Alkitab Ditulis Atas Ilham Roh Kudus?


Mustahil percaya Alkitab ditulis atas ilham Roh Kudus karena tidak ada yang mengaku menulis atas ilham Roh Kudus juga tidak ada ayat yang menyatakan si anu menulis atas ilham Roh Kudus.

Deklarasi Chicago tentang ketidakbersalahan Alkitab:

Pasal keenam: Kami mengaku seluruh bagian Alkitab, termasuk setiap kata dari naskah aslinya, ditulis berdasarkan ilham dari Allah.

Pasal ketujuh: Kami mengaku ilham yang dimaksud adalah: Allah memberikan ilham-Nya melalui Roh Kudus dan melalui buah tangan manusia. Sumber Alkitab berasal dari Allah. Kami mengaku bahwa ilham yang kudus ini, sebagian besar sulit dimengerti.

Pasal kedelapan: Kami mengaku bahwa ilham Allah diberikan melalui karakter, dan corak tulisan pengarang-pengarang yang dipilih dan yang sudah dipersiapkan lebih dulu.

Pasal kesembilan: Kami mengaku meskipun ilham tidak membuat pengarang menjadi orang yang serba tahu, tapi kami dapat dengan pasti menyatakan bahwa gerakan yang diterima pengarang waktu menulis Alkitab dapat dipercaya kebenarannya.

Bengcu Menggugat:

Kerabatku sekalian, apa yang dimaksudkan oleh deklarasi Chicago? Maksudnya adalah seseorang ujug-ujug ingin menulis dan dia ujug-ujug tahu yang akan ditulisnya. Dia ujug-ujug ingin menulis karena digerakkan oleh Roh Kudus untuk menulis. Dan dia ujug-ujug tahu yang akan ditulisnya karena mendapat ilham dari Roh Kudus.

Orang itu tahu dia digerakkan oleh Roh Kudus dan mendapat ilham dari Roh Kudus? Tidak. Dia tidak tahu! Kalau tahu dia pasti mengaku bahwa dia ingin menulis atas dorongan Roh Kudus dan tahu yang akan dia tulis dari Ilham Roh Kudus.

Orang itu tidak tahu dia digerakkan oleh Roh Kudus dan mendapat ilham dari Roh Kudus. Dia hanya tahu ujug-ujug ingin menulis dan ujug-ujug tahu yang akan dia tulis. Para teolog Kristenlah yang tahu bahwa orang itu ujug-ujug ingin menulis karena digerakkan oleh Roh Kudus dan ujug-ujug tahu yang akan ditulis karena mendapat ilham dari Roh Kudus. Dari mana para teolog itu tahu kebenaran demikian? Saya tidak tahu. Mungkin mereka ujug-ujug tahu.

Musa Menulis Atas Perintah YHWH

Kemudian berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Tuliskanlah semuanya ini dalam sebuah kitab sebagai tanda peringatan, dan ingatkanlah ke telinga Yosua, bahwa Aku akan menghapuskan sama sekali ingatan kepada Amalek dari kolong langit.” Keluaran 17:14

Tetapi seorang nabi, yang terlalu berani untuk mengucapkan demi nama-Ku perkataan yang tidak Kuperintahkan untuk dikatakan olehnya, atau yang berkata demi nama Allah lain, nabi itu harus mati. Ulangan 18:20

apabila seorang nabi berkata demi nama TUHAN (YHWH) dan perkataannya itu tidak terjadi dan tidak sampai, maka itulah perkataan yang tidak difirmankan TUHAN; dengan terlalu berani nabi itu telah mengatakannya, maka janganlah gentar kepadanya.” Ulangan 18:22

Kerabatku sekalian, kalau doktrin alkitab ditulis atas dorongan dan ilham Roh Kudus benar maka yang terjadi adalah: Suatu hari, Musa ujug-ujug ingin menulis. Musa tidak tahu kenapa ujug-ujug ingin menulis namun dia tahu dia ujug-ujug ingin menulis. Bukan hanya ujug-ujug ingin menulis namun Musa pun ujug-ujug tahu yang akan ditulisnya.

Musa tidak tahu kenapa dia tahu hal yang akan ditulisnya namun dia tahu bagaimana CARA dia tahu apa yang akan ditulisnya yaitu: Dia ujug-ujug tahu. Musa ujug-ujug ingin menulis hal yang dia ujug-ujug tahu, Musa pun menulis dan jadilah kitab-kitab Musa.

Benarkah Musa menulis atas dorongan dan menuliskan ilham Roh Kudus? Tidak! Musa menulis atas perintah YHWH dan menulis yang YHWH suruh dia tulis.

Yohanes Menulis Atas Perintah Malaikat Yesus Kristus

Inilah wahyu Yesus Kristus, yang dikaruniakan Allah kepada-Nya, supaya ditunjukkan-Nya kepada hamba-hamba-Nya apa yang harus segera terjadi. Dan oleh malaikat-Nya yang diutus-Nya, Ia telah menyatakannya kepada hamba-Nya Yohanes. Yohanes telah bersaksi tentang firman Allah dan tentang kesaksian yang diberikan oleh Yesus Kristus, yaitu segala sesuatu yang telah dilihatnya. Wahyu 1:1-2

Kalau doktrin alkitab ditulis atas dorongan dan ilham Roh Kudus benar maka yang terjadi adalah: Suatu hari Yohanes ujug-ujug ingin menulis. Aneh bin ajaib dia pun ujug-ujug tahu yang akan ditulis. Yohanes pun menulis dan jadilah kitab Wahyu. Benarkah hal demikian yang terjadi? Tidak! Bukan demikian!

Yohanes menulis atas perintah malaikat Yesus Kristus bukan atas dorongan Roh Kudus. Yohanes menulis yang didengarnya dan dilihatnya bukan yang diilhamkkan oleh Roh Kudus.

Lukas Menulis Atas Keputusan Sendiri

Teofilus yang mulia, Banyak orang telah berusaha menyusun suatu berita tentang peristiwa-peristiwa yang telah terjadi di antara kita, seperti yang disampaikan kepada kita oleh mereka, yang dari semula adalah saksi mata dan pelayan Firman.  Karena itu, setelah aku menyelidiki segala peristiwa itu dengan seksama dari asal mulanya, aku mengambil keputusan untuk membukukannya dengan teratur bagimu, supaya engkau dapat mengetahui, bahwa segala sesuatu yang diajarkan kepadamu sungguh benar. Lukas 1:1-4

Apakah Lukas menulis karena dia ujug-ujug ingin menulis karena digerakkan oleh Roh Kudus? Tidak! Lukas menulis karena dia ingin mengajari Teofilus yang mulia. Apakah Lukas menulis hal yang dia ujug-ujug tahu karena mendapat Ilham dari Roh Kudus? Tidak! Dia menulis hal-hal yang disampaikan oleh saksi mata dan pelayan Firman yang telah dia selidiki dengan seksama.

Kerabatku apakah para saksi mata dan pelayan firman itu mengajarkan hal yang ujug-ujug mereka tahu karena mendapat Ilham dari Roh Kudus? Tidak! Mereka mengajarkan yang diajarkan kepada mereka oleh Yesus. Apakah mereka menceritakan kisah yang ujug-ujug diketahuinya karena mendapat ilham dari Roh Kudus? Tidak! Mereka menceritakan kisah dimana mereka menjadi saksinya.

Apakah Lukas menulis karena dia ujug-ujug tahu ini yang benar dan itu omong kosong sebab mendapat ilham dari Roh Kudus? Tidak! Lukas menyelidiki segalanya dengan seksama sebelum memutuskan untuk menulisnya.

Kesimpulan

Berdasarkan fakta-fakta tersebut di atas maka doktrin alkitab ditulis atas dorongan dan ilham Roh Kudus alias doktrin ujug-ujug adalah pembohongan publik alias ajaran sesat karena bertentangan dengan ajaran alkitab.

12 thoughts on “Alkitab Ditulis Atas Ilham Roh Kudus?

  1. saya mau tanya apakah ada ilham yang dituis dan ada yang tidak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.