Sejak Kapan Allah Tinggal Di Sorga?


Yesus mengklaim Bapa-Nya tinggal di SORGA. Kristen percaya Allah (theos) alias Tuhan (kurios) tinggal di SORGA. Tahukah Kristen bahwa Allah (‘elohiym) dan TUHAN (YHWH) yang disembah Musa dan Israel tidak pernah tinggal di SORGA?

Tetapi seorang nabi, yang terlalu berani untuk mengucapkan demi nama-Ku perkataan yang tidak Kuperintahkan untuk dikatakan olehnya, atau yang berkata demi nama Allah (‘elohiym) lain, nabi itu harus mati. Ulangan 18:20

Yesus dihukum mati oleh mahkamah agama (sunedrion) Yahudi karena terlalu BERANI mengucapkan demi nama Allah (‘elohiym) dan TUHAN (YHWH) perkataan yang tidak diperintahkan untuk dikatakan olehnya. Karena berkata demi nama Allah lainlah Yesus harus mati.

Perjanjian Lama mencatat, saat Israel dibuang Nebukadnezar tahun 586 SM mereka berbahasa Ibrani walaupun fasih berbahasa Aram. Saat Israel pulang dari pembuangan tahun 515 SM (71 tahun) kemudian, mereka tidak bisa berbahasa Ibrani lagi.

Pada zaman Yesus, orang Yahudi berbahasa Aram dan Yunani. Bahasa Ibrani hanya dipakai para Imam bahkan Perjanjian Lama yang dibacakan di rumah ibadah adalah terjemahan Yunani Septuaginta.

Paulus adalah sarjana teologi Yudaisme. Dia murid rabi Gamaliel yang masyhur itu. Namun Yesus, selain tidak diketahui pekerjaannya, juga bukan sarjana teologi. Walaupun bisa membaca Alkitab Septuaginta di rumah ibadah, namun sangat diragukan kemampuan-Nya berbahasa Ibrani karena bahasa Ibrani sudah tidak dipakai lagi sejak bangsa Israel kembali dari pembuangan.

Keempat Injil mencatat sepak terjang Yesus selama 3 tahun pelayanannya. Dengan membandingkannya dengan kelima kitab Musa kita langsung bisa menarik kesimpulan bahwa pengetahuan Yesus akan Hukum Taurat alias Perjanjian Lama jauh panggang dari api.

Itu sebabnya banyak yang menyatakan bahwa ajaran Kristen adalah ajaran Paulus, bukan ajaran Yesus. Ajaran Kristen bukan ajaran Yesus lewat ke 11 murid-Nya namun ajaran Paulus yang mengaku dirinya rasul Kristus, bukan rasul Yesus. Paulus tidak pernah mengklaim dirinya rasul Yesus.

Roh Allah Melayang-layang Di Atas Air

Pada mulanya Allah menciptakan langit (shamayim) dan bumi (‘erets). Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang (rachaph) di atas permukaan air. 1:1-2.

Berfirmanlah Allah: “Jadilah cakrawala (raqiya) di tengah segala air untuk memisahkan air (mayim) dari air.” Maka Allah menjadikan cakrawala dan Ia memisahkan air yang ada di bawah cakrawala itu dari air yang ada di atasnya. Dan jadilah demikian. Lalu Allah menamai cakrawala (raqiya) itu langit (shamayim). Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari kedua.  Kejadian 1:6-8

Ketika Allah memisahkan air dari air, jadilah CAKRAWALA (raqiya). Lalu Allah menamai cakrawala itu LANGIT (shamayim). Penerjemah alkitab King James (bahasa Inggris) menerjemahkan kata Ibrani Shamayim menjadi HEAVEN alias SORGA sementara LAI menerjemahkannya menjadi LANGIT. Apa perbedaan LANGIT dan SORGA? Tidak ada. Keduanya adalah CAKRAWALA yang nampak waktu kita mendongak ke angkasa.

Di mana Allah tinggal sebelum Dia menciptakan langit dan bumi? Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air. Allah tinggal di permukaan air. Di mana Allah tinggal setelah menamai cakrawala SORGA? Allah tetap tinggal di permukaan air alias melayang-layang di atas permukaan air.

Musa hidup tahun 1391 SM-1271 SM. Kelima kitab Musa (Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, Ulangan) dan kitab Yosua, Hakim-Hakim, Rut, 1 Samuel dan 2 Samuel tidak pernah mencatat kisah Allah membangun atau menciptakan tempat tinggal di SORGA.

Kenapa umat Kristen percaya Allah tinggal di sorga? Benarkah Allah tinggal di langit? Langit bagian mana?

Allah Bersemayam Di Sorga

Dia, yang bersemayam di sorga (shamayim), tertawa; Tuhan mengolok-olok mereka. Mazmur 2:4

TUHAN sudah menegakkan takhta-Nya di sorga (shamayim) dan kerajaan-Nya berkuasa atas segala sesuatu. Mazmur 103:19

Daud (1040 SM – 970 SM) menjadi raja Israel 300 tahun setelah Musa wafat. Kitab Mazmur yang ditulis Daud mencatat bahwa Allah (‘elohiym) dan TUHAN (YHWH) sudah menegakkan takhta-Nya di SORGA.

Sejak kapan Allah pindah rumah dari melayang-layang di atas permukaan air ke SORGA? Siapa yang diundang waktu peletakan batu pertamanya? Kalau nabi Natan diundang waktu gunting pita peresmisannya, pastilah dia bersaksi bahwa sekarang Allah tidak melayang-layang di atas permukaan air lagi karena sudah punya rumah di sorga. Ha ha ha …

Allah Tinggal Di Sorga

Dan dengarkanlah permohonan hamba-Mu dan umat-Mu Israel yang mereka panjatkan di tempat ini; bahwa Engkau juga yang mendengarnya di tempat kediaman-Mu di sorga (shamayim); dan apabila Engkau mendengarnya, maka Engkau akan mengampuni. 1 Raja-raja 8:30

maka Engkau kiranya mendengarkan di sorga (shamayim), tempat kediaman-Mu yang tetap, kepada doa dan permohonan mereka dan Engkau kiranya memberikan keadilan kepada mereka. 1 Raj-raja 8:49

Sama seperti bapaknya Daud, raja Salomo pun mengklaim Allah sudah tinggal di SORGA. Daud dan anaknya Salomo memboyong Allah dan TUHAN ke sorga. Kalau benar, Allah dan TUHAN sudah PINDAH ke SORGA, kenapa nabi Natan dan nabi-nabi sebelumnya tidak pernah memberi tahu bangsa Israel?

Nabi Mikha Melihat Allah Di Sorga

Sementara raja Israel dan Yosafat, raja Yehuda, duduk masing-masing di atas takhtanya dengan pakaian kebesaran, di suatu tempat pengirikan di depan pintu gerbang Samaria, sedang semua nabi itu bernubuat di depan mereka, 1 Raja-raja 22:10

Kata Mikha: “Sebab itu dengarkanlah firman TUHAN (YHWH). Aku telah melihat TUHAN sedang duduk di atas takhta-Nya dan segenap tentara sorga (shamayim) berdiri di dekat-Nya, di sebelah kanan-Nya dan di sebelah kiri-Nya. 1 Raja-raja 22:19

Mikha (742 MS – 687 SM) lahir sekitar 200 tahun setelah Daud wafat (500 tahun setelah Musa wafat). Mikha mengaku dirinya nabi dan bersaksi melihat TUHAN di SORGA. Benarkah Mikha nabi TUHAN (YHWH)? Atau dia nabi palsu?  

Anda tahu yang disebut pengirikan, bahasa Ibraninya Goren, bahasa Inggrisnya threshing floor? Lantai jemuran untuk menjemur gandum. Kenapa raja Israel dan raja Yehuda bertakhta dengan pakaian kebesaran di pengirikan? Kenapa tidak di istananya saja? Karena, empat ratus nabi perlu tempat luas, makanya mereka tidak dikumpulkan istana namun di pengirikan alias di lantai jemuran yang luas.

Berapa jumlah segenap tentara SORGA yang berdiri DEKAT di sebelah kanan dan di sebelah kiri Allah? Saat ini, Indonesia memiliki 395.500 tentara aktif. Apa jadinya kalau semua TNI berdiri DEKAT di sebelah kanan dan di sebelah kiri Jokowi saat RAPAT? Ha ha ha …    

TNI (Tentara Nasional Indonesia) ada struktur organisasinya. Terdiri tiga matra, Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara yang mempunyai tugas dan fungsi masing-masing. Ada jenjang kepangkatannya. Ada pembagian teritorialnya. Ada jalur perintahnya. Ada pembagian keelitannya. Ada pembagian kerjanya masing-masing. Mustahil segenap tentara sorga nggak ada struktur organisasi.   

3000 tahun sebelum masehi, untuk beraudiensi dengan masyarakat di luar ibukota, Kaisar membangun panggung besar yang tinggi. Di atas panggung itulah rakyat bisa memberi hormat kepada Kaisar dan kaisar mengucapkan maklumatnya.

TUHAN duduk di atas takhta-Nya dan segenap tentara sorga berdiri di dekat-Nya? Berapa besar takhta yang diduduki TUHAN sehingga segenap tentara sorga bisa melihat-Nya? Berapa luas istana TUHAN yang mampu menampung semua bala tantara sorga? Allah bertakta di lapangan terbuka? Memangnya bala tantara sorga nggak kepanasan di bawah terik matahari?

Kisanak, di dalam kisah nyata, selalu ada jarak (ruang) dan waktu. Di dalam dongeng dan mimpi, ceritanya selalu tanpa JARAK (ruang) dan WAKTU. Makanya kita langsung tahu, cerita bohong alias hoak mengabaikan JARAK dan dan WAKTU. 

Apa yang dilakukan TUHAN dengan segenap tentara sorga di dekat-Nya, di sebelah kanan-Nya dan di sebelah kiri-Nya? Memangnya para tantara nggak perlu makan? Nggak perlu kencing? Nggak perlu pulang ke rumah untuk mandi dan ganti seragam bersih bahkan tidur dan bermimpi? Memangnya mereka nggak perlu update status WA atau Instagram? Tentara sorga nggak perlu clubingkah? Nggak perlu ajak anak istri ke mallkah?   

Nabi Yang Terlalu Berani

Apa yang dilihat Musa, Yosua, Imam Eli dan Samuel waktu mereka mendongak ke angkasa? Benar. Mereka melihat SORGA alias LANGIT alias HEAVEN alias shamayim. Selain melihat SORGA, apa lagi yang mereka lihat? Air yang warnanya biru. Kenapa langit biru? Bro dan sis, sekarang kita tahu, SORGA adalah CAKRAWALA yang kita lihat waktu menatap angkasa.

Apa yang dilihat Yesus waktu mendongak ke angkasa? Yesus melihat PERSIS yang dilihat Musa, Yosua, Imam Eli dan Samuel bahkan semua manusia yaitu SORGA alias CAKRAWALA. Yesus dan orang-orang sezamannya BERIMAN bahwa langit warnanya biru karena itulah laut. Karena ilmu pengetahuan pada jaman Yesus tidak secanggih saat ini, makanya mustahil menyalahkan Yesus kalau dia BERIMAN bahwa Bapa-Nya tinggal di Sorga dengan berlaksa-laksa ribu bala tantara.    

4 thoughts on “Sejak Kapan Allah Tinggal Di Sorga?

  1. Kekurangan alkitab adalah tidak menceritakan tentang realm seperti kebanyakan cerita2 film ttg cultivator dari mainland. Dimana dijelaskan adanya mortal realm, gods realm, demon realm yg eksis secara paralel, sehingga apa yang ada dalam alkitab sangat mudah dibantah dengan logika dan science manusia. Mungkin otak pengarangnya belum mampu waktu itu.

    Begitu juga dengan semua agama samawi, sangat mudah dibantah ceritanya, agama kebohongan.

    Bukankah begitu om ?

  2. Musa hidup sekitar 1500 tahun sebelum masehi. Makanya ilmu pengetahuan yang dia pakai untuk menulis kisah penciptaan langit dan bumi sangat RENDAH dibandingkan dengan pengetahuan hari ini.

    Hanya agama tiongkok kuno yang menulis sejarah apa adanya saja. Di katakan bahwa Kesusilaan itu awalnya hanya bagaimana cara mencedok air karena sebelumnya manusia makan binatang bahkan tanpa mencabut bulunya. Ilmu pengetahuan lalu bertambah karena manusia bukan hanya belajar namun MENCATAT dan mengajari anak cucunya. Itu sebabnya ilmu pengetahuan adalah PERTAMBAHAN sejak purbakala.

  3. Aku adalah Alpha dan Omega, tidak ada awal dan tidak ada akhir. Artinya tidak ada ruang dan tidak ada waktu. Tidak ada ruang karena Dia adalah spirit jadi tidak perlu ada tempat bisa berada dimana saja.

  4. Itu sebabnya dikatakan bahwa Agama Kristen adalah agama SLOGAN KOSONG dan PEPESAN KOSONG. Kenapa demikian? Karena para Penganutnya SENANG sekali membuat SLOGAN KOSOSNG dan PEPESAN KOSONG alias membuat pernyataan BOHONG dan memebritakan berita BOHONG. ha ha ha …

    Ketika Yesus bicara dengan Nikodemus, dia bicara tentang ROH = ANGIN.

    Angin = ROH artinya angin TIDAK KELIHATAN namun ADA dan KEBERADAANNYA bisa dideteksi. Yesus mengajarkan bahwa TIDAK kelihatan dan TIDAK kedengan namun ADA.

    Jadi Billy, ajaran anda bahwa TIDAK ADA RUANF kerena dia adalah SPIRIT jadi tidak perlu ada tempat bisa berada di mana saja adalah HOAX alias SLOGAN KOSONG alias PEPESAN KOSONG karena nyatanya ALKITAB Perjanjian LAMA dan Perjanjian Baru tidak mengajarkan apa yang anda ajarkan bro. Bahkan ajaran anda BERTENTANGAN dengan ajaran Alkitab bro. ha ha ha …..

    Kapan anda mau bertobat bro? ha ha ha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.