Love Conquers All


Image result for Love Conquers AllStatus FB sahabatku, “Love conquers all” kutanggapi dengan, “Love conquers all but women.” Selanjutnya dia menulis, “No comment. Saya tunggu aja tulisan Suhu ttg topik itu. Jangan lupa nge-tag saya ya… Ha haa”.

Aku memberi penjelasan, “Love conquers all but women – Cinta mengalahkan segalanya kecuali perempuan,” waktu kelas tiga SMP (1981), saat itu teman-teman putriku sedang keranjingan menulis buku diary.

Aku lalu melupakan kalimat tersebut sampai lima tahun yang lalu saat aku reunian dengan teman-teman SMP dan dia yang buku diary-nya kutulisi puisi tersebut bertanya tentang maknanya. Terjadilah saling komentar yang seru karena setiap kali ada teman lain menanggapinya, aku hanya ngakak. Ha ha ha … ingat betapa jailnya aku dulu.

Salah satu temanku bilang itu adalah judul lagu Deep Purple. Aku menggeleng dan mengaku tidak pernah mendengarkan lagu tersebut. Sejak SMP aku suka lagu rock sampai lulus SMA. Waktu kuliah, aku mengganti musikku dengan klasik dan jazz. Aku tidak pernah mengutip syair lagu Deep Purple tersebut.

Waktu SMP sampai lulus SMA, aku tinggal di Yogya. Saat itu orang-orang Kristen Yogya mulai getol ikut KKR (Kabaktian Kebangunan Rohani). Saat itu saya tidak suka dengan perilaku sombong orang-orang Kristen yang mengklaim, sebagai orang Kristen dirinya pasti hidup berkelimpahan dan setelah mati yakin masuk sorga serta memvonis siapa saja yang tidak mau menerima Yesus dan lahir baru (born again) pasti masuk neraka.

Waktu sekolah saya sangat pemalu. Majalah dinding sekolah dan buku diary teman-temanlah saranaku melampiaskan rasa sebalku kepada orang-orang kristen lewat puisi.

pun telah kau pastikan masuk sorga
ku berdoa
neraka orang miskin saja
karena orang kaya membenci KITA
hi hi hi

God is love
Love conquers all
but women
ha ha ha

Aku meyakini bahwa dalam berpuisi yang utama adalah melampiaskan isi hatiku, peduli setan orang lain mengerti atau tidak. Tebak-tebak buah manggis sebuah puisi memang asyik, namun pada hakekatnya hanya ada satu cara untuk memahaminya dengan benar yaitu bertanya kepada penulisnya sendiri.

Waktu SMP listrik masih menjadi barang langka. Di tempat kosku, kami masih hidup dengan lampu tempel dan petromak. Neraka orang miskin pasti tidak sepanas neraka orang kaya karena KITA (Allah tritunggal) yang miskin nggak punya uang untuk membeli kayu bakar. Hi hi hi

Katanya Allah itu kasih dan Dia maha kuasa namun faktanya emak Hawa mbalelo. Itulah bukti bahwa Allah pun tidak mampu mengalahkan perempuan. ha ha ha

Itulah sebabnya aku ngakak setiap kali orang berkata, “Love conquers all.”

16 thoughts on “Love Conquers All

  1. Jaksa yang menangani kasus Ahok, bersama istri jadi korban jatuhnya pesawat Lion Air jt 610. (Istimewa) ha ha ha ahok pasti senang , orang jahat pantas modar mengenaskan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.