Perdana Menteri Yiyin


Image result for 伊尹 isYi yin 伊尹 (1648-1549) SM membantu pangeran Cheng Tang 成湯 1675 – 646 SM menjatuhkan raja Raja Jie 桀 yang lalim dari dinasti Xia 夏.Setelah raja Tang naik tahta, dia menjadikan Yiyin perdana menterinya.

Ketika raja Cheng Tang mangkat, Da Ding 大丁 anaknya menjadi raja. Ketika Dading mangkat, adiknya Tai Jia 太甲 yang melanjukan pemerintahannya. Namun Tajia juga mai muda sehingga digantikan oleh anaknya Bu Bing 外丙.

Cucu raja Cheng Tang hidup dalam kejahatan. Hidup foya-foya dan lalim sera mau menang sendiri sehingga perdana Yiyin 伊尹 kesal setengah mati. Raja Bubing 外丙 yang jahat itu diangkap dan dipaksa untuk belajar kepada orang-orang kampung.

Orang-orang menyangka Yiyin pasti mengangkangi tahta, padahal tidak. Dia tetap memerintah menjadi Perdana Menteri dan ketika Bubing 外丙 bertobat menjadi orang yang jujur dan tulus, Yiyin menyuruhnya untuk pulang ke istana dan melanjukan pemerinahannya sebagai raja dinasti Tang.

Di bawah ini adalah ucapan raja Bubing 外丙 ketika menerima jabatannya kembali dari perdana menteri Yiyin.Ucapan Bubing yang rendah hati dan bijaksana itulah yang tercatat di dalam kitab Shujing 書經 dan menjadi buah bibir orang-orang Tionghoa dari generasi ke generasi sampai hari ini.

Raja mengangkat tangannya dan menyembah hingga kepalanya menyentuh tanah, lalu berkata: “Aku yang anak kecil ini buta akan kebajikan dan membiarkan diri hidup tanpa kebaikan. Melalaikan kewajiban dan mengabaikan ibadah sehingga dalam waktu singkat mempermalukan keluarga dan mempermalukan diri sendiri. Bencana dari Tian 天 yang mahatinggi dapat kita hindari namun bencana yang dibuat firi sendiri, kita tak bisa lari. Dahulu, aku membelakangi ajaran guruku dan waliku sehingga sejak awal tak mau menjaga nama baik keluarga. Walau pun bersalah namun aku diselamatkan. Sungguh akhir yang tak terbayangkan. Shujing IV:VB:II:3 – Taijia zhong

Bencana dari Tian 天 yang mahatinggi dapat kita hindari namun bencana yang dibuat firi sendiri, kita tak bisa lari. Shujing IV:VB:II:3 – Taijia zhong

Kerena perilakunya yang luar biasa itulah maka setelah wafatnya, perdana menteri Yiyin 伊尹 pun diakui sebagai shengren 聖人 orang suci.Dalam tradisi Tiongkok kuno, shengren 聖人 alias orang suci adalah orang yang sejak dilahirkan sudah hidup baik.

#ShengrenYiyin

17 thoughts on “Perdana Menteri Yiyin

  1. Ganti jokowi dengan yiyin .ganti pancasila dengan ideologi jepang biar aman. Lemparkan mayat teroris ke buaya atau binatang buas biar kapok dan ngak berani bertingkah di Indonesia.
    Nanti Ditanya oleh malaikat bukan dikuburan tapi malaikatnya harus masuk ke perut binatang.

  2. Benar juga bro biar ngak ada teroris mayat teroris dibuka mulutnya lalu masukan kornet daging babi atau daging apa saja yang dianggap haram lalu mulutnya buka dan kencingi pakai titit yang dianggap kafir.
    Pantas aja di jepang dan di tiongkok aman-aman saja. Cara ini boleh ditiru oleh USA dan Eropa

    • Tionghoa, Korea, Jepang, Vietnam, Mongol menghasilkan cewek-cewek cantik ya. Semua ras mongoloid cantik-cantik ya. Orang Minahasa aja juga cantik2 karena ada keturunan ras mongoloid.

      HIDUP RAS MONGOLOID!!!

  3. Aturan agama bodoh masih ditaati. Kalau gue jadi Yesus gue lawan tuh si allah pasti keok. allah ngaku-ngaku bapanya Yesus ternyata si iblis penipu. Mengenaskan Yesus ditipu, tapi ngak apa-apa yang penting sekarang Yesus sudah tahu dirimu bukanlah anak allah tapi tercipta sendiri alias ujug-ujug ada seperti alam semesta juga ujug-ujug ada lalu iblis dan malaikat juga ujug-ujug ada hanya mereka ngaku-ngaku sebagai allah untuk menipu padahal allah itu masih dirinya.

    #Alam Semesta, Yesus,malaikat,iblis,manusia dan binatang ujug-ujug ada hanya saja ada yang ngaku-ngaku dirinya sbg allah karena punya kemampuan lebih dari manusia yaitu si iblis tapi tenang aja nanti juga ada saingannya. Bukan hanya manusia yang ditipu tapi si iblis akan menipu siapa saja bahkan akan memusnahkan yang dianggap saingan.

    • gw keturunan setengah chinese, setengah manado, gw beragama kristen, gw tersinggung dengan tulisan lu, ini penistaan agama nama nya. Bruakakakakakak

  4. jadi orang kristen manado biasanya ngak percaya diri bila hidup dilingkungan islam. bila bulan puasa berlagak islam dengan pake atribut pakaian muslim dan bila waktu berbuka puasa pura-pura makannya seperti kelaparan biar dipuji tetangga. ha ha ha ketahuan ngak pd

    • Bodoh amat apa kata lu, pokok nya gw tau si bengcu ini mau nya semua orang tionghoa agar memeluk konghucu, sampai pendeta-pendeta etnis tionghoa di jelek2in sama si bengcu, ibu gw orang chinese, bapak gw orang manado, gw dari lahir udah kristen, dan gw udah belajar alkitab di Gereja Berea, jadi iman gw gak bakal tergoyahkan, gw orang Berea

  5. Orang manado itu agama bunglon. bila dilingkungan bali ngaku hindu, bila ke aceh ngaku muslim, bila ke kamboja ngaku budha, bila di manado tentu saja kristen. karena dimanado banyak kristen.

    Biarpun kristen tapi malu sebagai orang kristen bila tinggal dilingkungan Muslim.Makanya banyak yang jadi Mualaf ( masuk islam). Itulah Manado .

    • Ras mongoloid :

      Tionghoa, Korea, Jepang, Vietnam, Minahasa, Mongol…. Ada tambahan lagi???

      Ciri2 ras mongoloid:

      Bermata sipit,
      Berkulit putih / kuning langsat

  6. Semua mahluk ghaib ngak ada yang bikin tapi ujug-ujug ada. ada yang baik dan ada yang jahat makanya kitab suci isinya plintat-plintut mengajarkan kebaikan dan kejahatan karena dipengaruhi 2 sifat mahluk ghaib. Hantu biasanya mahluk ghaib yang jahat untuk mengusirnya minta tolong kepada saingannya. ngak usah takut hantu kan ada saingannya yaitu mahluk ghaib yang baik.

    jangan tertipu dukun ruqiah berlagak sakti, Hantu ngak bakalan takut, nanti juga mengganggu lagi hi hi hi hii wajahnya serem, rabutnya panjang, matanya melotot.

    Mahluk ghaib vs mahluk ghaib. Hantu pasti keok

  7. bajunya dimasukin ke celana. Tapi kalau ngak pake celana ngak usah repot-repot memasukan baju ke celana tapi bajunya agak panjang. Ngak pake celana enak adem

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.