Sejarah Tangrenjie Jalan Orang Tang


Chinatown artinya Kota China. Itu kata bahasa Inggris untuk menyebut pemukiman China di luar Tiongkok. Kenapa Tángrén jiē 唐人 街 diterjemahkan menjadi Chinatown? Kenapa tidak diterjemahkan menjadi Tang People Street?

Sebelum dinasti Qing (1636–1912) runtuh, istilah China hanya dipakai oleh orang Eropa dan Amerika serta Kanada dan Australia namun tidak dipakai oleh bangsa Tiongkok karena mereka menyebut negaranya Tiongkok (Zhōngguó 中國).

Zhōngguó chéng 中國 城 artinya Kota Tiongkok. Huábù 華埠 artinya bunga pelabuhan alias Tionghoa pelabuhan. Kenapa orang Tionghoa Amerika menyebutnya Tángrén jiē 唐人 街 tanpa penjelasan apa artinya? Menurutku karena ada hutang sejarah yang belum dilunasi oleh pemerintah Amerika, itu sebabnya mereka terus managihnya dan mengingatkan generasi muda untuk melunasinya suatu saat nanti.

Selain di WIKIPEDIA, banyak link yang mengajarkan bahwa Tángrén jiē 唐人 街 artinya jalan orang (dinasti) Tang. Pertanyaannya adalah, kenapa alih-alih menerjemahkan Tángrén jiē 唐人 街 sebagai jalan orang (dinasti) Tang, kamus mandarin-Inggris justru menerjemahkannya menjadi Chinatown? Aneh bin ajaib!

Orang Tionghoa Amerika mayoritas berasal dari provinsi Guǎngdōng 廣東 yang jauhnya sekitar 2.200 km dari gunung Tángshān 唐山 provinsi Héběi 河北. Itu sebabnya mustahil mereka menyebut dirinya Tángrén 唐人 alias orang Tang karena berasal dari gunung Tángshān. Juga mustahil mereka ujug-ujug menyebut dirinya Tángrén 唐人 untuk mengagul-agulkan dinasti Tang yang sudah ketinggalan 700 tahun. Bila demikian, apa arti kata Tángrén 唐人 dalam istilah Tángrén jiē 唐人 街 yang mereka gunakan?

Dalam kamus mandarin-Inggris, kata Táng 唐 artinya: to exaggerate (melebih-lebihkan); empty (kosong); in vain (sia-sia); old variant of 螗; Tang dynasty (618-907) (dinasti Tang); Chinese surname (nama marga).

Mungkinkah tángrén 唐人 artinya jalan melebih-lebihkan orang? Jalan orang kosong? Jalan menyia-nyiakan orang? Jalan marga Tang? Mungkin.

Tadinya saya MENAFSIRKAN Tángrén jiē 唐人 街 sebagai jalan orang kosong alias jalan orang nekad alias jalan orang sebatang kara namun kemudian saya menyadari bahwa SEJARAH tidak boleh DITAFSIRKAN itu sebabnya saya berhenti menafsir dan mulai belajar lagi dari awal.

3 thoughts on “Sejarah Tangrenjie Jalan Orang Tang

  1. om bengcu, bahas tentang kematian donk soalnya jarang blog membahas tentang upacara kematian dan serba serbi nya

    • Sebenarnya saya sering juga menulis tentang sembahyang arwah tiongkok kuno. OK dech saya akan menulis lebih banyak lagi. Saat ini saya lagi hampir selesai menulis tentang Perang Candu dan Tangrenjie. Setelah kedua tulisan ini maka cukuplah tentang tangrenjie. selanjutnya saya akan menulis tentang sembahyang orang tiongkok kuno. menurut kitab-kitab tiongkok kuno.

      https://bengcumenggugat.com/tag/agama-tiongkok-kuno/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.