Walaupun Rajin Mengajar Di Bait Allah Namun Tuhan Yesus Tidak Pernah Masuk Ke Bait Suci


Kenapa walaupun rajin mengajar di Bait Allah namun Tuhan Yesus tidak pernah masuk ke Bait Suci? Saya tidak tahu. Keempat Injil mencatatnya, bahwa seumur hidup-Nya Tuhan Yesus tidak pernah masuk ke Bait Suci apalagi beribadah.

Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) menerjemahkan kata Yunani NAOS menjadi Bait Suci dan kata HIERON menjadi Bait Allah. New English Translation Bible (NET Bible) menerjemahkan HIERON menjadi temple courts sementara Holman Christian Standard Bible (HCSB) menerjemahkannya menjadi temple complex. Keduanya sama-sama menerjemahkan kata NAOS menjadi temple. NAOS (Bait Suci – temple) bukan sinonim dari HIERON (Bait Allah – temple complex).

NAOS (Bait Suci – temple) adalah rumah ibadah bangsa Yahudi. Hanya orang Yahudi yang boleh MASUK dan beribadah di dalamnya. Orang NON Yahudi alias KAFIR tidak boleh memasukinya apalagi beribadah di sana karena mereka NAJIS. Jangankan memasukinya MENYENTUH pagar NAOS (Bait Suci – temple) saja mendatangkan NAJIS. Itu sebabnya mereka yang melanggar KESUCIAN bait suci (naos) pasti dibawa ke bukit lalu dirajam sampai mati oleh bangsa Yahudi.

HIERON (Bait Allah – temple complex) didirikan oleh raja Herodes. HIERON (Bait Allah) adalah kumpulan bangunan-bangunan di LUAR naos (Bait Suci – temple). Orang Yahudi tidak beribadah di HIERON karena mereka beribadah di NAOS (Bait Suci – temple) atau di Sinagoge (sunagoge).

Maka menetaplah Esau di pegunungan Seir; Esau itulah Edom. Inilah keturunan Esau, bapa orang Edom, di pegunungan Seir. Kejadian 36:8-9

Walaupun keturunan Abraham namun Herodes bukan orang Yahudi, bukan keturunan Yakub, bukan keturunan Israel, itu sebabnya dia mustahil beribadah di Sinagoge apalagi di NAOS (Bait Suci – temple). Herodes adalah orang EDOM, dia keturunan Esau.

Itu sebabnya, walaupun belum pernah membaca literaturnya dan mendengar kotbahnya di gereja, namun sekarang kita bisa menarik kesimpulan bahwa Tujuan Herodes membiayai pembangunan BAIT SUCI (Naos – temple) yaitu Bait Salomo adalah untuk menyenangkan bangsa Yahudi.

Dan tujuannya membangun BAIT ALLAH (Hieron – temple complex) adalah untuk menyenangkan bangsa-bangsa NON Yahudi yang tinggal di Israel (misal: Edom) yang meskipun disunat dan menjalankan hukum Taurat namun ditolak dan dianggap kafir oleh orang Yahudi asli.

Apakah Yesus orang Yahudi asli? Keempat Injil mencatatnya, itu sebabnya siapa saja bisa menguji kebenaran catatannya apa adanya saja.

Link Alkitab Sabda si bawah ini menunjukkan ayat-ayat Perjanjian Baru tentang NAOS (Bait Suci). Yesus tidak pernah ke NAOS (Bait Suci) apalagi beribadah di sana.

Link di bawah ini menunjukkan ayat-ayat Perjanjian Baru tentang HIERON (Bait Allah).

20 thoughts on “Walaupun Rajin Mengajar Di Bait Allah Namun Tuhan Yesus Tidak Pernah Masuk Ke Bait Suci

  1. Mohon maaf kadang saya mengatakan kue sus saat yang lain² bilang yesus

  2. Nggak papa. Kitab Musa sendiri mengajarkan bahwa MANUSIA berkuasa untuk memberi NAMA. Bangsa Tiongkok kuno mengajarkan bahwa masyarakat BERKUASA memberi NAMA alias GELAR. Itu sebabnya, ketika diberi gelAR, AKHIRNYA saya menerimanya dengan senang hati.

  3. Allah hanya memikirkan bangsa Israel. Saya curiga bangsa lain bukan ciptaan Allah. Namun diciptakan sosok yang tidak diketahui dan tidak dikenal

  4. Allah perjanjian lama adalah tuhan ciptaan orang israel, bosque. Banyak kitab mereka ditulis puluhan tahun sampai ratusan tahun setelah kejadian tsb. Sebagai contoh kisah daud dan salomo yang sekitar tahun 1000 sm – 900 sm ditulis tahun 600 sm. Lalu dari sumber apa mereka bisa menulis? Bisa jadi mereka menggunakan kitab sejarah lalu dibumbui supaya dashyat.

  5. Kitab Musa mencatat bahwa Allah menciptakan setu ORANG yang lalu DIBELAH menjadi dua. Dua orang itu lalu NGEWE maka bernak pinaklah. Alllah pencipta itu disebut Allah Yang Maha Tinggi.

    Pada Jaman Musa, muncullah MAKLUK yang mengaku dirinya Allah Yang Maha Kuasa. Allah Yang Maha TInggi itu mengaku namanya YHWH. Allah Kampret itu lalu MENGAKU bahwa dia hanya menyayangi Israel dan menyuruh bangsa Israel untuk MEMUSNAHKAN semua bangsa yang lain.

    Itu sebabnya, Allah yang mengaku maha kuasa itu saya sebut Allah kampret. Buktinya dia nggak maha kuasa sama sekali. Ketika DICUEKIN allah kampret itu DIAM saja. Ketika orang yagn MENGAKU dirinya NABI Allah kampret pentang bacot, doa dicuekin tuh. ha ha ha ha

  6. Maaf bro, dalam tulisan-tulisan saya, saya menjadikan alkitab sebagai sumber pustaka dan standar kebenaran, makanya hanya itu, gak pakai kitab kitab lain.

  7. orang yg paling fanatik nganut keyakinan adalah orang yg faham teologi setengah2,sains setengah2, sedangkan mereka yg mahir kedua2nya lebih cenderung agnostik bahkan atheis, hai hai 11 tahun silam masih getol bela alkitab, makin kesini makin banyak mengkritisi, thn 2012 hai hai getol menerima teori manusia awal adan hawa dan berdebat dg tokoh yg mengatakan homo sapiens(adam) muncul di afrika

  8. Karena sudah jelas yesus adalah non yahudi walau disunat dari usia 8 hari.

  9. Bait suci hanya untuk kaum iman sedangkan yesus adalah imam²an. Wkwk.

  10. Karna sesungguhnya ajaran Tuhan Yesus itu gereja adalah orang2nya,.bukan gedungnya,. jadi pantas saja dia tidak mau masuk ke dalam gereja , lebih memilih di luar, karna di luar saja toh sudah ada orang2 yg mau mendengarkan ajaranNya lah buat apa masuk dalam?, makanya saya jadi tidak mengerti ada gereja yang dibangun gedungnya segede2 hall macem gerejanya Pdt DR Stephen Tong,.apa maksudnya coba? apakah ingin pembuktian duniawi kalo dia sakti dan tebal dompet? ada jg GBI nginden udah seperti lapangan bola,.saya ga paham gitu knapa klo duitnya ada knapa ga banyakin aja gedungnya di mana2 jadi lebih bisa menjangkau banyak org,.kan misinya menjangkau bangsa2 katanya,.drpd dia bangun 1 macem lapangan bola, itu mgkn bisa jadi 20 gedung biasa ga perlu mewah di 20 tempat berbeda, yg lebih aneh lagi adalah cerita di balik gereja mewah tsb bisa dibangun, selalu aneh2 ceritanya,.tiba2 bisa ada yg nyumbang lah,.tiba2 ada jemaat dari luar kota yg melunasi semuanya katanya, ini kan aneh,.dan harusnya malu tuh gereja kok dibangun dari org yg bukan jemaatnya,.kan dari luar kota,.bahkan mgkn hanya sekali itu saja dia dtg beribadah,.saya ga percaya cerita seperti itu,.seolah2 mujizat itu semudah membuat es cendol,.tapi klo pun betul itu terjadi ya harusnya gereja tsb malu,.belum lagi klo uang donasinya itu hasil cuci uang kejahatan dll,.memangnya dng didoakan bisa langsung menyucikan itu uangnya? klo semudah itu besok saya nyolong trus saya doa sucikan uang hasil nyolong saya aja dan seterusnya begitu, aman, salam edan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.