Saudara-Saudara Perempuan Yesus


Gambar: truthbook.comKarena Injil mencatatnya maka mustahil bagi kita untuk menyangkalnya. Setelah melahirkan Yesus Maria bersetubuh dengan Yusuf lalu melahirkan empat orang anak lelaki dan minimal dua anak perempuan.

Gereja Katolik dan ortodoks mengakui ajarannya berasal dari kitab suci dan tradisi suci serta ajaran suci. Tradisi suci dan ajaran suci gereja yang paling kuno tercatat di dalam alkitab. Itu sebabnya tradisi dan ajaran yang bertentangan dengan ajaran alkitab mustahil tradisi suci dan ajaran suci gereja Kritsus.

Kata “saudara” berasal dari bahasa Sanskerta “sadara” yang artinya “sedarah” atau satu darah. Kata “saudara” hanya menunjukkan adanya hubungan kekerabatan namun tidak menunjukkan bentuk dan jauh dekatnya hubungan kekerabatan. Untuk menunjukkan bentuk dan jauh dekatnya hubungan kekerabatan, kata “saudara” harus ditambah keterangan, misalnya: Saudara sekandung, saudara sepupu, sanak saudara, saudara seiman, saudara sebangsa, dll.

Kata “kandung” adalah singkatan dari kata “sekandungan” yang artinya serahim. Saudara kandung alias saudara sekandung alias saudara sekandungan artinya dilahirkan oleh kandungan alias rahim yang sama. Istilah “Saudara kandung” berasal dari bahasa Minangkabau yang menganut garis keturunan ibu alias Matrilineal. Asal dilahirkan oleh ibu yang sama, meskipun ayahnya berbeda tetap disebut saudara kandung. Itu sebabnya saudara kandung juga berarti saudara seibu. Saudara kandung yang lahir duluan namanya kakak sementara yang lahir kemudian disebut adik.

Bangsa Israel menganut garis keturunan ayah alias patrilineal. Itu sebabnya tidak mengenal istilah saudara kandung atau saudara seibu. Mereka menganut saudara sebapa. Kata Ibrani “ach” artinya saudara lelaki sebapa. Kata Ibrani “achowth” artinya saudara perempuan sebapa.  Termasuk di dalam saudara lelaki dan saudara perempuan sebapa adalah saudara satu ayah lain ibu (Ismael dan Ishak) dan anak tiri ayah (Sarai dan Abraham) juga ponakan ayah yang diangkat anak.

Kata Ibrani “ach” dan kata Yunani “adelphos” artinya “saudara lelaki sebapa”. Kata Ibrani “achowth” dan kata Yunani “adelphe” artinya “saudara perempuan sebapa”. Keempat kata tersebut (ach, adelphos, achowth dan adelphe) tidak boleh diterjemahkan menjadi “saudara” yang hanya menunjukkan adanya ikatan kekerabatan namun tidak menunjukkan bentuk dan jauh dekatnya kekerabatan karena keempat kata itu menunjukkan bentuk dan dekatnya ikatan kekerabatan yaitu  “sebapa”.

Saudara-Saudara Perempuan Yesus

Sebab siapapun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki (adelphos), dialah saudara-Ku perempuan (adelphe), dialah ibu-Ku.” Matius 12:50

Jika seorang saudara (adelphos) atau saudari (adelphe) tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan sehari-hari, Yakobus 2:15

Kata Yunani “adelphe” artinya “saudara perempuan sebapa”. Sepanjang Perjanjian Baru, kata tersebut digunakan 24 kali, semuanya dengan arti “saudara perempuan sebapa”.

Sebapa artinya satu bapa. Yesus dua kali menggunakan kata “adelphe” dalam konteks “se-Allah Bapa” (Matius 12:50, Markus 3:35), Paulus empat kali (Roma 16:1, 1 Korintus 7:15, 1 Timotius 5:2, Filemon 1:2), Yakobus satu kali (Yakobus 2:15) dan Yohanes satu kali (2 Yohanes 1:13).

Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya (adelphoi): Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas? Dan bukankah saudara-saudara-Nya perempuan (adelphai) semuanya ada bersama kita? Jadi dari mana diperoleh-Nya semuanya itu?” Matius 13:55-56

Bukankah Ia ini tukang kayu, anak Maria, saudara lelaki (adelphos) Yakobus, Yoses, Yudas dan Simon? Dan bukankah saudara-saudara-Nya yang perempuan (adelphai) ada bersama kita?” Lalu mereka kecewa dan menolak Dia. Markus 6:3

Tujuan orang-orang sekampung Yesus mengucapkan kalimat-kalimat di atas adalah merendahkan Yesus. Mereka mengaitkan Yesus dengan saudara-saudara lelaki-Nya juga saudara-saudara perempuan-Nya untuk menunjukkan bahwa Yesus bukan siapa-siapa.

Mustahil merendahkan Yesus dengan mengaitkan Dia dengan kerabat-Nya (suggeneia). Mustahil merendahkan Yesus dengan mengaitkan Dia dengan sanak saudara-Nya (suggenes). Mustahil merendahkan Yesus dengan mengaitkan Dia dengan saudara-saudara sepupu-Nya (Anepsios). Mustahil merendahkan Yesus dengan mengaitkan Dia dengan saudara-saudara tiri-Nya.

Yesus hanya bisa direndahkan dengan mengaitkan Dia dengan saudara-saudara lelaki seibu-Nya dan saudara-saudara perempuan seibu-Nya. Itulah yang dilakukan oleh orang-orang sekampung-Nya terhadap Yesus.

Saudara Yesus Bukan Sepupu Yesus

Mereka adalah Maria Magdalena, Maria ibu Yakobus dan Yusuf, dan ibu anak-anak Zebedeus. Matius 27:56

Ada juga beberapa perempuan yang melihat dari jauh, di antaranya Maria Magdalena, Maria ibu Yakobus Muda dan Yoses, serta Salome. Markus 15:40

Dan dekat salib Yesus berdiri ibu-Nya dan saudara ibu-Nya, Maria, isteri Klopas dan Maria Magdalena. Yohanes 19:25

Matius 13:55-56 dan Markus 6:3 mencatat nama anak-anak Maria ibu Yesus yaitu: Yakobus, Yoses (Yusuf), Yudas dan Simon. Itu sebabnya Maria ibu Yakobus dan Yohanes yang tercatat di dalam Matius 27:56 dan Maria ibu Yakobus Muda dan Yoses, serta Salome yang tercatat di dalam Markus 15:40 pastilah Maria ibu Yesus.

Yohanes 19:29 memang mencatat tentang Maria saudara ibu Yesus yang adalah istri Klopas namun sama sekali tidak mencatat dia sebagai ibu Yakobus dan Yoses serta Salome. Itu sebabnya mengutip Yohanes 19:29 untuk memberitakan Maria istri Klopas adalah ibu Yakobus dan Yoses serta Salome adalah fitnah alias penipuan publik.

Mustahil Kakak Tiri Karena Yesus Anak Sulung

Ketika mereka di situ tibalah waktunya bagi Maria untuk bersalin, dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan. Lukas 2:6-7

Gereja Ortodoks menegakkan doktrin bahwa Yusuf adalah duda tua yang telah memiliki anak-anak lelaki dan perempuan waktu menikahi Maria. Saudara-saudara Yesus yang tercatat di Matius 27:56 dan Markus 6:3 adalah saudara tiri Yesus karena mereka anak istri Yusuf yang lain.

Apabila yang diajarkan oleh gereja Ortodok benar, itu berarti saudara-saudara lelaki dan saudara-saudara perempuan Yesus yang tercatat di Matius 27:56 dan Markus 6:3 lahir sebelum Yusuf menikahi Maria. Itu berarti mereka lebih tua.  Namun  alkitab tidak mengajarkan hal demikian.

Lukas 2:6-7 mencatat bahwa Yesus adalah anak sulung. Itu berarti semua saudara-saudara lelaki dan saudara-saudara perempuan Yesus yang tercatat di Matius 27:56 dan Markus 6:3 adalah adik Yesus yang lahir setelah Yesus.

Kesimpulan:

Kerabatku sekalian, keberadaan saudara-saudara perempuan dan saudara-saudara lelaki Yesus adalah bukti setelah melahirkan Yesus Maria bersetubuh dengan Yusuf dan beranak-pinak. Itu berarti doktrin Maria Tetap Perawan adalah pepesan kosong.

9 thoughts on “Saudara-Saudara Perempuan Yesus

  1. mohon maaf bila sy berani bertanya suhu,apakah Ishak di katakan sulung? karna dia memberikan hak kesulungannya kepada Yakub,padahal Ishak anak ke dua?

    • Kisanak, Ishak adalah bapaknya Yakub, bukan kakaknya. Kakak Yakub adalah Esau. Yakub tidak pernah disebut anak SULUNG meskipun Esau dengan sukarela menjual hak anak sulungnya kepada Yakub.

  2. si Bengcoy menulis di atas:
    ” …….. Kata Ibrani “ach” dan kata Yunani “adelphos” artinya “saudara lelaki sebapa”.”

    ketahuan ngawurnya menyatakan bhw kata Yunani ADELPHOS artinya Saudara Lelaki SE-BAPA”.
    jika Alexander The Great sempat membaca tulisan ini, pasti dia mati tertawa saking konyolnya definisi yg dikarang si Bangcoy yg sok pinter …

    mencontoh kata2 Bangcoy sendiri … tulisan ini adalah fitnah dan penipuan publik ..!

  3. baca ini Bangcoy .. apa arti sesungguhnya kata Yunani ADELPHOS menurut kamus Yunani-Inggris LSJ.

    —————————————-

    ἀδελφός
    son of the same mother

    (Show lexicon entry in LSJ Middle Liddell) (search)
    ἀδελφός noun sg masc nom

    Word frequency statistics

    view as XML

    View this entry in a new window / back to top

    ἀδελφός α copul. , δελφύς; cf. Lat. couterinus
    ἀδελφοί are properly sons of the same mother:
    I.as Subst., ἀδελφός, ὁ, voc. ἄδελφε (not -φέ), ionic ἀδελφεός, epic -ειός:—a brother, or generally, a near kinsman, ἀδελφοί brother and sister, like Lat. fratres, Eur.; ἀδελφεοὶ ἀπ᾽ ἀμφοτέρων brothers by both parents, i. e. not half-brothers, Hdt.
    2.a brother (as a fellow Christian), NTest.
    II.adj., ἀδελφός, ή, όν, brotherly or sisterly, Trag., Plat.
    2.like Lat. geminus, gemellus, of anything in pairs, twin, Xen.:—then, just like, c. gen. or dat., ἀδελφὰ τῶνδε, ἀδελφὰ τούτοισι Soph.
    —————————————–

    pakar bhs Yunani menyebutkan arti ADELPHOS adalah: “son of THE SAME MOTHER” …
    ttp Bengcoy si pakar kitab alstensil mendefinisikannya sbg : Saudara Lelaki SE-BAPA.

    si Bengcoy rupanya juga belajar bhs Yunani dari kitab al-stensil yg dikarangnya sendiri.
    ini sungguh2 sebuah penipuan publik yg berisi fitnah …

  4. coba kau bantah definisi ADELPHOS di situs ini, coy ..
    http://en.wiktionary.org/wiki/%E1%BC%80%CE%B4%CE%B5%CE%BB%CF%86%CF%8C%CF%82

    kau katakan bhw arti ADELPHOS menurut kitab al-stensil adlh: “saudara lelaki SE-BAPA”, kalau perlu kau maki2 dan sumpahi editor web tsb spt kebiasaanmu kalau sudah panik tdk tahu lagi mana yg benar dan yg salah.

    tapi sebelumnya baca baik2 ini:
    |
    Etymology

    From ἀ- (copulative sense) and δελφύς “womb”
    |

    maksudnya, kata ADELPHOS itu adlh kompositum yg asalnya terdiri dari dua kata
    A + DELPHUS
    makna harfiahnya adlh: DARI RAHIM YANG SAMA .. OF THE [SAME] WOMB

    lalu kaum bapa mana yg memiliki RAHIM, coy ..
    apakah kau punya rahim di dalam perutmu …?

  5. Deuteronomii 18:15 Prophetam de gente tua et de fratribus tuis, sicut me, suscitabit tibi Dominus Deus tuus : ipsum audies,

    haha kalau kalau adhelpo diartikan saudara kandung.makaberapa saudara musa dalam ulangan 18.di.atas.emang Yesus saudara Musa?

    • Saudara Musa? tanya si Musa dong? Masa tanya suhu hai hai? Ha ha ha ha ….. Anda sudah Baca kisah Musah belum? Masak nggak tahu berapa jumlah saudaranya? ha ha ha ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.