Surat Untuk Veronica Tan Istri Ahok


 

Veronica Tan, nama saya hai hai bengcu alias Arief Chrisdiyanto. Kita tidak pernah bertemu namun saya adalah temanmu. Apa pun yang terjadi dalam rumah tanggamu hari ini, saya berpihak kepadamu, bukan untuk mengagul-agulkan siapa yang benar dan siapa yang salah namun tabahlah. Tabah artinya fokus menyelesaikan masalah karena Cinta Itu Seperti Sehembus Angin.

Asmara itu kuat seperti maut dan cemburu itu kejam seperti dunia orang mati. Cemburu tanda tak mampu dan marah tanda tak berdaya.

Selama lima tahun ini, setiap hari, siang dan malam, saya menonton suamimu mengagul-agulkan ketidakberdayaannya akan permasalahan Jakarta dengan marah-marah. Dan hari ini, akhirnya dia mengungkapkan ketidakmampuannya membahagiakan istrinya dengan menggugat cerai. Ha ha ha …

Kemarahan memang berguna untuk memotivasi diri sendiri untuk bekerja lebih bersemangat dan memaksa orang lain untuk melakukan kehendakmu, namun tidak bermanfaat untuk memotivasi orang lain untuk bekerja dengan cara yang benar dengan bersemangat.

Setiap panglima menghadapi lima bahaya: Bila nekad, dia mudah terbunuh. Bila penakut, dia mudah ditawan. Bila pemarah, dia mudah dihasut. Bila sombong, dia mudah dihina. Bila mencintai rakyatnya, dia mudah diusik. Kelima hal tersebut, selain membahayakan seorang panglima, juga membahayakan negara karena mendatangkan bencana bagi bala tentaranya. Mengubah rencana dan mengorbankan anak buah sia-sia terjadi akibat lima bahaya tersebut, itu sebabnya, jangan biarkan hal itu terjadi. Sunzi 8:4 – jiubian

Kasmaran adalah perasaan WOW bersama seseorang. Perasaan demikian dialami oleh siapa saja ketika bersama siapa saja. Itu persis sama ketika kita melihat pemandangan yang indah di suatu tempat. Ketika kita meninggalkan tempat itu, perasaan WOW itu pun hanya menjadi kenangan.

Hari ini, para ilmuwan sudah tahu bahwa perasaan WOW itu terjadi karena otak melepaskan hormon tertentu dan kita bisa memicu bahkan melatih otak kita untuk merasa kasmaran. Caranya adalah dengan membayangkan alias memikirkannya berulang-ulang.

Saya kasmaran dengan Dian Sastro padahal tidak pernah bertemu denganya. Tidak tahu, apakah dia setinggi pundak saya atau setinggi kuping saya? Nonton film dia saja saya tidak pernah. Lalu bagaimana bisa kasmaran padanya? Karena suatu hari saya menonton acara televisi dimana Ahok bicara tentang Dian Sastro. Kemudian saya mencari fotonya di Internet dan dia memang cantik.

Kemudian saya mulai berpikir alias ngelamun tentang Dian Sastro. Ngelamin itu gratis dan hak asasi manusia bukan? Saya pun kasmaran pada Dian Sastro. Makin hari perasaan saya kepadanya semakin indah. Akhirnya saya pun mabuk kepayang dan tergila-gila. Tanpa memikirkan Dian Sastro rasanya kayak di neraka.
Kenapa bisa demikian? Karena tanpa menyadarinya, saya melatih pikiran saya untuk memicu hormon WOW saat memikirkan Dian Sastro. Mengalirnya hormon WOW adalah FAKTA namun LAMUNAN atau HALUSINASA saya tentang dan bersama Dian Sastro. Itu sebabnya kemudian saya YAKIN bahwa Dian Sastro adalah jodoh yang Tuhan ciptakan khusus untuk saya, buktinya ketemu saja belum pernah, nonton filmnya juga nggak pernah, liat fotonya di Internet juga baru sekali, NAMUN, setiap hari, siang dan malam, saya sakit asmara padanya.

Menyangkal rasa sakit asmara? Alih-alih membuat kita lupa, justru semakin membuat sakitnya tuh di sini. Kenapa bisa demikian? Karena ketika kepikiran Dian Sastro, otakmu otomatis mengalirkan hormon WOW, dan kalau anda berusaha menolaknya, itu berarti anda memberi tahu otak anda bahwa dosis hormon WOW-nya kurang, makanya otakmu pun menambah dosisnya.

Memicu otak melepas hormon WOW ke dalam tubuh ada PROSEDUR-nya. Ketika “prosedur” itu berjalan pertama kali, dia belum dianggap prosedur penting. Setelah berkali-kali terjadi, barulah dianggap penting. Karena penting dan sering, maka menjadi “Reflek” alias menjadi  prosedur yang berjalan secara otomatis. Itu sebabnya Windows menyebut prosedur demikian, “Allways ise This program to open this file,” secara reflek, prosedur itu pasti dijalankan secara otomatis.

Itu sebabnya cara untuk mengatasi SAKIT ASMARA bukan menyangkalnya namun membiarkannya begitu saja. Dengan membiarkannya begitu saja dan terus SIBUK melakukan kegiatan lain maka cepat atau lambat otak anda akan menganggap PROSEDUR tersebut tidak penting. Karena tidak penting maka anda pun lupa. Itu sebabnya suhu hai hai berkata, saki asmara akan hilang seiring berlalunya waktu.

Cara kerja hormon WOW dan cara kerja hormon CEMBURU sama. Awalnya, tanpa sengaja anda memicu. Karena rasanya SEDAP maka anda pun memanjakannya dengan memikirkannya bahkan mengarang berbagai adegan-adegan agar semakin asyik. Secara ilmiah, itu namanya memicu hormon cemburu agar semakin berlimpah memenuhi tubuh. Makin berlimpah dan terus berlimpah sehingga akhirnya anda nggak mampu lagi membedakan mana yang lamunan dan mana yang kisah nyata.

Anda mengajaknya bicara, tiba-tiba dia melirik cecak di dinding. Anda langsung merasa dicuekin. Ketika anda bertanya, dia diam saja. Bukankah tidak semua pertanyaan harus dijawab? Makanya dia pun diam saja. Namun anda langsung memvonis, dia diam pasti karena dia sedang ngelamun sama si sia. Anda tiba-tiba kentut dan secara reflek mengelus hidungnya, anda langsung berpikir, “Gua kentut dia melotot, kalau dia kentut lu pasti memujinya sedap,” itulah cara kerja cemburu.

Ketika nonton Film horor, anda terlena dan merasa ketakutan. Ketika menontont film sedih anda terlena. Kanyak orang langsung birahi begitu menonton adegan orang saling bercumbu. Semua itu hanya Film, bukan kisah nyata. Itu hanya lamunan. Itu hanya imajinasi. namun rasanya nyata sekali. hal yang sama juga terjadi ketika kita KASMARAN dan CEMBURU dan MLAMUN. Otak langsung memompakan hormon tampa  membedakan itu kisah nyata atau lamunan kita?

Itu sebabnya, tentang kasmaran dan cemburu, kitab Kidung Agung mencatatnya, “Asmara itu kuat seperti maut dan CEMBURU itu kejam seperti dunia orang mati,” lalu suhu hai hai berkata, “Cemburu tanda tak mampu dan marah tanda tak berdaya.”

Vero Tan sahabatku, selamat berjuang. Jangan biarkan keluargamu saling menyakiti gara-gara kutu kupret ketidak tahuan yang kita sebut kasmaran dan cemburu. Lagu ini untuk keluargamu nona, mari kita menyanyi.

AI CENG CE CUN HONG (Cinta Itu Seperti Sehembus Angin)

Ai lang (àiren 愛人) = mencinta karena suami istri. Ai ceng (àiqíng 愛情) = mencinta karena mabuk kepayang. Ai ho (àihào 愛好) = mencintai karena saling berbuat hati. Ai ho (àihù 愛護) = mencintai karena peduli untuk melindungi. Ai sim (àixī 愛惜) = mencintai karena menghargainya. ‘Ai lian (àiliàn 愛戀) = mencintai karena berpacaran atau bertunangan. Cia ai (rè’ài 熱愛= memuja). Kua Ai (kě’ài 可愛) = suka dilihatnya. Ceng ai (jìng’ài 敬愛) = menghormatinya. Chin ai (qīn’ài 親愛) = akrab. Si Ai (xǐ’ài 喜愛) = sering ketemu.

Aku sudah mendengarkan lagu, “ai ching chin ciu cit cun hong,” ini sejak SMP, itu berarti tahun 1980-an. Melalui lagu tersebutlah aku mengerti apa itu Ai ceng (Ai ching 愛情) artinya asmara, kasmaran dan mabuk kepayang alias perasaan wow … bersama seseorang. Bila Ai ceng tak terbalas munculnya Cia co (cùhē 喝醋) = artinya minum cuka. Itulah cemburu.

愛情親像一陣風
ai ching chin ciu cit cun hong
asmara itu laksana sehembus angin

來無影去無蹤
lai bo yia ki u cong
datang tanpa bayangan pergi tanpa jejak

乎我笑容乎我悲傷
ho wa chiu yong ho gua pi siong
ku hanya dipinjami tuk tergelak, bagiku hanya kesedihan penuh luka

乎我怨嘆在心中
Ho wa wan than cai sim tiong
bagiku hanya untuk menyesali dan mengelus dada

害我將將將
hai wo chiong chiong chiong
gara-gara itu aku kekeh jumekeh

油門來催盡磅
yu mun la chui cin pong
sehingga akhirnya kepalang basah

也是追追追
ya si tui tui tui
dan terus pantang menyerah

袂著伊的影蹤
bio tiok i e hing cong
lalu terlena sehingga ku terlengah

是我愚是我空
si gua gong, si gua khong
karena aku yang bodoh? atau gara-gara ku mabuk kepayang?

是我癡情又倔強
si gua chi chin yu kut kiong
gara-gara daku sakit asmarah atau karena aku keras kepala?

伊是風生成是愛流浪
i si hong, si seng si ai liu long
itulah angin, kodratnya cinta memang memabokan

要見面就在夢中
be ki bien tio cai bang tiong
siapa suruh kasmaran pada yang kurindu?

21 thoughts on “Surat Untuk Veronica Tan Istri Ahok

  1. Akhirnya Anda bersuara juga ttg hal ini…sy kira Anda akan menahan diri hingga kbnaran kasus ini bnar2 final, sehingga kita bisa lpas dari judgement keliru.

    Sy blm bgtu menangkap inti tulisan ini, pak hai…

    Oya, pada postingan slnjutnya biar adil, ada juga surat buat BTP, wkwk…

    • Surat itu saya tulis untuk Vero Tan. Kalau dia tidak paham sepenuhnya dan mau belajar sampai paham, dia bisa mencara saya. Ha ha ha … Walaupun bertemu dengannya, namun Vero adalah teman kita semua. Tidak mungkin kita diam ketika keluarga itu sedang bermasalah. Untuk Ahok? Dia terlalu banyak bicara, sudah waktunya bagi dia untuk BELAKAR tutup mulut.

  2. salam hormat om..
    hahaha…
    sy jg mikir yg sama dg @desfortin
    kirain mah om hai hai ga bakal ke senggol ehh gataunya itu nyenggol om hai hai jg, hehehe..
    lagu yg om kutip sajaknya bagus pk banget om
    kl smp om hai hai nulis ky gitu artinya om hai hai udh yakin sm kabar yg beredar di media kl cemburu adalah alasan gugatannya
    jujur sy awan dan ilmu sy tdk sedalam dan seluas om hai hai tp koo sy beranggapan kl ‘itu’ benar masa cm segitu doang kemampuan om BTP
    mohon pencerahannya om…🙏
    dan kl blh sy minta diajarkan lalu seorang panglima hrs bagaimana..? dan bagaimana mengatasi cemburu

    terimakasih om sebelumnya

    • Gugatan cerainya itu nyata. Kita sudah menonton videonya. dari pengacara juga dari orang pengadilan. Walaupun tidak pernah ngobrol dengan ketiganya namun sudah hampir 10 tahun ini saya mengamati sepak terjang Ahok dan mengamati sepak terjang Vero Tan lewat pemberitaan. Terus terang, sudah beberapa kali saya bilang sama teman-teman, bahwa, walaupun keduanya sudah menikah cukup lama, namun keduanya belum CUKUP mahir berpacaran. Ha ha ha ha …. Dan lagi, kalau saya datang kepada keduanya dan memberitahu mereka yang saya amati, mustahil mereka mau mengaku apalagi mendengarkanku, jadi …. Saya hanya bisa mempersiapkan diri siapa tahu suatu hari kedunya perlu teman seperti saya.

  3. Hahahaha…super sekali ulasan n bahasan nya…sayang terlalu mengebu2 sehingga ngetik nya juga ada salah huruf..tapi is oke lah…sy mengerti….salam hormat suhu hai….;)

    • Bagian mana yang salah, kasih tahu dong, saya edit. Saya memikirkannya sejak tanggal 5 malam, waktu di kasih tahu teman. lalu kemarin, pagi, aku merasa sudah saatnya bicara. maka langsung bicara dan ungggah. gak sempat baca lagi. ha ha ha

      • masalah sepele sih..cuma keselip huruf nya…hehehe….seperti ini : otak melepaskan horman,Ngelamin itu gratis,Allways ise This program….

        • Udah saya Edit. Makanya tadinya gak langsung saya edit, karena takut lamunan Dian Sastronya menghilang. ha ha ha …. thanks udah bersusah payah kasih tahu tulisannya perlu diedit. Setelah diedit kan lebih asyik? ha ha ha … lumayan banyak juga yang saya edit, bro.

  4. Sbnarnya sy msh tdk mau trllu bnyak komentar ttg kasus ini sblum dngar konfirmsi lngsung dari BTP. Terkait surat gugatan yg memang nyata tsb, saya akan japri Anda lewat WA sebuah opini lain yg msh kontra terkait kasus ini, meskipun msh terkesan imajinatif/spekulatif. Mungkin Anda bs tanggapi nntinya, apakah opini itu brdasar atau abal2.

  5. SEtuju,,,Ga ada masalah Tanpa solusi ,,apapun itu . Bila salah bertobat lakukan hal yang benar di mata Manusia terlebih di hadapan Tuhan ,,,
    Tidak pisah kecuali maut ,,tetap bersatu perbaiki kesalahan ,,,manuisa ga lupit dari Dosa …
    Lanjutkan dental keluarga yang bahagia lair batin.

  6. Mereka mau cerai atau tidak, itu urusan mereka berdua. Yang tahu kenyataannya manis dan getirnya sehari-hari mereka berdua juga. Beban berat yang dipikul Ahok belum tentu kita kuat memikulnya. Tidak baik menghakimi yang satu dan membela yang satunya lagi. Yang perlu kita ingat dibalik ketidakberdayaannya seorang Ahok adalah dia berusaha mewujudkan kemajuan kota dan keadilan sosial buat seluruh warganya. Sedangkan kamu sudah berbuat apa ? hanya bisa menertawai ketidakberdayaan Ahok ? sungguh mengenaskan dan suram hidupmu hhhhh.

    Kalau tidak mampu berbuat seperti Ahok, hendaklah kamu berempati, kalau tak punya empati, hendalah kamu bersimpati. Kalau kamu tak punya simpati hendaklah beli kartu halo saja dan mbacotan sendiri dengan dirimu sendiri Beng. Hahaha

    • Ahok dan Vero adalah Selebritis. Sudah resikonya untuk jadi bahan BERITA. Soal dukung atau memperkeruh, itu juga resiko bagi selebritis. Jadi biarkan kasisnya menjadi bahan HIBURAN bagi siapa saja dan KASUS untuk memicu percakapan apa saja. BEREMPATI? Ha ha ha …. saya cuman bo bengcu, now body, gak punya empati untuk keduanya, bro. Ha ha ha … Hanya bisa menemani. ha ha ha …. Ketika menemani, hai hai bengcu sering diam, sering pula NGAKAK. ha ha ha

      • Ketika duka dan kesulitan orang lain menjadi hiburanmu, berarti ada yang salah dengan jiwamu Beng. Ada yang error dengan otakmu. Itu sebabnya mengapa kamu sampai sekarang masih nobody Beng.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.