Kenapa Orang Tionghoa Disebut Tenglang?


Tenglang

Tenglang

Kenapa orang Tionghoa menyebut dirinya Tenglang, artinya panjang? Kenapa generasi ini percaya bahwa Tenglang itu dialek Hokkien dari kata Tangren? Karena malas belajar maka mandah ditipu mentah-mentah.

.

Kenapa orang Tionghoa menyebut dirinya Tenglang, artinya orang panjang? Karena “Tenglang” adalah singkatan “Banli Tengsia Lang” dalam bahasa mandarin wànlǐ chángchéng rén 萬里 長城 人. Inilah kisahnya.

Dalam bahasa Hokkien “Tenglang” artinya orang panjang. Teng artinya panjang. Lang artinya orang. Tulisan mandarinnya  cháng rén人.

Dalam bahasa Hokkien “Tanglang” artinya orang Tang. Tang artinya dinasti Tang. Lang artinya orang. Tulisan mandarinnya Tángrén 唐人.

Saat ini, di Internet, orang-orang Tionghoa berbahasa Indonesia dan Inggris dipenuhi dengan HOAX bahwa “Tenglang” adalah “Tanglang” yang artinya orang dinasti Tang.

Kerabatku sekalian, menyatakan “Tenglang” adalah “Tanglang” artinya orang dinasti Tang adalah penipuan publik. Orang-orang Tionghoa Indonesia tidak bodoh. Mereka mustahil salah mengucapkan kata mandarin “Tangren” menjadi “Tenglang”

Tenglang alias orang panjang adalah istilah yang sudah digunakan oleh orang-orang Tionghoa perantauan untuk mengidentifikasi dan menyebut diri mereka sejak purbakala. Sejak jauh sebelum dinasti Tang berkuasa (618-907).

Sejarah dinasti Tiongkok mencatat bahwa orang Tionghoa baru mulai merantau ketika kaisar Qin Shi Huang 秦始皇 (259 SM-210 SM) mengirim armada lautnya untuk mencari obat panjang umur. Sejak itulah para perantau Tiongkok menyebut dirinya Tenglang. Kenapa demikian?

Cháng rén 長人 bisa diucapkan dengan berbagai dialek misalnya, “Hokkien – Tenglang, Tiochiu – Tengnang, khe – Thongnyin, Konghu – coengjan) namun artinya tetap saya yaitu: Orang panjang.

Orang Tionghoa pantang mengagul-agulkan leluhurnya alias marganya. Itu sebabnya orang-orang Tionghoa, baik yang tinggal di Tiongkok pada jaman dinasti Tang  唐 (618-907) maupun di perantauan, mustahil mengagul-agulkan dirinya sebagai orang Tang.

Hanya orang marga Tang yang mengagul-agulkan dirinya Tangren. Hanya orang-orang Tionghoa Indonesia tuna susila (tidak punya kesusilaan) yang percaya bahwa tindakan mengagul-agulkan dirinya tángrén 唐人 alias keturunan dinasti Tang alias keturunan marga Tang adalah kebajikan (de 德).

Anda merasa heran kenapa orang-orang Tionghoa perantauan menyebut dirinya Tenglang artinya orang panjang? Handai taulanku sekalian, mari saya ajari apa yang diajari oleh nenek kami almarhum. Nenek saya meninggal tahun 1991 dalam usia 91 tahun. Itu berarti dia lahir tahun 1900 di Tengsua, tahun berdirinya Tiong Hoa Hwee Koan (Rumah Perkumpulan Tiongho). Saya lahir di Hamparan Perak tahun 1964 ketika nenek saya berumur 64 tahun.

Sejak kecil kami selalu mendengar nenek kami bercerita tentang banli tengsia (wànlǐ chángchéng 萬里 長城). Banli artinya sepuluh ribu li. Tengsia artinya tembok panjang. Banli tengsia artinya tembok yang panjangnya sepuluh ribu li. Itulah kampung kami. Kampung kami dijaga dengan tembok yang panjangnya sepuluh ribu li.

Banli tengsia adalah cara orang-orang Tionghoa perantauan mengidentifikasi dirinya kepada orang lain dari generasi ke generasi sejak purbakala. Itu sebabnya kita menyebut diri kita Tenglang. Kenapa kita menyebut diri kita Tenglang? Karena kita adalah orang-orang banli tengsia.

Nenekku bercerita bahwa saat itu Tengsua sedang di landa bencana perang di mana-mana. Akong (kakek) bukan penakut apalagi pengecut namun dia tidak suka perang karena menurutnya membunuh sesama manusia itu jahat apalagi membunuhi orang kampung sendiri itu mengenaskan.

Itu sebabnya akong kami lalu mengajak kedua adik seperguruannya untuk berkelana naik kapal ke selatan. Lama perjalannya enam bulan. Ketika mendarat di Singapura, salah satu adik seperguruannya jatuh cinta dan tidak melanjutkan perjalanan. Kedua pendekar itu pun mendarat di pelabuhan Belawan. Mereka lalu menetap di Hamparan Perak.

Setelah merasa mapan kakek kami pun pulang ke Tiongkok untuk mencari istri. Nanekku tidak bilang bahwa kakek kami pulang ke banli tengsia atau  pulang ke tengsia namun dia bilang, kakek kami pulang ke Tengsua. Apa artinya tengsua?

Apa arti kata Nusantara? Nusa artinya pulau. Antara artinya di antara. Nusantara artinya kepulauan alias kumpulan pulau-pulau. Kerabatku sekalian, apa itu Nusantara? Nusantara bukan hanya kepuluan belaka namun NAMA tanah air bangsa Majapahit. Nusantara adalah Ibu Pertiwi bagi orang-orang Majapahit.

Apa itu Tengsua bagi orang Hokkien? Tengsua adalah dialek Hokkien dari kata mandarin Tóngshān  㠉山. Tong 㠉 artinya bukit dan ngarai serta lembah alias pegunungan. Shan 山 artinya gunung. Tengsua adalah adalah nama tanah air alias Ibu Pertiwi bangsa Tionghoa. Dengan kata lain, Tengsua alias Tongsan adalah nama lain dari Tiongkok.

Tengsua bukan cháng shān 長山 alias gunung yang panjang. Tengsu juga bukan salah ngomong kata mandarin Táng shān 唐山 yang artinya gunung dinasti Tang.

 

6 thoughts on “Kenapa Orang Tionghoa Disebut Tenglang?

  1. Jadi hai hai alias bengcu alias ang ci yang alias Arief Chrisdiyanto adalah Tenglang (orang panjang)? Maksud saya, siapa lagi ni sebenarnya yang Anda gugat, pak hai hai? Atau, Anda sedang mengajari si “sok pinter” itu lagi terkait urusan Nusantara?

    Bengcu menulis:
    Nusantara bukan hanya kepuluan belaka namun NAMA tanah air bangsa Majapahit. Nusantara adalah Ibu Pertiwi bagi orang-orang Majapahit.

    Woowww ….. Anda benar, karena malas belajar maka mudah ditipu mentah-mentah. Saya banyak dapat pengetahuan baru setiap kali baca tulisan-tulisan Anda.

    • Banyak orang Tionghoa yang merasa dirinya HEBAT dan pakar budaya Tionghoa karena sudah gogling. Saya mau menunjukkan kepada orang-orang demikian betapa bodoh dan jahatnya mereka sembarangan menyesatkan orang Tionghoa dan mereka yang mau mengerti ajaran Tionghoa.

  2. Negara China punya CATATAN SEJARAH yang SANGAT LENGKAP sejak jaman purba…
    Rekomendasi SEJARAH RESMI nya sebagai DASAR KEBENARAN, mana? Tak ada?

    Kalok kek gitu… Kutip kalimat A HOAX aja deh… “Nenek elu…” hahahahahah…

    • Tanya sama orang-orang Tua yang pernah sekolah di sekolah mandarin. Tanya saja tentang Tengsua dan Tenglang serta Banli tengsia. ada bukunya lho? ha ha ha ha

  3. Suhu haihai, mau nanya. Benarkah bahasa Hokkien itu berasal dari bahasa asli suku Han yg sudah digunakan sejak 2000 tahun lalu? Saya ingat pernah baca suatu informasi kalau bahasa Hokkien ini sebenarnya merupakan evolusi dari bahasa resmi Dinasti Tang. Setelah Tang kolaps (907 M), orang2 dari Dinasti Tang bereksodus ke selatan ke propinsi Fujian, kemudian di sana mulai mengembangkan dialek mereka sehingga menjadi bentuk Hokkien seperti yang kita kenal saat ini. Benarkah kejadiannya seperti itu?

    Dan kalau ga salah bahasa Mandarin (guān huà) dan segala dialeknya sebenarnya mulanya hanya dipakai oleh suku-suku non-Han di utara semacam Jurchen, Mongol dan minoritas Manchu. Sun Yat Sen lah yang menaikkan statusnya menjadi bahasa persatuan di seluruh Cina daratan. Benarkah ini?

    • Ada orang hokkien ada orang Khe dan orang Konghu dan banyak lagi yang lainnya. Ada banyak sekali suku namun semuanya bersikap TERBUKA dan tidak mengagul-agulkan kesukuannya mendukung pemerintah yang berkuasa. Suku-suku itulah yang lalu disebut suku Han. Oleh pemerintah mereka disebut suku Mayoritas.

      Di Tiongkok saat ini juga ada sekitar 56 suku yang sampai hari ini bersikap tertutup dan menjaga tradisinya. Merekalah yang saat ini disebut oleh pemerintah China sebagai SUKu Minoritas.

      Tentang dinasti Tang. Anda bica membaca Wikipedia. Tentang Suku Hokkien, itu bukan hasil dinasti Tong. Hokkien sudah ada jauh sebelumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.