Giam Lo Ong Itu Raja Neraka


Hari Kubiantoro: Khonghucu tidak percaya takhayul.. 🙈🤣 lalu cerita dewa neraka yg mengambil jiwa orang mati lalu dibawa ke neraka itu apa..?! 🙈🤣 lalu punya rambut panjang biar dewa neraka kecele shg salah ambil nyawa saudara sendiri itu apa..?! 🙈🤣

lalu bakar kertas di kuburan spy ada transferan ke orang mati itu apa..?! 🙈🤣 lalu sembahyang arwah dgn sewa orang untuk menangis di altar itu apa.. 🙈🤣 dan masih banyak lagi.. Sudahlah suhu hai hai.. jgn membual lg.. kasihan orang2 yg membela status mu.. jadi kelihatan go-blog nya juga..

Bengcu Menggugat:

Tionghoa Kristen menghina dan mengejek agama Tiongkok kuno takhayul? Mereka patut dikasihi karena agama Tiongkok kuno adalah agama akal budi, tidak ada takhayul di dalam ajarannya. Sementara Agama Kristen adalah agama iman. Iman adalah PERASAAN nyaman meyakini sesuatu sebagai kebenaran. Perasaan nyaman meyakini sesuatu adalah kebenaran bukan kebenaran. Merasa nyaman meyakini sesuatu adalah kebenaran adalah TAKHAYUL. Ha ha ha …

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), takhayul adalah SESUATU yang hanya ada dalam khayal belaka. Takhayul adalah KEPERCAYAAN kepada sesuatu yang dianggap ada atau sakti, tetapi sebenarnya tidak ada atau tidak sakti.

Dalam bahasa Hokkien, Giam Lo ong artinya raja gerbang pemeriksaan surat jalan (yánluó wáng 阎罗 王). Itu adalah terjemahan literal dari kata sanskerta Raja Yama. Raja Yama adalah raja neraka dalam agama Buddha. Agama Buddha berasal dari India, bukan agama Tiongkok apalagi Tiongkok kuno.

Di kampung kami, anak-anak selalu ditakut-takuti oleh anak-anak yang lebih dewasa dengan cerita tentang Giam Lo ong. Orang-orang dewasanya ditakut-takuti orang Kristen dengan takhayul (KEPERCAYAAN kepada sesuatu yang dianggap ada atau sakti, tetapi sebenarnya tidak ada atau tidak sakti) pasti masuk neraka dan disaksi Iblis kalau tidak masuk Kristen.

Dalam tradisi Tiongkok kuno, orang yang berkabung tidak memotong rambutnya. Orang yang sedang berdoa adalah orang yang sedang berkabung, itu sebabnya tidak memotong rambutnya dan tidak bersenang-senang dalam kehidupannya.

Ketika adik bungsu saya mengidap sakit Lupus, saya berdoa dan berkabung agar dia panjang umur. Perkabungan paling berat Tionghoa itu 3 tahun. Makanya saya menetapkan hati untuk berkabung 3 kali jadinya 12 tahun.

Adik saya meninggal 7,5 tahun kemudian. Saya melanjutkan perkabungan saya dan tidak memotong rambut sampai 20 tahun.

Ketika orang yang kita sayangi wafat, perasaan sayang dan hormat kepadanya tidak pernah berkurang. Keinginan untuk berinteraksi dengannya pun tidak pernah berkurang. Atas dasar itulah kelima Kaisar (wǔdì 五帝) Tiongkok kuno menetapkan tradisi sembahyang arwah. Tradisi itu lalu diajarkan oleh ketiga Raja (sānwáng 三王). Makanya agama tiongkok kuno pun disebut Agama Kelima kaisar dan tiga raja.

Awalnya, kuburan Tionghoa tidak ada pusaranya. Setelah tumbuh rumput maka kuburan tidak disembahyangi lagi dan tidak diberi tanda sama sekali. Mereka hanya membuat PAPAN arwah dalam bentuk papah bertuliskan, nama, anak siapa, kapan matinya. anak-anaknya siapa saja. dll. Papan arwah itu ditaruh di meja altar.

Setahun sekali, dilakukan sembahyang untuk memperingati hari kematian almarhum. Hari itu, keluarga memasak lalu duduk bersama dan memberi hormat kepada almarhum dan menyajikan makanan kepadanya.

Apaklah Arwah makan? Kalau arwah makan, pastilah berkurang jumlah makannannya. Kalau tidak berkurang artinya arwah tidak makan. Kalau tidak makan, kenapa disajikan?

Karena rasa sayang dan hormat dan keinginan untuk berinteraksi kepada almarhum tidak hilang walaupun beliau sudah wafat, itu sebabnya sembahyang arwah adalah CARA untuk berinteraksi dengan almarhum, untuk mengobati KERINDUAN kepada Almarhu. Sembahyang arwah bukan untuk MENYENANGKAN almarhum namun untuk menyenangkan orang HIDUP.

Makanya, tidak ada takhayul sama sekali dalam sembahyang arwah orang Tionghoa.

Bagaimana kalau muncul keinginan untuk menyajikan pakaian dan HP, televisi, kartu kredit, mas, dll dll kepada armarhum? Kalau itu membuatmu SENANG kenapa melarangnya? Lakukan saja kalau itu tidak melanggar kesusilaan. Batas kesusilaan itu apa?

Barang yang berguna bagi manusia tidak boleh digunakan untuk orang mati. Itu sebabnya nggak boleh bakar MOBIL untuk orang mati karena itu melanggar kesusilaan. Makanya bakar mobil-mobilan kertas saja yang murah. Jangan bakar uang dan emas serta perak, bakar uang kertas bohongan saja dan bakar uang kertas yang diwarnai kuning dan perak.

Sejak dahulu kala, banyak orang Tiongkok yang merantau ke nusantara sendirian. Ketika mereka mati, tidak ada anak istri yang BERKABUNG.

Saat melayat orang Tionghoa menyalakan hio untuk memberi hormat kepada almarhum. Anak istri berlutut memberi kormat kepada pelayat. Kenapa berlutut dan memberi hormat? Tujuannya adalah MINTA AMPUN kepada pelayat atas segala kesalahan kepada almarhum. Karena almarhum sudah wafat maka semua dendam dan budi kita HABISKAN sampai di sini saja.

Bagaimana kalau almarhum sebatang kara? bagaimana kalau yang wafat itu cina tok tok? Dalam bahasa Hokkien, tok tok (dúdú 獨獨) artinya sendirian alias sebatang kara.

Itu sebabnya saat cina totok (cina sebatang kara) wafat, umumnya para sahabatnya akan meminta orang miskin untuk BERKABUNG dan BERDUKA cita atas kematian cina tok tok itu dengan upah. Itulah yang disebut DIBAYAR untuk berduka cita dan berkabung. Orang miskin itu akan berperan memberi hormat dengan berlutut membalas hormat kepada para pelayat.

Atas tradisi itulah lalu muncul HOAX mengejek dan menghina Tionghoa bahwa almarhum akan hidup senang di alam baka kalau makin banyak yang MENANGIS sedih atas kematiannya. Juka muncul HOAX bahwa orang Tionghoa sengaja BANYAR banyak orang untuk MENANGIS sedih di rumah duka. ha ha ha ha … Itu

Apa yang dialami orang Kristen yang mati? Ada yang bilang, dia langsung diajak Tuhan Yesus terbang ke sorga namun ada pula yang bilang Tuhan Yesus hanya menyambutnya setelah sampai di gerbang sorga, malaikatlah yang menyambut dan mengajaknya terbang ke sorga. Ada juga yang bilang, setelah kiamatlah orang mati baru dibangkitkan dan diadili oleh Tuhan Yesus, setelah lewat pengadilan barulah masuk sorga.

Kok ajarannya plintat-plintut? Mana yang benar tuh? Tentu saja semua ajarannya benar. Lho? Plintat plintut kok benar? Pasti benar karena firman Tuhan pasti benar dan mustahil salah. Biar plintat plintut namun tidak ada yang mustahil bagi Tuhan Yesus.

22 thoughts on “Giam Lo Ong Itu Raja Neraka

  1. Walaupun komennya menyimpang dikit, tetapi jadi malah menarik nih.

    Menurut PL, manusia juga hidup dari perkataan tuannya (harfiahnya, bisa majikannya, bosnya, dan sejenisnya yg dipanggil dgn sebutan tuan)

    tetapi menurut PB, manusia juga hidup dari perkataan Allah.

    Terlihat nyambung, tetapi sebenarnya tidak nyambung. Binun binun dah. Bingung.

  2. Yesus memang sangat revolusionir, namun sayangnya, IMAN digembar-gemborkannya bisa memindahkan gunung ternyata nggak sanggup membangkitkannya pada hari ke tiga. Karena Yesus tidak pernah bangkit, itu sebabnya revolusionirnya hanya sampai dia mati. begitu saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.