Adi W Gunawan Membual Tentang Induksi Maut


Gambar: dinomarket.com

Adi W Gunawan: Teknik “Induksi” yang Dapat Mengakibatkan Kematian. Dalam dunia hipnosis/hipnoterapi ada sangat banyak teknik induksi. Secara umum terdapat 10 teknik dasar yang dapat diramu sedemikian rupa sehingga muncul sangat banyak varian. Namun, tahukah Anda, ada satu teknik “induksi” maut yang dapat mengakibatkan kematian. Apa teknik ini dan bagaimana cara kerjanya? Simak selengkapnya di http://www.AdiWGunawan.com.

Drg Locky Setio: Setuju pak Adi W Gunawan, di Kediri saya pernah memperingatkan seorang hypnotist yang membanggakan tehnik tersebut dan menerangkan apa yang bisa terjadi. Salam sukses selalu!

Windalfin Culmen: Baru 2 bulan lalu ketemu klien yang pernah di induksi dengan cara ini juga. Untungnya sudah di reedukasi. ilmu nyekek di jadiin induksi. hahaha

Teknik Induksi yang Dapat Mengakibatkan Kematian
7 Oktober 2013 14:18

Sekitar tiga tahun lalu saya pernah mendapat cerita dari seorang rekan sejawat hipnoterapis yang kebetulan menghadiri seminar hipnosis di kotanya. Dengan serius rekan ini menyimak materi yang disajikan oleh trainer. Dan memang ada banyak hal menarik yang bisa dipelajari.

Namun, ada satu hal yang menjadi keprihatinan rekan ini, yang ia sampaikan pada saya. Saat masuk ke sesi demo hipnosis, trainer ini berkata, “Saya punya teknik induksi yang sangat efektif untuk membawa orang masuk deep trance. Saya tidak perlu menggunakan suara, tidak perlu bicara seperti yang selama ini diajarkan di berbagai pelatihan. Saya jamin bila Anda mempelajari dan mempraktikkan teknik saya ini maka Anda pasti mampu membawa siapa saja masuk kondisi deep trance, walau ia menolak. Sekarang, siapa yang mau menjadi contoh di depan dan merasakan ampuhnya teknik induksi ini?”

Seorang peserta maju ke depan, naik ke panggung, kemudian duduk di kursi yang telah disediakan. Selanjutnya, si trainer melakukan induksinya pada peserta ini. Dan dalam waktu sekejap pandangan mata peserta ini menjadi nanar, mukanya pucat, dan lemas. Setelah itu, dengan yakin dan bangga si trainer berkata, “Anda lihat… mudah kan? Sekarang dia sudah masuk deep trance.”

Saat peserta ini dibangunkan dari kondisi “trance”, ia mengeluh kepalanya pusing dan keluar keringat dingin serta napasnya tersengal-sengal.

Kemarin, salah satu peserta pelatihan SECH, bercerita bahwa beberapa waktu lalu ia bertemu dengan seorang hipnoterapis. Hipnoterapis ini melakukan “induksi” padanya. Dan ia mengalami kondisi yang sama dengan subjek yang saya jelaskan di atas. Peserta SECH ini mengalami pandangan matanya tiba-tiba menjadi gelap seperti mau pingsan. Dan ia hampir tidak sadarkan diri. Saat ia dibangunkan, ia merasakan tubuhnya sangat tidak nyaman, agak gemetar.

Saya tidak mengenal trainer yang saya ceritakan di awal artikel ini. Demikian pula saya tidak mengenal siapa hipnoterapis yang “menginduksi” peserta SECH ini. Namun, dari penjelasan yang saya dapat, ternyata teknik “induksi” ini menggunakan cara yang sama. Dan ini yang ingin saya jelaskan di artikel ini.

Teknik “induksi” apa yang dilakukan oleh si trainer dan hipnoterapis sehingga sedemikian dahsyatnya memengaruhi subjeknya? Apakah benar subjek masuk kondisi deep trance?

Trainer dan hipnoterapis itu sebenarnya tidak melakukan induksi seperti yang dikenal dalam dunia hipnoterapi. Yang mereka sebut sebagai teknik “induksi” itu adalah satu tindakan yang sangat berbahaya. Mereka mengatakan melakukan induksi. Namun yang sebenarnya mereka lakukan adalah menekan arteri karotid, baik yang di leher sebelah kiri dan kanan. Arteri karotid adalah pembuluh darah utama yang memasok darah beroksigen ke kepala dan leher. Masing-masing memiliki dua cabang utama, arteri karotid eksternal dan internal. Arteri karotid ini dapat Anda rasakan dengan menyentuh lembut leher sebelah samping dan akan terasa adanya denyutan.

Tindakan ini sungguh sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan stroke iskemik, kerusakan otak, dan bahkan kematian. Subjek sebenarnya tidak masuk kondisi deep trance namun kehilangan kesadaran/pingsan akibat suplai darah ke otak terhambat. Bila tekanan di kedua arteri karotid ini dilakukan cukup kuat dan lama, subjek akan pingsan dan bahkan bisa meninggal.

Dari berbagai literatur yang pernah saya baca dan pelajari, khususnya yang membahas teknik induksi dalam hipnosis dan hipnoterapi, tidak pernah sekalipun saya menemukan teknik induksi dengan menekan arteri karotid kiri dan kanan. Jadi, ini bukan teknik induksi. Ini adalah teknik “induksi” yang tidak punya dasar ilmiah dan dipraktikkan oleh orang yang sama sekali tidak mengerti hipnosis atau hipnoterapi, dan tidak bertanggung jawab.

Bila suatu saat nanti Anda atau rekan Anda bertemu dengan orang yang mengaku sebagai hipnotis atau hipnoterapis yang berusaha menginduksi Anda dengan menekan leher sebelah kiri dan kanan maka jangan pernah ijinkan ia melakukannya. Anda bisa masuk “trance” dan tidak pernah lagi bisa keluar. Dengan bahasa yang lebih to the point, anda meninggal.

Bengcu Menggugat:

Dr. Adi W. Gunawan, ST, M.Pd, CHWA, CCH menyebut dirinya intelektual, akademisi, doktor pendidikan, clinical hypnotherapist, researcher, trainer, pakar mind technology, penulis 22 buku (17 terbitan Gramedia Pustaka Utama), dan dikenal sebagai Indonesia Leading Expert in Mind Technology dengan reputasi internasional yang sedang menyiapkan data riset mutakhir hipnoterapi klinis sebagai bahan disertasi meraih gelar doktor keduanya dan sejak tahun 2002 telah berbicara kepada lebih dari 100.000 peserta seminar dan workshop juga di bulan April 2012, sebagai pribadi, dan Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology mendapatkan 3 (tiga) penghargaan dan pengakuan internasional dari American Council of Hypnotist Examiners (ACHE), Amerika. Anda bisa mengunjungi websitenya dengan klik di SINI dan fb-nya di SINI.

Selain membuka klinik gigi, drg Loki  Setio Cht, CI (081234110050) adalah pendiri “Indonesian Trainers of Hypnosis” yang memberi pelatihan Hypnosis dasar, hypnotherapy, NLP dan Hypnosis for Dentistry. Dia juga pengarang buku “Belajar Kilat Menjadi HypnoDentist” dan “Dental Hypnosis “. Anda bisa mengunjungi websitenya dengan klik di SINI dan di SINI dan FB-nya di SINI.

Windalfin SE menyebut dirinya  hypnotist panggilan dan websitenya bisa dilihat  dengan klik di SINI dan fb-nya di SINI.

Kerabatku sekalian, di dalam film serial Kungfu, berkali-kali Kwai Chang Caine yang diperankan oleh David Carradine menunjukkan kesaktiannya membuat lawannya pingsan dengan menekan sebuah titik di leher yang letaknya tiga jari di kanan maupun di kiri puncak tulang kerongkongan. Di situlah letak arteri Karotis alias pembuluh nadi Karotis. Ketika naik persis di bawah tulang rahang, pembuluh nadi Karotis pecah menjadi dua yaitu: Arteri karotis eksternal yang mengirim darah ke wajah, dan arteri karotis internal yang mengirim darah ke otak.

Yang dimaksudkan oleh Adi  W Gunawan dan Loki  Setio serta Windalfin dengan “induksi” maut adalah menekan arteri karotis seperti yang dilakukan oleh Kwai Chang Caine untuk menghambat aliran darah ke otak. Benarkah tindakan demikian menyebabkan subyek pingsan karena kekurangan pasokan darah ke otak? Benarkah tindakan demikian sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan stroke iskemik dan kerusakan otak bahkan kematian?

Kerabatku sekalian, selain kedua arteri karotis di kanan kiri leher, otak juga mendapat kiriman darah dari dua arteri vertebralis di kiri kanan tulang belakang. Tekanan jari tidak akan menghambat aliran darah arteri karotis. Meskipun cekikan kuat menghambat aliran darah arteri karotis namun kebutuhan otak akan darah akan dicukupi oleh arteri vertebralis. Orang-orang yang dicekik tidak pingsan atau mati karena otak kekurangan darah namun karena tidak bisa bernafas sebab kerongkongannya dicekik.

Nah, kerabatku sekalian, nampak gamblang sekali. Adi  W Gunawan dan Loki  Setio serta Windalfin sama-sama MENIPU. Kesaksian mereka tentang induksi maut bukan kisah nyata namun omong kosong belaka.

Biarkan pembual terus membual sampai menyangkal bualannya sendiri! Kebenaran demikian sudah berkali-kali terbukti saat kita menguji kesaksian para pengkotbah Kristen. Kebenaran demikian kembali terbukti ketika kita menguji kesaksian ketiga hipnoterapist yaitu: Adi  W Gunawan dan Loki  Setio serta Windalfin.

38 thoughts on “Adi W Gunawan Membual Tentang Induksi Maut

  1. Bengcu jago kalo bicara Alkitab. Tapi kalau soal hipnotis, Bengcu kelihatan gobloknya. Coba kalau berani, kamu tekan arteri karotid anakmu selama 5 menit. Dijamin pasti mati anak kamu. Atau kalau tidak percaya, biar sini aku yang tekan leher anakmu. Tapi kalau mati, jangan nuntut aku ya.

    Untuk membuktikan tulisanmu benar, silakan rekam video saat kamu menekan arteri karotid anakmu, kiri dan kanan dengan kuat, selama 5 menit. Lalu, dipasang di Youtube. Biar orang semua tahu kalo yang kamu tulis ini benar. Kalau tidak berani, berarti kamu memang hanya PEMBUAL dan PENIPU.

    Kalau memang berani, coba kamu undang itu para pakar hipnotis dan hipnoterapi dan lakukan debat terbuka. Nanti akan kelihatan siapa yang benar dan siapa yang benar-benar goblok.

    Berani terima tantangan? Saya yakin Bengcu pasti nggak bakalan berani. Dia hanya berani berkoar-koar tapi nggak berani ambil tindakan.

    • @Tanaya, Kongzi berkata, “Belajar tanpa berpikir, SIA-SIA. Berpikir tanpa belajar, berbahaya.” Anda adalah orang yang MALAS belajar juga ngagk MIKIR. Orang-orang seperti anda saya sebut orang TOLOL alias orang yang kekeh jumekeh BERPERILAKU bodoh. Orang-orang GOBLOK seperti diri anda MENYANGKA dirinya HEBAT ketika MENANTANG hai hai MELAKUKAN sesuatu dan MERASA dirinya PEMENANG karena hai hai MENoLAK tantangannya. Ha ha ha ha ….. Petinju Chris John tidak menerima TANTANGAN petinju kampung, tentu saja hai hai menolak tantangan orang TOLOL bin GOBLOK seperti diri anda.

      ha ha ha ha …. apa gunanya saya buang DUIT untuk menyewa gedung dan membayar panitia lalu MENGUNDANG para hipnotist (master hipnoterapi) DEBAT sedangkan saya bisa MEMBONGKAR semua TIPUAN mereka LEWAT tulisan-tulisan saya di internet? Untuk apa saya merekam video MEMENCET arteri karotis selama 5 menit? Untuk MEMUASKAN hati orang TOLOL? ha ha ha ha … Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, hai hai tidak melakukan tindakan DUNGU demikian. Orang TOLOL seperti anda BIARLAH tetap TOLOL sampai kuda gigit jari. ha ha ha ha ha …

      Kisanak, kalau TIDAK TOLOL, setelah membaca tulisan hai hai anda pasti mencari tahu dengan SURVING Internet tentang arteri karotis dan arteri vertebralis. Kalau BIJAKSANA anda pasti segera menghubungi handai taulan yang DOKTER lalu mengajukan pertanyaan kepada mereka tentang arteri karotis dan arteri vertebralis dan apa akibatnya bila arteri karotis dipencet dengan JARI atau ditekan dengan DICEKEK.

      nah, kisanak, kalau anda kekeh jumekeh TOLOL, silahkan TOLOL sampai kuda gigit jari sendiri ya, JANGAN ajak-ajak hai hai. ha ha ha ha ha … Oh ya satu lagi, memangnya si Adi W Gunawan bersaksi INDUKSI maut dilakukan dengan MENCET Arteri karotis selama 5 menit? Ha ha ha ha … dasar TOLOL!

      • Bengcu TOLOL tidak berani menjawab tantangan aku. Tantangan aku simple. Satu, silakan Bengcu buat video menekan arteri karotid anakmu, sebelah kiri dan kanan secara bersamaan, kuat-kuat, selama lima menit. Kalau berani, saya tunggu videonya diunggah ke Youtube. Bengcu GOBLOK pasti sudah menyadari keGOBLOKannya dan tidak berani melakukan. Kenapa? Kalau dia lakukan, anaknya PASTI MATI.

        Tantangan kedua, kalau tidak berani mencet sendiri, sini biar aku yang pencet. Kapan Bengcu TOLOL ini berani terima tantanganku? Hayo dijawab. Tinggal tentukan tanggal dan jamnya. Aku akan ke rumah Bengcu dan melakukannya.

        Trus… untuk teman-teman… aku lihat.. provokasi Bengcu ini bertujuan untuk jualan bukunya. Aku dapat bukunya dari temanku dan aku bilang, “Kamu kok goblok amat mau saja ditipu oleh orang TOLOL kayak Bengcu. Bukunya nggak ada isinya.”

        Daripada teman-teman BELI buku Bengu yang tidak mutu, kalau mau tahu isinya, aku akan kirim ke alamat email teman-teman GRATIS. Saya sudah scan semua isi bukunya Bengcu IDIOT ini dan bisa aku kirim via email. Sudah aku kompres jadi file Pdf ukuran kecil.

        Kalau yang mau ebooknya bisa kirim email ke mtanaya61@gmail.com.

        Aku tunggu jawaban si IDIOT terhadap TANTANGANKU….

        • Kisanak, sekali lagi mohon maaf tanpa mengurangi rasa hormat, hai hai menolak permintaan TOLOL anda. silahkan kekeh jumekah TOLOL sampai kuda gigit jari dech.

          Buku Bengcu Menggugat Teologi Alam Roh di Mata Seorang Tionghoa Kristen, HAK CIPTANYA dilindungi Undang-Undang. Anda merasa diri HEBAT karena MERAMPOKNYA untuk dibagikan CUMA-CUMA kepada orang BANYAK? Ha ha ha ha ha …. Ibu anda pasti BANGGA sekali mengetahui anaknya adalah PERAMPOK hak CIPTA budiman. Ha ha ha ha ha …….

          • Artinya ANDA TOLOL dan GOBLOK sehingga tidak berani mengakuinya.

            Aku segera sebarkan ebook buku anda yang tidak bermutu itu supaya jangan banyak orang yang TERTIPU dengan BUALAN anda yang tidak berdasar. Nantikan dalam waktu dekat ebook buku Anda akan tersebar luas. Apa Bengcu juga mau ebooknya? Kalau mau aku kirim sekalian ya….

    • udah lah , bengcu itu orang gila kok , percuma di ladeni ntar jadi ketularan gilanya . suka mengkritik orang tanpa bukti

      • Kisanak, arteri karotis letaknya ada di bawah rahang. Gunakan jari anda untuk merasakannya. Cobalah untuk memencetnya. Pencetlah yang kiri dan yang kanan bersamaan. Jangan TAKUT untuk mencobanya sebab bila TIPUAN Adi W Gunawan benar, maka anda BISA melepaskan tekananya ketika mulai merasa hampir pingsan. Bila memencetnya dengan KERAS maka anda akan merasakan Otot leher sedangkan arteri karotis MELESAK ke dalam Otot. Itulah bukti Adi W Gunawan memang MENIPU tentang induksi yang membawa maut. ha ha ha ha …..

  2. tukang cukur semarang th 1992 sudah bisa begitu, saya membawa teman saya cukur (pertama kali cukur disitu) di tukang cukur langganan saya, selesai cukur teman saya dipijat atau ditekan tengkuknya langsung tidak sadar setelah kumisnya di potong/dikerok dan janggutnya teman saya disadarkan kembali .sebelumnya kalau cukur disitu saya tidak mau dipijat, tapi hari itu rasa ingin tahusaya ,rasanya kaya apa ya? maka saya minta dipijat biar gak sadar/deep trans , saya bilang sebentar saja pingsannya, saat itu tidak tahu apa namanya teknik tsb.setelah ditekan dari belakang leherkirikanan saya, hitungan ketiga mata mulai berat utk membuka/prepetprepet dan dari leher kekepala ada aliran prepetprepet itu menjalar kekepala, seperti orang pitam dalam hitungan ke 8 (sekitar 6 /delapan detik saya tidak sadar) memang selama 8 detik leher saya ditekan terus sampai tidak sadar, yang saya bingung saat itu bagaimana tukang cukur itu membangunkan saya dengan usapan dileher lembut saya sadarkan diri.hanya saya dibuat deep transe sebentar mungkin sekitar setengah menit.say.a tanya teman saya waktu saya ditekan mau memasuki deep trans katanya tangan saya kelojotan dan dalam hitungan beberapa detik saya pingsan.KEHEKEKEKEKEKEKKEKEKEKEK

      • Pak Bakri (madura ),jalan barito dekat ( pinggir jalan kiosnya warna hijau, kurang lebih 150 m ) dari jembatan kali barito, semarang, tanya namanya pasti tahu semua .Dia tidak menyampaikan kalau itu hipnotis saya tahunya teknik memiijat.(ibu jari dan jari tengahnya menekan 1titik tdk bergeser..setelah merasakan saya berpikir tukang cukur ini tahu ilmu totok jari JUGA.//KEHEKEKEKEKEKEKEKKEKEK. .

  3. haihai : Meskipun cekikan kuat menghambat aliran darah arteri karotis namun kebutuhan otak akan darah akan dicukupi oleh arteri vertebralis.
    >>>>>>>>>>>>>>>>
    Dari artikel-artikel kita ketahui ‘arteri karotis’ adalah pembuluh darah UTAMA untuk mensupplai kebutuhan otak akan oksigen. Penekanan pada pembuluh darah tersebut akan berakibat hilangnya kesadaran.

    Tulisan Adi W Gunawan tentang hal ini sangat bermanfaat untuk kita semua.

    Gara-gara hal tersebut haihai menyebut Adi W Gunawan seorang pembual ?
    Tolong carikan bukti lain yang lebih bermutu bahwa Adi W Gunawan benar-benar seorang pembual

    • dr. Cipto Chrisdiyanto: Yang mendarahi otak adalah arteri Carotis Interna, cabang dari arteri Carotis Communis dan arteri Vertebralis, cabang dari arteri Subclavia. Keduanya di dalam otak membentuk Anastomosis (berhubungan), namanya Sirculus Willisi. Jadi, kalau arteri Carotis TERSUMBAT maka yang mendarahi otak adalah arteri Subclavia dan SEBALIKNYA. Arteri Carotis dan Arteri Subclavia letaknya di DALAM dan dilindungi oleh OTOT, jadi, penekanan SATU jari dari LUAR tidak bisa MENYUMBAT total aliran darah.

      Kisanak, meskipun menyukai ilmu kedokteran sehingga mempelajarinya namun hai hai bukan DOKTER itu sebabnya saya melakukan KONFIRMASI tentang fungsi Arteri Karotis ke dokter. Tersebut di atas adalah jawaban yang saya dapat. Sebaiknya anda pergi ke DOKTER untuk melakukan KONFIRMASI sebelum pentang bacot sembarangan.

      Apakah menekan arteri Karotis dengan JARI bisa menyebabkan HILANG kesadaran alias PINGSAN? TIDAK mungkin. Apakah orang yang DICEKEK sehingga Arteri Karotisnya tertekan KUAT, pingsan karena arteri KAROTIS yang tercekik itu atau karena dia tidak bisa BERNAFAS? Karena TIDAK bisa BERNAFAS.

      Ha ha ha ha ha … Kisah menekan arteri Karotis menyebabkan PINGSAN adalah DONGENG. Menceritakan DONGENG sebagai kisah nyata namanya MEMBUAL! BUALAN Adi W Gunawan demikian memang SANGAT BERMANFAAT bagi orang-orang yang MENUTUP akal budinya dari KEBENARAN untuk DONGENG seperti anda. Kisanak, KALAU mau membela Adi W Gunawan sebaiknya anda lakukan dengan cara lain yang lebih BERMUTU. JANGAN DEBAT KUSIR! Ha ha ha ha …

      • haihai : …jadi, penekanan SATU jari dari LUAR tidak bisa MENYUMBAT total aliran darah.
        >>>>>>>>>
        Berarti penekanan lebih dari SATU jari di kiri dan kanan leher bisa MENYUMBAT total aliran darah.

        • Kisanak, jangan TOLOL! Arteri Karotis itu BERAPA besar ukurannya? Ha ha ha ha ….. kabel ADAPTOR HP anda paling sempurna TERTEKAN bila ditekan dengan SATU JARI. Bila adan menekannya dengan TELAPAK tangan maka tekanannya justru tidak sempurna. Ha ha ha ha … anda benar-benar GENIUS karna nggak peham kebenaran demikian. Ha ha ha ha ha ….. Meskipun kedua ARTERI Karotis DITEKAN dengan SEMPURNA, OTAK tidak akan KEKURANGAN DARAH sebab masih ada DUA arteri lain yang mengirim darah ke otak yaitu Arteri Vertebralis. Ha ha ha ha … CARI alasan yang lebih BERMUTU dong kisanak. Ha ha ha ha ha ….. mengaku PAKAR hipnotis yang SUDAH membaca SEMUA tulisan-tulisan Adi W Gunawan kok APOLOGETIKANYA mengenaskan sich? ha ha ha ha ha ….. K’cian dech lu! Sudahlah, sampaikan saja tulisan-tulisan saya ke Adi W Gunawan dan suruh dia BERTOBAT.

  4. Berikut petikan dari artikel di : http://judoinfo.com/chokes.htm

    All of these methods should be practiced and are useful for various situations. However the first choking method (strangulation) is stressed in Judo and is the most commonly taught in Judo classes around the world. Compression of the carotid arteries is desirable because it requires the least force, is the quickest acting of the choking techniques, is the most universally effective against all opponents, and it is most in keeping with the efficiency principle of Judo, “maximum effect with minimum effort.” Medical tests have established that the amount of pressure needed to occlude the arteries is six times less than the pressure needed to collapse the airway. Directly stopping the blood supply to the brain also results in loss of consciousness about six times faster than indirectly reducing oxygen in the brain through restricting breathing or the flow of air to the lungs.

    • Adi W Gunawan: Seorang peserta maju ke depan, naik ke panggung, kemudian duduk di kursi yang telah disediakan. Selanjutnya, si trainer melakukan induksinya pada peserta ini. Dan dalam waktu sekejap pandangan mata peserta ini menjadi nanar, mukanya pucat, dan lemas. Setelah itu, dengan yakin dan bangga si trainer berkata, “Anda lihat… mudah kan? Sekarang dia sudah masuk deep trance.” Saat peserta ini dibangunkan dari kondisi “trance”, ia mengeluh kepalanya pusing dan keluar keringat dingin serta napasnya tersengal-sengal.

      Kisanak, Menruut Adi W Gunawan, BERAPA lama waktu yang dibutuhkan oleh TRAINER untuk membuat PASIENNYA trance? SEKEJAP MATA. Apakah TRAINER itu melakukan INDUKSI dengan MENCEKIK pasiennya dengan JURUS shime waza alias mencekik dari belakang dengan LENGAN? Di samping itu, orang yang pingsna dicekik ketika sadar tidak akan tersengal-sengal.

      Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat lho. Cara berpikir anda sudah TERBUKTI mengenaskan. Mungkin sudah saatnya anda BERPIKIR dengan anggota tubuh yang lain, misalnya DENGKUL agar bisa lebih CERDAS sedikit? Ha ha ha ha ha ha …..

      judoinfo.com: Compression of the chest and lungs preventing the opponent from inhaling = Menekan DADA dan PARU-PARU untuk mencegah lawan MENARIK nafas.

      Kisanak, kalau belajar anatomi dan sistem metabolisme belajarlah kepada DOKTER bukan ke guru Yudo. Kalau mau belajar Yudo belajarlah kepada PAKARNYA, bukan ASAL comot di Internet. Ketika BELAJAR sebaiknya anda BERPIKIR. Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat lho. Andai kata memaing BERPIKIR maka Cara berpikir anda sudah TERBUKTI mengenaskan. Mungkin sudah saatnya anda BERPIKIR dengan anggota tubuh yang lain, misalnya DENGKUL agar bisa lebih CERDAS sedikit? Ha ha ha ha ha ha …..

      Nafas dada dilakukan dengan MEMBUSUNGKAN dada ketika menarik NAFAS dan MENGEMPISKAN dada ketika menghembuskan nafas. Orang BODOH pun membuat TEORI apabila seseorang DITEKAN dadanya sehingga TIDAK bisa MEMBUSUNG maka yang BERSANGKUTAN pun tidak BISA menarik NAFAS. Orang DUNGU yang membaca hal demikian pun MEYAKININYA sebagai kebenaran. FAKTANYA adalah Manusia juga bisa bernafas dengan nafas perut yaitu, membusungkan perut waktu menarik nafas dan mengempiskan perut waktu membuang nafas. Lebih-lebih lagi, antara tulang iga dan paru-paru ada rongganya, itu sebabnya meskipun dada tidak bisa membusung namun yang bersangkutan masih bisa bernafas dengan nafas pendek-pendek. untuk membuktikan yang hai hai TULIS benar dan yang diajarkan judoinfo.com ngaco belo tidak sulit. TEKAN saja dada anda dengan TANGAN anda. BERNAFASLAH tanpa membusungkan dada.

      judoinfo.com:Compression of the carotid arteries on one or both sides of the neck restricting the flow of blood and oxygen to the brain = Menekan arteri karotis di kedua sisi leher untuk mencegah aliran darah dan oksigen ke otak.

      judoinfo.com: Compression of the windpipe (trachea) stopping or reducing the flow of air to the lungs = Menekan pipa kerongkongan untuk mencegah masuknya udara ke paru-paru

      CEKIKAN shime waza dilakukan dari belakang lawan menggunakan lengan BAWAH. untuk merasakan DAMPAK cekikan anda bisa gunakan PUNGGUNG telapak tangan menekan LEHER anda sendiri. Untuk merasakan BENTUK cekikan anda bisa mencoba mencekik bantal atau guling. Yang paling baik adalah mencari seseorang untuk dicekik. Tidak mungkin mencekik kedua arteri karotis bersamaan. Cekikan pada salah satu arteri karotis dengan lENGAN sama sekali tidak memberi TEKANAN yang berarti. Itu sebabnya siapa pun yang MENGAJARKAN untuk mencekik arteri karotis dengan jurus shime waza, bukan saja tidak ilmu Yud juga tidak bisa ilmu bela diri sama sekali sebab CEKEKAN Shime waza diajarkan di semua ilmu bela diri kecuali tinju.

      Cekikan Shime waza yang benar adalah melintangkan pergelangan tangan KANAN di batang tenggorokan lawan sambil menggunakan TELAPAK tangan kiri untuk MENEKAN sisi kepala lawan agar tidak bisa bergerak. Untuk memaksimalkan tekanan maka anda bisa menopangkan tangan kanan di pergelangan tangan kiri dan lalu menggerakkan tangan kanan sebagai pengungkit. Tujuan cekikan Shime waza adalah mencekik kerongkongan lawan sekeras mungkin agar tidak bisa bernafas dan kesakitan.

      Nah, kisanak, CARi alasan yang lebih bermutu ya? Ha ha ha ha ha ha …. Pukulan yang tidak mematikan membuat yang dipukul semakin kuat. Itu sebabnya sekali hai hai MEMUKUL, pasti MATI. bila tidak MATI, hai hai tidak akan MEMUKUL. ha ha ha ha ha …..

      • Link yang saya berikan untuk membuktikan bahwa dalam Judo juga dikenal/dipelajari tekanan pada ateri karotis memberikan efek yang lebih cepat (dengan tenaga yang lebih sedikit) dibandingkan mencekik leher agar tidak dapat bernafas. Situsnya ditulis oleh pakarnya Judo (bukan situs abal-abal)

        Pendapat haihai yang berdasarkan dr. Cipto Chrisdiyanto perlu dibuktikan dilapangan (tidak hanya teori).
        Kita tunggu saja kesaksian/pengalaman dari yang lain.

        • Kisanak, saya sudah jelaskan bahwa tulisan di link yang anda tunjukkan ngaco belo. ha ha ha ha ….. pergilah ke dokter dan lakukan konfirmasi apakah yang hai hai tulis dan dikonfirmasikan oleh dr cipto chrisdiyanto benar? Cari dong ALASAN yang lebih bermutu. Ha ha ha ha …..Masak pakar hipnotis yang SUDAH membaca semua tulisan Adi W Gunawan cuman SEGITU bisanya? Ha ha ha ha ha …..

  5. @haihai, saya berikan data lagi agar wawasan anda semakin terbuka.
    Ternyata 90% supplai darah ke otak melewati arteri karotid, sisanya melewati arteri vertebral
    Menekan 1 arteri karotid tidak menimbulkan masalah, menekan keduanya : terjadilah seperti yang diceritakan Adi W Gunawan.

    Dari : http://writersforensicsblog.wordpress.com/2011/07/09/q-and-a-how-long-does-it-take-for-someone-to-die-from-carotid-artery-compression/

    Q and A: How Long Does It Take For Someone To Die From Carotid Artery Compression?
    09 Jul

    Q: How long does it take for someone to die if their carotid artery is compressed?

    A: The two carotid arteries lie in the front of the neck on either side of the trachea (windpipe) and carry blood from the heart to the brain. They supply 90% or so of the brain’s blood, with the rest coming from the two small vertebral arteries that travel along the spine and over the back-most portion of the brain. The carotids are interconnected in the brain so that in a normal individual compressing a single carotid artery will have little effect. Compressing both can cause a loss of consciousness in 15 to 20 seconds and death in 2 to 4 minutes.

    One general rule in medicine is that if the heart stops, the victim will lose consciousness in about 4 seconds if standing, 8 if sitting, and 12 if lying down. This simply reflects the effects of gravity on blood flow. These numbers would also mostly hold true if both carotids were suddenly pressed shut—not easy to do—see below. But, to the brain, the complete interruption of blood flow through carotids would look the same as it would if the heart had stopped. Either way, the brain would receive no blood supply, and the brain needs a continuous supply of blood to function and survive.

    Another medical truism is that dizziness, loss of consciousness, and sudden death are simply gradations along the same scale. That is, what makes you dizzy can make you lose consciousness, and what makes you lose consciousness can cause death. One of the things that can do this is compression of the carotid arteries. Brief compression, can cause dizziness, longer compression can cause loss of consciousness, and even a longer period of compression can cause death.

    A major variable in play here is how severely the arteries are compressed. If only partially collapsed, the victim might have no problems. Severe and almost complete compression can cause loss of consciousness and death in short order. And anywhere in between. Significant and potentially deadly compression can result from strangulation–either manual or ligature–hanging, or an aggressively applied choke hold.

    So, depending upon the nature, force, and duration of the compression, your victim could have no symptoms, become dizzy, lose consciousness, or die. Or could progressively move from one of these to the next. The time required for death could be a couple of minutes or many minutes if the compression is less severe or intermittent. As the victim struggled, he could intermittently release the strangle or choke hold and this would prolong the ordeal.

    All these variable means that you can have it almost anyway you want. The killer could overpower the victim, render him unconscious in 20 seconds, and kill him in 2 minutes. Or the struggle could go on for many, many minutes. It’s up to you.

    • The carotids are interconnected in the brain so that in a normal individual compressing a single carotid artery will have little effect. Compressing both can cause a loss of consciousness in 15 to 20 seconds and death in 2 to 4 minutes.

      A major variable in play here is how severely the arteries are compressed. If only partially collapsed, the victim might have no problems. Severe and almost complete compression can cause loss of consciousness and death in short order. And anywhere in between. Significant and potentially deadly compression can result from strangulation–either manual or ligature–hanging, or an aggressively applied choke hold.

      an aggressively applied choke hold.

      Adi W Gunawan:
      Seorang peserta maju ke depan, naik ke panggung, kemudian duduk di kursi yang telah disediakan. Selanjutnya, si trainer melakukan induksinya pada peserta ini. Dan dalam waktu sekejap pandangan mata peserta ini menjadi nanar, mukanya pucat, dan lemas. Setelah itu, dengan yakin dan bangga si trainer berkata, “Anda lihat… mudah kan? Sekarang dia sudah masuk deep trance.” Saat peserta ini dibangunkan dari kondisi “trance”, ia mengeluh kepalanya pusing dan keluar keringat dingin serta napasnya tersengal-sengal.

      Kisanak, Menurut Adi W Gunawan, BERAPA lama waktu yang dibutuhkan oleh TRAINER untuk membuat PASIENNYA trance? SEKEJAP MATA. Apakah TRAINER itu melakukan INDUKSI dengan MENCEKIK pasiennya dengan JURUS shime waza alias mencekik dari belakang dengan LENGAN? Cekikan yang lebih dasyat dari jurus Shime Waza harus dilakukan dengan KAKI. Namun itu pun hanya bisa MENCEKIK satu arteri karotis saja. Satu-satunya jalan untuk MENCEKIK kedua arteri karotis dengan sempurna adalah hukuman GANTUNG.

      Ha ha ha ha …. Sudahlah kisanak. Seperti yang saya katakan sebelumnya, hai hai tidak akan MEMUKUL bila tidak YAKIN pukulannya MEMATIKAN. Ha ha ha ha ha … Anda tahu? Tentu saja tidak sebab belum saya beritahu. 3 tahun sebelum saya menerbitkan buku, saya menghabiskan WAKTU untuk menguji 2 hal yaitu: KERASUKAN dewa-dewi dan HIPNOTIS. tulisan-tulisan Adi W Gunawanlah SASARAN utama untuk saya kuliti helai demi helai seperti menguliti bawang bombai. ha ha ha ha …. semakin berontak maka cekikannya akan semakin keras. ha ha ha ha …..

  6. haihai : Satu-satunya jalan untuk MENCEKIK kedua arteri karotis dengan sempurna adalah hukuman GANTUNG.
    >>>>>>
    Setelah MEMBUAL bahwa menekan kedua arteri karotis tidak akan membawa akibat fatal, haihai melanjutkan bualannya seperti diatas.
    Untuk membuktikan bualan haihai, tidak perlu dengan menggantung haihai, cukup dengan merelakan kedua arteri karotisnya ditekan secara bersamaan.
    Denyut jantung kita terasa jika kita meraba/menekan di arteri karotis yang membuktikan arteri tersebut cukup lembut.

    haihai : 3 tahun sebelum saya menerbitkan buku, saya menghabiskan WAKTU untuk menguji 2 hal yaitu: KERASUKAN dewa-dewi dan HIPNOTIS.
    >>>>>>>>>
    Menunggu 3 tahun dengan hasil NOL BESAR ?????
    Sungguh MENGENASKAN !!!!!

    haihai : hai hai tidak akan MEMUKUL bila tidak YAKIN pukulannya MEMATIKAN.
    >>>>>>>>>
    Ya, pukulan haihai sungguh MEMATIKAN………..DIRI SENDIRI !!!!

    • Kisanak, sudahlah. Kunjungi dokter dan bertanyalah kepadanya. Dengan demikian anda akan tahu bahwa Satu-satunya jalan untuk MENCEKIK kedua arteri karotis dengan sempurna adalah hukuman GANTUNG. Dan orang yang DIHUKUM GANTuNG mati bukan karena arteri karotisnya TERSUMBAT namun karena dia tidak bisa BERNAFAS. ha ha ha ha ha …… Anda hebat sekali ya? Dikasih CELAH langsung NYOSOR. ha ha ha ha …..

      KEDUA Arteri KAROTIS dan kedua arteri vertebralis bergabung untuk membentuk arteri basilar yang MENDARAHI otak. SEbaiknya anda pergi ke dokter untuk BERTANYA kenapa arteri vertebralis MENGGANTIKAN ketika Arteri Karotis tersumbat? Kalau pengetahuan FISIKA anda cukup baik maka tidak sulit untuk memahami kedua arteri tersebut seolah memahami SEBUAH pompa yang lalu TERPECAH menjadi dua saluran yang lalu MENYATU menjadi satu SALURAN. Bila salah satu SALURAN tersumbat maka saluran lain akan MENGGANTIKANNYA dengan penuh. hal demikian terjadi karena SISTEM alirannya TERTUTUP dan MENJADI SATU.

      Ha ha ha ha …. Hayo nak, cari lagi alasan lain yang BERMUTU. katanya PAKAR hipnotis dan SUDAH baca semua tulisan Adi W Gunawan? Kok nggak NGERTI bualan bualan Adi W gunawan ya? ha ha ha ha …. Sabar ya nak. tunggu sampai hai hai BONGKAR satu demi satu. Selanjutnya nanti kita lihat BUALANNYA tentang RASA SAKIT melahirkan ya? ha ha ha ha …..

      • haihai : Kisanak, sudahlah. Kunjungi dokter dan bertanyalah kepadanya. Dengan demikian anda akan tahu bahwa Satu-satunya jalan untuk MENCEKIK kedua arteri karotis dengan sempurna adalah hukuman GANTUNG.
        >>>>>>>>
        haihai bebal, bukankah saya sudah berikan link artikel yang ditulis oleh D. P. Lyle, MD. Ia seorang ahli forensik dan mengajar Masters of Criminal Justice Program dari 2009-sekarang di DeSales University. Biogafi lengkapnya di : http://www.dplylemd.com/DPLyleMD/Bio.html

        haihai : KEDUA Arteri KAROTIS dan kedua arteri vertebralis bergabung untuk membentuk arteri basilar yang MENDARAHI otak. SEbaiknya anda pergi ke dokter untuk BERTANYA kenapa arteri vertebralis MENGGANTIKAN ketika Arteri Karotis tersumbat?
        >>>>>>>>>>
        haihai bebal bukankah sudah dijelaskan oleh D. P. Lyle, MD. bahwa 90% supplai darah ke otak melewati arteri karotid, sisanya melewati arteri vertebral. Menekan 1 arteri karotid tidak menimbulkan masalah, menekan keduanya akan berakibat kematian.

        haihai hanya bisa menyarankan untuk bertanya ke dokter TANPA BERANI membuktikannya sendiri.

        Puluhan tahun haihai belajar kitab/filsafat Tiongkok dan Alkitab hasilnya : Seorang pembual yang tidak berani mengakui kesalahannya. Apakah haihai telah mengganti senjata ke 13 pendekar Tiongkok kuno dengan ilmu berkelit tanpa malu ???

        • Adi W Gunawan: Saat peserta ini dibangunkan dari kondisi “trance”, ia mengeluh kepalanya pusing dan keluar keringat dingin serta napasnya tersengal-sengal.

          Kisanak, ahli forensik? ha ha ha ha …. Anggap saja anda BENAR. Anggap saja yang ditulis oleh D. P. Lyle, MD. Tetap saja Adi W gunawan MENIPU sebab kesaksiannya PALSU. Memangnya penekanan Arteri KAROTIS menyebabkan subyek TERSENGAL-SENGAL? ha ha ha ha …. Sampai disini dulu dech. Percuma anda NGOTOT tentang penekanan arteri KAROTIS sebab sebab saat ini SUDAH banyak orang yang MENCOBA menekan KEDUA arteri KAROTISNYA dan NGGAK ada tuh yang PINGSAN. ha ha ha ha ….. Kisanak, percuma DEBAT untuk SESUATU yang BISA dibuktikan dengan MudAH. ha ha ha ha ….. UNGGAH saja orang yang DITEKAN arteri karotisnya lalu PINGSAN. ha ha ha ha ..

          • haihai : ….. Kisanak, percuma DEBAT untuk SESUATU yang BISA dibuktikan dengan MudAH. ha ha ha ha ….. UNGGAH saja orang yang DITEKAN arteri karotisnya lalu PINGSAN. ha ha ha ha ..
            >>>>>>>>>>>>>>
            Saya sampaikan petikan dari harian Kompas hari ini di halaman 3 :
            “Adalah merupakan kesalahan besar jika kita menyusun teori sebelum mendapatkan fakta-fakta secara lengkap” (Sherlock Holmes dalam Kisah Noda Kedua).

            Sebagai detektif abal-abal haihai (yang ingin menguliti Adi W Gunawan helai demi helai) telah melakukan KESALAHAN/KEBODOHAN BESAR karena menyerang tanpa didukung fakta-fakta secara lengkap.

            Sebagai PECUNDANG yang TIDAK TAHU MALU haihaipun BERKELIT dengan meminta orang lain untuk menyediakan/mengunggah fakta-fakta tersebut (yang seharusnya menjadi TANGGUNG JAWAB haihai untuk menyediakan fakta-fakta lengkap sebagai alat bukti tuduhannya).

            haihai sungguh seorang PECUNDANG yang ‘TIDAK BERTANGGUNG JAWAB’, dan ‘TIDAK BERANI MENGAKUI KESALAHANNYA’.

            • Kisanak, pukulan yang tidak mematikan membuat yang dipukul semakin kuat. Itu sebabnya setiap kali hai hai MEMUKUL, PASTI MATI. hai hai benar-benar MURAH HATI, itu sebabnya sebelum melancarkan PUKULAN dia selalu memberi kesempatan kepada orang yang dicoleknya untuk BERTOBAT dan membina diri.

              Anda menyebut D. P. Lyle, MD’s seorang AHLI forensik? Ha ha ha ha ha ha ha … coba dan klik linknya di SINI.

              Danielle Jacobs:
              August 7, 2013 at 12:01 pm – Question: If your carotid artery was sliced by a perpetrator how long would you have consciousness for inorder for you to get help? Also how long of life after such tragedy until you pass away?

              D.P. Lyle, MD: August 7, 2013 at 12:58 pm – Danielle–I don’t answer such questions here but rather only thru my website. I require certain info first. This can be found on the site. Please supply the needed info and resubmit your questions thru the website.

              James:
              October 9, 2013 at 4:45 pm – How much force needs to be applied to a carotid in order for it be compressed to the point of unconsciousness?

              D.P. Lyle, MD: October 9, 2013 at 4:49 pm – I don’t answer such questions on my blog but rather only thru my website as I require certain information beforehand. Visit my site at http://www.dplylemd.com and you’ll find the info needed to submit your questions.

              5—Lastly, for Medico-Legal reasons I DO NOT answer questions or make comments on REAL-LIFE CASES. This site is for writers of fiction only and questions and comments must be in the context of a fictional work.

              Bila anda membaca komentar-komentarnya, maka anda pun menemukan FAKTA kedua pertanyaan di atas DIJAWAB dengan jawaban yang SAMA yaitu si D.P. Lyle, MD TIDAK mau MENJAWABNYA di blognya namun mengundang untuk pergi ke WEBNYA. Apabila pergi ke WEBNYA dan bermaksud mengajukan kedua pertanyaan tersebut kepadanya maka anda pun menemukan Link INI dan salah SATU tulisan di sana bunyinya SEPERTI tersebut di atas.

              Nah, kisanak, apa arti pernyataan D.P. Lyle, MD tersebut di ATAS? Ha ha ha ha …. Artinya dia TIDAK MENJAWAB atau KOMENTAR tentang KASUS NYATA namun HANYA menulis tentang FIKSI dan pekerjaan FIKSI belaka. Ha ha ha ha ha ….. Nampak gamblang bukan siapa yang PECUNDANG dan siapa yang MENGUJI secara ilmiah? siapa yang ASAL copas dan siapa yang MENGUJI secara ilmiah? Ha ha ha ha …. tolong tanya Adi W Gunawan dong, kenapa dia HAPUS komentar saya di WALL FB dia? Kenapa dia BLOK saya sehingga nggak bisa komentar? TAKUT dikuliti helai demi helai seperti menguliti bawang bombai ya? Ha ha ha ha ha …..

  7. haihai : Nah, kisanak, apa arti pernyataan D.P. Lyle, MD tersebut di ATAS? Ha ha ha ha …. Artinya dia TIDAK MENJAWAB atau KOMENTAR tentang KASUS NYATA namun HANYA menulis tentang FIKSI dan pekerjaan FIKSI belaka
    >>>>>>>>>>>
    Dari : http://www.dplylemd.com/DPLyleMD/Home.html
    The information found on this site, my blog, and in my books is provided for use in the context of fiction writing and story telling or ‘for the development of a NON-FICTION WORK’ and should only be used for such purposes.

    Untuk mengajukan pertanyaan bisa dilakukan di : http://www.dplylemd.com/DPLyleMD/Contact.html

    • 5—Lastly, for Medico-Legal reasons I DO NOT answer questions or make comments on REAL-LIFE CASES. This site is for writers of fiction only and questions and comments must be in the context of a fictional work.

      Kisanak, untuk apa lagi DEBAT. Faktanya adalah D.P. Lyle, MD tidak MENJAWAB tentang KISAH nyata. Dia hanya menjawab tentang FIKSI belaka. ha ha ha ha ha …. Itu berarti pernyataannya tentang Arteri karotis hanya FIKSI belaka. Jangan komentar lagi kisanak. Kelihatan ngotot namun bodohnya anda. ha ha ha ha …

      • haihai : Kisanak, untuk apa lagi DEBAT. Faktanya adalah D.P. Lyle, MD tidak MENJAWAB tentang KISAH nyata. Dia hanya menjawab tentang FIKSI belaka. ha ha ha ha ha …. Itu berarti pernyataannya tentang Arteri karotis hanya FIKSI belaka. Jangan komentar lagi kisanak. Kelihatan ngotot namun bodohnya anda. ha ha ha ha …
        >>>>>>>>>>>>>>>
        D.P.Lyle, MD : Although I have endeavored to make the information ACCURATE and SCIENTIFICALLY CORRECT, many subjects are simply too complex to explain in detail while addressing the nuances and controversies of modern medical knowledge.

        • 5—Lastly, for Medico-Legal reasons I DO NOT answer questions or make comments on REAL-LIFE CASES. This site is for writers of fiction only and questions and comments must be in the context of a fictional work.

          kisanak, yang ditulisnya sangat tegas dan gamblang, tidak perlu diperdebatkan lagi. Baiklah kita akhiri sampai di sini saja. Dalam blog berikutnya Saya akan membongkar TIPUAN Adi W Gunawan Tentang hipnobirthing. Selanjutnya saya akan bongkar TIPUAN Adi W Gunawan tentang operasi HERNIA tanpa Anestesi.

          Anda tahu kenapa hai hai tidak MENGUNGGAH video rekaman dia menekan kedua arteri karotisnya? Karena dia mau membiarkan anda MEMBUKTIKAN kepada para pembaca bahwa anda bukan hanya DUNGU namun juga ASAL nyeruduk. Kenapa demikian? Karena CARA terbaik bagi siapa pun untuk MEMBUKTIKAN TIPUAN Adi W Gunawan adalah dengan MENEKAN kedua arteri karotisnya sendiri. Dan anda, kenapa anda tidak menekan kedua arteri karotis anda? Ha ha ha ha ha ….

    • dari http://www.dplylemd.com/DPLyleMD/Contact.html :
      …….
      5—Lastly, for Medico-Legal reasons I DO NOT answer questions or make comments on REAL-LIFE CASES. This site is for writers of fiction only and questions and comments must be in the context of a fictional work.
      >>>>>>>>>>>>>>
      Jelas disebutkan alasan tidak mau menjawab untuk REAL CASE karena ‘Medico-Legal’.
      (bukan karena tidak mampu).
      Jika kita tanya ‘Bagaimana cara membunuh yang paling efektif’ tentu ia tidak akan menjawab.
      Lain halnya jika kita sebagai ‘penulis cerita’ bertanya tentang mengarang cerita pembunuhan tanpa terlihat tanda kekerasan di tubuh.

      • 5—Lastly, for Medico-Legal reasons I DO NOT answer questions or make comments on REAL-LIFE CASES. This site is for writers of fiction only and questions and comments must be in the context of a fictional work.

        Mich: Jelas disebutkan alasan tidak mau menjawab untuk REAL CASE karena ‘Medico-Legal’.
        (bukan karena tidak mampu).

        Kisanak, tahukah anda apa arti frasa MEDICO LEGAL REASON?

        tahukah anda arti kalimat “This site is for writers of fiction only and questions and comments must be in the context of a fictional work”

        Jadi, kisanak, masalahnya bukan MAMPU atau tidak MAMPU, masalahnya adalah sang penulis menyatakan WEBSITENYA HANYA bagi PENULIS FIKSI saja. Dia hanya menjawab dalam KONTEKS pekerjaan FIKSI bukan KISAH NYATA.

        Kisanak, bila tidak DUnGU maka siapa pun yang membacanya akan tiba pada kesimpulan bahwa Sang PEnULIS menyatakan yang DITULISNYA bukan SCIENCE (ilmu pengetahuan) namun FIKSI ilmiah (Science FICTION). Yang ditulisnya TIDAK bisa DIPERTANGGUNGJAWABKAN secara MEDICO LEGAL REASON (Alasan Ilmu KEDOKTERAN yang SAH).

        • haihai : MEDICO LEGAL REASON (Alasan Ilmu KEDOKTERAN yang SAH).
          >>>>>>>>>>>
          Hahahaha….. ngakunya jagoan medis makanya membuat definisi sendiri.
          Jika cuma ‘Alasan Ilmu Kedokteran’ maka namanya ‘Medico Reason’, kemana tuh ‘Legal’ nya.
          Medico Legal Reason berarti karena alasan ‘medis’ juga ‘hukum’. Karena adanya alasan ‘hukum’ inilah maka DP Lyle tidak mau menjawab ‘Kisah Nyata’.

          Jika ada suatu kematian selain alasan medis juga diselidiki aspek hukum terhadap kemungkinan adanya tindak kriminal.

          haihai :

        • haihai : Kisanak, bila tidak DUnGU maka siapa pun yang membacanya akan tiba pada kesimpulan bahwa Sang PEnULIS menyatakan yang DITULISNYA bukan SCIENCE (ilmu pengetahuan) namun FIKSI ilmiah (Science FICTION).
          >>>>>>>>>>>>>
          Hanya orang yang Sungguh_sungguh DUNGU yang menyimpulkan hal diatas.

          DP Lyle : make the information ACCURATE and SCIENTIFICALLY CORRECT.

          Jelas informasi yg disajikan tepat dan benar secara sientifik.

          Ia tidak mau menjawab Kasus Nyata karena ada aspek ‘hukum’, bukan berarti apa yg ditulisnya mengenai medis adalah fiksi. Kisah boleh fiksi tapi analisis medisnya benar-benar ilmiah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.