Rahasia Membaca Injil


Related imageKenapa orang Kristen rajin sekali membawa Alkitab ke gereja? Karena setiap minggu mereka dilatih membawa Alkitab ke gereja. Kenapa orang Kristen malas membaca Alkitab walaupun diajari agar rajin membaca Alkitab? Karena mereka tidak pernah dilatih membaca Alkitab.

Orang Kristen harus membaca Alkitab. Itu sebabnya, di gereja, setiap minggu orang Kristen diajari untuk rajin membaca Alkitab oleh para pengkotbahnya. Namun, kenapa orang Kristen justru malas sekali membaca Alkitab? Karena mereka tidak pernah dilatih untuk membacanya.

Karena dilatih melakukannya maka orang Kristen pun melakukannya dengan rajin. Karena tidak pernah dilatih itu sebabnya mereka malas sekali membaca Alkitab. Itu sebabnya walaupun rajin sekali membawa Alkitab ke gereja namun orang Kristen malas sekali membacanya. Langsung mengeluh ayatnya terlalu panjang walaupun yang membacakannya di mimbar bukan dirinya.

Kenapa orang Singapura selalu membuang sampah ke tempatnya? Bukan karena mereka selalu diajari untuk rajin membuang sampah ke tempatnya. Bukan pula karena takut didenda. Namun karena sejak kecil mereka sudah dilatih untuk membuang sampah ke tempatnya. Itu sebabnya mereka bukan hanya rajin namun suka membuang sampah ke tempatnya.

Itulah rahasianya, kenapa suhu hai hai alias bengcu senang sekali membaca Alkitab dari Kejadian sampai Wahyu walaupun sudah membacanya lebih dari 100 kali. Awalnya dia melatih diri untuk membaca Alkitab setiap hari akhirnya dia senang sekali membaca Alkitab setiap kali ada kesempatan untuk membacanya.

Anda pernah membaca Injil? Injil adalah keempat kitab yang mencatat ajaran dan kehidupan Yesus. kitab Matius, Markus, Lukas dan Yohanes. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membaca Injil? Bagaimana cara untuk gemar membaca Injil?

Anda hanya perlu waktu 1 jam untuk membaca masing-masing kitab. Kenapa demikian? Karena kecepatan minimal rata-rata membaca orang Indonesia adalah 300 kata permenit. Itu sebabnya kitab Matius yang terdiri dari 20.168 kata hanya perlu 67 menit untuk anda baca.

Kitab Yohanes yang terdiri dari 17.067 kata hanya perlu waktu 57 menit. Kitab Markus yang paling singkat (13.079 kata) cuma perlu 44 menit. Kitab Lukas paling panjang karena terdiri dari 22.259 kata. Namun itu hanya perlu waktu 74 menit saja.

Apa yang terjadi kalau anda langsung membaca satu kitab Injil? Persis sama dengan ketika anda ikut hiking ke air terjun. Awalnya kita merasa senang karena pemandangannya indah sekali namun dengan berlalunya waktu kesenangannya semakin berkurang dan bebannya semakin hari semakin menyebalkan. Bahkan banyak yang akhirnya kapok untuk ke sana lagi.

Para pelari mustahil langsung menjadi pelari maraton begitu dia memutuskan untuk menjadi pelari maraton lalu langsung berlari 42.195 Km. Tanpa pelatihan yang terprogram dia bisa mati karena kecapean. Dia harus berlatih secara teratur namun tidak boleh sembarangan menambah jarak tembuhnya seenak jidatnya.

Banyak pelari yang gagal dan berhenti berlari lagi karena mereka hanya mengutamakan penambahan jarak tempuhnya namun tidak tahu bahwa yang paling utama bagi pelari adalah perasaan asyik menikmati lari itu sendiri.

Kalau anda merasa asyik setiap berlari maka otomatis anda pun berusaha lari lebih lama agar merasa asyik lebih lama. Kalau anda hanya menjadikan penambahan jarak sebagai prestasi yang harus dikejar maka secara otomatis anda pun berusaha memaksa diri anda untuk berlari lebih lama lagi. Akibatnya, cepat atau lambat anda akan jenuh bahkan akhirnya kapok berlari lagi.

Keasikan menikmati lari itu ada batasnya. Itu sebabnya berhentilah sebelum bosan. Berhentilah berlari sebelum keasyikan berlari itu tidak mengasyikan lagi.

Saya suka membaca Alkitab karena kegiatan itu mengasyikkan. Saya berhenti membaca ketika membaca masih mengasyikkan. Saya pantang memaksa diri terus membaca sampai bosan.

Saya pantang membaca Alkitab untuk mengerti yang saya baca. Itu sebabnya saya pantang memaksa diriku untuk harus mengerti apa yang saya baca. Kalau nggak ngerti ya biarkan saja. Saya menikmati membaca Alkitab seperti saya menikmati lari dan naik gunung.

Ketika membaca Alkitab tidak ada keharusan untuk mengerti. Ketika lari tidak ada keharusan untuk menang. Ketika naik gunung tidak ada keharusan mesti sampai puncak. Itu karena aku tidak bertanding namun menikmati membaca Alkitab, berlari, mendaki.

Karena sering membaca Alkitab maka cepat atau lambat aku pun mengerti yang aku baca. Karena sering berlari itu sebabnya cepat atau lambat saya mampu berlari lebih cepat dan lebih lama. Karena sering mendaki itu sebabnya aku sering mencapai puncak.

Kebanyakan orang akhirnya malas membaca Alkitab karena dia kebanyakan lagak. Harus berdoa. Harus mengakui dosa. Harus minta berkat dulu. Harus saat teduh dulu. Harus mengerti yang dibaca. Harus menunggu pencerahan Tuhan. Kebanyakan lagak!

Berapa lama waktu yang baik untuk membaca Alkitab? Tiga menit. Tiga menit? Benar. Tiga menit saja, bro. Kenapa cuma tiga menit? Perhatikan setiap kali anda di gereja lalu mengeluh karena doanya kepanjangan, ayatnya kebanyakan. dll.

Bacalah Alkitab anda 3 menit saja setiap harinya. Jangan lebih. Tiga menit saja. Lakukan itu selama satu tahun. Kalau anda tidak mampu melakukannya secara konsisten itu berarti anda gagal. Gagal artinya mulai lagi dari awal dan lakukan itu selama satu tahun. 3 Menit saja. Jangan ngeye!

Bagaimana kalau 3 menitnya sudah habis namun perikop yang dibaca belum selesai? Berhentilah! Bagaimana kalau anda penasaran untuk terus membacanya? Hentikan! Bagaimana kalau tiba-tiba anda merasa mendapat pencerahan dan ingin terus membacanya? Berhentilah saat itu juga.

Bagaimana dengan tahun kedua? Bagaimana dengan tahun selanjutnya? Jalani dulu tahun pertama ini maka saya akan ajarkan apa yang harus dilakukan tahun keduanya.

10 thoughts on “Rahasia Membaca Injil

  1. tekhnik anda salah baca alkitab, makanya anda nggak diberkati,sehingga myerang hamba TUHAN terus, gua udah bilang tamatin dulu tuh buku KHO PING HOO serial BUKEK SIANSU ….baru ngomong ALKITAB………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.