Demi Gusti Aku Berbakti


Namun aku yakin, mbah Katiman akan bertahan di gerejanya sampai mati. Dia akan tetap melayani jemaat Pepanthan Bocok sampai darah penghabisan. Demi Gusti aku berbakti. Aku belum pernah melihat IMAN seperti ini.

Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia. 1 Korintus 15:58

GKJW (Gereja Kristen Jawi Wetan) Ngantang terletak di Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Pepanthan artinya pos pelayanan alias Gereja yang belum didewasakan menjadi Jemaat. GKJW Ngantang mempunyai 13 tempat ibadah yaitu: Pepanthan Bocok, Pepanthan Pujon, Pepanthan Banjarejo, Pepanthan Selorejo, Pepanthan Jombok, Pepanthan Kasembon, dll.

Awalnya mbah Katiman, 76 tahun adalah anggota GKJW Pepanthan Bocok, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Namun karena jumlah anggotanya semakin hari semakin sedikit karena anggota pindah tempat dan pindah agama, itu sebatnya Pepanthan Bocok pun ditutup dan dijadikan satu dengan Pepanthan Kasembon, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang.

Video ini adalah cuplikan wawancara reporter Kppmd Malang I Yakoma (Komisi Pembinaan Pemuda dan Mahasiswa GKJW Majelis Daerah Malang I), M1 Media Comunity Organizer. Saya sengaja menerjemahkan ucapan-ucapan mbah Katiman dalam wawancara tersebut karena menurutku terjemahan reporter tersebut kurang akurat sehingga maknanya ada yang hilang.

Mbah Katiman: Saya sendirian. Kalau tidak ada yang melayani maka saya sendirian. Setelah membaca Alkitab lalu berdoa saya pun pulang. Yang penting melayani.”

Reporter: Bagaimana perasaan mbah kalau tidak ada yang melayani?”

Mbah Katiman: Tidak apa-apa. Yang penting demi Gusti aku berbakti.

Reporter: Ikhlas?

Mbah Katiman: Ikhlas.

Reporter: Mbah punya harapan apa untuk gereja? Keinginan.

Mbah Katiman: Keinginan saya hanya satu. Saya taat kepada Gusti. Ndherek Gusti. Mengikut Gusti. Hanya itu. Pengaruh siapa pun tidak akan menggoyahkanku. Yang penting saya ikut gusti, berbakti kepada Gusti. Dipengaruhi apa pun bukan masalah karena saya tetap ikut Gusti. Meskipun saya sendiri, saya tidak kuatir. Saya tahu Gusti bersama saya. Hanya itu. Bagiku hanya itu. Gusti merawat saya.

Setelah melampiaskan isi hatinya, mbah Katiman diam sambil mengejab-ngejabkan matanya kemudian mengusap matanya. Melihat kejadian demikian, rasanya ingin sekali menemaninya kebaktian dan memainkan beberapa lagu dengan sulingku baginya kemudian seharian mendengarkan ceritanya tentang gerejanya dan tentang anggota-anggota gerejanya juga orang-orang kampungnya dan Gustinya.

Aku bertanya-tanya, “Kenapa mbah Katiman sendirian? Kenapa mbah Katiman tidak bergabung dengan gereja yang lainnya, misalnya Pepanthan Kasembon? Karena jaraknya terlalu jauh untuk ditempuhnya? Atau karena ada alasan lain?”

Namun aku yakin, mbah Katiman akan bertahan di gerejanya sampai mati. Dia akan tetap melayani jemaat Pepanthan Bocok sampai darah penghabisan. Demi Gusti aku berbakti. Aku belum pernah melihat IMAN seperti ini. Karena pada hakekatnya, orang yang menyembah Gusti itu sendirian. Makanya puncak dari penyembahan kepada Gusti dimulai dengan toleransi beragama.

NB.
Blog  ini saya dedikasikan untuk menghormati mbah Katiman dan menyemangati teman-teman Komisi Pembinaan Pemuda dan Mahasiswa GKJW Majelis Daerah Malang I.

4 thoughts on “Demi Gusti Aku Berbakti

  1. Oalah GKJW, gerejaku dulu. Hanya saja dulu di jemaat Malang (pusat). Meskipun sekarang sudah berpindah “mazhab”, namun selalu ada kenangan manis tersendiri di gereja ini. Kagum dengan ‘zeal’ nya mbah Kartiman, orang Kristen ya harus begini ini. Iman yg ga neko2, ga rumit dipusingkan dengan tetek bengek ga karuan dan tak goyah dengan dinamika sekitar. Inspiratif karena seringkali untuk beribadah saja masih muncul rasa enggan dan malas.

    Nice post pak hai hai. Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.