Mujizat Palsu Yesus Di Betsaida


Related image

Kisahnya tercatat dalam Markus 8:22-26 dengan judul: “Yesus Menyembuhkan Seorang Buta Di Betsaida.” Masalahnya mujizat tersebut palsu karena Yesus sama sekali tidak melakukan mujizat kesembuhan.

Kemudian tibalah Yesus dan murid-murid-Nya di Betsaida. Di situ orang membawa kepada Yesus seorang buta dan mereka memohon kepada-Nya, supaya Ia menjamah dia. Markus 8:22

Yesus memegang tangan orang buta itu dan membawa dia ke luar kampung. Lalu Ia meludahi mata orang itu dan meletakkan tangan-Nya atasnya, dan bertanya: “Sudahkah kaulihat sesuatu?” Markus 8:23

Orang itu memandang ke depan, lalu berkata: “Aku melihat orang, sebab melihat mereka berjalan-jalan, tetapi tampaknya seperti pohon-pohon.” Markus 8:24

Yesus meletakkan lagi tangan-Nya pada mata orang itu, maka orang itu sungguh-sungguh melihat dan telah sembuh, sehingga ia dapat melihat segala sesuatu dengan jelas. Markus 8:25

Sesudah itu Yesus menyuruh dia pulang ke rumahnya dan berkata: “Jangan masuk ke kampung!” Markus 8:26

Siapa yang membawa orang buta tersebut kepada Yesus? Saya tidak tahu. Kenapa orang itu buta? Saya tidak tahu. Kenapa mereka ingin Yesus menjamah-Nya? Saya tidak tahu. Untuk apa mereka ingin Yesus menjamah-Nya? Saya tidak tahu. Kenapa saya tidak tahu? Karena Alkitab tidak mencatatnya. Mengajarkan yang tidak diajark Alkitab sebagai ajaran Alkitab namanya pembohongan publik.

Markus 8:22-26 mencatat bahwa Yesus melakukan mujizat agar orang tersebut celik matanya? Tidak. Yesus tidak bilang sedang menyembuhkan orang. Yesus hanya memegang tangan orang yang katanya buta itu dan membawanya ke luar kampung lalu meludahi matanya dan meletakkan tangan atasnya dan bertanya: “Sudahkah kaulihat sesuatu?”

Bukankah setelah dijamah Yesus orang buta itu berangsur-angsur celik? Yesus memang menjamahnya namun tidak menyatakan sedang menyembuhkannya. Bukankah ucapan, “Aku melihat orang, sebab melihat mereka berjalan-jalan, tetapi tampaknya seperti pohon-pohon,” membuktikan bahwa dia sedang berangsur-angsur celik?

Bukankah setelah dijamah sekali lagi oleh Yesus, orang itu pun sembuh total sehingga bisa melihat segala sesuatu dengan jelas? Kalau memang celik, kenapa tidak minta diuji kesembuhannya kepada imam sesuai hukum Israel? Kenapa alih-alih menyuruhnya bersyukur Yesus justru menyuruh orang itu pulang dan jangan masuk ke kampung?

Kenapa ketika Yesus membawa orang itu ke luar kampung, mereka yang memohon kepada Yesus untuk menjamahnya justru menghilang tanpa jejak? Kalau memang beritikad baik, mustahil mereka meninggalkannya sendirian dengan Yesus, bukan?

Front Pembela Kristen

Front Pembela Kristen adalah orang-orang Kristen yang asal nyeruduk membela Kekristenan dengan melampiaskan kebenciannya kepada orang lain secara membabi-buta. Lagaknya persis germo yang mengasong-asongkan Yesus seperti pelacur tua yang gak laris.

Anggap saja mereka kentut. Jangan merasa kesal apalagi sakit hati atas ucapan-ucapannya yang busuk karena mereka adalah orang-orang bebal dan picik yang nggak bisa diajari lagi. Kalau anda nggak tahun melihat perilaku mereka yang mengenaskan, doakan saja agar mereka segera masuk sorga. Ha ha ha ….

26 thoughts on “Mujizat Palsu Yesus Di Betsaida

  1. Markus 7:32-36 (TB) Di situ orang membawa kepada-Nya seorang yang tuli dan yang gagap dan memohon kepada-Nya, supaya Ia meletakkan tangan-Nya atas orang itu.
    Dan sesudah Yesus memisahkan dia dari orang banyak, sehingga mereka sendirian, Ia memasukkan jari-Nya ke telinga orang itu, lalu Ia meludah dan meraba lidah orang itu.
    Kemudian sambil menengadah ke langit Yesus menarik nafas dan berkata kepadanya: “Efata!”, artinya: Terbukalah!
    Maka terbukalah telinga orang itu dan seketika itu terlepas pulalah pengikat lidahnya, lalu ia berkata-kata dengan baik.
    Yesus berpesan kepada orang-orang yang ada di situ supaya jangan menceriterakannya kepada siapa pun juga. Tetapi makin dilarang-Nya mereka, makin luas mereka memberitakannya.

    Kenapa alih-alih menyuruhnya bersyukur Yesus justru menyuruh orang itu pulang dan jangan masuk ke kampung?

    Ko, kalo baca kisah di Markus 7:32-36, dan 2 kisah lainnya yaitu di Siloam dan di Betsaida, bukankah terlihat pola/cara Yesus menyembuhkan yaitu sebisa mungkin proses kesembuhan tidak disaksikan byk orang yaitu dgn cara ‘menyuruh membasuh diri di kolam Siloam’, ‘membawa org buta keluar kampung dan setelah bisa melihat dilarang utk masuk kampung’, ‘memisahkan org tuli dan bisu dari orang byk dan setelah terbuka telinganya dan bisa berkata2 dilarang utk menceritakan kepada siapapun’ ?. Mungkinkah tujuannya adalah agar pelayananNya tidak diganggu oleh org2 Farisi di mana Yesus harus terus menghindar?

  2. Bukankah setelah dijamah Yesus orang buta itu berangsur-angsur celik? Yesus memang menjamahnya namun tidak menyatakan sedang menyembuhkannya. Bukankah ucapan, “Aku melihat orang, sebab melihat mereka berjalan-jalan, tetapi tampaknya seperti pohon-pohon,” membuktikan bahwa dia sedang berangsur-angsur celik?

    Jawabannya org itu ngawur melihat org sebab mereka berjalan2 tapi tampaknya seperti pohon pohon. Kalau Dia memang buta dari sononya dari mana dia tau seperti apa itu pohon2?. Org buta yg tiba2 melihat dia akan belajar lagi, seperti apa manusia wanita & laki2, pohon2an, daun, bunga, anjing, dll. Tidak ujug2 tau. Ketika melihat terang saja org buta pasti menjawab sdh bisa melihat krn selama ini ia tdk pernah lihat terang. Bukan Kemungkinan dia pura2 buta dan Yesus mengerjainya. Krn bukan hal susah bagi Yesus utk mencelikkan org buta dgn hanya mengatakan melihatlah. Gak perlu susah2 ngajak keluar kampung dan pake acara ludah meludah. Mungkin juga Yesus takut si pura2 buta itu digebuk masa krn ketauan tipu2nya. Itu sebabnya dikatakan langsung pulang ke rumah.

    • Orang buta yang tiba-tiba CELIK tidak akan membandingkan KEMAMPUANNYA melihat namun KAGUM dengan apa yang dia lihat saat itu. Pertama dia akan melihat dan mengagumi orang yang di depannya.

      • Justru karena itu pak. Seharusnya dia langsung kagum dan gembira karena telah melihat. Namun jawabannya ngawur bukankah itu membuktikan dia pura2 buta.

  3. Berita tentang Yesus yang bisa menyembuhkan sudah tersebar di orang2 yahudi (lihat markus 2).

    jadi, kata “menjamah” di markus 8:22) mengandung makna pernohonan kesembuhan pada orang buta tsb.

    kalau kita baca kitab2 injil maka kita bisa menemukan bhw cara penyembuhan yg dilakukan yesus itu ada beberapa macam. ada yg dunamis mengalir dari dia ke perempuan yg pendarahan 12 tahun, ada yg baru ngobrol/dalam proses ngobrol dengan yesus eh anaknya atau anak buahnya sudah sembuh.

    nah di kasus ini, sebagaimana pada perempuan yg pendarahan 12 tahun, dalam pemahaman saya, proses penyembuhan sudah terjadi semenjak yesus memegang tangan si orang buta. dunamis atau energi spiritual yesus sudah mulai mengalir ke orang buta tsb.

    perihal larangan masuk ke kampung, ini konsisten dgn permintaan yesus pada peristiwa2 penyembuhan lainnya.

    kenapa sih ada larangan pemberitaan penyembuhan ini ? kalau melihat dari peristiwa cuma satu orang dari 10 orang yg kembali berterima kasih pada yesus, kita bisa memahami bhw nature manusia itu mau enaknya sendiri aja. kesembuhan tdk serta merta membuat manusia jadi dekat pada allah. pokoke sembuh..apapun atau bagaimanapun caranya.

    • “Satu orang saksi saja tidak dapat menggugat seseorang mengenai perkara kesalahan apapun atau dosa apapun yang mungkin dilakukannya; baru atas keterangan dua atau tiga orang saksi perkara itu tidak disangsikan. Ulangan 19:15

      Mujizat Yesus tanpa SAKSI lebih dari satu orang bukan mujizat ASLI.

      • Yesus bilang dia tidak memerlukan kesaksian dari manusia (yoh 5:34). nggak percaya sama dia juga bukan masalah buat dia. beda sama selebritis yg butuh fans atau politikus yg butuh voters.

        • Yesus memang plintat-plintut. Mustahil kita menyangkal perilaku Yesus demikian karena Alkitab mencatatnya dengan gamblang.

          Kamu telah mengirim utusan kepada Yohanes dan ia telah bersaksi tentang kebenaran; tetapi Aku tidak memerlukan kesaksian dari manusia, namun Aku mengatakan hal ini, supaya kamu diselamatkan. Yohanes 5:33-34

          dan jikalau Aku menghakimi, maka penghakiman-Ku itu benar, sebab Aku tidak seorang diri, tetapi Aku bersama dengan Dia yang mengutus Aku. Dan dalam kitab Tauratmu ada tertulis, bahwa kesaksian dua orang adalah sah; Akulah yang bersaksi tentang diri-Ku sendiri, dan juga Bapa, yang mengutus Aku, bersaksi tentang Aku.”Yohanes 8:16-18

          • plintat plintut ?

            nggak lah.

            yoh pembaptis bersaksi ttng yesus tdk lantas bermakna yesus membutuhkan yohanes atas pekerjaan2 yang dilakukannya.

  4. hai-hai: Mujizat Yesus tanpa SAKSI lebih dari satu orang bukan mujizat ASLI.

    MK: Mujijat masif ini gimana, hai!
    Yesus memberi makan 5000 org. Kisah ini sudah akrab dlm pikiran kita, namun baik juga utk direnungkan lagi dan lagi ke dlm hati kita utk terus menerus dpt merubah cara pandang kita melihat kelemahan atau kekurangan diri dlm mengikut Yesus.

    Ay.13
    Setelah Yesus mendengar berita itu menyingkirlah Ia dari situ,
    dan hendak mengasingkan diri dgn perahu ke tempat yg sunyi.

    Berita itu ialah, bw Yohanes Pembaptis telah mati. Yesus mulai galau dan gelisah kpd aroma darah dan kematian diri-Nya kelak. Terbayang isue kematian Yohanes itu begitu mengerikan, disembelih, darahnya muncrat berceceran di Istana Raja, kepalanya dipertontonkan di atas talam oleh perempuan di depan tamu kehormatan pd hari ulang tahun raja. Mungkin baru kali ini Yesus membayangkan darah yg tumpah sehingga merasa semakin lebih dekat dgn cawan yg hrs Dia reguk. Karna itulah Ia ingin pergi sementara utk mengasingkan diri ke tempat yg sunyi-sepi , mungkin utk berdoa kpd Bapa-Nya atau mengklarifikasi rancangan sengsara-Nya hingga kematian-Nya kelak. Mungkin saja doanya mirip spt doa di Getsemane, bergumul secara pribadi di tempat sepi, di malam hari.

    Tugas belum selesai, murid2-Nya masih kacau balau,
    Persiapan belum sempurna, aroma darah sudah ada,
    Apakah Dia hrs mati di tangan raja?
    Apa hrs disembelih begitu rupa,
    Atau…?

    Dia pasti tahu, bw Imamat 14:1 adalah bagi-Nya juga:
    Anak domba itu hrs disembelihdi tempat yg khusus utk memotong binatang bagi kurban pengampunan dosa dan kurban bakaran. Domba itu hrs disembelih di situ karena kurban ganti rugi dan kurban pengampunan dosa adalah sangat suci dan menjadi bagian imam.

    Bisa jadi,
    Ini yg membuat Yesus galau, ini yg membuat Yesus berdoa khusus.
    Menuju pd kesempurnaan hidup, sempurna sbg Anak Domba Allah.
    Yesus tahu mengapa Dia dilahirkan ke dunia ini;Yesus tahu cawan itu.

    Mungkin ini alasannya menyendiri, berdoa seorang diri bernegosiasi.
    Kita tahu, detak-detik nego spt itu tiga kali dlm doa-Nya di Getsemane,
    Dan sebelumnya Yesus minta dipermuliakan spt dlm doa-Nya [Yoh.17:1].

    Ay.13b
    Tetapi org banyak mendengarnya dan mengikuti Dia
    dgn mengambil jalan darat dari kota2 mereka.

    Kehebohan berita kematian org-besar itu [Mat.11:11] tentu tersiar ke seluruh Galilea. Masyarakat Galilea tentu dengar-dengaran ingin tahu apa pandangan Yesus dan murid2-Nya ttg kematian Yohanes. Maka rencana keinginan Yesus menyebrang menyendiri itu cepat diketahui oleh masyarakat, sementara itu mereka ingin jumpa Yesus, ingin kebagian mujijaz-Nya, ingin mendapatkan mujijat kesembuhan anggota keluarganya. Lalu mereka pun pergi berbodong2 melalui jalan darat melingkari danau Galilea bagian Utara utk menghambat dan menyambut dan memohon mujijat kesembuhan dari-Nya.

    Ay.14
    Ketika Yesus mendarat,
    Ia melihat org banyak yg besar jumlahnya,
    maka tergeraklah hati-Nya olehbelas kasihan kpd mereka
    dan Ia menyembuhkan mereka yg sakit.

    Yesus ingin mengasingkan diri ke tempat yg sunyi,
    Ternyata disambut hiruk pikuk org banyak sakit2.

    Yesus menatap kerumunan org banyak itu. Diperkirakan (ay.21) ada sekitar 5000 org laki2, tidak termasuk perempuan dan anak2. Jumlah itu bisa 3 atau 4 kali lipat, jika perempuan dan anak2 masuk kira, sebab jumlah mereka mungkin lebih banyak, karena perempuan lebih peduli kpd org sakit dan juga kpd anak2, maka dr itu selalu ada rumah sakit Ibu dan Anak. Disamping itu juga perempuan lebih suka membincangkan gosip mistis, atau hal tahyul, atau yg aneh2, apalagi rumor mujijat. Perhatikanlah istilah Nenek Lampir atau Nyi Roro Kidul bahkan Ratu Israel, Izebel,yg memeliharabanyak ahli sihir, nabi2 palsu.

    Mudah dibayangkan jumlah massa itu menjadi sekitar 15-20.000 org. Rributnya perempuan dan anak yg minta dilayani utk kesembuhan. Semua org itu pasti berbicara satu sama lain ttg ragam keluhan, ragam pengharapan, rumor ahli sihir, ilmu gaib, dukun Kanaan, dll. Dan pasti ada2 saja ego Yahudi yg berteriak keras minta tolong didahulukan. Murid2 Yesus pasti kewalahan menagani antrian dan teriakan2 mereka. Maka tergeraklah hati Yesus berbelas kasihan lalu bersama murid2-Nya menyembuhkan mereka yg sakit.Kegirangan yg baru sembuh tentu menambah keributan ibu2 tadi.

    Peristiwa ini adalah mujijat masal dan masif dgn banyak saksi dan banyak pelaku. Mujijat penyembuhan tercatat pd ke-empat injil dgn berbagai variasi testimoni.Memang di antara org banyak itu tidak tertutup kemungkinan adas aja yg hanya ingin “selfi” atau nunggu “nasi kotak”, atau hanya ikut2-an, dll. Makanya ketika Yesus mati di Golgota tidak sampai 100 org pengikutnya hadir pd hari kematian-Nya dan perempuan pula yg paling setia menanti di Golgota Juga demikian pd pd hari kebangkitan-Nya, perempuanlah yg duluan hadir di kuburan Yesus.

    Ay.15-18
    Menjelang malam, murid2-Nya datang kpd-Nya dan berkata:
    “Tempat ini sunyi dan hari sudah mulai malam.
    Suruhlah org banyak itu pergi supaya mereka
    dpt membeli makanan di desa2.”

    Kerja penyembuhan massal itu hingga sore
    Murid2-Nya pun sudah mulai lapar dan capek.
    Sisa bekal mereka pun sudah sudah nyaris ntek.

    Tiga alasan kelemahan manusia ini sudah cukup sbg bahan laporan utk memberikan saran kpd Yesus, agar solusinya ialah “suruhlah org banyak itu pulang, mengingat di sekitar tempat ini tidak ada warung makanan. Walau ada, mustahil bisa menyediakan makanan utk ribuan org secara mendadak. Begitu pikir mereka polos, tanpa mengerti Yesus sungguh Tuhan yg berkuasa.

    Ay. 16 -18
    Tetapi Yesus berkata kpd mereka:
    “Tidak perlu mereka pergi,
    kamu hrs memberi mereka makan.”

    Jawab mereka:
    “Yang ada pada kami di sini hanya lima roti dan dua ikan.”

    Yesus berkata:
    “Bawalah ke mari kpd-Ku.”

    Ternyata solusi murid2 itu itu ditolak mentah2 oleh Yesus. Ya, kaget! Malah disuruh pula memberi makan org banyak itu. “Wah! Pikir mereka!” Karena sudah dipikir dr tadi: ada warung pun mustahil cukup roti, apa lagi tak ada uang, ya, semakin mustahil. Lalu murid2 itu segera menjawab dgn kekurangannya dan mengatakan “Hanya sisa 5 roti, 2 ikan!”; Yesus bilang “Bawa sini!”. Tentu Yesus tidak bermaksud utk “one man show” spt model tipuan Kanjeng Taat Pribadi.

    Ay.19-21
    Lalu disuruh-Nya org banyak itu duduk di rumput.
    Dan setelah diambil-Nya lima roti dan dua ikan itu,
    Yesus menengadah ke langit dan mengucap berkat,
    lalu memecah2-kan roti itu dan memberikannya kpd murid2-Nya,
    lalu murid2-Nya mem-bagi2-nya kpd org banyak.

    Dan mereka semuanya makan sampai kenyang.
    Kemudian org mengumpulkan potongan2 roti yg sisa,
    dua belas bakul penuh.Yang ikut makan kira-kira
    5000 laki2, tidak termasuk perempuan dan anak2.

    Murid2-Nya sekali lagi bukan hanya sbg saksi tapi turut beraksi bermujijat memberi makan org banyak itu. Mungkin dari bakul dan atau karung/sarung berisi roti dan atau ikan yg sudah diberkati itu di-ser-ser-kan di tengah org2 yg duduk melingkar. Bakul/karung/sarung itu terus gemuk bagai ada yg mendidih di dln-nya spt pertumbuhan berondong jagung. Terus demikian hingga mereka menjadi kenyang. Para pelayan tentu makan belakangan dan jatahnya adalah sisa2 yg pesta, 12 bakul, percis sebakul se-org utk ke rumahnya, tetangganya, juga utk sarapannya esok sambil geleng-keleng kepala, “Buka main!”, mengingat “Dahsyat!”.

    Aplikasi:
    Allah menyediakan kebutuhan kita.
    Jika kita memandang dari org banyak itu
    Maka mereka cukup dgn nekad ikut Yesus
    Mereka jalan jauh beharap semua tersedia

    Jika kita memandang dari murid2 Yesus
    Mereka sangat khawatir resiko kelaparan
    Dasarnya hanya kekurangan, kelemahan
    Kurang waktu kurang warung kurang roti kurang uang

    Jika kita hrs memandang dr Yesus
    “Bawa sini kekuranganmu,
    Jangan khawatir!”

    Nuzul-rohaninya, Allah bisa:
    Mencipta yg tak ada menjadi ada
    Apa lagi hanya merobah yg telah ada

    Maka ada ikan yg tidak pernah renang
    Ada gandum yg tak pernah ditanam
    Tersaji menjadi makanan manusia
    Soal minum, ya, danau itu lah.

    Ay.21
    Yang ikut makan kira-kira 5000 laki2,
    tidak termasuk perempuan dan anak2.

    Dari mana angka 5000 itu datang?
    Angka 5000 = angka pengenal peristiwa
    Bahwa peristiawa itu begitu massif sekali
    Itu bukan jml kupon makanan/angka panitia

    Tapi; Ya!
    Dari mana perkiraan itu datangnya?
    Mengapa pula hanya laki2 yg dikira2?

    Tentu
    Roh Kudus menolong Mateus dan kita utk
    Mengingat apa-kata-Nya, apa yg dilihat-Nya
    Mengajari kita mengerti apamaksud semuanya

    Kata Yesus kpd kita, [Yoh.14:26]:
    Dialah yg akan mengajarkan segala sesuatu kpd-mu dan akan
    mengingatkan kamu akan semua yg telah Kukatakan kpd-mu.

    Pd ay.14
    Ketika Yesus mendarat,
    Ia melihat org banyak yg besar jumlahnya, …

    Kita coba lihat apa yg dilihat Yesus dr perahu ke pantai:
    Besar kemungkinan, Dia melihat pagar manusia di tepi pantai
    Berjejer berlapis spt mau berfoto masal bersama, rata2 lapis tiga

    Yesus berpengalaman berkhotbah dari atas perahu
    Semua org bisa lihat dan bisa denga apa kata-Nya

    Mungkin,
    Jika satu org 30 cm (serong), maka 5000 org = 1500 m panjang jejer
    Jika pagar itu tiga lapis rata2, maka 1500 m : 3 = 500 m panjangnya
    Maka kira2 500 m lah panjang jejer org banyak itu di pantai itu

    Org banyak itu dianggap semua laki2 yg peduli pd kedatangan-Nya
    Menanti, utk coba mengambil hati menarik tali perahu merapat
    Disebut laki2 barangkali yg sudah dewasa, 30 thn ke atas
    Semua perempuan dan anak2 bebas di belakang jejeran

    Kaum perempuan selalu di belakang suami:
    Merawat, menjaga yg sakit (laki/perempuan)
    Mengawasi atau melihat anak2 ber-main2
    Mengatur atau menyiapkan makanannya
    Menjaga barang2, ngerumpi, tiduran, dll.
    Maka tak berlebihan, ttl jiwa >15.000 org.

    Salam Hai!

    • Maren Kitatau: Dari mana angka 5000 itu datang? Angka 5000 = angka pengenal peristiwa Bahwa peristiawa itu begitu massif sekali Itu bukan jml kupon makanan/angka panitia.

      Anda tahu arti kata MASIF? Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, anda SAMA SEKALI TIDAK mengerti arti kata MASIF sama sekali. Lagakmu menyebalkan, sok mengubah kata MASIF pakai MASSIF padahal anda gak tahu artinya. Ha ha ha ha … Tulisanmu kebanyakan gaya dan BUALAN namun tidak berisi. ha ha ha ha … Belajar menulis dulu sama guru bahasa Indonesia anda. Ha ha ha ha

      KBBI: MASIF = 1 utuh dan padat, di dalamnya tidak berongga (tentang batu dan sebagainya); 2 kuat; kukuh: murni (tentang logam mulia)

      Memangnya apa arti kalimat anda, “peristiawa itu begitu massif sekali” sekali? ha ha ha ….

      Mas, belajar bahasa Indonesia dulu baik-baik sebelum mengerti. BELI KAMUS atau anda tahi ARTI kata-kata yang akan anda tulis. Ha ha ha ha …. Gaya tulisan anda gak ada isinya, itu sebabnya blog anda gak pernah laris.

      • Hai: Mas, belajar bahasa Indonesia dulu baik-baik sebelum mengerti.
        MK: Aku suka lebih pd kelakar rohaninya saja, koh!

        Hai: Memangnya apa arti kalimat anda, “peristiawa itu begitu massif sekali” sekali? ha ha ha ….
        MK: KBBI: MASIF = 1 utuh dan padat, = mujijat itu tidak kosong plong
        di dalamnya tidak berongga = tidak ada dusta atau boong-boong
        (tentang batu dan sebagainya); = termasuk “batu penjuru”

        2 kuat; = tidak ada yg membantah, banyak saksi, banyak aksi
        kukuh: murni (tentang logam mulia)= tercatat pd ke empat injil

        Salam Damai Hai!

      • massif in Science

        massif (mā-sēf’)
        A large mountain mass or compact group of connected mountains forming an independent portion of a range. A massif often consists of rocks that are more rigid than the surrounding rocks.
        The American Heritage® Science Dictionary

    • Apa yang ingin DITULIS oleh Markus dan DITULIS-nya apa adanya saja. Itu artinya tulisan yang BENAR. TIDAK mau MENERIMA apa yang ditulis oleh Markus apa adanya adalah PENYESATAN alias MELANGGAR tulisan Markus. Itu berarti MELANGGAR FAKTA Injil. Tindakan demikian membuat diri sendiri menjadi PICIK dan BUTA dan kehilangan kesempatan untuk mendapat pengetahuan SEJARAH Injil dan AJARAN Yesus.

      • Anda adalah seorang anti Kristus, untuk itu jangan tulis Anda seorang tiongoa Kristen

        Jangan ada satu org pun yg percaya tulisan hai hai, karena dia lagi mengigau alias asal celoteh
        Sungguh kasihan org ini, saya berdoa semoga Tuhan Yesus mengampunimu atas fitnah yg telah Anda sebar ini, Gbu

        • Yang perlu dikasihani selain diri anda juga orang Kristen lain yang MALAS baca Alkitab dan sudah dibutakan oleh para pengkotbah. Kalau anda masih punya AKAL budi, tentulah yang anda lakukan adalah MEMBACA ayat-ayat yang tertulis dalam Alkitab tentang Mujizat PALSU YEsus di Betsaida dan MEMIKIRKANNYA dengan AKAL BUDI.

          Namun sayangnya, AKAL BUDI anda sudah buta, itu sebabnya CUMAN bisa menghujat penulis blog di atas. Ha ha ha ha … Kasihan sekali anda. ha ha ha

  5. hh: Siapa yang membawa orang buta tersebut kepada Yesus? Saya tidak tahu.
    Kenapa orang itu buta? Saya tidak tahu.
    Kenapa mereka ingin Yesus menjamah-Nya? Saya tidak tahu.
    Untuk apa mereka ingin Yesus menjamah-Nya? Saya tidak tahu.
    Kenapa saya tidak tahu? Karena Alkitab tidak mencatatnya.

    MH: Kenapa hh tau mujizat itu palsu? Saya tidak tau
    Apakah karna Alkitab mencatatnya? Saya kira tidak
    Apakah karna org buta itu palsu? Saya tidak tau

    Tapi kutau,
    Setiap kata ada gambarnya
    Setiap gambar berkata-kata

    Cari tau, koh!
    Spt apa gambaran pohoh bagi yg buta? Saya tidak tau
    Spt apa gambaran orang bagi yg buta? Saya tidak tau

    Mungkin kitatau bagi org buta hanya ada 2 pasang gambaran
    Gambar remang dan agak gelap, menjauh dan mendekat.
    Hai-hai pasti tau buta, tapi tidak tau mati.

    hh: Mengajarkan yang tidak diajark Alkitab sebagai ajaran Alkitab namanya pembohongan publik.
    MK: Sebab itu jangan ajarkan yg kitatau, apa lagi yg taktau, koh!

    Salam Damai!

  6. Selamat sore hai-hai!

    hh: Mengajarkan yang tidak diajark Alkitab sebagai ajaran Alkitab namanya pembohongan publik.
    MK: Sebab itu jangan ajarkan yg kitatau, apa lagi yg belum tau,
    Koq, Koh hai-hai tau-tau bilang mujizat palsu.

    hh: Siapa yang membawa orang buta tersebut kepada Yesus? Saya tidak tahu.
    Kenapa orang itu buta? Saya tidak tahu.
    Kenapa mereka ingin Yesus menjamah-Nya? Saya tidak tahu.
    Untuk apa mereka ingin Yesus menjamah-Nya? Saya tidak tahu.
    Kenapa saya tidak tahu? Karena Alkitab tidak mencatatnya.

    MH: Kenapa hh tau mujizat itu palsu? Saya tidak tau
    Apakah karna Alkitab mencatatnya? Saya kira tidak
    Apakah karna org buta itu palsu? Saya tidak tau

    Tapi kutau,
    Setiap kata ada gambarnya
    Setiap gambar berkata-kata

    Cari tau, koh!
    Spt apa gambaran pohoh bagi yg buta? Saya tidak tau
    Spt apa gambaran orang bagi yg buta? Saya tidak tau

    Mungkin kitatau bagi org buta hanya ada 2 pasang gambaran
    Gambar remang abu dan agak gelap, menjauh dan mendekat.
    Hai-hai pasti tau buta, tidak tau mati, karna belum pernah

    Salam Damai!

  7. Bengcu menulis :

    Siapa yang membawa orang buta tersebut kepada Yesus? Saya tidak tahu. Kenapa orang itu buta? Saya tidak tahu. Kenapa mereka ingin Yesus menjamah-Nya? Saya tidak tahu. Untuk apa mereka ingin Yesus menjamah-Nya? Saya tidak tahu. Kenapa saya tidak tahu? Karena Alkitab tidak mencatatnya. Mengajarkan yang tidak diajark Alkitab sebagai ajaran Alkitab namanya pembohongan publik.
    ————

    Kesimpulan dari tulisan Bengcu tsb:
    1.Bengcu adalah orang yang tidak tahu.
    2.Mengajarkan yang tidak diajarkan Alkitab adalah pembohongan.

    Atas dasar ketidaktahuan Bengcu tersebut, maka Bengcu kemudian berprilaku sok tahu lalu dengan berdasarkan argumen piciknya, menarik kesimpulan : Mujizat Yesus Palsu !

    Kalau si Bengcu yang serba tidak tahu tersebut, boleh sok tahu dengan argumen, alasan dan paparan piciknya menyimpulkan Mujizat Yesus Palsu, tentu sayapun boleh berargumen sok tahu seperti Bengcu bukan ?

    Apakah dokter ketika mengobati pasien akan berkata, sini saya akan sembuhkan kamu ? tentu tidak bukan ? apakah pasiennya setelah diobati akan sembuh ? iya pasti akan sembuh kalau obatnya benar dan tepat. Jadi Yesus tidak berkata akan menyembuhkan, bukan berarti tidak menyembuhkan dong Beng ?

    Kemudian, ya cerita mengalir saja di Alkitab, Yesus memegang tangan itu bagian dari deteksi penyakit, membawanya keluar kampung, itu agar mudah diobati, meludahi mata dan meletakan tanganNya, itu bagian dari metode pengobatannya. Ada yang salah dengan itu Beng ? oh ayolah Beng, gunakan otakmu ya.

    Yesus bertanya sudahkah kau lihat sesuatu ? itu adalah caranya untuk memastikan apakah metode pertamanya sudah berhasil atau belum, lalu diulangi lagi dengan meletakan tanganNya hingga total sembuh.

    Kenapa Yesus harus minta diuji kepada imam Israel ? kenapa Beng ? kamu kira Yesus sedang pamer begitu ? butuh pengakuan dari imam Israel agar dibilang bisa membuat mujizat ? kalau kamu mungkin iya Beng, Tapi Yesus tidak perlu begitu dong, suka-suka Dia lah Beng, elu percaya ya cukur, gak percaya ya gondrong.

    Orang yang minta agar Yesus menjamahnya tidak ada ditempat lagi, kenapa dijadikan alasan mujizat Yesus palsu Beng ? beneran aku kok jadi bingung sama cara pikiranmu itu. Kamu pikir Yesus itu babysitternya ? atau satpamnya ? ya biar aja Beng orang itu pergi, gak penting banget, makanya gak dicatat itu sama Oom Markus.

    Lalu kenapa Yesus menyuruh orang yang disembuhkannya jangan masuk ke kampung ? Iya karena disuruh pulang ke rumahnya lah Beng. Ha ha ha

    Demikianlah kisah Bengcu berlagak tahu, padahal tidak tahu, sehingga sok tahu lalu tahu-tahu bikin fitnah Yesus bikin mujizat palsu, padahal ini tidak tercatat dalam Alkitab tahu !, berarti si Bengcu sedang membuat pembohongan publik nih.OMG.

    Tapi tenang Beng kamu sudah dimaafkan kok olehNya. Mana Aminnya Beng ? Aaaaamiinnnnnn.

  8. Mas, apakah bible itu versinya-nya beda2?
    Lalu benarkah nama Gereja itu hanya untuk pengikut alirannya dan orang Kristen lainnya akan memilih Gereja sesuai alirannya saja utk beribadah?

    Saya Islam tapi saya penasaran juga tentang agama2 dan keyakinan2 selain Islam, karena menurut saya penting utk minimal diketahui agar bisa lebih memahami keyakinan org lain agar tdk salah paham. Mohon tanggapannya mas, makasih!

    • Apa yang kita sebut Alkitab saat ini adalah kumpulan tulisan dari berbagai penulis dari berbagai generasi dari tahun 1400 SM-90. Saat ini, sudah diterjemahkan ke dalam 2.000 bahasa lebih. Dari 39 kitab perjanjian lama, sebelum Yesus dan 27 kitab setelah Yesus, banyak yang tidak mencantumkan nama penulisnya. Misalnya, Musa tidak mencantukan nama di dalam keempat kitab yang ditulisnya namun, secara tradisi diketahui bahwa itu ditulis oleh Musa.

      Keuangan gereja bersikap tertutup dan mandiri artinya Anggotanyalah yang membiayai seluruh kegiatan gereja mulai dari beli tanah, bangun gereja dll. Misalnya, gereja yang kita kenal dengan nama GKI, awalnya adalah sebuah gereja yang kemudian berkembang karena anggotanya kemudian mendirikan gereja yang lain. Pendirian gereja baru juga bisa diakibatkan oleh ALIRAN gerejanya alias perbedaan TAFSIR alkitabnya.

      Di gereja, para anggotanya saling mengenal, selain saling ngerumpi, juga saling menolong baik sesama anggota gereja maupun masyarakat. Misalnya, banyak gereja yang membuat kuskesmas sehingga anggota gereja dan masyarakat sekitar bisa berobat dengan biaya murah bahkan gratis. Selain beribadah, para anggota gereja juga melakukan kegiatan yang lain, misalnya, letihan vocal grup, koor, dll.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.