Perdana Menteri Yiyin


Image result for 伊尹 isYi yin 伊尹 (1648-1549) SM membantu pangeran Cheng Tang 成湯 1675 – 646 SM menjatuhkan raja Raja Jie 桀 yang lalim dari dinasti Xia 夏.Setelah raja Tang naik tahta, dia menjadikan Yiyin perdana menterinya.

Ketika raja Cheng Tang mangkat, Da Ding 大丁 anaknya menjadi raja. Ketika Dading mangkat, adiknya Tai Jia 太甲 yang melanjukan pemerintahannya. Namun Tajia juga mai muda sehingga digantikan oleh anaknya Bu Bing 外丙.

Cucu raja Cheng Tang hidup dalam kejahatan. Hidup foya-foya dan lalim sera mau menang sendiri sehingga perdana Yiyin 伊尹 kesal setengah mati. Raja Bubing 外丙 yang jahat itu diangkap dan dipaksa untuk belajar kepada orang-orang kampung.

Orang-orang menyangka Yiyin pasti mengangkangi tahta, padahal tidak. Dia tetap memerintah menjadi Perdana Menteri dan ketika Bubing 外丙 bertobat menjadi orang yang jujur dan tulus, Yiyin menyuruhnya untuk pulang ke istana dan melanjukan pemerinahannya sebagai raja dinasti Tang.

Di bawah ini adalah ucapan raja Bubing 外丙 ketika menerima jabatannya kembali dari perdana menteri Yiyin.Ucapan Bubing yang rendah hati dan bijaksana itulah yang tercatat di dalam kitab Shujing 書經 dan menjadi buah bibir orang-orang Tionghoa dari generasi ke generasi sampai hari ini.

Raja mengangkat tangannya dan menyembah hingga kepalanya menyentuh tanah, lalu berkata: “Aku yang anak kecil ini buta akan kebajikan dan membiarkan diri hidup tanpa kebaikan. Melalaikan kewajiban dan mengabaikan ibadah sehingga dalam waktu singkat mempermalukan keluarga dan mempermalukan diri sendiri. Bencana dari Tian 天 yang mahatinggi dapat kita hindari namun bencana yang dibuat firi sendiri, kita tak bisa lari. Dahulu, aku membelakangi ajaran guruku dan waliku sehingga sejak awal tak mau menjaga nama baik keluarga. Walau pun bersalah namun aku diselamatkan. Sungguh akhir yang tak terbayangkan. Shujing IV:VB:II:3 – Taijia zhong

Bencana dari Tian 天 yang mahatinggi dapat kita hindari namun bencana yang dibuat firi sendiri, kita tak bisa lari. Shujing IV:VB:II:3 – Taijia zhong

Kerena perilakunya yang luar biasa itulah maka setelah wafatnya, perdana menteri Yiyin 伊尹 pun diakui sebagai shengren 聖人 orang suci.Dalam tradisi Tiongkok kuno, shengren 聖人 alias orang suci adalah orang yang sejak dilahirkan sudah hidup baik.

#ShengrenYiyin

89 thoughts on “Perdana Menteri Yiyin

  1. Orang yang percaya hal gaib pasti beragama dan orang yang sering diganggu hantu dan kesurupan juga begitu dan yang lebih parah lagi penghuni rumah sakit jiwa juga begitu hasil penelitian pada tayangan di televisi orang itu mulutnya sering komat- kamit nyeroscos mengucapkan ayat ayat setan makanya agama adalah virus dan racun bagi pikiran. Setan itu hanyalah virus dari agama yang masuk kedalam pikiran tentu saja sangat mengganggu dan berbahaya karena dapat bermutasi dan kreatif menciptakan penampakan menyeramkan kpd orang yang otaknya kena virus agama.
    makanya jangan percaya agama agar terbebas dari gangguan virus. itu ruqiah hanya memperkuat virus agama bercokol di otak.

  2. Talk show alat penghemat listrik adalah penipuan coba cari info penipuan alat penghemat listrik di google. PLN sendiri ngasih info bahwa alat penghemat listrik adalah penipuan. Karena kalou sudah frustasi biasanya penipu akan nekad mengatasnamakan pln. Sebelum penipu nekad maka fihak pln sudah lebih dulu mengingatkan masyarakat agar jangan tertipu.

  3. Talk show alat penghemat listrik adalah penipuan coba cari info penipuan alat penghemat listrik di google. PLN sendiri ngasih info bahwa alat penghemat listrik adalah penipuan. Karena kalou sudah frustasi biasanya penipu akan nekad mengatasnamakan pln. Sebelum penipu nekad maka fihak pln sudah lebih dulu mengingatkan masyarakat agar jangan tertipu.

  4. Kenapa ada orang yang taat agama namun sering diganggu kuntilanak sementara yang tidak percaya agama justru tidak pernah mengalami bertemu kuntilanak. Karena orang beragama diajari sejak kecil harus percaya hal ghaib apa yang kita percaya itulah penyebabnya.
    Tapi di Indonesia bila jadi pejabat kita harus pura-pura taat agama bila perlu pake Gelar H didepan gelar prof Dr biar dipercaya karena di negri ini masih banyak orang tolol.

  5. Di ind orang masih banyak yang bodoh makanya ada yang memanfaatkan dengan cara menjual omongan lewat seminar. Anehnya motivatornya bukan dosen atau profesor tapi berlagak lebih hebat dari sekolah yang legal dan diakui pemerintah. Di Indonesia fakultas ekonomi dan fakultas pendidikan dan psikologi apa belum cukup untuk mendidik anak menjadi orang sukses.

  6. komplotan para penipu cari duit dengan mengadakan seminar jualan produk mimpi iming iming pasip income, pemalas kerjanya hanya jualan mulut knalpot. Kalau produk sudah laku ngapain bikin iklan talkshow di Tv dan radio.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.