Alkitab Ditulis Atas Ilham Roh Kudus?


Mustahil percaya Alkitab ditulis atas ilham Roh Kudus karena tidak ada yang mengaku menulis atas ilham Roh Kudus juga tidak ada ayat yang menyatakan si anu menulis atas ilham Roh Kudus.

Deklarasi Chicago tentang ketidakbersalahan Alkitab:

Pasal keenam: Kami mengaku seluruh bagian Alkitab, termasuk setiap kata dari naskah aslinya, ditulis berdasarkan ilham dari Allah.

Pasal ketujuh: Kami mengaku ilham yang dimaksud adalah: Allah memberikan ilham-Nya melalui Roh Kudus dan melalui buah tangan manusia. Sumber Alkitab berasal dari Allah. Kami mengaku bahwa ilham yang kudus ini, sebagian besar sulit dimengerti.

Pasal kedelapan: Kami mengaku bahwa ilham Allah diberikan melalui karakter, dan corak tulisan pengarang-pengarang yang dipilih dan yang sudah dipersiapkan lebih dulu.

Pasal kesembilan: Kami mengaku meskipun ilham tidak membuat pengarang menjadi orang yang serba tahu, tapi kami dapat dengan pasti menyatakan bahwa gerakan yang diterima pengarang waktu menulis Alkitab dapat dipercaya kebenarannya.

Bengcu Menggugat:

Kerabatku sekalian, apa yang dimaksudkan oleh deklarasi Chicago? Maksudnya adalah seseorang ujug-ujug ingin menulis dan dia ujug-ujug tahu yang akan ditulisnya. Dia ujug-ujug ingin menulis karena digerakkan oleh Roh Kudus untuk menulis. Dan dia ujug-ujug tahu yang akan ditulisnya karena mendapat ilham dari Roh Kudus.

Orang itu tahu dia digerakkan oleh Roh Kudus dan mendapat ilham dari Roh Kudus? Tidak. Dia tidak tahu! Kalau tahu dia pasti mengaku bahwa dia ingin menulis atas dorongan Roh Kudus dan tahu yang akan dia tulis dari Ilham Roh Kudus.

Orang itu tidak tahu dia digerakkan oleh Roh Kudus dan mendapat ilham dari Roh Kudus. Dia hanya tahu ujug-ujug ingin menulis dan ujug-ujug tahu yang akan dia tulis. Para teolog Kristenlah yang tahu bahwa orang itu ujug-ujug ingin menulis karena digerakkan oleh Roh Kudus dan ujug-ujug tahu yang akan ditulis karena mendapat ilham dari Roh Kudus. Dari mana para teolog itu tahu kebenaran demikian? Saya tidak tahu. Mungkin mereka ujug-ujug tahu.

Musa Menulis Atas Perintah YHWH

Kemudian berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Tuliskanlah semuanya ini dalam sebuah kitab sebagai tanda peringatan, dan ingatkanlah ke telinga Yosua, bahwa Aku akan menghapuskan sama sekali ingatan kepada Amalek dari kolong langit.” Keluaran 17:14

Tetapi seorang nabi, yang terlalu berani untuk mengucapkan demi nama-Ku perkataan yang tidak Kuperintahkan untuk dikatakan olehnya, atau yang berkata demi nama Allah lain, nabi itu harus mati. Ulangan 18:20

apabila seorang nabi berkata demi nama TUHAN (YHWH) dan perkataannya itu tidak terjadi dan tidak sampai, maka itulah perkataan yang tidak difirmankan TUHAN; dengan terlalu berani nabi itu telah mengatakannya, maka janganlah gentar kepadanya.” Ulangan 18:22

Kerabatku sekalian, kalau doktrin alkitab ditulis atas dorongan dan ilham Roh Kudus benar maka yang terjadi adalah: Suatu hari, Musa ujug-ujug ingin menulis. Musa tidak tahu kenapa ujug-ujug ingin menulis namun dia tahu dia ujug-ujug ingin menulis. Bukan hanya ujug-ujug ingin menulis namun Musa pun ujug-ujug tahu yang akan ditulisnya.

Musa tidak tahu kenapa dia tahu hal yang akan ditulisnya namun dia tahu bagaimana CARA dia tahu apa yang akan ditulisnya yaitu: Dia ujug-ujug tahu. Musa ujug-ujug ingin menulis hal yang dia ujug-ujug tahu, Musa pun menulis dan jadilah kitab-kitab Musa.

Benarkah Musa menulis atas dorongan dan menuliskan ilham Roh Kudus? Tidak! Musa menulis atas perintah YHWH dan menulis yang YHWH suruh dia tulis.

Yohanes Menulis Atas Perintah Malaikat Yesus Kristus

Inilah wahyu Yesus Kristus, yang dikaruniakan Allah kepada-Nya, supaya ditunjukkan-Nya kepada hamba-hamba-Nya apa yang harus segera terjadi. Dan oleh malaikat-Nya yang diutus-Nya, Ia telah menyatakannya kepada hamba-Nya Yohanes. Yohanes telah bersaksi tentang firman Allah dan tentang kesaksian yang diberikan oleh Yesus Kristus, yaitu segala sesuatu yang telah dilihatnya. Wahyu 1:1-2

Kalau doktrin alkitab ditulis atas dorongan dan ilham Roh Kudus benar maka yang terjadi adalah: Suatu hari Yohanes ujug-ujug ingin menulis. Aneh bin ajaib dia pun ujug-ujug tahu yang akan ditulis. Yohanes pun menulis dan jadilah kitab Wahyu. Benarkah hal demikian yang terjadi? Tidak! Bukan demikian!

Yohanes menulis atas perintah malaikat Yesus Kristus bukan atas dorongan Roh Kudus. Yohanes menulis yang didengarnya dan dilihatnya bukan yang diilhamkkan oleh Roh Kudus.

Lukas Menulis Atas Keputusan Sendiri

Teofilus yang mulia, Banyak orang telah berusaha menyusun suatu berita tentang peristiwa-peristiwa yang telah terjadi di antara kita, seperti yang disampaikan kepada kita oleh mereka, yang dari semula adalah saksi mata dan pelayan Firman.  Karena itu, setelah aku menyelidiki segala peristiwa itu dengan seksama dari asal mulanya, aku mengambil keputusan untuk membukukannya dengan teratur bagimu, supaya engkau dapat mengetahui, bahwa segala sesuatu yang diajarkan kepadamu sungguh benar. Lukas 1:1-4

Apakah Lukas menulis karena dia ujug-ujug ingin menulis karena digerakkan oleh Roh Kudus? Tidak! Lukas menulis karena dia ingin mengajari Teofilus yang mulia. Apakah Lukas menulis hal yang dia ujug-ujug tahu karena mendapat Ilham dari Roh Kudus? Tidak! Dia menulis hal-hal yang disampaikan oleh saksi mata dan pelayan Firman yang telah dia selidiki dengan seksama.

Kerabatku apakah para saksi mata dan pelayan firman itu mengajarkan hal yang ujug-ujug mereka tahu karena mendapat Ilham dari Roh Kudus? Tidak! Mereka mengajarkan yang diajarkan kepada mereka oleh Yesus. Apakah mereka menceritakan kisah yang ujug-ujug diketahuinya karena mendapat ilham dari Roh Kudus? Tidak! Mereka menceritakan kisah dimana mereka menjadi saksinya.

Apakah Lukas menulis karena dia ujug-ujug tahu ini yang benar dan itu omong kosong sebab mendapat ilham dari Roh Kudus? Tidak! Lukas menyelidiki segalanya dengan seksama sebelum memutuskan untuk menulisnya.

Kesimpulan

Berdasarkan fakta-fakta tersebut di atas maka doktrin alkitab ditulis atas dorongan dan ilham Roh Kudus alias doktrin ujug-ujug adalah pembohongan publik alias ajaran sesat karena bertentangan dengan ajaran alkitab.

12 thoughts on “Alkitab Ditulis Atas Ilham Roh Kudus?

  1. kalo bkn dari ilham Roh kudus pasti ceritanya akan sepenggal2 tdk utuh…
    Darimana penulis bisa tau sampai sedemikian lengkapnya,akurat..
    Contoh:
    1.dari awal kelahiran Yesus sampai kematian,
    Kata perkatanya teratur,jelas,berurutan waktu perwaktunya,
    2.ada saat dimana penulis tdk ada ditempat kejadian langsg
    Cntoh:
    Matius 2:7
    “lalu dgn diam2 herodes memanggil org2 majus itu dan teliti bertanya kepd mereka..”
    Darimana penulis bs tau setiap ucapan dgn teratur dan berurutan waktu kejadian,mengingat dlu blm ada seperti kyk sekarang dgn internet..
    Apakah dia bertanya lgsg dgn herodes atau org2 majus tsb.???
    Itu baru contoh kecil…
    2tim 3:16
    “segala tulisan yg diilhamkan Allah memang bermanfaat…”
    Anda bs melihat penjelasan “siapa penulis alkitab” di google untk lbh jelasnya..

  2. lagi2 kesalahan yg sangat fundamental

    definisi “ilham Roh Kudus” sedemikian SEMPIT

    ilham Roh Kudus bisa didefinisikan;

    * sebagai INSPIRASI yg hanya datang dari Roh Kudus
    * digerakan oleh Roh Kudus untuk meneliti dan menulis
    * mendapatkan inspirasi dari orang yg digerakan oleh Roh Kudus

    penulis hanya benar bilamana definisi “ilham dari Roh Kudus” dipersempit menjadi makna LITERAL, tanpa memahami makna ALLEGORY…….

    artinya “polisi tidur” itu harus adalah polisi yg sedang tidur, tanjangan di jalan tidak layak disebut “polisi tidur”…..sederhanyanya itulah kesempitan memaknai definisi “ilham Roh Kudus”

    • Makanya baca alkitab dulu baik-baik nak. Baca bangsa 10 kali baru kembali lagi untuk BERLAGAK. Ha ha ha …. Ajaran Alkitab ditulis atas ilham Roh kudus adalah ajaran SESAT karena betentanga dngan ajaran Alkitab. Coba anda kutip ayatnya yang menyatakan bahwa Alkitab ditulis ATAS ilham roh kudus. Memberi alkitab CAP ilham roh kudus adalah AKAL AKALAN untuk MENGANGKAT derajad alkitab. Namun maalahnya ANDA bgitu mengagung agungkan alkitab namun BELUM pernah membacanya dari Kejadian sampai Wahyu sementara hai hai yang anda anggap SALAH sudah membacanya 100 kali lebih? ha ha ha ha ha …

      • tong kosong kisanak…anda hanya pandai membully dengan kata2 sarkasme….isinya tidak ada, bahkan anda tidak sama sekali membahas subtansi yg saya hadirkan……..

        —-mirip kanak2 yg selalu berebut kue—

        kapan dewasanya?

      • Kisanak, saya sudah pernah membaca alkitab dari Kejadian sampai Wahyu lebih dari 10000 kali. kalau anda belum pernah baca satu kali saja, sebaiknya jangan BERLAGAK paham alkitab dech. GAK BELAJAR kok paham? paham dari hongkong? ha ha h … Baca dulu alkitab adna barang 1000 kali baru mengajar nak.

  3. Kesimpulan

    Berdasarkan fakta-fakta tersebut di atas maka doktrin alkitab ditulis atas dorongan dan ilham Roh Kudus alias doktrin ujug-ujug adalah pembohongan publik alias ajaran sesat karena bertentangan dengan ajaran alkitab.

    Kisanak, saya sudah pernah membaca alkitab 10x pembacaan, setiap hari saya baca alkitab 5 pasal, jadi kita gak perlu debatkan hal ini.
    Kisanak, kalo alkitab tidak ditulis dengan ilham Roh Kudus brarti Kisanak menyatakan bahwa Kisanak mengikuti ajaran manusia, bukan ajaran TUHAN. Karena hanya TUHAN yang sempurna berarti alkitab sudah Kisanak nyatakan tidak sempurna.

    Berarti bagian ini sudah Kisanak nyatakan sesat :

    Yesus Tidak Menemui Orang Baru Setelah Paulus

    bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci; 1 Korintus 15:4

    bahwa Ia telah menampakkan diri kepada Kefas dan kemudian kepada kedua belas murid-Nya. 1 Korintus 15:5

    Sesudah itu Ia menampakkan diri kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus; kebanyakan dari mereka masih hidup sampai sekarang, tetapi beberapa di antaranya telah meninggal. 1 Korintus 15:6

    Selanjutnya Ia menampakkan diri kepada Yakobus, kemudian kepada semua rasul. 1 Korintus 15:7

    DAN YANG PALING AKHIR DARI SEMUANYA Ia menampakkan diri juga kepadaku, sama seperti kepada anak yang lahir sebelum waktunya. 1 Korintus 15:8

    di bagian
    https://bengcumenggugat.wordpress.com/2014/02/07/bengcu-menggugat-karena-yusak-tjipto-membual-piknik-ke-sorga/

    Alkitab di bagian SURAT PAULUS ditulis oleh Paulus
    Alkitab ditulis tidak diilhami oleh ROH KUDUS
    Artinya, PAULUS TIDAK diilhami oleh ROH KUDUS saat menulis surat ybs

    Paulus mengatakan terakhir bertemu Tuhan Yesus
    Artinya, Paulus TIDAK diilhami oleh ROH KUDUS saat menulis bahwa Paulus TERAKHIR bertemu Tuhan Yesus

    Bagaimana Kisanak bisa merasa sangat pandai dan sangat benar, apakah hal seperti ini tidak bisa Kisanak mengerti?

    Silahkan Kisanak baca lagi alkitab sehari 10 pasal, setelah itu baru debat saya, mungkin saran saya Kisanak belajar Bahasa Indonesia dulu baru debat saya, karena omongan Kisanak sebentar A sebentar B gak ada dasarnya, cuma main tuding sesat doang

    • sudahlah nak, tolong jangan SOK JAGOAN lagi. Malu maluan lagi? anda kan nggak pernah baca alkitab dari Kejadian sampai Wahyu bahkan baca dari Matius 1:1 sampai Matius 28:20 saja belum.

  4. Kisanak,

    sepertinya Kisanak memandang tingkat kecerdasan Kisanak terlalu tinggi.
    Kisanak bilang bahwa alkitab ditulis tidak dengan ilham Roh Kudus
    Padahal dasar yang Kisanak pakai saat menggugat Jusak Tjipto, adalah surat Paulus.

    Sementara Roh Kudus, Roh Allah, dan Tuhan Yesus adalah Tritunggal Mahakudus.
    Allah Bapa, Allah Putera, dan Allah Roh Kudus, Ketiganya adalah Satu namun Pribadi yang berbeda-beda.
    Jadi artinya Allah Bapa (YEHOVAH) = Allah Putera (Tuhan Yesus) = Allah Roh Kudus

    Bila Paulus menulis tanpa ilham Allah Roh Kudus artinya
    1. Paulus BERDUSTA karena KETIGA nya adalah SATU dan SAMA.
    Bagaimana mungkin Paulus ketemu Tuhan Yesus, Tuhan Yesus bilang A, lalu Paulus tulis surat, Tuhan Yesus bilang A, sementara tulisan itu tidak diilhami oleh Tuhan Roh Kudus YANG BILANG A?
    Artinya, Paulus ngarang dombreng.
    Ini sederhana sekali tapi Kisanak sepertinya tidak mengerti.

    bahkan lebih lagi,
    2. Semua pengajaran di alkitab dasarnya adalah soal pengalaman MANUSIA dengan TUHAN.
    Apabila tidak didasari Roh Kudus, yang menulis bukan orang tersebut, tapi orang lain, artinya alkitab ditulis ngarang, bumi tidak diciptakan dalam 7 hari, Yesus tidak bangkit dari kubur, dst.

    Bila alkitab tidak didasari oleh Roh Kudus, maka semua yang Kisanak pelajarin sebanyak 100 atau mungkin 10.000x pembacaan semuanya tidak valid.
    Karena yang Kisanak baca adalah TIDAK diilhami dari Roh Kudus sementara Kisanak sendiri TIDAK pernah menyaksikan hal hal tersebut yang dialami oleh orang-orang tersebut (Musa, Jesaya, Abraham) bersama dengan ROH TUHAN. Apakah Kisanak sudah ada sejak jaman Abraham? Bila tidak, artinya Kisanak hanya membaca tulisan manusia, itu semua bisa saja sesat, ngarang dombreng seperti semua pendeta lain.

    Kesimpulan :
    Bila Kisanak mengatakan alkitab tidak diilhami Roh Kudus, Kisanak mengatakan alkitab adalah TULISAN MANUSIA seperti TULISAN INI dan TULISAN KISANAK.
    Silahkan berhenti membaca alkitab, karena itu hanya tulisan manusia saja

    • sudahlah nak, tolong jangan SOK JAGOAN lagi. Malu maluan lagi? anda kan nggak pernah baca alkitab dari Kejadian sampai Wahyu bahkan baca dari Matius 1:1 sampai Matius 28:20 saja belum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.