Yesus Mati Hari Jumat dan Bangkit Hari Minggu


Ketika beberapa  ahli Taurat dan orang Farisi minta tanda, Yesus berkata, “Seperti Yunus  tinggal di dalam perut ikan  tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam HATI bumi tiga hari tiga malam.” Para teolog menafsirkan HATI bumi adalah kuburan itu sebabnya mereka pun mengajarkan bahwa Yesus akan berada di dalam kuburan selama tiga hari tiga malam. Tiga hari artinya tiga kali mengalami siang dan tiga malam berarti tiga kali mengalami malam. Yesus mati hari Jumat siang dan bangkit Minggu malam, itu berarti dua hari dua malam. Untuk menyangkal tuduhn Yesus MEMBUAL, sebagian orang Kristen mendirikan teori Yesus mati hari Rabu dan bangkit Hari Sabtu. Sebagian yang lainnya menganut teologi kambing bandot dengan jurus pat pat gulipat elu ngotot maka gua lipat.

Yesus Mati Hari Jumat Dan Bangkit Hari Minggu

Karena hari itu hari persiapan dan supaya pada hari Sabat mayat-mayat itu tidak tinggal tergantung pada kayu salib sebab Sabat itu adalah hari yang besar–maka datanglah orang-orang Yahudi kepada Pilatus dan meminta kepadanya supaya kaki orang-orang itu dipatahkan dan mayat-mayatnya diturunkan. Yohanes 19:31

Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur. Yohanes 20:1

Yesus mati sebelum hari Sabat dan bangkit setelah hari sabat lewat alias pada hari pertama minggu itu. Yesus mati hari Jumat dan bangkit hari Minggu. Tegas dan gamblang sehingga mustahil menyangkalnya.

Bangkit Pada Hari Ketiga

Sejak waktu itu Yesus mulai menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan (egeiro) pada hari ketiga. Matius 16:21

Yesus dibunuh pada hari Jumat dan bangkit pada hari Minggu. Hari Jumat adalah hari 1, hari Sabtu adalah hari ke 2 dan hari Minggu adalah hari ke 3. Yesus dibunuh pada hari ke 1 dan bangkit pada hari ketiga. TEPAT!

Bangkit Sesudah Tiga Hari

Kemudian mulailah Yesus mengajarkan kepada mereka, bahwa Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan bangkit (anistemi) sesudah tiga hari. Markus 8:31

Dan sekeliling takhta itu ada dua puluh empat takhta, dan di takhta-takhta itu duduk dua puluh empat tua-tua, yang memakai pakaian putih dan mahkota emas di kepala mereka. Wahyu 4:4

Janganlah terdapat padamu ragi di seluruh daerahmu, tujuh hari lamanya; dan dari daging hewan yang kausembelih pada waktu petang pada hari pertama, janganlah ada yang bermalam sampai pagi. Ulangan 16:4

Pada hari pertama dari hari raya Roti Tidak Beragi, pada waktu orang menyembelih domba Paskah,  murid-murid Yesus berkata kepada-Nya: “Ke tempat mana Engkau kehendaki kami pergi untuk mempersiapkan perjamuan Paskah bagi-Mu?” Markus 14:12

Buanglah ragi yang lama itu, supaya kamu menjadi adonan yang baru, sebab kamu memang tidak beragi. Sebab anak domba Paskah kita juga telah disembelih, yaitu Kristus. 1 Korintus 5:7

Sesudah Ia membasuh kaki  mereka, Ia mengenakan pakaian-Nya dan kembali ke tempat-Nya. Lalu Ia berkata kepada mereka: “Mengertikah kamu apa yang telah Kuperbuat kepadamu? Yohanes 13:12

Lalu bangkitlah perempuan itu berdiri, sujudlah ia menyembah dengan mukanya ke tanah sambil berkata: “Sesungguhnya, hambamu ini ingin menjadi budak yang membasuh kaki  para hamba tuanku itu.” 1 Samuel 25:41

Dua puluh empat tua-tua Israel itu terdiri dari 12 tua-tua Perjanjian Lama dan 12 tua-tua Perjanjian Baru. 12 tua-tua Perjanjian Lama ditetapkan oleh YHWH (TUHAN), mereka adalah ke 12 anak Yakub. 12 tua-tua Perjanjian Baru ditetapkan oleh Yesus Kristus, mereka adalah ke 12 Murid Yesus. Domba Paskah sudah harus dipotong dan selesai diolah saat petang, sebelum malam. Yesus adalah Anak Domba Paskah. Sebelum petang, Yesus sudah diserahkan kepada ke 12 tua-tua bangsa Israel yaitu kedua belas murid-Nya. Itu sebabnya dia menjadikan diri-Nya sebagai budak yang paling hina dengan membilas kaki mereka.

Yesus diserahkan kepada tua-tua Israel hari Kamis siang dan bangkit pada hari Minggu malam. Kamis Siang adalah hari ke 1. Jumat adalah hari ke 2. Sabtu adalah hari ke 3. Minggu adalah SESUDAH tiga hari. SESUDAH tiga hari, Yesus pun bangkit. TEPAT!

Tiga Hari Tiga Malam Di Hati Bumi

Tetapi jawab-Nya kepada mereka: “Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim (kardia) bumi (ge) tiga hari tiga malam. Matius 12:39-40

Dan kepada anaknya akan Kuberikan satu suku, supaya hamba-Ku Daud selalu mempunyai keturunan di hadapan-Ku di Yerusalem, kota yang Kupilih bagi-Ku supaya nama-Ku tinggal di sana. 1 Raja-raja 11:36

Handai taulan sekalian, kata RAHIM di dalam Matius 12:40 diterjemahkan dari kata Yunani “kardia” yang artinya HATI. Kata bumi diterjemahkan dari kata Yunani “ge” yang artinya: tanah; bumi; darat; orang, manusia. Bumi hanya ada satu. Itu sebabnya hati bumi juga hanya ada satu. Kuburan ada banyak. Apabila hati bumi adalah kuburan, bukankah itu berarti bumi punya banyak hati? Karena bumi hanya punya satu hati, itu berarti hati bumi (kardia ge) mustahil kuburan. Karena HATI bumi mustahil kuburan lalu apa ? Di mana Bait TUHAN didirikan? Di Yerusalem. Kenapa Bait TUHAN didirikan di Yerusalem? Karena itulah kota yang dipilih oleh TUHAN agar nama-Nya tinggal. Yerusalem adalah HATI bumi.

Tiga hari tiga malam artinya tiga hari tiga malam. Tiga hari artinya tiga kali siang. Tiga malam berarti tiga kali malam. Tiga hari tiga malam berarti tiga kali siang dan tiga kali malam. Tiga kali mengalami siang dan tiga kali mengalami malam.

Yesus masuk ke Yerusalem hari Kamis dan keluar dari Yerusalem hari Minggu. Hari Kamis adalah hari ke 1. Jumat adalah hari ke 2. Hari Sabtu adalah hari ke 3. Karena Yesus bangkit pada hari Minggu pagi-pagi. Itu berarti Dia diam di HATI bumi selama tiga hari yaitu: Hari Kami, Jumat dan Sabtu. 3 Hari. Malam Jumat adalah malam ke 1. Malam Sabtu adalah malam ke 2. Malam Minggu adalah malam ke 3. Karena Yesus bangkit pada saat Fajar menyingsing, itu berarti Dia tinggal di HATI bumi selama 3 malam yaitu: Malam Jumat, Sabtu dan Minggu. 3 Malam. Yesus ada di HATI bumi selama 3 hari dan 3 malam. TEPAT!

Sacra Scriptura Sui Ipsus Interpres

Alkitab sangat LOGIS, GAMBLANG, SISTEMATIS, AKURAT, TEGAS dan KONSISTEN serta DUA SAKSI. LOGIS artinya tidak ada yang bertentangan dengan akal sehat. GAMBLANG artinya jelas dan mudah dipahami. SISTEMATIS artinya ditulis secara teratur dan berkesinambungan. AKURAT artinya sangat teliti dan cermat. TEGAS artinya jelas dan terang benar serta tidak ada yang samar-samar. KONSISTEN, artinya tidak ada yang saling bertentangan atau saling menyangkal. DUA SAKSI artinya semua ajaran Alkitab disaksikan minimal oleh dua orang saksi. Itulah 7 prinsip Alkitab yang disimpulkan dalam kalimat: Sacra Scriptura Sui Ipsus Interpres, artinya kitab suci menyatakan dirinya sendiri.

Alkitab harus dipahami, tidak boleh ditafsirkan karena Alkitab ditulis untuk dipahami, bukan untuk ditafsirkan. Karena tidak mengerti, maka anda pun menafsirkan Alkitab agar mengerti. Karena menganggapnya tidak logis, maka anda pun anda menafsirkan Alkitab agar logis. Menafsirkan Alkitab berarti membuang peluang untuk memahaminya dengan benar.

Anda bisa MENOLAK ajaran Alkitab namun mustahil MENYANGKALNYA. Anda bisa tidak memahaminya namun tidak bisa menafsirkan seenaknya. Itu sebabnya, di dalam perdebatan yang serius dan ilmiah saya selalu katakan, “Apabila pemahaman saya ini benar, maka semua ayat yang anda gunakan untuk menentangnya akan berbalik mendukungnya.”

Teologi Kambing Bandot

Kambing bandot adalah kambing jantan dewasa. Ketika ada makluk hidup memasuki wilayahnya maka kambing bandot akan nyeruduk membabibuta. Ketika nyeruduk kambing bandot nggak bisa belok juga sulit sekali berhenti. Itu sebabnya anak-anak di desa suka sekali menggoda kambing bandot dengan membiarkan dirinya diseruduk lalu menghindar sehingga bandot itu nyeruduk pohon atau tembok. Walaupun serudukannya membentur pohon atau tembok namun kambing bandot akan mengembik dengan takabur. Nampaknya kambing bandot punya keyakinan, karena sudah nyeruduk maka pasti menang. Lucu sekali melihat kambing bandot terjajar jatuh setelah kepalanya membentur tembok atau pohon. Dia akan berdiri sempoyongan sambil menggoyang-goyang kepalanya. Waktu kecil kami selalu berhalusinasi menambahkan ribuan bintang beterbangan di sekitar kepala kambing bandot tersebut. Ha ha ha ha ha ha …. Lucu sekali.

Memberanikan diri bertanya, Di CENTER for LOGICAL DEFENSE of CHRISTIANITY – CLDC, Ama Bura setelah berdebat lalu menulis doc  berjudul: Jika Yesus disalibkan pada hari Jumat, bagaimana mungkin dia ada dalam kubur selama 3 hari 3 malam?

Maxavellar Chan:  Krn itu sy mau membuktikan yesus tidak tuhan, tp hy nabi. Nah, skrg sdh jls bagi sy pemahaman anda, bhw yesus bnr2 tuhan, dan tidak pernah salah dlm berkata2. Ok… baru sy msk topiknya. PASCA PENYALIBAN ALKITAB MENUBUATKAN YANG TAK PERNAH TERJADI. INI MEMBUKTIKAN IA SALAH DALAM MERAMALKAN TTG MS DEPANNYA. Ketika orang-orang meminta kpd Yesus utk menunjukan suatu tanda kepada mereka, Yesus menjawabnya dgn tanda yang kan terjadi dgn detailnya dalam Matius 12:

Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam. 12:40

Kali ini Yesus menekankan apa yg akan terjadi padanya dgn perkataan tegas, bhw ia akan seperti Yunus terkait dgn jumlah hari dan malam ia akan tinggal di rahim bumi. Dan juga apa kata para Imam2 kepala kpd pilatus:

dan mereka berkata: “Tuan, kami ingat, bahwa si penyesat itu sewaktu hidup-Nya berkata: Sesudah tiga hari Aku akan bangkit. Matius 27:63

Sekarang mari kita lihat, apakah ramalan yesus yg anda klaim sbg tuhan itu tepat?

A. Yesus disalib hari Juma’at. Lalu Yesus dikubur pada Juma’at malam, berarti 1 malam.

B. Hari Sabtu pagi Yesus masih berada dlm kuburannya, berarti 1 malam 1 hari.

C. Hari Sabtu malam Yesus msh berada dlm kuburannya, berarti 1 hari 2 malam.

D. Pada minggu pagi sebelum matahari terbit, Maria Magdalena pergi melihat Yesus, dan ternyata Yesus tidak ada lg di kuburannya.

Mari kita htg. 2 malam + 1 hari = 2 malam 1 hari.  Mari kita lihat apa kata Markus:

Dan pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu, setelah matahari terbit, pergilah mereka ke kubur. Markus 16:2

Jika kita hitung perjalanan waktu dari Yesus mulai dikuburkan hingga Maria Magdalena menemukan kuburan Yesus kosong, bukankah krg dari 3 hari 3 malam sesuai pernyataan Yesus dlm Matius 12:40 itu? Dgn Jelas Markus mengatakan bahwa Yesus hanya dikubur 1 hari 2 malam. saja, tidak spt yg diramalkannya tinggal di perut bumi selama 3 hari 3 malam spt Nabi Yunus (Matius 12:40). Ada apa dgn ramalan Yesus ini, bukankah sebagai oknum yg diakui sbg Tuhan seharusnya pernyataan Yesus tak blh meleset spt pernyataan anda semula,, bukankah Tuhan itu Maha Mengetahui apa yg ada di bumi dan di langit? Monggo….
September 19 at 1:08pm via
++++

Ama Bura: spt yg ana duga pertanyaan ente cuman ini2 saja tdk ada yg baru. begini, pertanyaanmu itu berdasar pada “false assumption” ente sendiri bahwa 1 hari = 24 jam, sehingga kata “3 hari 3 malam” dlm markus 12:40 ente artikan 24 jam x 3 hari = 72 jam. ini pemahaman yg salah sesat (lihat aturan debat diatas no 2).

standar tafsir alkitab yg berlaku–hermeneutika dan eksegese– adalah misalkan Yesus mati hari Jumat (sekitar jam 15.00), maka itu adalah hari pertama, jumat agung, kemudian setelah jam 18.00 maka itu adalah hari kedua (hari sabtu) sampai jam 18.00 berikutnya, kemudian masuk hari ketiga yaitu hari minggu paskah. ini pemahaman teologis kontekstual yg benar karena mempertimbangkan gaya bahasa “1 hari” yg berlaku pada jaman/kultur itu. therefore, kembali ke markus 12:40, 3 hari 3 malam tdk bermakna 72 jam.
September 19 at 2:08pm
++++

Esthon Patola: ternyata bung Maxavellar Chan ini, tak mengerti apapun. dia hanya klaim saja. tidak mencari tahu, melainkan menghakimi. pake standar yang tida jelas, sehingga setiap argumennya membuat kami yang membaca bingung. dan mungkin hanya orang gila saja yang mampu mengerti isi otak dari si Max ini… itu kalo si Max ini benar2 punya otak…
September 19 at 2:12pm
++++

Welly Mainollo: Hari baru di kalender Yahudi = dimulai dari pukul 18.00.. satu jam saja dari suatu hari menurut kalender Yahudi sudah dihitung sebagai satu “Yom” / hari… contoh di masa kini, kalo anda check-in ke hotel jam 22.00, tetap saja anda harus bayar sisa hari yg 2 jam itu dengan harga penuh 1 hari… jadi jelas: Jumat Sore, Sabtu, dan Minggu pagi = 3 Yom! —> belajar dulu gih biar pinter 😦
September 19 at 2:14pm
++++

Maxavellar Chan:  Kasus itu terjadi di daerah yahudi/israel. Berarti hari yg dipake adalah hari yahudi, tgl jg tgl yahudi. Anda menggunakan penanggalan apa dlm menghitung hari masa penyaliban itu. Penanggalan Gregorian atau yahudi? Soalnya, dlm pananggalan yahudi, jumlah htgan hari dk beda dgn skrg ini. Tetap 24 jam. Cm jam awal penentuan malam sj yg berbeda dgn skrg. Sy sdh bincang2 dgn Benyamin Ketang, tokoh yahudi Indonesia. Ia katakan di israel sm sj tglnya dgn indonesia dan dunia. Dk beda, cm jam malam msk di sana mulai jam 18 hgg jam 06 pg. Sdgkan kita mulai jam 00 hingga 06 pg. Jd dlm jmlh hari, dlm sbln dsn sama sj. Nah, tlg anda jlskan anda pake Penanggalan Gregorian atau apa? Monggo…
September 19 at 2:31pm via
++++

Na Piga: ‎Maxavellar memang ngawur. Dia klaim puasa 30 hari. Kalo pake ukurannya 1 hari = 24 jam, maka apa benar dia berpuasa 30 hari x 24 jam = 720 jam? Bodok di piara. Ck.. ck.. ck.. Standar Yahudi 1 hari adalah mulai jam 18.00 hari berjalan sampe 18.00 berikutnya.
(1) Yesus mati hari jumat jam 15.00, sampe jam 18.00 terhitung hari ke-1.
(2) Jam 18.00 hari itu sampe 18.00 esoknya, hari ke-2
(3) Jam 18.00 hari ke-2 sampe 18.00 esoknya, hari ke-3. Yesus bangkit pada jam 05.00 hari ke-3.

Maxi, di mana-mana ente cuma pamer strawman fallacy krn ngotot dg pemahaman sendiri, tdk mau pake pemahaman sesuai standar yg berlaku. Kebodohan spt ini koq dipiara, yaaa?
September 19 at 3:11pm
++++

David Jhon Jhon: Penjelasan se-simple ini aja g ngerti. Gimana y, klo masuk dlm penjelasan yang dalam dng tingkat kesukaran yang tinggi…. bs pusing tujuh turunan. hihihi………
September 19 at 3:34pm
++++

Maxavellar Chan:  Krn itu standar penanggalan apa yg anda gunkan, knp tk jg anda mampu menjawabnya. Sy sdh katakan. Kl anda mengikuti penanggalan yahudi. Maka tak ada perbedaan pjg/pendek hari dalam yahudi. Semua sama sj. Hy beda anggapan pergantian wkt sj. Yahudi menetapkan perobahan tgl/hari dimulai pada jam 18. Sdgkan umumnya dunia memakai perobahan hari/tgl jam 00. Sy ulangi hitungan penyaliban yesus biar otak anda tidak sumpek bgn trs. Sekarang mari kita lihat, apakah ramalan itu tepat?

A. Yesus disalib hari Juma’at jam 12 siang. Yesus mati jam 3. Lalu Yesus dikubur pada Juma’at sebelum msk sabat, berarti 1 malam.

B. Hari Sabtu Yesus masih berada dlm kuburannya, berarti 1 malam 1 hari.

C. Hari Sabtu malam Yesus msh berada dlm kuburannya, berarti 1 hari 2 malam.

D. Pada minggu pagi sebelum matahari terbit, Maria Magdalena pergi melihat Yesus, dan ternyata Yesus tidak ada lg di kuburannya.

2 malam + 1 hari= 2 malam 1 hari. Kalaupun anda htg 1 jam sblm sabat itu msk satu hari, apakah sesuai dgn ramalan yesus? Bkankah jumlahnya 2 malam 2 hari. Ini yg hrs anda pahami.
Krn ini sy minta anda menggunakan penanggalan apa, kok bisa htg2an itu pas 3 hari 3 malam. Dodol gk itu….. Hehehehehehhe
September 19 at 4:17pm via
++++

Ama Bura: Ente tdk perlu pamer kebodohan disinii. ente sudah akui sendiri ini, ana kutip: “Kasus itu terjadi di daerah yahudi/israel. Berarti hari yg dipake adalah hari yahudi, tagl jg tgl yahudi.” namun mengapa menyebut-nyebut tanggalan gregorian yg dimulai pada tahun 1582? aya… yai… kembali ke laptop, seturut kalender ibrani, hari dimulai dari jam 18.00 dari Kejadian 1:5, “Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.” Jadi patokannya adalah petang. Kalendar Ibrani tidak mengenal satuan jam. dari sini, it logically follows tiap bagian dari suatu hari sudah dihitung sebagai satu hari penuh. sebagai bahan referensi, ente cek disini: http://en.wikipedia.org/wiki/Hebrew_calendar#Day. ttg Benyamin Ketang, tentu ente tidak mau bikin fallacy arguement from authority (hanya karena ente cap dia tokoh, maka dia pasti benar). silahkan kemukakan evidential argumen yang jelas untuk kami telaah kebenarannya, kalu tdk ente hanya bisa main klaim saja.
September 19 at 4:44pm
++++

Maxavellar Chan: Yg benar adalah 24 jam itu adalah 1 hari 1 malam. Ok, satu hari dalam penanggalan yahudi itu mulai jam 06 s/d jam 18. Anda hrs tau itu.

Ama Bura: kalu ente punya pehaman sendiri itu hak ente, tp kalu ente maksa dlm kalender yahudi hari dimulai jam 06 s/d 18.00, ini tampak konyol karena tdk sesuai dgn standar pemahaman yg ada. again, kalender yahudi mengikuti kisah penciptaan, kej 1:5, “Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.” jadi patokannya petang (18.00), bukan 06.00. itu buatan/klaim ente sendiri, aya.. yai…
September 19 at 5:05pm
++++

Maxavellar Chan: Ha ha ha ha ha ha ………… Acakadut skrg anda ini. kej 1:5, “Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam.” Cb anda jlskan kpd sy.. Kapan waktu malam/gelab yahudi itu …. ?
September 19 at 5:12pm via
++++

Ama Bura: ente ketahuan tdk jujur sebagai seorang debater, ente memenggal ayat tsb, ck… ck… ana kutip keseluruhan ayat kej 1:5 disini: Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.” jadi jelas patokannya petang 18.00… ente terus memaksa tp ente lupa dgn gaya ini ente tdk memenangkan argumen 😀
September 19 at 5:17pm
++++

Na Piga: ‎Maxavellar Chan tanggapanmu membingungkan. Berikut sy ulangi konfirmasi saya:

(1) Meski puasa 29 hari, tapi jumlah jam-nya tidak harus 24 jam x 29 hari = 696 jam. Setuju or tidak? Kalo tidak, alasannya?

(2) Meski saya dikirim pelatihan 1 hari (19/09/2011), tp jumlah jam-nya tdk harus 3 x 24 jam = 72 jam. Anda setuju atau tidak? Kalo tidak, alasannya?

(3) Yesus mati 3 hari, tp jumlah jam-nya tidak harus 3 x 24 jam = 72 jam. Anda setuju ato tidak? Kalo tidak, alasannya?

(4) Yesus mati hari Jumat, jam kematiannya tidak harus 1 hari x 24 jam = 24 jam. Anda setuju or not? Kalo tidak, alasannya?

(5) Yesus mati Jumat jam 15.00. Meski cuma 3 jam (15.00-18.00), tetap di hitung 1 hari. Anda setuju or not? Kalo tidak, alasannya?

(6) Hari ke-2 kematian Yesus dimulai dri Jumat jam 18.00 – Sabtu 18.00. Anda setuju or not? Kalo tidak, alasannya?

(7) Hari ke-3 kematian Yesus di mulai dari Sabtu jam 18.00 – Minggu 05.00. Anda setuju or not? Kalo tidak, alasannya?

(8) Dalam penanggalan Yahudi, 1 hari = jam 18.00 hari itu sampai jam 18.00 hari berikutnya. Dari sore hari itu sampai sore hari beikutnya. Sore –> malam –> pagi –> siang –> sore. Anda setuju or not? Kalo tidak, alasannya? Saya tunggu jawaban-mu!
September 19 at 5:23pm
++++

Maxavellar Chan: Saya ty anda bura. Waktu malam dlm yahudib itu terhitung kpn…..? Cb anda jlskan satu2 dl,

Ama Bura: sepertinya ente sudah kehilangan akal waras sehingga hal yg sepele pun (ada di depan mata) ente sudah tdk sanggup figure out on your own. silahkan renungkan dulu nanti kalu sudah benar2 tdk mampu baru bertanya lagi.
++++

Maxavellar: Hehehehehehehhee……. Anda kok panik kl sy ty itu.  Pernyataan anda, 1 hari dlm perhitungan yahudi adalah 1x 24 jam. Anda sd yg htg dari jam 18 ke 18 lg. Sy katakan, itu = 1 hari 1 malam/1 malam 1 hari. Standar apapun yg anda pake tetap itu hitungannya 1 malam 1 hari. Sy ty kpd anda kapan msknya malam dlm hituungan yahudi. Anda tk mampu jwb. Lalu menuduh sy kehabisan akal dgn bertanya sepele spt itu. Ingat kawan, yg sepele aja anda tk mampu, apalagi yg rumit. Sy mendesak anda spy anda mengerti dgn koment2 anda slm ini, kl tidak mau anda sy tuduh asalk copas/asbun. Sebab dalam Matius 12 dikatakan

Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam. Matius 12:40

Anda perhatikan dgn baik, gunakan mata dan otak anda secara rasional. Ada dikatakan 3 malam. Yg mana 3 Malam itu. Krn itu sy katakan kpd anda, anda tls asbun dlm topik ini, anda tak mau mengakui kakalahan anda, anda sdh tak mampu menjawab secara rasional. Anda makin berkelit sj. Skrg jlskan kpd sy, kapan waktu malam bg yahudi itu. Tak usah anda ngemeng2 lagi dgn berapologi kata2..
September 19 at 6:08pm via
++++

Ma Lobo: Hmmm.. kenapa diskusi one-on-one bisa berubah jadi rame begini?

(1) Topik bahasan mulai dengan pertanyaan Maxavellar Chan: tentang ketuhanan Yesus.

(2) Di tengah jalan Maxavellar pasang umpan ikan merah (Red Herring) ttg kontroversi hari kematian Yesus.

(3) Lalu semua peserta diskusi jadi macam anjing pelacak yg lupa tugas melacak “ketuhanan Yesus” dan beralih mengejar “ikan merah” yg dikeluarkan si Maxi. Ini benar2 Cilaka 13!

(4) MAXAVELLAR, sbg Admin, SAYA MINTA ANDA KEMBALI KE JALUR!! PASTIKAN BHW TOPIK KETUHANAN YESUS SUDAH TUNTAS, SEHINGGA ADA ALASAN UTK BERALIH KE MASALAH JUMLAH HARI KEMATIAN YESUS!!! JIKA TIDAK THREAD INI SAYA HAPUS!!
September 19 at 6:13pm
++++

Maxavellar Chan: Apakah sy ott? Bukankah sy mau pembuktian hujjah tmn anda… Hahahhahaa…. Anda sdh mulai dk normal lg neh…. Sdh kelihatan tmn anda ketar ketier anda mulai pasang kuda2 utk menghapus tread ini. Ingat, ini jg sy dokumentasikan. Jd jgn anda main2 spt itu dgn sy kawan. Tread ini akan sy krm k cmc nanti. Skrg kpd Bura, jwb sy pertanyaan sy td.
September 19 at 6:27pm via
++++

Ma Lobo: Maxavellar, ini peringatan ke-2 buat anda!!! SETELAH ADA BUKTI KUAT KAMU MENJADI INISIATOR PELANGGARAN ATURAN DI SINI, MAKA KAMU TINGGAL PILIH!!

(A) PATUH KEPADA PERMINTAAN SAYA SEBAGAI ADMIN
(B) MEMINTA ADMIN YANG PATUH KEPADA ANDA
(C) PILIHAN (B) MENYEBABKAN ANDA SAYA TENDANG DARI SINI

Silahkan memilih!!
September 19 at 6:34pm
++++

Maxavellar Chan:  Hai lobo…km kok makin tulalit sy lihat…. Km bisa bc gk debat kami ini… Skrg km pilih….km mau remove sy krn debat ini atau km bersihkan lapak segera sesuai janji km. Jgn smp sy tdk suka lg dgn tingkah km ini. Kl km takut tmn km tewas dan memalukan buat group ini, jgn tantangin sy debat. Dari awal sdh sy katakan, km juga sdh mengatakan, hy berdua sj di lapak ini. Nyatanya apa….km py mata gk….mata km ada gk, atau mata kamu picak. Apa yg ada dlm lapak ini… Jgn slhkan sy kl sy katakan km memelihara kedunguan…krn yg km lht sm sy sj. Tmn2 km nyampah dan mengg jls debat km diam2 sj. Jd sekali lg km ngmg spt ini, sy card debat ini dan sy umumkan k cmc bhw debat ini tidak fair.
September 19 at 6:39pm via
++++

Ma Lobo: Peringatan terakhir buat Maxavellar Chan!! SILAHKAN ENTE UMUMKAN KE SELURUH DUNIA. EMANG GUE PIKIRIN? Sekali lagi kamu tidak kembali ke topik awal, TERPAKSA SAYA TENDANG KAMU KELUAR DARI SINI!! Sdh ada byk org yg antri mau masuk ke sini. Kalo mau lanjut, silahkan jawab permintaan Tony Paulo di atas, tentunya dg kembali ke topik semula. Utk topik hari kematian Yesus, silahkan bikin THREAD baru. Saya tunggu respon kamu!!
September 19 at 6:43pm •
++++

Ama Bura: Maxavellar Chan, ente beking self proclaim bahwa ente pemenang debat, sesungguhnya tdk begitu. faktanya ente hanya beragumen in circle, ngotot dgn pemahaman mu sendiri. lagi, berilah referensi yg mendukung pemahaman konyol mu. kalu gaya ngotot adalah ukuran kemenangan buat ente, silahkan. i am not that low 😀
September 19 at 7:07pm
++++

Ama Bura: diskusi terakhir Maxavellar Chan ngotot dengan straw man nya. karena itu ana minta referensi yg mendukung pemahaman ente yg menolak kalender yahudi. kalu tdk ada, ana malas berdebat in circle. silahkan, ana tunggu…
September 19 at 6:55pm
++++

Na Piga: Maxavellar ke mana? Wah, kabur rupanya. Persoalannya si Maxi tll ngotot dg itung-itungan sendiri. Padahal simple saja. Maxi mempersoalkan hari pertama Yesus meninggal dan hari ke-3. Menurut beta bagini:

(1) Hari Jumat jam 15.00 Yesus meninggal. Karena belum melewati jam 18.00, maka jelaslah Yesus meninggal di hari Jumat. Inilah hari ke-1 meninggalnya Yesus.

(2) Hari ke-2 berlangsung dari Jumat jam 18.00 sampai Sabtu jam 18.00. Di sini tidak ada masalah.

(3) Hari ke-2 berakhir pada jam 18.00 hari Sabtu. Krn itu, lewat dari jam 18.00, sudah masuk hari ke-3. Sudah hari minggu, kan?

Sebelum ini, Chan sdh sepakat bhw 3 hari tdk harus 3 hari x 24 jam = 72 jam. Jadi, ukurannya di sini mmg bukan jam, tp hari. Orang seperti Maxi mmg tida punya rasa malu utk melakukan reductio ad absurdum fallacy utk utak-atik jumlah jam demi tercapai tujuan siasatnya, MENYANGKALI JUMLAH HARI KEMATIAN YESUS = 3 hari. Parah beneerr…
September 19 at 9:56pm
++++

Ama Bura: Singkat saja! Frasa “3 hari 3 malam” dalam bahasa Ibrani kuno bermakna figuratif, merujuk pada bagian (“any part”) daripada 3 hari 3 malam tersebut.

Pertama, frasa “siang dan malam” (day and night) tidak melulu bermakna 1 hari, 24 jam, penuh. Pada bagian lain dalam Alkitab, frasa ini tidak bermakna seperti itu. Lihat  Mazmur 1:2, “… yang kesukaannya ialah Taurat Tuhan, dan yang merenungkannya Taurat itu siang dan malam.” Ini tidak berarti seseorang membaca Taurat 24 jam penuh tetapi hanya bagian dari siang dan malam saja.

Kedua, Lihat Ester 4:16 dimana orang Yahudi diminta untuk berpuasa “tiga hari tiga malam.” Apakah bermakna 72 jam (i.e., 3 X 24 jam)? Tidaklah demikian karena pada waktu mereka mulai berpuasa dan waktu Ester menghadap Raja, pasal 5:1 katakan Ester menghadap Raja “pada hari ke tiga.” Katakan mereka mulai berpuasa pada hari Jumat, maka hari ke tiga adalah Minggu. Artinya apa? Artinya “tiga hari tiga malam” adalah “any part” (hanya bagian) daripada tiga hari tiga malam tersebut. Kalaulah yg dimaksud adalah berpuasa 72 jam penuh, maka pasal 5:1 akan berbunyi sepert ini, “Setelah 3 hari 3 malam, Ester…” menghadap Raja.

Ketiga, Yesus sendiri menggunakan frasa “pada hari ke tiga” merujuk waktu dia bangkit (Lihat Matius 16:21; 17:23; 20:19; 26:61). “Pada hari ketiga” tidaklah mungkin berarti sama dengan “setelah tiga hari” yang bermakna 72 jam. “Pada hari ke tiga” berarti bagian dari 3 hari 3 malam tersebut.

Ketiga solusi di atas membuktikan bahwa Maxavellar menyerang “orang-orangan jerami” aka Straw Man. Lucunya lagi dia juga berargumen dengan otoritas (“appeal to authority”) dan berputar (“circular”). Maxavellar katakan: “Frasa 3 hari 3 malam bermakna 72 jam karena Benyamin Lantang, tokoh Yahudi Indonesia, bilang begitu.”
++++

Admin Grup CENTER for LOGICAL DEFENSE of CHRISTIANITY – CLDC:

(1) Ratu Kolo Moto Ama Lobo
(2) Jenderal Ma Kuru PB
(3) Jendral (Pol) Ma Kolo
(4) Laksamana Ama Bura
(5) Komodore Ma Mone
(6) Komodore Deky Hidnas Yan Nggadas

Bengcu Menggugat:

Kerabatku sekalian, walaupun LUCU namun perilaku kambing-kambing BANDOT CENTER for LOGICAL DEFENSE of CHRISTIANITY – CLDC di atas benar-benar MENGENASKAN, bukan? Harus diakui hai hai sudah 40 tahun malang melintang di dunia persilatan untuk berdebat tentang ajaran Alkitab namun belum pernah melihat BANDOT-BANDOT Kristen yang demikian DEGIL pikirannya dan BEBAL perangainya serta LICIK seperti BANDOT-BANDOT CLDC di atas. Oh Tuhan ampunilah mereka karena mereka TOLOL sekali! Mau dibawa kemana IMAN generasi ini bila BANDOT-BANDOT Kristen demikian mengagul-agulkan KETOLOLANNYA dengan takabur?

Anda lihat bagaimana bandot-bandot TOLOL itu main pat pat gulipat, elu ngotot maka gua lipat menghadapi Maxavellar Chan? Inilah tuduhan kepada Maxavellar Chan:

1. false assumption 1 hari = 24 jam
2. tak mengerti apapun
3. hanya klaim saja
4. tidak mencari tahu
5. menghakimi
6. pake standar yang tida jelas
7. tidak punya otak
8. hanya bisa dimengerti oleh orang gila
9. tidak belajar
10. Bodok (bodoh) di piara
11. pamer strawman fallacy
12. ngotot dg pemahaman sendiri
13. tdk mau pake pemahaman sesuai standar yg berlaku
14. pamer kebodohan
15. punya pehaman sendiri
16. tdk jujur
17. memaksa
18. kehilangan akal waras
19.tdk sanggup figure out on your own
20. pasang umpan ikan merah (Red Herring)
21. self proclaim
22. beragumen in circle
23. ngotot
24. menolak kalender yahudi
25. tida punya rasa malu
26. reductio ad absurdum fallacy
27. menyerang orang-orangan jerami aka Straw Man
28. berargumen dengan otoritas (appeal to authority)
29. katakan: 3 hari 3 malam bermakna 72 jam
30. KELUAR JALUR
31. INISIATOR PELANGGARAN ATURAN
32. TIDAK PATUH KEPADA ADMIN
33. MEMINTA ADMIN YANG PATUH

Apakah Maxavellar Chan  melakukan semau kesalahan yang dituduhkan? TIDAK! Kambing-kambing bandot itulah yang melakukan hal demikian. Ratu Kolo Moto Ama Lobo datang menolong dengan TAKABUR. Di pun bertindak dalam nama Yesus Demi kemuliaan Allah. Aneh Bin ajaib! Kambing-kambing bandot itu pun lalu mengagul-agulkan diri telah menjalankan tugas suci BERAPOLOGETIKA dan kembali berhasil MENGHARAMKAN sesat NALAR.  Ha ha ha ha ha ha ha ….. Padahal tidak perlu menjadi GENIUS untuk melihat betapa TOLOL dan BEBAL serta BIADABNYA mereka. Benar-benar TUNA SUSILA!

Maka Ester menyuruh menyampaikan jawab ini kepada Mordekhai: “Pergilah, kumpulkanlah semua orang Yahudi yang terdapat di Susan dan berpuasalah  untuk aku; janganlah makan dan janganlah minum tiga hari lamanya, baik waktu malam, baik waktu siang. Aku serta dayang-dayangkupun akan berpuasa demikian, dan kemudian aku akan masuk menghadap raja, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati.” Ester 4:15-16

Pada hari yang ketiga Ester mengenakan pakaian ratu, lalu berdirilah ia di pelataran dalam istana raja, tepat di depan istana raja. Raja bersemayam di atas takhta kerajaan di dalam istana, berhadapan dengan pintu istana itu. Ester 5:1

Handai taulan sekalian, setahu saya, Pdt. Budi Asali Mdiv adalah salah satu kambing BANDOT yang paling getol menggunakan kisah Ester untuk mengajarkan bahwa 3 hari 3 malam artinya hari ke 3. Budi Asasli punya murid namanya Esra Alfred Soru. Kambing-kambing bandot CLDC adalah murid-murid dan teman Esra Alfred Soru. Itu sebabnya saya sering berkata, Budi Asali berjanggut namun tidak berjubah, mustahil mustahil murid-muridnya BERAPOLOGETIKA dengan dengan LOGIKA. Ha ha ha ha ha … Guru main tanduk murid-murid pun nyeruduk. Ha ha ha ha ha ….

Untuk membaca blog-blog tentang Kristologi yang lain, silahkan klik di SINI.

Tidak ada satu kalimat atau kata dalam ayat-ayat tersebut di atas yang mengajarkan bahwa 3 hari 3 malam artinya hari ke 3. Ester menghimbau: Puasa 3 hari. Puasa siang dan malam. Hari ke 1 Ester menghimbau dan mulai puasa. Hari ke 2, keesokannya. Hari ke 3, lusa. Lusa alias hari ke 3 adalah hari Ester menghadap raja. Hari ke 3 adalah hari terakhir puasa. Ketika Ester menghadap raja, saat itu bangsa Yahudi sedang menjalankan puasa hari terakhirnya. Setelah Ester menghadap raja, tidak perlu puasa lagi. Berapa hari bangsa Yahudi puasa? 3 hari. Berapa malam bangsa Yahudi puasa? 2 Malam. Bila demikian, dari mana Pdt. Budi Asali Mdiv mendapatkan pengajaran 3 hari 3 malam artinya hari ke 3? Dari hongkong kali ……!?

129 thoughts on “Yesus Mati Hari Jumat dan Bangkit Hari Minggu

  1. Kesalahan orang kristen adalah tidak bisa menerima nabi baru (Muhammad).. dia terlalau mencintai nabi terdahulu, sedang nabi terdahulu… pernah bersabda, bahwa nanti akan ada pengganti aku..( nabi Muhammad)
    Kesalahan orang kristen, menganggap nabi isa ( tuhan Yesus).. padahal itu manusia biasa, yg diberikan kelebihan atau mijijat dari Allah bisa menghidupkan orang mati/ menyembuhkan orang sakit…. itu bukan tuhan tapi muzizat dari Allah.
    Masalah melahirkan ada Bapak atau tanpa Bapak… itu urusan Allah,. tetap aja Nabi isa adalah Nabi..
    Kata orang kristen manusia terlalu kotor jadi tidak bisa langsung berdo’a ke Allah….
    Kalo di Islam kita diharuskan salawat… kepada Baginda Nabi Muhammad SAW…. agar d’oa kita dapat dibantu /melalui nabi Muhammad, tapi nabi Muhammad Bukan Tuhan..
    Masa klo kita berdo’a melalui nabi isa dibilang nabi isa anak tuhan,…. apa tuhan bentuknya sama sama nabi isa
    klo manusia punya anak anaknya manusia, kambing punya anak anaknya kambing…
    apa orang kristen itu yakin Allah sama bentuknya. sama Manusia atau Isa…Allah di islam tuh bentuknya Zat …. zat yang maha mulia
    klo di kristen bentuknya apa….. manusia..atau. apa
    Nabi isa waktu kecil dia bingung kenapa yang lain punya Bapak dan Ibu… dia sendiri hanya punya Ibu
    Maria Magdalena menjawab…. Bapakmu adalah Allah……maksudnya bukan Bapak Beneran,,,,
    Contohnya… Harta yang kita punya milik siapa yah milik Allah….. anak yang kita punya milik siapa …ya milik Allah.
    Begitu juga sama kalimat yang dikelurkan oleh Ibu Maria….. maksudnya bukan Bapak beneran…..juadi jangan disamakan dengan TUHAN…….. Nabi isa tetap Nabi….
    Jadi jangan terpancing sama kalimat…. anak Tuhan…… semua kita ini punya Allah…..
    Saya CINTA SAMA NABI ISA karena itu nabi Allah
    Saya CINTA SAMA NABI MUHAMMAD karena nabi Allah.
    Mereka Bukan Tuhan….. saya sangat menanggungkan nabi Muhammad sebagai manusia bukan Tuhan.

    … .

  2. @lely@mitradinamis.com, ketika menulis ajaran Kristen, saya menggunakan Alkitab sebagai SUMBER pustaka dan sTANDARD kebenaran. Bila anda hendak diskusi ajaran Kristen dengan hai hai maka tidak ada pilihan lain selain menggunakan Alkitab sebagai STANDARD kebenarannya.

  3. Oi org sotoy,,doa bapa kami punya org katholik bkn punya kristen,tlg sbelum ngmg pikir dlu ya..jgn terlalu bodoh..dan semua pertanyaan lo itu tolol..dan 1 lagi ya kuasa tuhan ga bisa lo cari jawabnny mau lo suru einstein pun pikir jg ga akan dpt jawabnny..otak siapapun jg ga akan bisa tau apa yg dulu pernah trjadi..jadi udah ga usah tanya” pertanyaan lo yg bodoh itu ke sesama manusia..manusia jawab cm kira” doang..WTF ?

  4. Jadi menurut lo ? Org islam itu bener gitu ? Nabi itu manusia kan ? Jadi selama ini lo nyembah manusia ? Ngemeng aja lo,,di pake ngatain org kristen salah,TAU APA LO ? Skrg gw tanya sama lo isak sama muhhamad lo blg manusia kan ? Trus knp ga ada bentukny ??????? Ada ga gambaran orgny gmn ?

  5. Saya malah baru tau kalao isak sama muhhamad ga ada bentuk ….tetapi banyak yang percaya

  6. maaf om hai, nanya sedikit ya..tapi sedikit out of topic
    24 tua tua dalam kitab wahyu ;
    – 12 tua tua PL yang ditetapkan oleh YHWH dari 12 suku israel = 12 anak yakub
    – 12 tua tua PB yang ditetapkn oleh Yesus = 12 rasul (12 murid Yesus,salah satunya rasul yohanes tentunya yang di undang ke sorga)

    paulus bersaksi bahwa 14 tahun sebelumnya ia diberi penglihatan tentang seorang kristen yang diangkat tiba tiba ( harpazo) ke tingkat yang ketiga dari sorga.
    penglihatan paulus adalah tentang yohanes dalam kitab wahyu.

    ”pada hari Tuhan aku dikuasai oleh Roh dan aku mendengar dari belakangku suatu suara yang nyaring, seperti bunyi sangkakala.( wahyu 1; 10)
    – roh yohanes diangkat ke sorga

    ”dan disekeliling takhta itu ada 24 takhta, dan di takhta takhta itu duduk 24 tua tua, yang memakai pakaian putih dan mahkota emas dikepala mereka. ( wahyu 4;4).

    kok saya jadi sedikit bingung ya,,
    Yohannes diundang ke sorga, dan dia pergi didalam roh.Di sorga yohanes melihat 24 tua tua.
    kok bisa ya salah satu diantara 24 tua tua itu adalah dirinya,

    dalam kitab wahyu tidak dijelaskan apakah Yohanes mengetahui atau tidak bahwa salah satu dari antara 24 tua tua itu adalah dirinya.

    om hai, gimana ceritanya kok roh yohanes ada 2
    – kitab wahyu bukanlah lanjutan dari 65 kitab sebelumnya namun penyingkapan atau buka tuntas ditinjau dari sudut pandang sorga.

  7. permisi om numpang tnx
    minta maaf klau salah bertanya,,
    berdasarkan pnjlsan om klau hati bumi =yerusalem,,dan yesus masuk yerusalem hari kamis,,
    kemudian ada bagian alkitab yg tulis klau yesus dibawah keluar dari yerusalem untuk disalib di golgota bagaimana pndpt om tntng ini,,???????//

  8. permisi om numpang tnx
    minta maaf klau salah bertanya,,
    berdasarkan pnjlsan om klau hati bumi =yerusalem,,dan yesus masuk yerusalem hari kamis,,
    kemudian ada bagian alkitab yg tulis klau yesus dibawah keluar dari yerusalem untuk disalib di golgota bagaimana pndpt om tntng ini,,???????//bukankah yesus sdh keluar dari yerusalem?????

  9. Ketika mereka berjalan ke luar kota, mereka berjumpa dengan seorang dari Kirene yang bernama Simon. Orang itu mereka paksa untuk memikul salib Yesus. Matius 27:32

    Ketika ke luar kota, mereka berjumpa dengan seorang dari Kirene yang bernama Simon. Orang itu mereka paksa untuk memikul salib Yesus. Matius 27:32 – Terjemahan lebih baik

    Maka sampailah mereka di suatu tempat yang bernama Golgota, artinya: Tempat Tengkorak. Matius 27:33

    Kisanak, nampaknya bagian Alkitab yang anda maksudkan adalah Matius 27:32 bukan? Frasa “Ketika mereka berjalan ke luar kota” dalam ayat tersebut diterjemahkan dari kata Yunani Exerchomenoi yang kata dasarnya adalah exerchomai yang artinya KELUAR. Mereka KELUAR dari gedung Pontius Pilatus ke Bukit Tengkorak. Bukit Tengkorak alias Golgota itu ada di luar kota Yerusalem atau di dalam kota Yerusalem?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.