Kisah Penciptaan Sorga Dan Dunia


sorgaduniaKisah penciptaan sorga dan dunia dalam 6 hari bukan dongeng. Anda kekeh jumekeh menuduhnya dongeng padahal belum pernah membacanya dengan teliti dan hati-hati secara ilmiah hingga memahaminya dengan benar.

Apakah 1 hari (malam dan siang) dalam kisah penciptaan adalah satu hari dalam arti 1X24 jam? Benar! Kenapa demikian? Karena itulah yang tertulis di dalam kitab Kejadian. Apakah kisah tersebut masuk akal? Bukan hanya masuk akal namun ilmiah.

Kisah penciptaan diceritakan oleh YHWH kepada Musa. Musa lalu mencatatnya di dalam Kisah Kejadian. Menurut catatan Alkitab, saat itu bangsa Israel sudah mengenal KALENDER dan TULISAN.  Kalender adalah alat dan sistem pencatatan saat dan waktu.

Satuan waktu di Kalender Ibrani adalah: Malam, Siang, Hari, Minggu, Bulan, Tahun.  Siang terdiri dari Malam dan Siang. Minggu terdiri dari tujuh hari. Bulan terdiri dari 30 hari. Tahun terdiri dari 365 hari. Sistem Jam baru ditambahkan kemudian. Sistem Tanggal (perhatikan tanggal di bulan Februari) baru muncul ratusan tahun kemudian.

Satu Hari kalender Yahudi adalah malam dan siang. Kalau 1 hari yang dicaritakan oleh YHWH kepada Musa bukan malam dan siang pastilah Musa mempertanyakannya. Kalau Kalau 1 hari yang dicaritakan oleh Musa kepada bangsa Israel sudah pasti mereka akan mempertanyakannya. Itu sebabnya kita meyakini bahwa 1 hari yang tercatat di dalam kitab Kejadian adalah satu hari yang setara dengan 24 jam dalam sistem jam modern.

Saat ini sebagian sarjana teologi Kristen percaya bahwa kisah penciptaan di kitab Kejadian adalah kisah nyata namun sayangnya mereka nggak becus menjelaskannya secara logis dan ilmiah itu sebabnya menjadi olok-olok. Sebagian teolog yang lain mengagul-agulkan diri cerdas karena menurutnya itu hanya metafora alias dongeng belaka. Padahal keduanya bodoh karena alih-alih  mempelajari Alkitab dengan cara yang benar mereka justru menafsirkannya sembarangan sehingga nggak memahaminya dengan benar.

Pada mulanya Allah menciptakan sorga (shamayim) dan dunia (eret). Dunia belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.
Kejadian 1:12 – terjemahan lebih baik

Demikianlah diselesaikan sorga dan dunia dan segala isinya. Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan  yang telah dibuat-Nya itu. Kejadian 2:1-2  – terjemahan lebih baik

Bagaimana cara James Watt menciptakan (bara) mesin uap? Dia menciptakannya dari nihil (Creatio ex nihilo) dengan daya ciptanya. Berapa lama waktu yang dihabiskan oleh James Watt untuk menciptakan mesin uap? Sekejap. Apakah ciptaan James Watt itu ujug-ujug jadi? Tidak! Mula-mula dia  membuat rancangannya selama bertahun-tahun kemudian membangunnya (yatsar) selama bertahun-tahun.

Demikianlah riwayat sorga dan dunia pada waktu diciptakan (bara). Ketika YHWH Elohim menjadikan dunia (eret) dan sorga (shamayim), — Kejadian 2:4 – terjemahan lebih baik

belum ada semak apapun di dunia, belum timbul tumbuh-tumbuhan apapun di padang, sebab YHWH Elohim belum menurunkan hujan ke bumi (adamah), dan belum ada orang untuk mengusahakan tanah itu; Kejadian 2:5 – terjemahan lebih baik

tetapi ada kabut naik ke atas dari dunia (eret) dan membasahi seluruh permukaan bumi (adamah) itu— Kejadian 2:6 – terjemahan lebih baik

ketika itulah YHWH Elohim membentuk (yatsar) manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup. Kejadian 2:7 – terjemahan lebih baik

Itulah yang cercatat di dalam kitab Kejadian tentang penciptaan alam semesta. Walaupun diciptakan (bara)  dalam 6 hari namun Kejadian 2:4-17 mencatat bahwa alam semesta dan manusia tidak ujug-ujug jadi. Sorga dan dunia tidak ujug-ujug ada namun dibangun melalui proses memisahkan dan membatasi lalu menyatuhkan.

Alkitab ditulis dengan prinsip: Logis, gamblang, sistematis, akurat, tegas, dan konsisten. Logis artinya tidak bertentangan dengan akal sehat. Gamblang artinya jelas dan mudah dipahami. Sistematis artinya teratur dan berkesinambungan. Akurat artinya sangat teliti dan cermat. Tegas artinya jelas dan terang benar serta tidak ada yang samar-samar. Konsisten artinya tidak saling bertentangan satu dengan yang lainnya.

Apabila menemukan hal yang tidak logis di dalam Alkitab, itu berarti belum memahaminya dengan benar. Apabila tidak gamblang, itu berarti belum memahaminya dengan benar. Tidak sistematis itu berarti belum memahaminya dengan benar. Tidak akurat itu berarti belum memahaminya dengan benar. Tidak tegas alias masih samar-sama itu berarti belum memahaminya dengan benar. Tidak konsisten itu berarti belum memahaminya dengan benar. Kenapa demikian? Karena Alkitab ditulis dengan prinsip: Logis, gamblang, sistematis, akurat, tegas, dan konsisten.

Yang memegang prinsip kebenaran Alkitab demikian tidak akan menafsirkan meskipun tidak memahaminya apalagi menganggapnya salah. Tidak memahami yang dibaca? Masalahnya pada pembacanya bukan pada penulisnya apalagi yang tertulis. Masalahnya adalah kemampuan untuk memahami yang tertulis bukan ketidakmampuan penulis untuk menulis dengan benar.

Nah, kisanak, bacalah kembali kisah penciptaan sorga dan dunia dengan teliti dan hati-hati menurut kutat Kejadian. Itulah kisah nyata yang diajarkan oleh YHWH kepada Musa untuk diberitakan kepada bangsa Israel untuk teruskan ke seluruh bangsa.

75 thoughts on “Kisah Penciptaan Sorga Dan Dunia

  1. Saya komen ya:

    edit…. setelah dibaca
    1:14 Berfirmanlah Allah: “Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun,
    1:15 dan sebagai penerang pada cakrawala biarlah benda-benda itu menerangi bumi.” Dan jadilah demikian.
    1:16 Maka Allah menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang lebih besar untuk menguasai siang dan yang lebih kecil untuk menguasai malam, dan menjadikan juga bintang-bintang.
    1:17 Allah menaruh semuanya itu di cakrawala untuk menerangi bumi,
    Koment I:Ini benar benar sesuai konsep Flat Earth…..

    maka bumi dan segala bintang dan matahari bahkan galaksi ada di cakrawala… jadi cakrawala/langit yang dimaksud bukan langit di atmosfer yang penuh awan melainkan ruang hampa yang menampung segala planet itu sendiri… dan air(2) yang dimaksud berada di luar cakrawala/ alam semesta… bukan begitu?
    Komen II: ini adalah teori sains yang mulai gugur…..hehehe…
    Saya kira sangat jelas: 1:17 Allah menaruh semuanya itu DI CAKRAWALA untuk menerangi bumi,..

  2. Halo Bro baikbaiksaja, kalau anda terapkan (harap pelajari dulu) pada konsep flat earth maka yang tertulis pada kejadian tentang air di atas, air di bawah, cakrawala, benda penerang, terang dll, sangat jelas dan tidak ada yang perlu dipertanyakan dan terus terang saya sangat senang dengan kenyataan ini.
    My Earth is Flat.

  3. Halo Bro Putra Dari Ufuk Timur
    on 14/07/2016 at 9:48 am, tanpa bertujuan membela Haihai, saya kira anda memaksakan pendapat anda dengan ilmu pengetahuan ‘saat ini’ yang belum tentu benar. Misalnya tentang ‘air diatas cakrawala’ terasa sangat dilecehkan oleh anda. Tahukah anda bahwa ada beberapa percobaan yang menemukan bahwa diatas firmament (cakrawala) penuh air?
    Salam hangat.
    My Earth is Flat.

  4. Agama Zoroaster mengarkan bahwa pada mulanya, BUMI itu DATAR. Juga mengajarkan bahwa dari kekal sampai kekal, ada DUA dzat yang saling bertarung. Yang satu namanya BAIK yang lain sifatnya jahat. Yang Baik itu namanya Ahura Mazda sedangkan yang jahat disebut Angra Mainyu.

    Bumi yang diciptakan oleh Ahura MAzda itu DATAR. Angra Mainyu yang lalu mengacaunya sehingga ada yang naik dan ada yang turun sehingga Bumi dari bepeng.

    Sejak diajarkan oleh Zarathustra abad 6 SM, orang-orang PERSIA pun percaya bahwa BUMI itu DATAR. Ajaran itu menguasai Timur Tengah dan Israel kemudian menyebar ke ERopa bahwa BUMI itu datar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.