Kenapa Tidak Ada Perang Agama Di Tiongkok Kuno?


TianDi Tiongkok kuno tidak ada perang agama. Perang agama baru muncul di Tiongkok setelah agama import disebarkan dan para penganutnya dihasut untuk memusnahkan agama Tiongkok kuno dan para pengikutnya.

Sejak purbakala, agama Tiongkok kuno mengajarkan bahwa Tian 天 Yang Maha Tinggi disembah bukan karena Dia gila hormat namun karena manusia merasa PERLU merendahkan diri agar merasa sempurna sebagai manusia. Itu sebabnya di dalam hal beragama umat agama Tiongkok kuno berlomba-lomba merendahkan diri sehingga Tian 天 pun menjadi Yang Maha Tinggi.

SBerkas:天-bronze-shang.svgejak 3000 tahun sebelum masehi, bangsa Tiongkok sudah memiliki tulisan. Dengan tulisan itulah maka sejarahnya diwariskan dari generasi ke generasi. Kitab Tiongkok kuno mencatat bahwa tulisan Tiongkok kuno adalah gambar. Dan sejarah mencatat bahwa pada awalnya, Kaisar Tiongkok purbakala mengajarkan bahwa aksara Tian 天 yang artinya Yang Maha Tinggi adalah gambar seorang manusia yang merendahkan diri.

Berkas:天-seal.svgDiajarkan bahwa hanya Kaisar yang berhak mengubah aksara. Agar ajarannya lebih mudah untuk dipahami maka Kaisar generasi berikutnya memperbaiki aksara Tian 天 Yang Maha Tinggi dari satu kepala menjadi ribuan kepala. Aksara Tian 天 Yang Maha Tinggi pun dipahami sebagai banyak manusia merendahkan diri kepada-Nya.

Berkas:天-oracle.svgAgar ajarannya lebih mudah untuk dipahami lagi maka Kaisar Tiongkok generasi kemudian pun menambahkan kata Yi 一 artinya satu dalam aksara Tian 天 Yang Maha Tinggi menggambarkan banyak manusia merendahkan diri kepada yang satu secara pribadi.

Makanya diajarkan bahwa Shengren 是以 – orang suci bukan mereka yang paling rajin menyucikan diri dengan menyembah dan memuji apalagi yang paling rajin menyuruh orang lain bertobat namun dia yang wuwei 無為 – tidak melakukan apa-apa.

Itu sebabnya ketika para penyebar agama import mengajarkan bahwa, “Yang Maha Tinggi harus dipuji dan ditinggikan karena yang paling rajin memujilah yang paling diberkati,” umat agama Tiongkok kuno hanya Thao jio – diam-diam tertawa geli. Kenapa demikian?

Karena mereka tahu pasti bahwa banjir menggenangi tempat yang rendah bukan yang malas sembahyang. Di musim paceklik, hanya tempat yang ada airnya yang bisa bercocok-tanam, bukan yang disembahyangi. Mereka yang menanamlah yang akan panen, bukan yang rajin sembahyang. Hanya orang malas dan bodoh yang percaya mukjizat akan terjadi karena dia berdoa meskipun malas bekerja.

Meninggi-ninggikan Yang Maha Tinggi tidak mungkin membuat-Nya makin tinggi. Membiarkan orang lain ditinggikan mustahil mengurangi kemuliaan Yang Maha Tinggi. Itu sebabnya di Tiongkok kuno tidak pernah ada perang agama untuk saling meninggikan Yang Maha Tinggi dan merendahkan yang ditinggikan orang lain.

#TianYangMahaTinggi
#AgamaTiongkokKuno
#PerangAgamaTiongkok

4 thoughts on “Kenapa Tidak Ada Perang Agama Di Tiongkok Kuno?

  1. Seharusnya Allah mengerti kondisi otak manusia itu dari mulai idiot hingga jenius. Faktanya bikin aturan agama yang tidak mungkin dilakukan semua orang itu namanya tidak maha tahu alias bukan pencipta. Karena tidak tahu maka kemampuan manusia dianggapnya sama saja. Yang normal ngak masalah tapi yang abnormal kalo dipaksa untuk melaksanakan dokrin agama maka akan selalu ada perang

      • dan yang buat saya sering ngakak adalah perkataan orang-orang kristen

        biarlah Tuhan yang membalasnya
        biarlah Tuhan yang bekerja
        dst

  2. bpjs kes nanti akan pake micro chip yg di tanem di dahi ato di lengan.Nih sanksinya kalo gak mau dipasang; ngak bisa bikin paspor, sim, daftar sekolah anak dan yg bikin repot kalo uang udah diganti E money yg terhubung dengan micro chip. Gejala sosialisasi nya udah mulai dibikin lewat aturan bpjs. kenapa yang dipilih bpjs karena kesehatan itu penting. Biarpun punya iman sebesar gunung pasti banyak yang menyerah.Jangan kaget kalo suatu saat terjadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.