Lot Adalah Orang Saleh


Lot: Google

Lot: Google

Benarkah Lot serakah itu sebabnya ketika diberi kesempatan dia pun memilih kota Sodom dibandingkan tanah Kanaan sehingga selain kehilangan semua harta dan para gembalanya dia bahkan kehilangan istrinya? Bohong!

Kejadian 13:1-13 mencatat bahwa bukan Lot namun Abrahamlah yang mengajak berpisah karena mereka masing-masing sangat kaya-raya sehingga negeri itu tidak cukup besar untuk keduanya. Bukan Lot namun Abrahamlah yang memberi Lot kesempatan untuk memilih.

Sejak meninggalkan Haran, Abraham memang menyukai tanah Kanaan, itu sebabnya setelah meninggalkan Kanaan lalu mengembara sampai ke Mesir Abraham kembali lagi ke tanah Kanaan dan kembali ke pohon terbantin di Memre.

dan ia berkata: “Saudara-saudaraku, janganlah kiranya berbuat jahat.  Kamu tahu, aku mempunyai dua orang anak perempuan yang belum pernah dijamah laki-laki, baiklah mereka kubawa ke luar kepadamu; perbuatlah kepada mereka seperti yang kamu pandang baik; hanya jangan kamu apa-apakan orang-orang ini, sebab mereka memang datang untuk berlindung di dalam rumahku.” Kejadian 19:7-8

Keluarlah Lot, lalu berbicara dengan kedua bakal menantunya, yang akan kawin dengan kedua anaknya perempuan, katanya: “Bangunlah, keluarlah dari tempat ini, sebab TUHAN akan memusnahkan kota ini.” Tetapi ia dipandang oleh kedua bakal menantunya itu sebagai orang yang berolok-olok saja. Kejadian 19:14

Kerabatku sekalian, Alkitab mencatat dan membuktikan bahwa Lot dan  anak istrinya serta kedua calon menantunya adalah orang-orang saleh. Tindakan Lot menerima kedua malaikat itu di rumahnya adalah bukti bahwa dia murah hati. Tindakannya tanpa ragu untuk mengorbankan kedua anak perempuannya demi kedua tamunya membuktikan bahwa dia memiliki hati yang teguh.

Lot dan istrinya mendidik kedua anak perempuannya dengan baik. Kedua anak perempuan Lot yang tetap perawan membuktikan bahwa selain mereka kedua calon suami mereka pun adalah orang saleh.

Bertobatlah hai para sarjana teologi yang selama ini memfitnah Lot dan keluarganya sebagai orang-orang jahat dan bukalah matamu hai orang-orang Kristen bahwa Lot dan keluarganya termasuk kedua calon mantunya adalah orang-orang saleh.

82 thoughts on “Lot Adalah Orang Saleh

  1. Tanya Roh Kudus saja ..Dia Allah dan Tuhan Yang Hidup …biar kita gak salah kaprah ..kemajuan teknologi semakin membuat kita bimbang tapi ada Roh Kudus yg membimbing kita …awal saya baca pun bikin gelisah dan bertanya tanya …makanya saudara saudara kerjakan keselamatan ..jangan nganggur kita gak tau kapan kita dipanggil pulang .. dan kapan Dia Isa Al-Masih akan datang kedua kali ..tapi saya rasa ini sudah gak lama saudara saudara …maka dari itu berjagajagalah iman percaya anda harus terus menyala ..love you all

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.