Misteri Tabir Bait Suci Kristen


Tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah. Yesus, Sang Imam Besar sejati telah masuk ke tempat paling kudus untuk mempersembahkan diri-Nya sendiri. Allah telah meruntuhkan penghalang melalui kematian Anak-Nya di atas kayu salib.

Atas perintah YHWH maka Abraham pun mengajak keluarganya untuk mengembara. Itu sebabnya bangsa Israel pun dikenal sebagai bangsa pengembara (nomaden) yang tinggal di kemah.

Makannya waktu keluar dari Mesir, Musa mendirikan Kemah Pertemuan di luar perkemahan bagi mereka yang mencari TUHAN (Keluaran 33:7).

Sesampainya di gunung Sinai, atas perintah YHWH, Musa mendirikan Kemah Suci bagi-Nya (Keluaran 25:8-9). Karena sudah ada Kemah Suci maka Kemah Pertemuan pun tidak dipakai lagi.

Sejak menjadi raja Israel, Daud tidak tinggal di kemah lagi. Dia telah mendirikan rumah kayu aras yang kokoh dan permanen serta indah. Itu sebabnya Daud pun minta izin kepada YHWH agar diizinkan mendirikan rumah kayu aras bagi YHWH (1 Tawarikh 17:1).

Namun permintaan Daud itu ditolak oleh YHWH (1 Tawarikh 17:4). Lewat nabi Natan, TUHAN bernubuat bahwa Dialah dan Salomo yang akan mendirikan bait (rumah) dari kayu aras yang indah itu.

Begitu Salomo naik takhta maka dia pun mulai mendirikan Bait bagi YHWH (1 Raja-raja 6:1) dan rumah (istana) untuk diri sendiri. Setelah lewat dua puluh tahun selesailah Salomo mendirikan kedua rumah itu, yakni rumah TUHAN dan istana raja. 1 Raj-raja 9:10

Pada tahun 586 SM bangsa Babilonia bukan hanya menghancurkan Bait TUHAN namun membuang bangsa Israel dari tanah Israel.

Setelah Israel kembali dari pembuangan, raja Koresy Yang Agung menugaskan Ezra memimpin pembangunan Bait TUHAN di tahun 535 SM. Pembangunan selesai tahun 515 SM. Tahun 38 SM Bait TUHAN mengalami kebakaran walaupun kerusakannya tidak parah.

Raja Herodes Agung bukan orang Yahudi namun pada tahun 20 SM, untuk memikat hati bangsa Israel, dia menawarkan untuk membangun kembali Bait TUHAN agar menjadi lebih besar dan lebih indah serta lebih megah. Herodes hanya membantu pendanaannya biarkan bangsa Israel yang membangunnya sendiri agar terjaga kesuciannya. Bukan hanya itu, Herodes juga menawarkan untuk membangun berbagai fasilitas di luar pagar Bait TUHAN, alun-alun, gedung pengadilan agama, sekolah teologi, rumah imam agung, pasar dan berbagai fasilitas social lainnya.

Ide Raja Herodes Agung untuk membangun berbagai fasilitas pendukung Bait TUHAN di luar pagar Bait TUHAN benar-benar brilian. Dikatakan bahwa, pada hari-hari besar agama Yahudi, 3 juta orang lebih tumpah di situ.

Walaupun dilakukan oleh orang-orang Israel asli sendiri tanpa campur tangan orang kafir (nonIsrael) sehingga benar-benar menjaga kesucian hukum Taurat namun selesai hanya dalam waktu satu setengah tahun saja. Karena kesuciannya maka Bait TUHAN itu disebut NAOS, dalam bahasa Yunani, oleh LAI (Lembaga Alkitab Indonesia) diterjemahkan menjadi Bait Suci (Bait Allah dalam kitab Yohanes).

Pembangunan berbagai fasilitas pendukung Bait TUHAN di luar pagar Bait Suci, dalam bahasa Yunani disebut HIERON, diterjemahkan LAI (Lembaga Alkitab Indonesia) menjadi Bait Allah baru selesai 46 tahun kemudian.

Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: “Empat puluh enam tahun orang mendirikan Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?” Yohanes 2:20

Karena dilatih untuk meyakininya sebagai kebenaran maka orang Kristen pun percaya bahwa Alkitab (Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru) adalah firman Tuhan yang pasti benar dan mustahil keliru. Padahal Yesus mengajarkan, “Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang,” Matius 24:11.

Yesus mengingatkan, “Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu!” Matius 24:4. Bahkan Yesus memperingatkan, “Celakalah dunia dengan segala penyesatannya: memang penyesatan harus ada, tetapi celakalah orang yang mengadakannya.” Matius 18:7

Anda boleh tidak percaya kepada suhu hai hai bengcu yang arief chrisdiyanto itu namun percayalah kepada Yesus, bro. Alkitab tidak pernah berdusta walaupun banyak dusta di dalamnya. Itu sebabnya percayalah kepada Yesus dan rajin membaca Alkitab agar tidak disesatkan siapa pun!

Tabir Kemah Suci

Kemudian haruslah kaudirikan KEMAH SUCI sesuai dengan rancangan yang telah ditunjukkan kepadamu di atas gunung itu. Keluaran 26:30

Haruslah kaubuat tabir dari kain ungu tua, dan kain ungu muda, kain kirmizi dan lenan halus yang dipintal benangnya; haruslah dibuat dengan ada kerubnya, buatan ahli tenun. Haruslah engkau menggantungkannya pada empat tiang dari kayu penaga, yang disalut dengan emas, dengan ada kaitannya dari emas, berdasarkan empat alas perak. Keluaran 26:31-32

Juga haruslah kaubuat tirai untuk pintu kemah itu dari kain ungu tua, kain ungu muda, kain kirmizi dan lenan halus yang dipintal benangnya: tenunan yang berwarna-warna. Haruslah kaubuat lima tiang dari kayu penaga untuk tirai itu dan kausalutlah itu dengan emas, dengan ada kaitannya dari emas, dan untuk itu haruslah kautuang lima alas dari tembaga.” Keluaran 26:36-37

Kemah Suci terbagi menjadi 3 bagian yaitu: Pelataran, Ruang Kudus dan Ruang Maha Kudus. Untuk membatasi ruangan-ruangan tersebut digunakan tabir alias tirai. Itu sebabnya di Kemah Suci ada dua tabir. Tabir yang memisahkan Pelataran dengan Ruang Kudus namanya Tabir Pintu Kemah. Tabir yang memisahkan Ruang Kudus dan Ruang Maha Kudus disebut Tabir Kemah Suci.

Kedua tabir itu ukurannya, warnanya dan bahannya sama. Perbedaannya adalah Tabir Kemah Suci memiliki bordir Kerubim dan tergantung di 4 pilar sementara Tabir Pintu Kemah tanpa bordir Kerubim dan tergantung di 5 pilar.

Pintu Bait TUHAN

Sebagai pintu masuk ke ruang belakang dibuatnyalah pintu dari kayu minyak; ambang dan tiangnya merupakan segi lima. Pada kedua daun pintu yang dari kayu minyak itu ia mengukir gambar kerub, pohon korma dan bunga mengembang, kemudian dilapisinya dengan emas; juga pada kerub dan pada pohon korma itu disalutkannya emas. 1 Raja-raja 6:31-32

Demikian juga untuk pintu masuk ke ruang besar itu dibuatnya tiang-tiang dari kayu minyak yang merupakan segi empat; dan dua pintu dari kayu sanobar; kedua papan pintu dari pintu yang satu dapat dilipat dan demikian juga kedua papan pintu yang lain. Lalu diukirnyalah padanya kerub, pohon korma dan bunga mengembang, kemudian dilapisinya pintu itu dengan emas pipih pada gambar ukiran itu. 1 Raja-raja 6:33-35

Bait TUHAN yang didirikan oleh Salomo terbagi menjadi 3 bagian yaitu: Pelataran, Ruang Kudus dan Ruang Maha Kudus. Untuk membatasi ruangan-ruangan tersebut digunakan PINTU dari kayu minyak. Itu sebabnya di Bait TUHAN ada dua pintu. Pintu yang memisahkan Pelataran dengan Ruang Kudus namanya Pintu Bait TUHAN. Pintu yang memisahkan Ruang Kudus dan Ruang Maha Kudus harus disebut Pintu Maha Kudus.

Begitu Bait TUHAN selesai dibangun maka Kemah Suci pun tidak dipakai lagi. Karena tidak ada Kemah Suci lagi itu sebabnya tidak ada Tabir Maha Kudus lagi. Yang ada Pintu Maha Kudus.

Misteri Tabir Bait Suci Kristen

Sebab matahari tidak bersinar. Dan tabir Bait Suci terbelah dua. Lukas 23:45

Ketika itu tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah. Markus 15:38

Dan lihatlah, tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah dan terjadilah gempa bumi, dan bukit-bukit batu terbelah, dan kuburan-kuburan terbuka dan banyak orang kudus yang telah meninggal bangkit. Matius 27:51-52

Kerabatku sekalian, kalau tidak ada TABIR di Bait Suci (karena yang ada adalah Pintu), lalu kenapa ketiga Injil mencatat kisah tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah? Saya tidak tahu! Namun ketiga Injil mencatatnya dengan gamblang. Kita hanya bisa menarik kesimpulan bahwa kisah tersebut bukan kisah nyata alias informasi bohong alias hoax.

Karena itu informasi bohong alias hoax maka ajaran “Tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah. Yesus, Sang Imam Besar sejati telah masuk ke tempat paling kudus untuk mempersembahkan diri-Nya sendiri. Allah telah meruntuhkan penghalang melalui kematian Anak-Nya di atas kayu salib,” itu bodong.

Lalu bagaimana? Aku terima kenyataan itu apa adanya saja. Amin!

11 thoughts on “Misteri Tabir Bait Suci Kristen

  1. Ha ha ha ….. silahkan beranya kepada para pdt. silahkan juga bertanya kepada LAI. Kenappa LAI sembarangan menambahkan dan mengurani? Ha ha ha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.