Hipnotis Adalah Sulap Tanpa Trik


bengcuHipnotis adalah sulap tanpa trik yang dipakai master hipnotis untuk MENGHIBUR, dipakai master hipnoterapi untuk MENIPU peserta seminar dan dipakai ilmuwan untuk FIKSI ilmiah. Berapa banyak orang yang belajar hipnotis tanpa menyadari dirinya TERTIPU lalu MENIPUorang-orang yang belajar hipnotis kepadanya? Saya tidak tahu. Berapa banyak master hipnoterapi yang menyadari tipuannya namun terus menipu? Saya tidak tahu!

Menghipnotis adalah mengendalikan seseorang dengan memancarkan pikiran yang kuat untuk menenggelamkan pikirannya yang lemah sehingga yang bersangkutan menganggap pikiran yang kuat itu sebagai pikirannya sendiri. Kemampuan hipnotis diperoleh dengan melatih kekuatan pikiran dan kemauan. Di dalam dunia perdukunan Indonesia, hipnotis dikenal dengan nama gendam atau sirep.

Umumnya masyarakat meyakini telepati dan hipnotis seperti penjelasan di atas karena itulah yang digembar-gemborkan film, novel, mas media, dukun, pengkhotbah mantan dukun dan pengkotbah alam roh, serta diperagakan oleh para pesulap dalam pertunjukkannya. Apakah yang diajarkan benar? SALAH!

Menurut para ilmuwan, hipnosis adalah kondisi di mana fungsi analisa logis seseorang tereduksi rendah sekali. Dalam kondisi hipnosis walaupun sadar namun pertimbangan logisnya lemah sekali, makanya mudah dipengaruhi. Orang yang sedang melamun,  berusaha tidur walaupun tidak ngantuk, bermeditasi, membaca mantera, berbahasa roh, berdoa, berusaha merasakan hadirat Allah, waktu antara sadar dan tidur adalah kondisi hypnosis. Untuk memasuki hipnosis tidak perlu kekuatan gaib namun konsentrasi karena hipnosis adalah tidur sambil terjaga.

Adakah standar hipnosis? Tidak ada! Bagaimana cara ilmuwan menentukan seseorang sedang hipnosis? Tidak tahu! Hipnosis adalah tertidurnya sistem saraf. Bagaimana menentukan seseorang sedang tertidur sistem sarafnya? Tidak tahu! Hipnosis adalah kondisi tidur terjaga. Apa ukuran tidur terjaga? Tidak ada.

Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, yang tidak ada standar dan cara mengukurnya mustahil ilmu pengetahuan. Hipnotis dan hipnosis bukan ilmu pengetahuan. Apabila dipaksakan hanya fiksi ilmiah alias science fiction  doang.

Sulap hipnotis adalah hipnotis palsu atau pura-pura hipnosis. Dalam sulap hipnotis pesulap membangun ilusi penonton bahwa setiap manusia memiliki kekuatan gaib yang tersembunyi di alam bawah sadarnya. Karena tidak sadar waktu dihipnotis maka kekuatan gaibnya pun menjadi nyata.  Di dalam sulap hipnotis melayang, penonton percaya tubuh memang melayang karena tidak melihat penyanggahnya. Tidak sulit untuk menyembunyikan penyanggah dari pandangan penonton?

Dalam pertunjukan hipnotis, master hipnotis selalu mengundang penonton untuk menjadi sukarelawannya. Relawan bersandiwara? Tidak! …. yang dibutuhkan bukan sandiwara namun kepatuhan relawan dan prasangka penonton serta koreografi master hipnotis.

Master hipnotis berkata, “Anda akan memasuki alam tidur lebih dalam lagi dan lebih dalam lagi. Saya akan menghitung mundur dari angka lima dan semakin kecil angkanya jemari anda akan terasa semakin kaku. Pada saat saya menghitung sampai satu maka anda pun sia-sia berusaha mengepal namun tidak bisa karena jemari anda kaku sekali.” Master hipnotis lalu mengulangi perintahnya, “Saya akan menghitung mundur dari lima ke satu dan semakin kecil angkanya jemari anda akan terasa semakin kaku. Begitu saya menghitung sampai satu anda pun berusaha mengepal namun tidak bisa karena jemari anda kaku sekali. Lima, empat, tiga, dua, satu.”

Penonton melihat para relawan berusaha mengepal namun tidak bisa karena jemarinya kaku. Mereka menyangka jemari itu menjadi kaku karena dihipnotis padahal tidak. Bila demikian, apa yang terjadi? Yang terjadi adalah relawan menaati perintah master hipnotis: “Berusaha mengepal namun tidak bisa karena jemari anda kaku sekali!” Relawan hanya melaksanakan perintah. Jemarinya sama sekali tidak kaku.

Dasawarsa ini seminar hipnoterapi marak sekali di Indonesia. Banyak perusahaan menyelenggarakan seminar hipnoterapi atau mengirim karyawannya untuk mengikuti seminar karena gembar-gembor master hipnoterapi lewat buku dan mas media serta seminar-seminar bahwa hipnoterapi akan menjadikan seorang karyawan lebih produktif karena dia menjadi lebih percaya diri, lebih pandai membujuk, lebih pandai berkomunikasi, lebih tahan uji dan lebih baik karakternya. Benarkah demikian? BOHONG!

Sebetulnya hanya perlu belasan menit untuk menjelaskan hipnotis dan cara melakukannya. Namun, seminar hipnoterapi umumnya berlangsung dua sampai tiga hari. Yang paling singkat berlangsung seharian. Kenapa demikian? Agar dianggap bermutu karena mustahil anda rela membayar ratusan ribu bahkan jutaan rupiah untuk seminar belasan menit, bukan? Agar punya banyak waktu meyakinkan peserta tentang khasiat hipnotis? Entahlah!

……. Wanita yang dihipnotis itu tiba-tiba mengucurkan air matanya bahkan menangis tersedu-sedu. Peserta seminar menyangka perilaku perempuan itu terjadi karena hipnosis. Mereka pikir itulah bukti keahlian membujuk alam bawah sadar menguasai kesadaran. Mereka menyangka perempuan itu memasuki hipnosisnya dalam sekali. Benarkah demikian? Benarkah wanita itu menangis tersedu-sedu? Benar! Benarkah dia tersedu-sedu karena dikuasai alam bawah sadarnya? Tidak! Benarkah dia tersedu-sedu sebab hipnosis dalam sekali? Mustahil! Lalu, apa yang terjadi? Yang terjadi adalah dia menangis tersedu-sedu karena CENGENG! ……..

Bagaimana bila wanita relawan tersebut tenang-tenang saja alias tidak menangis sesenggukkan? Master hipnoterapi pun mengingatkan bahwa kedalaman hipnosis setiap orang berbeda-beda, itu sebabnya kata-kata yang sama akan membawa dampak yang berbeda pada orang yang berbeda. Sekitar 10% manusia tidak bisa dihipnotis dan 10% yang lainnya mudah sekali hipnosis sedangkan yang 80% lainnya adalah manusia dengan kemampuan hipnosis normal. Dia pun menuduh perempuan itu termasuk yang susah dihipnotis lalu mencari relawan lainnya.

“Ketika saya menghitung sampai tiga, maka kaca mata yang anda pakai pun berubah menjadi kaca mata ajaib sehingga bisa melihat tembus pakaian wanita-wanita di dalam ruangan ini. Setelah saya menghitung sampai tiga maka anda harus menghitung mundur dari sepuluh. Hitunglah sepuluh, sembilan, delapan, tujuh dan seterusnya. Hitung perlahan-lahan. Semakin rendah hitungannya maka kemampuan melihat tembus kaca mata ajaib semakin kuat. Semakin rendah hitungannya semakin jelas pula tubuh wanita dibalik pakaian yang anda pandang. Keajaiban kaca mata akan hilang begitu anda memalingkan muka atau memejamkan mata. Saya mulai menghitung, satu, dua tiga.”

Aneh bin ajaib. Setelah beberapa saat memandang, tiba-tiba relawan lelaki itu menggoyang kepalanya dan memalingkan muka sambil memejamkan mata. Dia pun tersipu-sipu malu. Ketika ditanya, “Kenapa goyang-goyang kepala? Ha ha ha ha …” Sukarelawan menjawab, “Malu ah!” dan semakin tersipu-sipu. Apa yang sebenarnya terjadi?

…….. meskipun sama-sama yakin lelaki itu sangat dalam memasuki alam hipnosisnya namun peserta seminar meyakini hal yang berbeda tentang akibatnya. Sebagian peserta menyangka dalam kondisi hipnosis lelaki itu memiliki kekuatan gaib melihat tembus pakaian wanita. Yang lainnya percaya di alam bawah sadarnya lelaki itu memang melihat tembus pakaian wanita.

Apa yang sebenarnya terjadi? …. hanya seorang lelaki tertangkap basah birahi kepada seorang wanita yang dipandanginya. ….. Itu sebabnya jurus kaca mata ajaib hanya dimainkan oleh lelaki karena tidak berkasiat sama sekali bagi perempuan.

Kisanak, kelopak mata anda lelah sekali. Itu sebabnya tidak bisa dibuka…… Benarkah kelopak mata anda letih sekali sehingga tidak bisa dibuka? Mustahil! Bila demikian, apa yang terjadi? ….

hipnotis adalah sulap tanpa trik yang dipakai master hipnotis untuk MENGHIBUR, dipakai master hipnoterapi untuk MENIPU peserta seminar dan dipakai ilmuwan untuk FIKSI ilmiah. Berapa banyak orang yang belajar hipnotis tanpa menyadari dirinya tertipu lalu menipu orang-orang yang belajar hipnotis kepadanya? Saya tidak tahu. Berapa banyak master hipnoterapi yang menyadari tipuannya namun terus menipu? Saya tidak tahu!

Tersebut di atas adalah salah satu topik pembahasan dalam buku Bengcu Menggugat Teologi Alam Roh Di Mata seorang Tionghoa Kristen. Sampai saat ini buku tersebut belum dijual di toko buku. itu sbabnya anda hanya bisa membelinya lewat Internet. Harga buku Rp. 79.000,- Ongkos kirim ditanggung pembeli. Cara membeli? PM ke Face Book hai hai atau kirim email ke bengcumenggugat@gmail.com atau SMS ke 0852 8455 6636. Beritahu nama dan alamat juga No. HP anda serta jumlah buku yang dipesan. Selanjutnya anda akan diberitahu jumlah ongkos kirim yang harus ditanggung, juga nomor REKENING Bank yang harus anda transfer. Pengiriman akan segera dilakukan setelah pembayaran dikonfirmasi oleh Bank.

107 thoughts on “Hipnotis Adalah Sulap Tanpa Trik

      • @hai hai bengcu,
        Kemungkinan yang divideo adalah ‘EEG yang didesain khusus’. Hal tersebut tentu berbeda dengan EEG yang dimaksud hai hai.
        Suatu alat kedokteran bersertifikasi agar dokter, pasien dan terutama pihak asuransi yakin diagnosis yang dihasilkan dapat dipertanggung jawabkan.

        Dengan perkembangan teknologi banyak alat kedokteran yang dulu mahal dan berukuran besar sekarang bisa digantikan alat yang portable.

        Untuk pelatihan seperti yang dilakukan Adi W. Gunawan, penggunaan alat seperti divideo sudah sangat membantu. Orang awam diberi sedikit penjelasan dapat mengerti dengan baik.

        Saya ingin tahu juga bagaimana gelombang otak ketika : berdoa, berbahasa roh, bernyanyi semangat, bernyanyi lambat dll. yang tentunya bisa ditampilkan oleh alat itu.

        Alat itu menggunakan animasi 3 dimensi yang memudahkan kita mengerti.
        Kalau ada yang mudah/murah buat apa menggunakan yang sulit/mahal.

        • @mich, gelombang otak. Mulailah cari literatur kemudian pelajarilah EEG. Setelah paham EEG, mulailah belajar QEEG. Setelah paham keduanya, pergilah ke rumah sakit. Mintalah agar gelombng otak anda di periksa. Biayanya memang cukup mahal namun itu layak dibayar bila ingin tahu benar-benar apa itu GELOMBANG otak dan apa itu EEG dan apa itu QEEG. hipnotis adalah sulap tanpa trik. Saya sudah memutuskan untuk Menguliti penipuan bertopeng hipnoterapi. apabila para pembaca buku saya merasa yang saya jelaskan dalam buku saya tentang hipnotis kurang GAMBLANG, maka saya akan menulis SATU buku khusus untuk menguliti ajaran para Master hipnoterapi. Kenapa demikian? Karena semakin hari para master hipnoterapi semakin SAKTI penampilan dan KLAIMNYA.

          • Dan lakukanlah… Pilihlah narasumber yang benar2 profesional di bidang hipnoterapi untuk bisa diajak berdiskusi agar bisa menemukan ketidakbenarannya, hipotesa setiap interview, terjun langsung melihat cara kerja mereka dan lihat teknologi yang digunakan. Jangan pilih hipnoterapi yang abal2 karena mereka tidak profesional dan jawabannya jg gak profesional, nantinya malah jadi bahan buat celaan akhirnya. Ayo mulai berargumen berdasarkan data sekarang, bukan asbun… Yuk mari kita belajar beragumen dengan baik dan benar….

            • Urel, hai hai TIDAK pernah ikut Seminar Hipnoterapi, namun dia adalah seorang MASTER hipnoterapi KAWAKAN, dengan STANDAR yang digunakan oleh para master hipnoterapi tentang Master hipnoterapi. Oang-orang yang membaca buku Bengcu Menggugat – Teologi Alam roh Di Mata Seorang Tionghoa KRisten, langsung PUNYA pengetahuan seorang Master hipnoterapi dan BEGITU mereka mempraktekkan pengetahuannya, jadilah mreka Master-master hipnoterapi yang MAMPU mencari den mengkreografi jurus-jurusnya sendiri. Dalam hal ini, say menantang siapa SAJA, saya menantang Adi W gunawan untuk SAYA UJI guna membuktikan bahwa hipnotis adalah SULAP tanpa trik. Untuk membuktikan bahwa DIA memang selama ini MEMBUAL tentang hipnotis dan hipnosis dan hipnoterapi.

              • Jaman sekarang tidak disertai narasumber/data yg relevan hanya dari satu sumber kurang begitu valid pak. Saya berarti bisa juga dong mengaku kawakan walau hanya belajar otodidak #chuckle
                Tapi kembali kedewasaan pembaca dalam menerima statement2 dari penulis 😀

                • Urel, beli saja buku hai hai yang berjudul Bengcu MEnggugat – Teologi Alam Roh di Mata Seorang Tionghoa Kristen. SEtelah anda BACA yang saya tulis tentang hipnotis baru anda bisa MEMVONIS, hai hai PAKAR hipnotis atau bukan? ha ha ha ha ha … kalau anda MENGAKU diri anda pakar hipnotis, saya tidak keberatan sama sekali. Soal BELAJAR OTODIDAK. ya …… hai hai memang JAGOAN otodidak.

      • @hai hai, Adi W Gunawan seorang pembual yang Hebat Luar Biasa. Tulisan-tulisan Science Fiction nya saling berhubungan sehingga yang membacanya semakin mengerti dan semakin tertarik.

        • biarkan Pembual terus membual sampai menyangkal bualannya. Ada yang menyangkal bualannya DULUAN ada yang MENYANGKAL bualannya kemudian. Itu sebabnya saya sangat SERIUS menghadapi Adi W Gunawan dan para master hipnoterapi lainnya. Karena mereka SUDAH berhasil MEMBUTAKAN banyak orang. Kita tunggu saja. Saat ini buku saya sudah beredar 400 copy. Itu berarti sudah ada 400 orangan yang mengerti TIPUAN hipnoterapi.

  1. ko Hai..
    Dalam buku anda hal 23, disana tertulis,

    Kemudian Iblis pergi dari hadapan TUHAN, lalu ditimpaNya Ayub dengan barah yang busuk dari telapak kakinya sampai ke batu kepalanya.
    bukankah seharusnya, ditimpanya itu dengan nya kecil. kenapa disana ditulis dengan nya besar?

    tentang mujizat hal 79 dan 80.mujizat memang karunia yang berasal dari Allah karena sepenuhnya hak Allah, namun apakah salah jika kita berharap mendapat mujizat dari Allah dan kita rajin berdoa meminta kepadaNya?kata kata anda tidak salah, namun apakah orang yang berharap salah? mungkin yang anda maksud mujizat bukan datang karena kita yang memintanya, namun allah memberikannya. Jadi sampai kuda gigit jaripun ga akan terkabul kalau kita minta. Tapi bolehkah sebagai anakNya, sebagai umatNya, kita terus menerus meminta mujizat? memane konteksnya beda…dan kata kata anda memang tidak bisa dicari salahnya sama sekali. Untuk mengerti ayat ini dan penjelasan anda, kita memang harus membuka diri dan tidak memberikan perimeter. Karena sama halnya ketika menawarkan buku anda kepada orang lain,belum dibaca saja orang sudah antipati.Mungkin anda perlu menambahkan, mujizat memang hak Allah, namun sebagai umat kita boleh saja beriman untuk mendapatkannya. Karena jelas, tidak ada satupun mujizat yang bisa dilakukan selain dari pada Allah sendiri yang mengadakannya. untuk mengerti harus berkali kali membacanya, namun entah pakah yang lain juga berpikiran sama….

    • smile, karena yang MENIMPA Ayub dengan BARA bukan Iblis namun YHWH. bukankah YHWH mengakui bahwa Iblis BERHASIL membujuk dia MELAWAN Ayub dengan MENCELAKAKAN Ayub tanpa alasan?

      kisanak, coba anda baca kisah-kisah Mujizat dalam Perjanjian Lama. apa tujuan mujizat-mujizat itu? APABILA Engkau adalah TUHAN (YHWH) maka LAKuKAN mujizat. Mujizat untuk MEMBUKTIKAN bahwa Dia memang TUHAN. Bagaimana dengan mujizat pada zaman Yesus? Apabila Engkau memang anak Allah, LAKUKAN mujizat. Bagaimana dengan mujizat yang dilakukan para rasul setelah Yesus naik ke sorga? untuk membuktikan bahwa mereka memang murid Yesus.

      pelajarilah kitab Kisah Para Rasul. Mujizat hanya terjadi pada AWALNYA seiring waktu berjalan, Mujizat tidak DILAKUKAN lagi.

      Musa memebri minum dan makan bangsa Israel dengan melakukan mujizat namun keesokan harinya mereka lapar dan haus lagi. Yesus memebri makan dan besoknya mereka lapar lagi. elia membangkitkan orang mati namun orang itu lalu mati lagi. Yesus membangkitkan Lazarus namun Lazarus lalu mati lagi. Jadi, apa gunanya mujizat?

      Dunia adalah KESIA-SIAAN dan KEMUbAJIRAN. MUJIZAT di dunia SAMA sia-sia dan mubazirnya dengan bukan mujizat. Nampaknya kesadaran demikianlah yang mebuat para rasul tidak melakukan mujizat lagi.

      Jadi, kisanak. HARAPKANLAH mujizat namun jangan BERHENTI berusaha. ARtinya jangan biarkan HARAPAN mujizat itu menghentikan usaha anda.

  2. terimakasih ko Hai,…kata kata terakhir menunjukkan anda kritis sekali terhadap ayat dan fenomena daam kehidupan. Namun banyak yang tidak berpikiran seperti anda,dan nampaknya para pendeta sudah antipati ketika buku anda diawarkan kepada mereka, namun, jika orang yang tidak bodoh, pasti dia tidak akan berhenti belajar, dan tidak akan mau menutup dirinya untuk sebuah pengetahuan,……

  3. Saya sudah baca buku Anda, sangat menarik. Namun saat membaca bab yang membahas mengenai hipnosis dan hipnoterapi, saya sungguh menyayangkannya karena bab ini ditulis bukan berdasar pemahaman yang benar mengenai hipnosis dan hipnoterapi. Riset Anda kurang mendalam saat menulis bab ini.
    Dari apa yang saya baca, Anda bukanlah praktisi atau orang yang mengerti mengenai hipnosis/hipnoterapi. Saran saya, sebelum menulis satu topik yang Anda tidak kuasai dengan baik, ada baiknya Anda konsultasi atau berdiskusi dengan orang yang benar-benar pakar di bidang ini. Untuk hipnoterapi saya menyarankan Anda belajar atau berdiskusi dengan Bpk. Adi W. Gunawan.
    Terlepas dari apapun yang Anda tulis, saya menaruh hormat dan simpati yang tinggi atas upaya Anda untuk melakukan edukasi masyarakat agar bisa bersikap kritis dan logis atas berbagai hal yang mereka temui dalam kehidupannya.

    • Kisanak, tentang hipnotis di dalam buku Bengcu Menggugat Teologi alam Roh di Mata Seorang Tionghoa kristen,saya menulis INTISARINYA. HANYA para master hipnoterapi atau PRAKTISI hipnoterapi yang MENGERTI benar-benar yang saya tULIS. Saya menulis demikian untuk memberi KESEMPATAN kepada para Master hipnoterapi untuk BERTOBAT dan TIDAK MENIPU lagi.

      Para PENGEMAR DONGENG hipnotis alias mereka yang hanya MEMBACA tulisan-tulisan tentang HIPNOTIS PASTI menganggap yang saya tULIS tentang hipnotis TERLALU dangkal. Padahal HIPNOTIS memang demikian. hal itu terjadi karna orang-orang tersebut sudah dibutakan oleh DONGENG hipnotis. Adi W Gunawan? Kenapa anda tidak TUNJUKKAN tulisan saya kepadanya dan bertanya apa pendapat dia? ha ha ha .. Sudah lama saya menunggu di youtube ada REKAMAN Adi W Gunawan menghipnotis seseorang, untuk dikuliti. Anda bisa mendapatkan REKAMAN demikian untuk kita kuliti?

      Anda tahu sejak kapan saya belajar Hipnotis? Sejak kelas 1 SMP. Saat itu tahun 1978. Saya sudah pakar hipnotis ketika orang-orang yang saat ini MENGAKU pakar hipnotis belum mimpi tentang hipnotis.

      Yan Nurindra: Selama 1 menit anda merasa bingung sekali karena apa yang INGIN anda katakan betul-betul HILANG dari ingatan anda. Sehingga anda betul-betul merasa BINGUNG. Dan UNGKAPKAN kebingungan itu selama SATU menit. Satu menit kemudian semua normal anda bisa menceritakan dari mana dan apa yang anda rasakan selama eh masa hipnosis ya. ingat sebenar lagi anda bangun tapi betul-betul anda blank dan di dalam mengungkapkan apa pun juga yang seharusnya bisa anda katakan ok, entah gimana gak apa sebabnya tapi satu menit kemudian semua kembali normal dan anda benar-benar impres karena bisa menceritakan apa yang terjadi.

      Presenter: I know!

      Presenter: Saya tidak tahu apa yang baru saja terjadi. tiba-tiba saya kehilangan kata-kata tapi saya rasa ini saatnya saya memberitahukan kepada anda pemirsa bahwa itulah hipnosis dan saya akan segera ke Riau untuk menunjukkan kepada anda bahwa ada praktek hipnosis lain di sana.

      Yan Nurindra: apa yang INGIN anda katakan betul-betul HILANG dari ingatan anda.

      Yan Nurindra:Sehingga anda betul-betul merasa BINGUNG.

      Yan Nurindra: Dan UNGKAPKAN kebingungan itu selama SATU menit

      Presenter: Saya tidak tahu apa yang baru saja terjadi. tiba-tiba saya kehilangan kata-kata

      Anda tahu TIPUAN para master hipnoterapi? Mereka MENGAJARKAN bahwa seseorang MELAKUKAN yang DISURUH karena HIPNOSIS padahal orang itu melakukan yang DISURUH karena MELAKUKAN yang DISURUH.

      coba anda perhatikan FILM di atas dengan TELITI dan HATI-HATI. Perempuan itu BANGUN dari TIDURNYA pada menit 3:26 namun hITUNG mundur baru dimulai pada menit 3:46. Ada selisih 20 detik.

      HITUNG mundur berakhir pada 4:46 namun presenter itu baru kembali normal di menit 4:49.Ada selisih 3 DETIK.

      20 + 3 detik = 23 detik. Perempuan itu BINGUNG 23 DETIK lebih lama dari PERINTAH Yan Nurindra.

      LUPA yang INGIN dikatakan BUKAN KEHILANGAN KATA-KATA.

      KATA=KATA apa yang SEBETULNYA ingin DIKATAKAN oleh PRESENTER itu yang DIA LUPA menurut Yan NURINDRA namun menurut PRESENTER itu dia KEHILANGAN kata-kata.

      Aoa yang terjadi pada presenter itu? Dia HANYA mematuhi perintah Yan Nurindra untuk LUPA yang mau dia katakan sehingga MERASA bingung dan mengungkapkan KEBINGUNANN selama kirat-kira 1 menit.

      APA yang BISA dilakukan dalam HIPNOTIS seharusnya BISA dilakukan di dalam kondisi SADAR. PERINTAHNYA adalah KAMU LUPA! Karena LUPA maka BINGUNG. UNGKAPKAN rasa bingung kamu.

      Kisanak, coba anda SURUH otak anda untuk LUPA! Bisakah? Bila tidak BISA suruh seseorang LUPA ketika dia SADAR mustahil bisa menyuruhnya LUPA ketika HIPNOSIS. Kenapa demikian? Karena MELUPAKAN alias LUPA bukan PEKERJAAN yang BISA dilakukan oleh MANUSIA atas KEINGINANNYA.

      • Justru di sinilah tampak bahwa Anda tidak mengerti secara mendalam mengenai hipnoterapi, apalagi hipnoterapi klinis. Sebagai seorang yang bergerak di bidang medis dan klinis saya mengikuti semua tulisan, pemikiran, buku, dan uraian Adi W. Gunawan dan berbagai pakar hipnosis / hipnoterapi di Indonesia. Untuk saat ini, dari penelitian yang saya lakukan, yang benar-benar menguasai hipnoterapi klinis di Indonesia adalah Adi W. Gunawan.

        Beliau telah menulis 22 (dua puluh dua) buku, tujuh belas di antaranya diterbitkan Gramedia Pustaka Utama dan menjadi buku laris selama bertahun-tahun.

        Saya sangat mengagumi tulisan, pemikiran, dan analisis Anda dalam konteks mengerti Alkitab. Ini sangat membuka wawasan dan pemahaman saya pribadi dan saya berterima kasih kepada Anda. Dan saya sungguh menyayangkan seorang yang kritis seperti Anda kurang jeli dalam melakukan riset sebelum menulis bab tentang hipnosis dan hipnoterapi.

        Pemahaman Anda hanya terbatas pada stage hypnosis atau hipnosis untuk hiburan. Anda memahami hipnoterapi secara sempit hanya seperti yang ditunjukkan oleh berbagai video di Youtube. Anda kurang tepat dalam memandang hipnosis hanya sebatas teknik induksi yang memang bisa dipelajari hanya dalam beberapa menit.

        Saya sempat berdiskusi dengan Bpk. Adi W. Gunawan di lembaganya, di Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology di Surabaya. Dari diskusi cukup panjang barulah saya, yang sebelumnya skeptis dan juga berpikir hipnoterapi adalah satu bentuk kebohongan, akhirnya benar-benar mengerti dan menghargai apa yang Bpk. Adi lakukan.

        Sekedar informasi untuk Anda, Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology berdiri di atas lahan 1.200 m2, milik Bpk. Adi sendiri, bukan sewa atau kontrak, letaknya di pusat kota Surabaya, dan dilengkapi dengan fasilitas pelatihan yang sangat bagus, klinik hipnoterapi klinis, dan Research & Development. Saya sungguh beruntung karena Bpk. Adi memberi kesempatan saya untuk melihat semua fasilitas yang ada di lembaga Beliau. Demikian juga Bpk. Adi menunjukkan koleksi buku Beliau, khusus membahas topik psikologi, pikiran, terapi, hipnoterapi, literatur riset dan jurnal hipnoterapi yang jumlah lebih dari 1.500 judul. Belum pernah saya bertemu dengan seorang praktisi hipnoterapi klinis yang memiliki literatur selengkap Beliau.

        Saat ini Bpk. Adi berencana untuk mengambil gelar doktor kedua, yaitu doktor psikologi (S3) dengan disertasi berdasar hasil riset mendalam yang Beliau lakukan selama ini di bidang hipnoterapi klinis. Beliau berencana untuk mengambil gelar doktor di UGM atau UI. Saat ini Bpk. Adi telah meraih gelar doktor pendidikan dari Universitas Negeri Malang (UM).

        Bpk. Adi juga menyayangkan banyak pemahaman kurang tepat mengenai hipnosis/hipnoterapi akibat pemberitaan media massa, terutama tayangan di televisi, dan juga berbagai video yang diunggah ke Youtube yang dibuat oleh orang yang tidak mendalami hipnoterapi secara benar.

        Selain itu, salah satu rekan sejawat saya, seorang dokter senior dan CEO salah satu rumah sakit swasta terbesar di Surabaya juga telah belajar ke Bpk. Adi. Saat saya tanya Beliau mengenai materi yang Bpk. Adi ajarkan, Beliau berkata, “Semua yang Pak Adi ajarkan sangat logis, ilmiah, terstruktur, dan secara klinis dan empiris terbukti sangat efektif mengatasi masalah yang berhubungan dengan emosi dan perilaku. Pengetahuan Pak Adi di bidang hipnoterapi klinis sangat dalam. Semua pertanyaan dapat Beliau jawab dengan sangat baik. Beliau juga dapat menunjukkan sumber yang menjadi acuan dalam menjelaskan suatu teori atau teknik. Pengetahuannya di bidang medis juga cukup dalam. Yang lebih luar biasa lagi adalah Pak Adi melakukan live therapy, total 4 kali, dengan klien berbeda yang berasal dari luar peserta. Di sini kami bisa melihat apa yang Pak Adi lakukan saat melakukan terapi. Semua teori dan teknik yang telah diajarkan dipraktikkan langsung di depan kami. Terapi berlangsung selama sekitar dua jam. Dan hasilnya, klien sembuh saat itu juga. Ini sungguh luar biasa. Setahu saya tidak ada trainer hipnoterapi yang berani melakukan live therapy di dalam kelas seperti ini. Selain itu Bpk. Adi juga sangat rendah hati dan sabar. Walau sebagai seorang pakar di bidang hipnoterapi, Beliau benar-benar humble, membumi, dan menghargai semua muridnya dengan tulus. Saya sangat puas telah belajar ke Pak Adi.”

        Saat saya tanya mengapa harus belajar 100 jam atau selama 9 hari penuh, sejawat saya menjawab, “Saya sudah melakukan riset melalui internet. Saya Googling siapa saja trainer hipnoterapi top di Indonesia. Saya kunjungi situs mereka, saya baca satu per satu tulisan mereka. Setelah melakukan riset mendalam selama hampir 3 bulan, saya sampai pada kesimpulan bahwa Pak Adi adalah yang terbaik. Beliau berbeda dengan trainer lainnya. Yang lain hanya menawarkan pelatihan satu atau dua hari sudah jadi hipnoterapis. Sedangkan Pak Adi, minimal 100 jam. Seratus jam atau sembilan hari ini sebenarnya masih kurang. Materi yang diajarkan sangat dalam dan banyak sekali. Usai 100 jam ini, kalau masih mau belajar lebih mendalam, masih ada lanjutannya lagi, 100 jam. Jadi, total waktu yang dibutuhkan untuk belajar ke Pak Adi adalah 200 jam untuk bisa meraih gelar CCH, certified clinical hypnotherapist. Salah satu psikolog senior yang ikut kelas Pak Adi sampai geleng-geleng kepada karena begitu kagum dengan paparan yang Pak Adi berikan. Pak Adi adalah satu-satunya trainer hipnoterapi yang melakukan tes bagi calon peserta dan usia minimal 28 tahun.”

        Saya sudah menyampaikan ke Bpk. Adi tentang buku Anda dan juga blog ini. Beliau menghargai sepenuhnya apa yang Anda tulis. Saat saya tanya, “Apa Bpk. Adi tidak tersinggung dengan tulisan Bengcu?”, Bpk. Adi dengan bijak menjawab, “Saya memahami dan menghargai sepenuhnya semua tulisan Pak Ang Ci Yang, baik di buku atau di blog, karena dilandasi dengan tujuan mulia yaitu mengajak dan mengajari kita untuk bersikap kritis logis. Ini tentu perlu mendapat apresiasi yang tinggi. Mengenai bab yang mengulas tentang hipnosis, saya juga bisa memahami sepenuhnya karena yang ditulis adalah berdasar Beliau. Dan kebetulan pemahaman saya berbeda. Jadi, tidak ada yang perlu diperdebatkan karena kita berangkat dari dua pemahaman yang berbeda. Namun, tujuan kita sama yaitu sama-sama ingin memberikan edukasi kepada masyarakat.”

        Mengenai mengapa Bpk. Adi tidak menampilkan rekaman terapi di Youtube, Beliau berkata bahwa ini secara kode etik profesi tidak dibenarkan. Semua proses terapi sifatnya pribadi dan rahasia. Sebagai hipnoterapis, dan juga Ketua Asosiasi Hipnoterapi Klinis Indonesia, Beliau tentu perlu memberi contoh yang benar kepada anggota organisasi dan juga masyarakat.

        Saran saya, ada baiknya Anda menghubungi Pak Adi langsung atau paling tidak membaca dulu pemikiran Beliau. Bisa dilihat di http://www.AdiWGunawan.com.

        • Kisanak, Sentul International Convention Center (SCCC) dibangun di atas lahan 64.000 M2 dengan luas bangunan 22.000 M2, bukan SEWA atau KONTRAK. Hal demikian tidak mengubah FAKTA: Ir Niko MENIPU anggota Jemaat GBI dengan KESAKSIAN palsu mendengar SUARA Tuhan yang mengajarkan PERSEMBAHAN Sulung, meskipun dia seorang DOKTOR.

          Daud Tony mengaku bukunya laku lebih dari 500.000, copy dan dia tidak mengambil satu peserpun royaltinya. Dia juga mengaku ditawari gelar DOKTOR dari Universitas Fuller. Namun hal demikian sama sekali mengubah FAKTA bahwa dia PENIPU yang menipu umat Kristen dengan KESAKSIAN palsu.

          Kenapa saya menyebut KEDUANYA, Ir. Niko dan Daud Tony PENIPU? Karena mereka SUDAH tahu tentang tulisan saya. Orang yang sudah dibuktikan KESALAHANNYA dan diajari untuk BENAR namun KEKEH JUMEKEH bersaksi PALSU adalah PENIPU.

          Bagaimana dengan Adi W Gunawan yang punya bangunan di atas tanah 1.200 M2 dan mau mengambil gelar DOKTOR?

          Kisanak, kenapa tidak menyebut nama anda dengan gamblang? anda seorang dokter? Anda dokter di rumah sakit mana ya? Siapakah nama rekan sejawat anda, dokter senior dan CEO salah satu rumah sakit swasta terbesar di Surabaya? Kalau anda sebut namanya, saya bisa melakukan konfirmasi, benarkah dia mengucapkan hal yang anda kutip sebagai ucapannya?

          Kuncoro: saya sungguh menyayangkannya karena bab ini ditulis bukan berdasar pemahaman yang benar mengenai hipnosis dan hipnoterapi. Riset Anda kurang mendalam saat menulis bab ini.

          Kuncoro: Dan saya sungguh menyayangkan seorang yang kritis seperti Anda kurang jeli dalam melakukan riset sebelum menulis bab tentang hipnosis dan hipnoterapi.

          Kisanak, menuduh tanpa bukti namanya FITNAH. Anda sudah baca bagaimana saya MEMBUKTIKAN bualan Yan Nurindra tentang hipnotis, bukan? Itulah yang disebut menguliti helai demi helai seperti menguliti bawang bombai. Dari komentar anda nampak GAMBLANG sekali bahwa anda MENGAKU diri anda PAKAR hipnotis. Kenapa anda hanya MENUDUH hai hai namun TIDAK MENGULITI tulisannya helai demi helai seperti menguliti bawang bombai? tunjukkan kesalahan tulisan hai hai dan ajarkan yang BENAR.

          Kuncoro:
          Pemahaman Anda hanya terbatas pada stage hypnosis atau hipnosis untuk hiburan. Anda memahami hipnoterapi secara sempit hanya seperti yang ditunjukkan oleh berbagai video di Youtube. Anda kurang tepat dalam memandang hipnosis hanya sebatas teknik induksi yang memang bisa dipelajari hanya dalam beberapa menit.

          Adi W Gunawan: Stage hypnosis adalah hipnosis yang digunakan untuk pertunjukan hiburan.

          Kisanak, apakah anda sedang menyatakan stage hypnosis BuKAN hipnotis alias hipnosis yang diajarkan oleh Adi W Gunawan?

          Apakah anda sedang menyatakan hinpnotis yang ditunjukkan di youtube bukan HIPNOTIS SEJATI seperti yang diajarkan oleh Adi W Gunawan?

          Kuncoro: Pak Adi melakukan live therapy, total 4 kali, dengan klien berbeda yang berasal dari luar peserta. Di sini kami bisa melihat apa yang Pak Adi lakukan saat melakukan terapi. Semua teori dan teknik yang telah diajarkan dipraktikkan langsung di depan kami. Terapi berlangsung selama sekitar dua jam. Dan hasilnya, klien sembuh saat itu juga. Ini sungguh luar biasa. Setahu saya tidak ada trainer hipnoterapi yang berani melakukan live therapy di dalam kelas seperti ini.

          Kisanak, kirimkan saja rekaman KESAKSIAN anda di atas ke email saya, bengcumenggugat@gmail.com. Saya akan mengulitinya helai demi helai seperti menguliti bawang bombai.

          Kuncoro: Saya sudah menyampaikan ke Bpk. Adi tentang buku Anda dan juga blog ini. Beliau menghargai sepenuhnya apa yang Anda tulis. Saat saya tanya, “Apa Bpk. Adi tidak tersinggung dengan tulisan Bengcu?”, Bpk. Adi dengan bijak menjawab, “Saya memahami dan menghargai sepenuhnya semua tulisan Pak Ang Ci Yang, baik di buku atau di blog, karena dilandasi dengan tujuan mulia yaitu mengajak dan mengajari kita untuk bersikap kritis logis. Ini tentu perlu mendapat apresiasi yang tinggi. Mengenai bab yang mengulas tentang hipnosis, saya juga bisa memahami sepenuhnya karena yang ditulis adalah berdasar Beliau. Dan kebetulan pemahaman saya berbeda. Jadi, tidak ada yang perlu diperdebatkan karena kita berangkat dari dua pemahaman yang berbeda. Namun, tujuan kita sama yaitu sama-sama ingin memberikan edukasi kepada masyarakat.”

          Kisanak, bila anda TIDAK membual dan saya anggap anda tidak membual. itu berarti Adi W Gunawan sudah membaca tulisan saya. Bila dia kekeh jumekeh maka itulah bukti bahwa dia memang sengaja melakukan PENIPUAN tentang HIPNOTIS.

          Tahun 2010 hai hai membongkar PENIPUAN Genius Mind Consultancy (GMC) Indonesia tentang AKTIVASI otak tengah yang mengakibatkan BLINDFOLD Reading (melihat dengan mata tertutup). Awalnya hai hai bertarung sendirian, namun semakin hari semakin banyak orang yang ikut bertarung sehingga akhirnya GMC di Indonesia mau pun di Asia dan Australia tidak bisa MENIPU lagi karena TIPUAN mereka dikuliti helai demi helai seperti menguliti bawang bombai di hadapan masyarakat.

          Juli 2013 hai hai mulai MENGULITI PENIPUAN berkedok HIPNOTERAPI helai demi helai seperti menguliti bawang bombai. Apa yang terjadi selanjutnya ya? Kita tunggu saja dech.

          • Bengcu: Kisanak, apakah anda sedang menyatakan stage hypnosis BuKAN hipnotis alias hipnosis yang diajarkan oleh Adi W Gunawan? Apakah anda sedang menyatakan hinpnotis yang ditunjukkan di youtube bukan HIPNOTIS SEJATI seperti yang diajarkan oleh Adi W Gunawan?

            Ada lima cabang ilmu hipnosis yaitu:
            – Stage hypnosis: hipnosis untuk hiburan. Ini memang banyak rekayasa. Sering subjek dibayar oleh si Hipnotis untuk melakukan dan menjalankan skenario tertentu. Yang penting lucu dan menghibur. Salah satu yang agak “menipu” adalah Uya Kuya.
            – Hypnotherapy atau Clinical Hypnosis: ini aplikasi hipnosis untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan emosi dan perilaku.
            – Anodyne Awareness/ Mental Anaesthesia: aplikasi hipnosis untuk anestesi, digunakan untuk operasi, menghilangkan atau mengurangi rasa sakit/nyeri seperti pada korban luka bakar, dll, atau juga untuk wanita melahirkan sehingga nyaman dan tidak merasa sakit sama sekali.
            – Forensic hypnosis: aplikasi hipnosis untuk penggalian data di bawah sadar. Ini biasanya untuk penyelidikan dan penyidikan kepolisian.
            – Experimental Hypnosis: aplikasi hipnosis untuk eksperimen.

            Apa yang Bpk. Adi W. Gunawan ajarkan BUKAN stage hypnosis atau hipnosis untuk hiburan. Dengan pengetahuan dan kecapakan Beliau sebagai hipoterapis klinis, Beliau sangat mampu melakukan stage hypnosis. Namun Pak Adi tidak pernah mau melakukan hal ini. Beliau juga tidak setuju dengan maraknya stage hypnosis yang sering membuat subjek malu atau tidak nyaman setelahnya.

            Beliau juga menguasai dengan sangat baik cabang ilmu hipnosis lainnya dan diajarkan kepada murid-muridnya. Salah satu muridnya, saya kenal, mendalami dan mengembangkan hypnobirthing. Dengan teknik yang Pak Adi ajarkan, muridnya berhasil mengembangkan protokol dan mampu membantu wanita melahirkan dengan sangat nyaman dan tanpa rasa sakit sedikitpun. Murid ini bekerja sama dengan dokter kandungan yang membantu proses persalinan.

            Bpk. Adi mengajarkan hipnoterapi klinis. Ini adalah cabang ilmu hipnosis yang khusus digunakan untuk menangani klien yang mengalami gangguan emosi dan perilaku. Itu sebabnya dibutuhkan waktu sampai 9 hari untuk memelajarinya sebelum mendapat gelar C.Ht (certified hypnotherapist) dan 9 hari lagi untuk mendapatkan gelar CCH (certified clinical hypnotherapist).

            Untuk belajar stage hypnosis tidak butuh waktu lama. Paling lama hanya beberapa jam saja. Namun untuk belajar hipnoterapi, apalagi yang sifatnya klinis, ini tentu butuh waktu jauh lebih lama untuk benar-benar menguasai dasar teori dan intervensi klinis.

            Benar, Pak Adi sudah membaca buku Anda. Saya melihat sendiri buku Anda diletakkan di salah satu rak buku Beliau bersama buku-buku lain dari penulis besar bidang hipnosis/hipnoterapi yang berasal dari luar negeri.

            • Kisanak, saya COPAS komentar saya sebelumnya ya, siapa tahu dengan membacanya sekali lagi anda paham lalu menjawabnya?

              Kisanak, kenapa tidak menyebut nama anda dengan gamblang? anda seorang dokter? Anda dokter di rumah sakit mana ya? Siapakah nama rekan sejawat anda, dokter senior dan CEO salah satu rumah sakit swasta terbesar di Surabaya? Kalau anda sebut namanya, saya bisa melakukan konfirmasi, benarkah dia mengucapkan hal yang anda kutip sebagai ucapannya?

              Kuncoro: saya sungguh menyayangkannya karena bab ini ditulis bukan berdasar pemahaman yang benar mengenai hipnosis dan hipnoterapi. Riset Anda kurang mendalam saat menulis bab ini.

              Kuncoro: Dan saya sungguh menyayangkan seorang yang kritis seperti Anda kurang jeli dalam melakukan riset sebelum menulis bab tentang hipnosis dan hipnoterapi.

              Kisanak, menuduh tanpa bukti namanya FITNAH. Anda sudah baca bagaimana saya MEMBUKTIKAN bualan Yan Nurindra tentang hipnotis, bukan? Itulah yang disebut menguliti helai demi helai seperti menguliti bawang bombai. Dari komentar anda nampak GAMBLANG sekali bahwa anda MENGAKU diri anda PAKAR hipnotis. Kenapa anda hanya MENUDUH hai hai namun TIDAK MENGULITI tulisannya helai demi helai seperti menguliti bawang bombai? tunjukkan kesalahan tulisan hai hai dan ajarkan yang BENAR.

              Kuncoro: Pak Adi melakukan live therapy, total 4 kali, dengan klien berbeda yang berasal dari luar peserta. Di sini kami bisa melihat apa yang Pak Adi lakukan saat melakukan terapi. Semua teori dan teknik yang telah diajarkan dipraktikkan langsung di depan kami. Terapi berlangsung selama sekitar dua jam. Dan hasilnya, klien sembuh saat itu juga. Ini sungguh luar biasa. Setahu saya tidak ada trainer hipnoterapi yang berani melakukan live therapy di dalam kelas seperti ini.

              Kisanak, kirimkan saja rekaman KESAKSIAN anda di atas ke email saya, bengcumenggugat@gmail.com. Saya akan mengulitinya helai demi helai seperti menguliti bawang bombai.

              Adi W Gunawan: Stage hypnosis adalah hipnosis yang digunakan untuk pertunjukan hiburan.

              Kuncoro: Apa yang Bpk. Adi W. Gunawan ajarkan BUKAN stage hypnosis atau hipnosis untuk hiburan.

              Kisanak, pernyataan Adi W Gunawan sangat TEGAS dan GAMBALANG bukan. Tidak ada PERBEDAAN antara stage HIPNOTIS dan hipnotis yang dipraktekkannya. PERBEDAANNYA hanya PENGGUNAANNYA saja. HIPNOTISNYA sama, penggunaannya yang BEDA.

              oh ya, saya baru menulis blog BARU untuk MEMBGONGKAR tipuan Adi W Gunawan dan Drg Locky Setio dan Windalfin Culmen, tentang INDUKSI MAUT. silahkan klik di SINI untuk membacanya. Selanjutnya saya akan terus membongkar TIPUANNYA satu demi SATU agar masyarakat paham TIPUAN berkedok HIPNOTERAPI.

  4. Bos Hai-hai Bengcu , bos mengatakan bahwa sdh SMP 1 mempelajari hipnotis di ( thn 1978 ). Boleh tau bos dulunya belajar sama siapa ya.

    • Ha ha ha ha ha …. guru hipnotis saya sudah meninggal. Anda tidak kenal dia meskipun saya sebut namanya. Kalau anda mau menguji pengetahuan saya tentang hipnotis, mudah sekali. Anda rekam dan saya akan tunjukkan HOAX-nya kepada anda.

      • Ooooo… sudah meninggal ya….

        Saya sendiri pribadi belum pernah belajar hipnotis, dari tulisan bos hai-hai Bengcu membuat saya tertarik mendalaminya… Kirain guru bos Bengcu belum meninggal , jadi ingin mendalaminya.

        Saya masih SMA2 ada saran gak bos jika mau belajar yg benar2 ilmiah dimana ya.

        Oh ya bos Hai-hai Bengcu saya mau nanya maksud Hipnotis adalah sulap tanpa trik itu apa ya?

        Saya pernah baca di internet ada yg menulis Hipnotis adalah sebuah ilmu sulap yang menggunakan trik . Jadi bingung saya bos antara judul dari bos hai-hai dengan yg pernah sy baca… kira-kira mana yg benar ya.

        Thanks atas jawabannya bos hai-hai Bengcu.

        • oooo …. Jadi anda belum pernah BELAJAR hipnotis ya? Setelah membaca tulisan saya anda mau MENDALAMINYA? Ha ha ha ha … DASAR PEMBUAL. Kalau anda BELUM pernah BELAJAR hipnotis, bagaimana mau MENDALAMINYA? ha ha ha ha ha …..

          Anda pernah baca di internet ada yg menulis Hipnotis adalah sebuah ilmu sulap yang menggunakan trik . Jadi bingung antara judul dari bos hai-hai dengan yg pernah anda baca? Ha ha ha ha ha … tanya saja kepada penulis yang anda baca tulisannya itu. Belajarlah kepadanya. kalau sudah jago baru kembali komentar di sini. gitu saja kok repot? ha ha ha ha …

          Saya bukan bos anda. percuma anda panggil saya bos karena saya nggak akan bayar gaji anda. ha ha ha ha ha …

          • Hmmm…. baiklah saya akan baca2 dari forum lain . Tq atas jawabannya.

            Semoga makin sukses bos hai-hai Bengcu dgn bukunya.

            • terima kasih. hipnotis adalah SULAP tanpa TRIK. Anda SETUJU melakukan yang SAYA SURUH. lalu saya MENYURUH anda dengan berlagak bla bla bla ….. Sehingga orang-orang yang MENONTON menyangka anda PATUH karena kekuatan bla bla bla saya. Padahal sejak awal anda memang sUDAH stuju melakukan yang saya suruh.

              contoh: Anda SETUJU melakukan yang saya suruh. Saya suruh anda rilek, pejamkan mata, bla bla bla. Anda melakukan yang saya SURUH. Pada mulanya orang-orang melakukan HIPNOTIS dengan, “Saya hitung sampai tiga maka anda akan TERTIDUR. 1, 2, 3. Saya hitung sampai TIGA maka anda akan TIDUR lebih dalam lagi, lebih dalam lagi.” Hal demikian masih dilakukan oleh rommy Rafael pada tahun 2009. Namun kemudian dia menggunakan kalimat yang lain, “Saya hitung sampai tiga maka anda merasa RILEKS. 1, 2, 3. Saya hitung sampai TIGA maka anda akan RILEKS lebih dalam lagi, lebih dalam lagi.”

              Kenapa mereka menggunakan kata TIDUR? Karena diajarkan bahwa kondisi hipnosis adalah Somnambulism (tidur berjalan – sleep walking). Kenapa lalu diganti dengan kata RILEKS? Saya tidak TAHU! Namun sejak SEminar Hipnotis marak di Jakarta, saya selalu MENDUKuNG bila ada teman-teman yang mau ikutan. Setelah mereka IKUT barulah saya BERITAHU mereka bahwa Hipnotis adalah SULAP tanpa TRIK.

              Salah satu pertanyaan saya adalah: Bukankah kalian menyuruh PASIEN untuk TIDUR dan MEMASUKI alam TIDURNYA lebih DALAM lagi? Bila hipnotis memang BENAR, bukankah PASIEN kalian PASTI TIDUR NYENYAK dan semakin nyenyak dan semakin nyenyak? Kenapa kalian justru mengajarkan bahwa pada saat HIPNOSIS mereka SADAR sepenuhnya? Kalian menyuruh DIA tidur namun dia TIDAK tidur. Itu namanya BERLAGAK tidur. Jadi TIDAK ada KEKUATAN sugesti maupun PERSUASIF sama sekali alias TIDAK ADA hipnotis sama sekali sebab yang ADA hanya SATU orang MEMBERI PERINTAH dan yang lain MEMATUHINYA semaksimal mungkin disuruh TIDUR namun nggak BISA TiDuR betulan, makanya BERLAGAK tidur saja.

              Dalam kondisi berlagak TIDUR (rileks) saya lalu menyuruh anda MENDESAH. Anda pun MENDESAH. Orang-orang yang menonton dengan PRASANGKA menyangka anda MENDESAH karena saya HIPNOTIS padahal anda MENDESAH karena mematuhi PERINTAH saya. Itulah hipnotis, nggak ada TRIK sama sekali, hanya OMONG KOSONG alias PEPESAN kosong belaka. hanya AKSI alias ACTING belaka.

              AGAR tipuannya tidak KETAHUAN maka para master hipnotis pun membungkusnya dengan DONGENG dan pengetahuan IDEO motor Efect (gerakan otot yang tidak disadari).

  5. Bencu….ahhh anda ini hanya biji pelir yaqng coba jadi batang zakar…..Masih teripu dengan buku usang dan menyiarkan kepalsuan berikutnya

  6. Saya setuju dg anda bang beng hai utk terus lakukan upaya anda membongkar kebohongan hypnotis dan hypnoterapi. Saya turut senang juga sih ada orang yg mau melakukan ini. Walaupun sy seorang hypnoterapis (…hi..hi..hi…) tp sy tetap mendukung dg upaaya anda ini. Nanti setelah kebohongan ini terungkap dan hypnotetapi benar2 dilarang di Indonesia baru sy akan berhenti jd hypnoterapis. Tp sementara blm dilarang sy akan terus menggunakan ilmu ini, karena sampai saat ini saya msh dapat merasakan dan membuktikan keefektifan tekhnik ini dlm membantu banyak orang bs menjadi lbh baik dlm menjalani kehidupannya (termasuk dlm membantu kemajuan belajar anak saya dan keharmonisan keluarga saya). Ya….mungkin analisa anda ttg kebohongan proses dan manfaat hypnotis itu benar, tapi selama sy belum menemukan teknik lain yg lbh baik, mudah serta efektif dan hypnotis blm benar2 dilarang dan sambil menunggu hasil dari upaya anda sy tetap pilih utk menggunakannya dulu ajah deh. Utk sementara ini mau bohong kek..mau benar kek…MASA BODOH DULU DEH !!! yg penting bisa dpt cara yg mudah, cepat, efektif, aman dan manfaat. Setidaknya itulah yg sdh saya rasakan dan beberapa clien2 saya katakan…hi…hi…hi…

  7. Sebenarnya, tidak ada kebohongan dalam praktek hipnotis.
    Yang ada hanya kesalahpahaman dari orang yang menginterpretasi hipnotis tersebut.
    Seharusnya, masyarakat itu memahami hipnotis sebagai sebuah penginduksian sugesti dalam tahap kesadaran tertentu.
    Artinya, hipnotis itu hanyalah sebuah nama dan tidak memiliki kekuatan sama sekali dan yang esensial adalah induksi sugesti nya. Ketika itu dipahami masyarakat, mungkin buku ini sama sekali tidak diperlukan.
    Hipnotis memang sangat berguna untuk menyelesaikan masalah2 klinis. Hal tersebut dikarenakan teknik sugesti dalam hipnotis, dapat mempengaruhu konstruksi sadar seseorang.
    Buku ini bagus tetapi filsafat atau kerangka berpikir dalam buku ini masih sangat kurang. Misalnya, tenteng pemahaman penulis tentangkbohongan, dll.
    Saya sarankan, anda jangan terlalu cepat mengeluarkan statement ‘pembual’, ‘penipu’, ‘bodoh’, ‘goblok’.
    Kata2 anda itu hanya menunjukkan betapa ‘pembual’, ‘penipu’, ‘bodoh’, ‘goblok’ anda.

    • christiawan: Hipnotis memang sangat berguna untuk menyelesaikan masalah2 klinis. Hal tersebut dikarenakan teknik sugesti dalam hipnotis, dapat mempengaruhu konstruksi sadar seseorang.

      kisanak, hai hai memang tidak pernah SEMBARANGAN memvonis seseorang, “pembual, penipu, bodoh, goblok” Itu sebabnya semua yang dikatakannya BENAR adanya. Bagaimana dengan diri anda? ha ha ha ha … Ucapan anda di atas adalah PEPESAN KOSONG. Coba anda jelaskan agar pembaca tahu hai hai asal ngejeblak atau anda memang omong kosong? ha ha ha …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.