Lagu Lama Boy Band Baru


Alkitab bagi gereja Katolik hanya salah satu sumber pustaka. Gereja Katolik juga memiliki sumber pustaka lainnya. Bagi gereja Katolik, Alkitab bukan standard kebenaran. Standard kebenaran gereja Katolik adalah gereja Katolik itu sendiri.

Itu sebabnya banyak umat Katolik mengagulkan Gereja Katolik sebagai KANONISATOR Alkitab alias yang menentukan “ini Alkitab” dan “itu bukan Alkitab.” Itu sebabnya pula banyak ajaran gereja Katolik yang walaupun bertentangan dengan ajaran Alkitab namun diajarkan sebagai firman Allah alias ajaran gereja Katolik.

Martin Luther (1483-1546) mendapat pencerahan lalu melakukan pembaruan (reformation). Gerakan Martin Luther disebut Protestament alias Protestament Reformation alias Protestant alias Gerakan Proalkitab alias Protestan. Tujuan gerakan Protestan dinyatakan dengan gamblang dalam semboyan Five Sola: Sola scriptura (hanya Alkitab), Sola gratia (hanya anugerah), Sola fide (hanya iman), solus Christus (hanya Kristus) dan soli Deo Gloria (hanya bagi kemuliaan Allah).

Reformed artinya menyusun kembali; mempersatukan kembali. Teologi Reformed artinya teologi yang disusun kembali. John Calvin (1509-1564) dihormati sebagai reformator, itu sebabnya Teologi Reformed juga disebut Calvinisme.

Apa perbedaan Prostestan dan Reformed? Gerakan Protestan bertujuan untuk memperbarui gereja alias perilaku jemaat oleh karena itu semboyannya adalah Five Sola. Tujuan gerakan Reformed adalah menyusun kembali ajaran teologi alias ajaran gereja oleh karena itu menjadikan Lima Pokok Calvinis (TULIP): Total depravity (kejatuhan total), Unconditional election (pemilihan tanpa syarat), Limited atonement (penebusan terbatas), Irresistible grace (anugerah taktertolak), Perseverance of the saints (ketekunan orang-orang kudus) sebagai pokok ajaran.

Gerakan Protestan berhasil gilang-gemilang, itu sebabnya, walaupun kekeh jumekeh menentangnya namun gereja Katolik justru terlindas olehnya. Sola Scriptura (hanya Alkitab) semakin hari semakin dasyat melanda umat Katolik. Dalam generasi ini nampak gamblang antuasiasme generasi muda Katolik berpacu dengan waktu untuk belajar Alkitab dengan tujuan meng-ALKITABIAH-kan ajaran-ajaran gereja Katolik. Walaupun banyak yang melakukannya dengan jurus “kutak-katik biar ngait” namun itu adalah fakta tentang kerinduan akan Sola Scriptura (hanya Alkitab).

Bagaimana dengan gerakan Reformed? Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, mustahil mendirikan rumah di atas pasir, namun itulah yang dilakukan oleh para Calvinis. Lagu lama boy band baru. Walaupun boy bandnya baru namun lagunya tetap lagu lama yang dulu direkam di piringan hitam.

Kenapa demikian? Karena walaupun menjadikan Alkitab sebagai sumber pustaka namun sama seperti gereja Katolik teologi Reformed pun menjadikan HIKMAT manusia sebagai standard kebenaran. Ketika menemukan ayat-ayat Alkitab yang tidak dipahami, mereka langsung menafsirkannya agar memahaminya.

Ketika menemukan ayat-ayat Alkitab yang dianggap tidak logis, mereka pun menafsirkannya dengan tidak logis agar nampak logis. Hal demikianlah yang dilakukan oleh para teolog reformed. Karena tidak memahaminya mereka pun menafsirkannya dengan jurus tafsir 1001 mimpi.

4 thoughts on “Lagu Lama Boy Band Baru

  1. Apakah gereja Lutheran saat ini Masih memegang prinsip Sola scriptura?

  2. mbah dukun bila meramal selalu yang sudah diketahui.

    Faktanya dari awal gak becus meramal titik lokasi orang hilang secara jelas dan mendetail.

    Takut ramalannya meleset resikonya gak laku.

    boro boro dukun. ramalan yesuspun soal akan datang kedua kalinya udah meleset.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.