Walaupun Rajin Mengajar Di Bait Allah Namun Tuhan Yesus Tidak Pernah Masuk Ke Bait Suci


Kenapa walaupun rajin mengajar di Bait Allah namun Tuhan Yesus tidak pernah masuk ke Bait Suci? Saya tidak tahu. Keempat Injil mencatatnya, bahwa seumur hidup-Nya Tuhan Yesus tidak pernah masuk ke Bait Suci apalagi beribadah.

Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) menerjemahkan kata Yunani NAOS menjadi Bait Suci dan kata HIERON menjadi Bait Allah. New English Translation Bible (NET Bible) menerjemahkan HIERON menjadi temple courts sementara Holman Christian Standard Bible (HCSB) menerjemahkannya menjadi temple complex. Keduanya sama-sama menerjemahkan kata NAOS menjadi temple. NAOS (Bait Suci – temple) bukan sinonim dari HIERON (Bait Allah – temple complex).

NAOS (Bait Suci – temple) adalah rumah ibadah bangsa Yahudi. Hanya orang Yahudi yang boleh MASUK dan beribadah di dalamnya. Orang NON Yahudi alias KAFIR tidak boleh memasukinya apalagi beribadah di sana karena mereka NAJIS. Jangankan memasukinya MENYENTUH pagar NAOS (Bait Suci – temple) saja mendatangkan NAJIS. Itu sebabnya mereka yang melanggar KESUCIAN bait suci (naos) pasti dibawa ke bukit lalu dirajam sampai mati oleh bangsa Yahudi.

HIERON (Bait Allah – temple complex) didirikan oleh raja Herodes. HIERON (Bait Allah) adalah kumpulan bangunan-bangunan di LUAR naos (Bait Suci – temple). Orang Yahudi tidak beribadah di HIERON karena mereka beribadah di NAOS (Bait Suci – temple) atau di Sinagoge (sunagoge).

Maka menetaplah Esau di pegunungan Seir; Esau itulah Edom. Inilah keturunan Esau, bapa orang Edom, di pegunungan Seir. Kejadian 36:8-9

Walaupun keturunan Abraham namun Herodes bukan orang Yahudi, bukan keturunan Yakub, bukan keturunan Israel, itu sebabnya dia mustahil beribadah di Sinagoge apalagi di NAOS (Bait Suci – temple). Herodes adalah orang EDOM, dia keturunan Esau.

Itu sebabnya, walaupun belum pernah membaca literaturnya dan mendengar kotbahnya di gereja, namun sekarang kita bisa menarik kesimpulan bahwa Tujuan Herodes membiayai pembangunan BAIT SUCI (Naos – temple) yaitu Bait Salomo adalah untuk menyenangkan bangsa Yahudi.

Dan tujuannya membangun BAIT ALLAH (Hieron – temple complex) adalah untuk menyenangkan bangsa-bangsa NON Yahudi yang tinggal di Israel (misal: Edom) yang meskipun disunat dan menjalankan hukum Taurat namun ditolak dan dianggap kafir oleh orang Yahudi asli.

Apakah Yesus orang Yahudi asli? Keempat Injil mencatatnya, itu sebabnya siapa saja bisa menguji kebenaran catatannya apa adanya saja.

Link Alkitab Sabda si bawah ini menunjukkan ayat-ayat Perjanjian Baru tentang NAOS (Bait Suci). Yesus tidak pernah ke NAOS (Bait Suci) apalagi beribadah di sana.

Link di bawah ini menunjukkan ayat-ayat Perjanjian Baru tentang HIERON (Bait Allah).

20 thoughts on “Walaupun Rajin Mengajar Di Bait Allah Namun Tuhan Yesus Tidak Pernah Masuk Ke Bait Suci

  1. Yesus itu dari suku yehuda. Kok bisa mengajar di bait allah? Bukankah cuma suku lewi yang bisa jadi imam. Apalagi yesus masuk bait suci? Cuma imam pilihan yang bisa masuk bait suci kan? Saat yesus mati tabir bait suci terbelah 2 entah dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas. Saat masih bernama kemah suci memang masih ada tabir yang menutupi ruang maha kudus. Tapi saat sudah menjadi bait, ayat yang menjelaskan pembuatan bait allah oleh salomo tidak disebutkan ada tabir. Walau setelah itu bait allah dihancurkan dan dibangun lagi, rasa²nya tidak mungkin ada tabir bait suci.

  2. iya tidak pernah masuk bait allah krn kuncinya selalu dibawa-bawa sama paus.
    gmana mau masuk kalau ga asa kunci ?

  3. He anonymous, ini bahasa bener2 sederhana dan tersusun, sama sekali gak abstrak atau random..kalo anda gak ngerti ya sudah.


    sapa yg katakan abstrak dan random ?
    coba dibaca lagi yang jelas !!!

  4. Paulus dari sukua Benyamin. Dia belajar teologia dari Rabi Gamaliel. Kalau tuhan Yesus mau belajar, dia bisa belajar kepda rabi gamaliel juga. Untuk menjadi IMAM memang harus keturunan Harun. Keturunan Lewi hanya bisa menjadi PEKERJA di bait Allah.

  5. Yang selalu dibawa-bawa petrus itu kunci sorga, bukan pait suci bro. Dan lagi, tidak perlu pakai kunci kalau anda mau masuk ke sorga, KETOK saja maka pintunya akan dibukakan.

  6. Lebih hebat rumah tetangga saya dong,
    cukup teriak nama pembantunya

  7. loh…rumah tetangga anda itu rumah petak,..jarak dari pintu pagar ke kamar pembantuny saja mgkn hanya 10meter,.ya jelas cukup teriak dari luar pagar sudah sanggup membangunkan pembokatnya sekalipun dia sedang ngorok,.klo di sorga jarak dari pintu pagar emas ke pos satpam depannya saja sudah 200.000hasta,.itu pun satpamnya klo dengar , klo dia sedang asyik nonton youtube sudah pasti lo mau teriak sampe kerongkongan lo keluar amandelnya pun ga akan dengar tuh satpam, apalagi mau teriak panggil Bapa,.biarpun Bapa suka nongkrong minum kopi di lobi tapi jarak dari lobi tsb ke pintu pagar emas adalah 2000.000hasta, bayangkan coba gmn bisa anda teriak dari pintu pagarnya? apa anda mau belajar screaming rock dl sama vocalistnya limp bizkit supaya bisa teriak didengar Bapa?
    salam edan

  8. Bait sucinya mungkin rusak. Yesus takut disuruh memperbaiki pakai mukjizat omongan.
    —————————————-
    klo bait sucinya rusak justru kebetulan , Yesus akan bergegas pulang ke rumah mencari ayahNya Yusuf karna ini job gede buat ayahNya sebagai tukang kayu , kan pada jaman tsb, bait suci itu pasti konstruksinya 90% pakai kayu, klo pakai mujizat omongan tidak mgkn jg karna berarti Yesus sudah menutup pintu rejeki ayahNya sendiri

    klo menurut pandangan saya, masih sama , kenapa Yesus mengajar di luar bait suci? karna Yesus punya moto “kalau bisa dikerjakan di luar, kenapa harus masuk ke dalam” begitu jg ketika Yesus dibaptis, kan dl luar ya,.outdoor, disalib jg di luar,.tidak di stadium indoor,.dikuburkan pun , jazadnya tidak masuk ke dalam tanah,.ditaruh di luar
    salam edan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.