Tiga Raja dan Lima Kaisar


Kelima kaisar (wǔdì 五帝) melembagakannya dan menjadikannya hukum (xiàn 憲). Ketiga raja (sānwáng 三王) menyebarkannya (yán 言). Kelima kitab (wǔjīng 五經) mencatat ajarannya dan sejarahnya. Itulah agama Tiongkok kuno.

Agama Tiongkok kuno bukan agama dào道 (jalan) yang didirikan oleh Zhāng dào líng 張道陵 yang hidup tahun 34–156. Agama Tiongkok kuno sudah ada jauh sebelum dinasti Xià 夏 (2070 SM–1600 SM).

Harus selalu memelihara orang tua (fányǎng lǎo 凡養 老). Kelima kaisar (wǔdì 五帝) melembagakannya dan menjadikannya hukum (xiàn 憲) kemudian ketiga raja (sānwáng 三王) menyebarkannya (yán 言). Kelima kaisar melembagakannya dan menjadikannya hukum (xiàn 憲) agar memelihara (yǎng 養) dengan sepenuh jiwa raga (qìtǐ 氣體) tanpa diminta apalagi disuruh. Setiap orang harus mengingatnya dan menjadikannya tradisi (dūnshǐ 惇史). Ketiga raja juga melembagakannya dan menjadikannya hukum (xiàn 憲) agar memelihara orang tua (yǎnglǎo 養老) tanpa diminta apalagi disuruh agar hal itu menjadi kesusilaan (lǐ 禮) dan tradisi (dūnshǐ 惇史). Liji X:2:3 – Neize

Sejak dilembagakan oleh kelima kaisar (wǔdì 五帝) lalu diajarkan oleh ketiga raja (sānwáng 三王) maka agama Tiongkok kuno pun SELESAI, artinya, sejak itu tidak ada ajaran baru lagi. Kalau ada ajaran baru itu pasti bukan agama Tiongkok kuno. Siapakah kelima kaisar (wǔdì 五帝) dan ketiga raja (sānwáng 三王) itu?

Hanya raja suci (Shèngwáng 聖王) yang berhak menetapkan tradisi sembahyang (zhì jìshì 制 祭祀). Yang berjasa kepada masyarakat ditetapkan hari sembahyangnya. Yang menegakkan hukum di antara masyarakat ditetapkan hari sembahyangnya. Yang meninggal karena mengemban tugas negara ditetapkan hari sembahyangnya. Yang berhasil mengatasi bencana alam besar ditetapkan hari sembahyangnya. Yang berhasil memadamkan pemberontakan besar ditetapkan hari sembahyangnya. Dahulu kaum Lishan (lìshān shì 厲山 氏) memimpin kolong langit (tiānxià 天下). Bangsawan (zǐ 子) itu namanya Nóng農. Dia berjasa membudidayakan beratus biji-bijian. Kerajaan Xià 夏 mengakhirinya. Namun oleh kerajaan Zhōu 周, apa yang telah diabaikan itu lalu diperingati lagi hari sembahyangnya dengan nama Jì 稷. Kaum Gonggong (gònggōng shì 共工 氏) memerintah kesembilan negeri (jiǔzhōu 九州). Bangsawan itu namanya Hòutǔ 后土. Karena jasanya mempersatukan kesembilan negeri itu, maka ditetapkanlah hari sembahyangnya dengan nama Shè 社. Dìkù帝嚳 mampu memetakan konstelasi bintang (xù xīngchén 序 星辰) dan mengajarkannya kepada masyarakat. Yáo 堯 menyusun sistem hukum yang adil dan menegakkannya di antara rakyat. Shùn 舜 sekuat tenaga mengajak masyarakat bekerja keras hingga meninggal di hutan. Gǔn 鯀 gagal mengatasi bencana banjir hingga dipenjara seumur hidupnya namun Yǔ 禹 putranya mampu melanjutkan pekerjaannya. Huángdì 黃帝 mendapatkan nama harum (zhèngmíng 正名) karena membuat beratus perabotan yang mencerdaskan dan memakmurkan masyarakat. Zhuānxù 顓頊 mampu mengolah dendeng lalu mengajarkannya kepada masyarakat. Qì 契 (menteri pendidikan Yao) memajukan pendidikan masyarakat. Míng 冥 (menteri pekerjaan umum Yao) sekuat tenaga menjalankan tugasnya hingga mati tenggelam ditelan banjir. Míng 冥 (menteri pekerjaan umum Yao) sekuat tenaga menjalankan tugasnya hingga mati tenggelam ditelan banjir. Tāng 湯 sangat terkenal karena berhasil membebaskan rakyatnya dari penindasan. Wénwáng 文王 memerintah dengan bijaksana. Wǔwáng 武王 mengerahkan bala tentaranya untuk membebaskan rakyat dari penindasan. Mereka semuanya berjasa kepada masyarakat. Ibarat matahari, bulan, bintang-bintang dan planet-planet sehingga masyarakat mendongak menatapnya dengan takjub lalu menggangguk memberi hormat. Ibarat gunung, hutan, sungai, lembah, bukit dan pegunungan tempat masyarakat dicukupkan segala kebutuhannya, itu sebabnya, mereka yang merugikan masyarakat dilarang oleh negara untuk diperingati harinya. Liji XX:9 – Jifa

Kelima Kaisar:

  1. Shénnóng 神農
  2. Hòutǔ 后土
  3. Dìkù帝嚳
  4. Huángdì 黃帝
  5. Zhuānxù 顓頊

Ketiga Raja:

  1. Yáo 堯
  2. Shùn 舜
  3. Yǔ 禹

10 thoughts on “Tiga Raja dan Lima Kaisar

  1. Salam om Hai,

    Kalo saya lihat di cerita2 silat, Shen nong sering diceritakan sebagai tabib dewa.. Menurut legendanya, dia mengorbankan tubuhnya sendiri untuk menguji tanaman herbal.
    Apakah ini shennong yg sama dgn salah satu dari lima kaisar itu om?berarti memang benar pernah ada ya om tokohnya?
    Trimakasih om

  2. maaf menyimpang dikit dari artikel, om.

    mau nanya apakah sosok pdt thomy j matakupan, benar2 ada atau cuma rekaan ?
    Lalu apakah pandangan dia terhadap alkitab sekarang sama dengan bengcu ?

  3. Shennong mendapatkan reputasinya karena dia mengajari masyarakat bercocok tanam. Kitab sejarah mencatatnya. Kemudian tampillah seorang pengarang yang mengarang dongeng tentang Shennong yang menceritakan bagaimana dia menggunakan dirinya untuk mencoba obatnya. Juga diceritakan bahwa tubuhnya tembus pandang sehingga kita bisa melihatnya ketika obat-obatan masuk ke dalam tubuhnya dan bereaksi.

  4. Pdt Thomy Matakupan adalah sahabat saya sejak kuliah. Dia pernah menjabat ketua Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi kampus kami. Sampai hari ini dia masih menjadi Pdt GRII (Gereja Reformed Injili Indonesia).

    Kami bersahabat walaupun tidak selalu sepakat. Pengetahuan kami tidak pernah menjadi penghalang dalam persahabatan kami.

  5. ok, om, makasih infonya, mengenai pdt thomy.

    jawaban sudah tersirat.

  6. menyimpang dikit,

    bisakah ditambahkan menu kategori HOAX,
    logika penjabarannya bagus, tetapi sulit mencari
    satu-persatu.

    saya banyak belajar mengasah logika saya dari pembahasan mujijjat hoax.

    terima kasih.

  7. OK, kayaknya sudah waktunya bagiku untuk mengedit judul-judul tulisanku agar lebih mudah untuk mempelajarinya.

  8. Banjur Nuh hanya dongeng, mustahil kisah nyata. Teknologi pada jaman itu mustahil mampu membangun KAPAL seukuran itu.

    bener juga ya,
    Kalau kapalnya hoax, berarti banjirnya hoax. Untuk membuat benda mengambang, harus ada ruang kosong lebih besar dari isi kapal. ruang kosong tsb utk mendapatkan tekanan air ke atas. hukum archimedes.

    Bagaimana nuh tau berapa besar ruang kosong yg dibutuhkan. Dasar tukang tipu!

  9. 3 Maharaja dan 5 kaisar.

    Ternyata yg dimaksud adalah cerita2 yang sering saya tonton, yang versinya terlalu banyak, sampai bingung.

    Pangu yg bangun dari tidurnya menahan pilar langit,
    Nvwa, maharaja bumi, yg menciptakan manusia dari jerami.
    Fuxi, maharaja langit
    dst dst

    Tulisan ini berbobot tetapi terlalu berat untuk pemula. Baiknya dimulai dengan penciptaan manusia versi tiongkok.

  10. Pangu hanya dongeng yang kualitas ceritanya rendah sekali. Nuwa dan Fuxi tercatat di dalam kitab sejarah Tiongkok kuno. Namun cerita Nuwa dan Fuxi dalam buku dongeng juga ada. Kita bisa tahu dongeng karena ceritanya tidak masuk akal semantara AGAMA tiongkok kuno adalah agama akal budi, tidak ada takhayul dalam ajarannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.