Sejarah Tionghoa – Tumbuh Subur Namun Tidak Berakar


Image result for tionghoaTionghoa (Zhōnghuá 中華) adalah istilah yang baru muncul di Batavia, Hindia Beland sekitar tahun 1900 yang lalu menyebar dan dipopulerkan oleh Sun Yat Sen ketika mendirikan Republik Tiongkok – Zhōnghuá mínguó 中華 民國.

Tahun 1740 terjadi pembantaian masyarakat Tiongkok di Batavia. 10 ribu orang binasa. Alih-alih berbelas kasihan apalagi membelanya, kaisar Tiongkok saat itu, Qianlong justru mengutukki mereka sebagai pengkhianat dan mendoakan agar mereka mati saja semua. Walaupun merasa di khianati namun muncul kesadaran bahwa walaupun keturunan Zhongguó rén 中國 人 ORANG Tiongkok namun sesungguhnya mereka bukan warga negara Tiongkok.

Itu sebabnya mereka pun minta keadilan kepada raja Jawa yang berkuasa saat itu. Tiga tahun mereka berperang mendukung raja Jawa tanpa tedeng aling-aling. Namun sayangnya, bukan hanya kalah namun orang-orang itu justru dikhianati raja Jawa yang deminya mereka berperang. Mengenaskan.

160 tahun menahan malu sebagai orang yang tumbuh subur namun tidak berakar, akhirnya tibalah hari itu. Tahun 1900. Mereka tidak menyebut dirinya Zhongguó rén 中國 人 orang Tiongkok lagi karena mereka bukan warga negara Tiongkok. Mereka juga tidak menyebut dirinya Zhuǎwā rén 爪洼人 orang Jawa karena walaupun telah kawin-mengawin dengan orang Jawa namun mereka tidak diakui oleh Hindia Belanda sebagai orang Jawa.

Namun di dalam hatinya, mereka selalu tahu bahwa nenek moyangnya adalah orang Tiongkok itu sebabnya mereka menyebut dirinya Tionghoa (Zhōnghuá 中華) setangkai bunga yang tidak menyebelah.

Tionghoa Hweekwan (zhōnghuá huìguǎn 中華 會館) Rumah Perkumpulan Tionghoa. Tidak berpolitik, hanya mendirikan sekolah agar orang-orang Tionghoa mendapat kesempatan mendapat pendidikan tentang ajaran Tiongkok kuno dan ajaran hari ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.