Yesus Menyembuhkan Orang Kusta


Terima Kasih Guru”: Renungan, Rabu 14 November 2018 | Renungan Harian  Lentera Jiwa

Kau sebut dirimu SAKSI namun menuduhku SESAT bahkan penista agama? Padahal yang kita lakukan sama, menceritakan kisah Yesus menyembuhkan orang kusta. Apa jawabmu saat ditanya, “Apakah itu kisah nyata atau HOAX?”

Dengan jiwa besar, anda memberi pertanggungan jawab kepadanya dengan lemah lembut dan hormat? Atau anda menghalalkan segala cara, melccehkan dan menghinanya untuk memuaskan kemarahan dan dendammu? Bahkan menuduhnya menghina Alkitab dan menista agama Kristen? Ha ha ha ….

Melalui tulisan ini, suhu hai hai bengcu yang arief chrisdiyanto itu hanya MEMBABARKAN kisah Yesus menyembuhkan orang kusta yang tercatat di dalam Markus 1:40-45. Membabarkan artinya memaparkan alias menguraikan. Tujuannya untuk memberi pertanggungan jawab atasnya dengan lemah lembut dan hormat.

Yesus Menyembuhkan Orang Kusta Di Kitab Markus

Seorang yang sakit kusta DATANG kepada Yesus, dan sambil berlutut di hadapan-Nya ia memohon bantuan-Nya, katanya: “Kalau Engkau mau, Engkau dapat mentahirkan aku.” Markus 1:40

Maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata kepadanya: “Aku mau, jadilah engkau tahir.” Markus 1:41

Seketika itu juga lenyaplah penyakit kusta orang itu, dan ia menjadi tahir. Markus 1:42

Segera Ia menyuruh orang itu pergi dengan peringatan keras: Markus 1:43

“Ingatlah, janganlah engkau memberitahukan apa-apa tentang hal ini kepada siapapun, tetapi pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah untuk pentahiranmu persembahan, yang diperintahkan oleh Musa, sebagai bukti bagi mereka.” Markus 1:44

Tetapi orang itu pergi memberitakan peristiwa itu dan menyebarkannya kemana-mana, sehingga Yesus tidak dapat lagi terang-terangan masuk ke dalam kota. Ia tinggal di luar di tempat-tempat yang sepi; namun orang terus juga datang kepada-Nya dari segala penjuru. Markus 1:45

PEMBABARAN

Pada jaman Yesus, KUSTA bukan hal baru di Israel karena sekitar 1700 tahun sebelumnya, dalam Imamat 13:1-59 Musa sudah mencatat hukum tentang KUSTA dan di Imamat 14:1-57 tentang PENTAHIRAN kusta.

Kisah Yesus Menyembuhkan Orang Kusta itu dimulai dengan pernyataan, “Seorang yang sakit kusta DATANG kepada Yesus.” Pernyataan tersebut adalah BUKTI bahwa kisah tersebut adalah HOAX alias mustahil kisah nyata. Kenapa demikian?

Karena tercatat dalam Bilangan 5:1-4, TUHAN (YHWH) berfirman kepada Musa, supaya semua yang sakit KUSTA meninggalkan tempat perkemahan; baik laki-laki maupun perempuan haruslah pergi; keluar dari perkemahan supaya mereka jangan menajiskan perkemahan di mana Aku diam di tengah-tengah mereka. Seperti yang difirmankan TUHAN kepada Musa, demikianlah diperbuat orang Israel.

Orang yang sakit kusta harus berpakaian yang cabik-cabik, rambutnya terurai dan lagi ia harus menutupi mukanya sambil berseru-seru: Najis! Najis! Selama ia kena penyakit itu, ia tetap najis; memang ia najis; ia harus tinggal TERASING, di luar perkemahan itulah tempat kediamannya. Imamat 13:45-46

Orang Kusta harus KELUAR dari PERKEMAHAN alias keluar dari PERKAMPUNGAN alias DIASINGKAN dari masyarakat. Kalau ada masyarakat MENDEKATINYA maka orang KUSTA harus berteriak, “Najis! Najis!”

Makanya, orang KUSTA mustahil ptantang-ptenteng MENCARI lalu MENCEGAT Yesus mohon disembuhkan. Makanya, kisah “Seorang yang sakit kusta DATANG kepada Yesus,” sudah pasti HOAX.

Tetapi orang itu pergi memberitakan peristiwa itu dan menyebarkannya kemana-mana, sehingga Yesus tidak dapat lagi terang-terangan masuk ke dalam kota. Ia tinggal di luar di tempat-tempat yang sepi; namun orang terus juga datang kepada-Nya dari segala penjuru. Markus 1:45

Kisah Yesus Menyembuhkan Orang Kusta itu diakhiri dengan pernyataan, “Tetapi orang itu pergi MEMBERITAKAN peristiwa itu dan menyebarkannya kemana-mana, sehingga Yesus tidak dapat lagi terang-terangan masuk ke dalam kota.”

Kenapa Yesus tidak dapat lagi terang-terangan masuk ke dalam kota? Karena terlalu banyak yang minta disembuhkan? Keempat Injil tidak pernah mencatat kisah Yesus dipaksa untuk menyembuhkan. Lalu kenapa Yesus tidak dapat lagi terang-terangan masuk ke dalam kota? Saya tidak tahu.

Pernyataan, “Tetapi orang itu pergi MEMBERITAKAN peristiwa itu dan menyebarkannya ke mana-mana,” pasti HOAX. Kenapa demikian? Karena hanya IMAM yang berkuasa untuk MENYATAKAN apakah orang KUSTA sudah TAHIR atau masih NAJIS? Untuk dinyatakan TAHIR, maka IMAM harus mengujinya. Sebelum dinyatakan TAHIR, orang tersebut tidak boleh gentayangan di antara masyarakat.Dia harus dikarantina selama Imam menguji kesembuhannya.

TUHAN berfirman kepada Musa: “Inilah yang harus menjadi HUKUM tentang orang yang sakit kusta pada hari PENTAHIRANNYA: ia harus dibawa kepada imam, dan imam harus PERGI ke luar perkemahan; kalau menurut pemeriksaan imam penyakit kusta itu telah SEMBUH dari padanya, maka imam harus memerintahkan, supaya bagi orang yang akan ditahirkan itu diambil dua ekor burung yang hidup dan yang tidak haram, juga kayu aras, kain kirmizi dan hisop. Imamat 14:1-4

Tidak mungkin menyangkal kisah Yesus Menyembuhkan Orang Kusta dalam Markus 1:40-45 dan mustahil menyangkal HUKUM Kusta dalam Imamat 13:1-59 dan Imamat 14:1-57. Itu sebabnya siapa pun yang membaca ayat-ayat Alkitab tersebut hanya bisa memahaminya lalu mengakuinya apa adanya saja.

Alkitab adalah KEBENARAN yang diwahyukan Roh Kudus sehingga TIDAK MUNGKIN salah (inerrancy) dan MUSTAHIL keliru (infallibility)? Lalu bagaimana dengan kisah Yesus Menyembuhkan Orang Kusta?

Kita harus mengakui apa adanya saja bahwa mukjizat Yesus Menyembuhkan Orang Kusta dalam kitab Markus adalah mukjizat bodong. Bagaimana kalau kita membandingkan kisah yang sama di kitab Matius dan Lukas?

45 thoughts on “Yesus Menyembuhkan Orang Kusta

  1. Halo Bocah, kondisi otak mu gimana?, Kurang waras ya?
    gih ke rumah sakit, kamu kurang waras karena tanggapi saya
    mau Dokter operasi kamu otaknya supaya Waras orang nya

  2. Kelemahan Komentar mu yang Menyudut pandang terhadap saya, Adalah..

    1. Kamu menganggapi aku tidak punya bukti, padahal saya merahasiakan Argumen ku

    2. Kamu menganggap aku tidak punya pendidikan, padahal saya punya pendidikan sendiri

    3. kamu menganggap aku tidak punya pikiran, padahal saya punya pikiran dalam sendiri

    4. Kamu Pembela Kakek Tua Peot dan Lemah, Saya sudut pandang pada Kakek peot sang penistaan agama kristen

    Komen-komen dalam isi hati mu hanyalah Hujatan buat saya, tapi gak efek sama sekali, Lucu sekali nih kamu bocah, paling bahasa mu juga Penakut dan Pengecut tuh… saat lihat komen ku, lucu sekali nih bocah tengik yang kurang Belajar Sekolah

  3. Wkwkwkwkwkwkwk

    Anda manusia terlucu yang pernah ada di muka bumi
    Sangat konyol
    Dan lucu

    Wkwkwkwkw
    Kok ada ya yang kayak begini

  4. Komen mu Kayak Gak Berpendidikan dan juga seperti orang gila yang kehilangan Arah, Cuma kamu Orang nya Gak Logis apalagi kamu kurang waras, ya??? , jadi komen mu salah 5x, lihat dan cek komen mu, waras gak atau pantas gak pendidikan dengan bandingkan komen mu yang gak berpendidikan, Malu kan…

  5. Betul juga lokasi nya tiap kitab bisa beda 2.
    Ini kalau di tanyakan di persekutuan bisa bikin geger

  6. Kamu bersaksi Dusta lagi bengcu alias kakek tua peot, udah banyak upload atas kelemahan islam pada hari ini, emang gua pikirin Artikel Bersaksi dusta mu, ingat ya, kamu itu seorang Anti Kristus, kalo kamu gak tau arti anti kristus, ya sudah, ini prinsip ku, dasar kau kaum nabi cabulloh 13 istri dan salah satu nya adalah aisyah umur 9 tahun yang di nikahi sama mamad alias Qathem Keturunan ANJING !!!

  7. Pala mu, gak ada Sekolah Teologi nyata nya, paling…. kamu orang gila yang bilang sekolah teologi itu ada, kocak nih kakek tua peot

  8. denger nak, hanya aku dan dia saja yang ribut, pala mu yang otak mu ribut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.