang Mati?


Cold rabbit, Mid-Autumn Festival, moon, moon cake, reunion, fireworks,  happy, wallpaper | other | Wallpaper Better

Yosua Susanto Lieviant, Apa yang terjadi kalau seseorang tidak melaksanakan TATA IBADAH misalnya tidak ke gereja? Tidak ada hukuman sama sekali. Apa yang terjadi ketika pendeta suruh berdiri, umatnya duduk aja? Tidak ada hukuman.

Apa yang terjadi kalau kristen alam roh jungkir balik jatuh bangun karena mereka percaya mereka kerasukan roh kudus? Biasa saja. nggak ada hukuman.

Apa yang terjadi waktu orang Kristen mengaku, “Saya Saksi Yehova?” Dia tidak akan dihukum namun akan divonis SESAT.

Apa yang terjadi kalau orang Khonghucu merayakan sembahyang mengantar dewa dapur terbang ke langit? Biarkan saja. mereka tidak akan dihukum. Paling-paling ada yang komentar, “Bo kang co – nggak ada kerjaan! Kenapa nggak lu ongkosin TAXI sekalian?”

Apa jadinya kalau ada umat khonghucu lalu ke Pekong dan suruh Tangki untuk Thiau tang kerasukan Maradona lalu Tangki itu pun kerasukan Maradona? Biarkan saja. Paling-paling dia ditanya, “Maradona belajar bahasa Hokken di mana?” Ha ha ha ha …

Kenapa kaisar Tiongkok kuno mengajarkan kesusilaan sembahyang Arwah orang mati alias sembahyang leluhur? Karena ketika almarhum meninggal, perasaan CINTA dan HORMAT kepada orang tuanya TIDAK hilang.

Itu sebabnya KEINGINAN untuk melampiaskan CINTA dan HORMAT kepada almarhum tetap ada.

Makanya sembahyang orang MATI adalah KESUSILAAN agar bisa MELAMPIASKAN hormat dan cinta kepada ALMARHUM tanpa melanggar kesusilaan alias TIDAK merugikan.

Makanya dilakukan sembahyang.

Pertama, Sajikan makanan kesukaannya.

Kedua, buang undi untuk bertanya, apakah almarhum sudah datang? Kalau negatif, cobalah memanggil almarhum, “Aku memanggilmu untuk pulang ke rumah.”

Lalu buang undi lagi.

Kalau positif, ajak ngobrol … “Emah (nenek), kami baru saja ganti mobil kami dengan mercy. sekali-sekali ikutlah naik bersama. usaha kami lancar dan makin maju. ……”

Setelah waktuya dianggap cukup. Berilah hormat dan persilahkan Amah untuk kembali ke langit.

Ada juga yang merasa lebih asyik, ketika nenek sudah datang. kita semua makan bersama. lalu setelah semua kenyang, persilahkan nenek untuk pulang.

Apa bukti bahwa nenekmu memang datang? Buktinya waktu buang undi positif. Apa bukti bahwa positif adalah bukti nenek lu memang datang? Buktinya waktu gua buang undi jatuhnya positif. ……..

Yang PENTING adalah setelah sembahyang kita merasa NYAMAN karena KERINDUANKU kepada nenekku sudah terpuaskan. Soal dia benar-benar DATANG atau tidak DATANG lu TANYA nenek gua aja.

Orang Kristen merasa dirinya HEBAT dan Agama Kristen bukan PALING BENAR namun satu-satunya KEBENARAN, makanya MENGHINA, “Sembahyang orang mati itu MENGENASKAN dan TAHYUL. ha ha ha ha ….”

Saya sering bertanya, Lu yakin Yesus datang waktu kebaktian? Semua orang Kristen bilang YAKIN sampai suhu hai hai ngejeblak, “Selain TOLOL orang Kristen juga KURANG AJAR!” ha ha ha ha ……

Kalau Yesus memang DATANG lalu dia DUDUK di mana, TOLOL?

Lu memang KURANG AJAR, sudah tahu Yesus DATANG kenapa lu nggak pasang BANGKU biar dia DUDUK?

Lu sich enak-enak duduk di kursi empuk. Yesus duduk di mana, LOL? ha ha ha …..

Itu sebabnya, setiap kali aku ikut sembahyang di hari kematian nenekku, saudara sepupuhku yang adalah ahli waris sembahyang akan memberitahu dia, “Ema, ayang lai ….. Nenek, si Ayang (hai hai) datang …..)

Selain mengundangnya lalu mengajaknya makan, saya selalu berkata, “Emah, lu ce cepeng — nenek, lu duduk di sini saja.” Lalu kita makan rame-rame dan ngobrol.

Ada keharuan yang nikmat dalam acara sembahyang demikian. Ada cinta dan hormat serta kerinduan yang SUCI terlampiaskan.

Itu sebabnya tidak perlu bertanya lagi, “Apakah nenekku hadir atau tidak? Dia datang jalan kaki atau naik mercy atau ujug-ujug ada?” Juga tidak perlu memberitahu dia agar mengajak Yesus agar sekalian ikut MAKAN karena orang Kristen memang BO LO IONG – setiap kali MAKAN dia berdoa namun nggak pernah mengajak Yesus makan sekalian. Ha ha ha ha …

One thought on “Kenapa Sembahyang Orang Mati?

  1. Bukan hanya nabi elia atau Yesus yang sakti ujug ujug lenyap dari bumi, gajah mada dan raja padjajaran juga mampu lenyap dari bumi. tidak ditemukan kuburannya. Memangnya yang sakti hanya dari israel.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.