Allah Tritunggal Adalah Ajaran Sesat


Gambar: piperbasenji.blogspot.com

Kerabatku sekalian, saat ini saya berumur 49 tahun. Sejak sekolah minggu saat berusia 9 tahun, saya diajari bahwa doktrin Allah Tritunggal adalah ajaran Alkitab. Apa yang harus saya lakukan ketika menemukan FAKTA bahwa doktrin Allah Tritunggal bukan hanya tidak diajarkan oleh Alkitab namun bertentangan dengan ajaran Alkitab? Saya memilih untuk Sacra Scriptura Sui Ipsius Interpress artinya saya  memilih untuk tidak menafsirkan Alkitab namun membiarkan Alkitab menyatakan dirinya sendiri dan mengerti ajaran Alkitab apa adanya saja. Saya memilih untuk SOLA SCRIPTURA, artinya HANYA Alkitab artinya memilih untuk meyakini ajaran Alkitab yang diajarkan Alkitab.

Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri. Efesus 2:8-9

IMAN adalah perasaan NYAMAN meyakini sesuatu. Umat Kristen BERIMAN bahwa Allah itu Tritunggal artinya mereka MERASA nyaman meyakini bahwa Allah itu Tritunggal. Pengetahuan manusia tidak membawanya ke sorga apalagi ke neraka. Pengetahuan seseorang akan Negara Kesatuan Republik Indonesia bukan syarat untuk menjadi Warga Negara Indonesia. Pengetahuan manusia akan ajaran Alkitab hanya berguna baginya untuk menjalani hidup lebih mudah sebagai manusia sama seperti pengetahuannya akan NKRI hanya berguna baginya untuk menjalani hidup lebih mudah sebagai WNI.

Dengan pemahaman demikian, mustahil MEMBENCI seseorang karena pengetahuan Alkitabnya lebih banyak atau lebih sedikit dibandingkan diri saya. Juga mustahil membenci seseorang karena dia MENOLAK untuk MEYAKINI yang saya yakini dan MEMELUK yang tidak saya yakini sebagai keyakinannya. Itu sebabnya, MENGINJIL alias BERDAKWA adalah MEMBERITAKAN apa yang diyakini kepada orang lain sebagai KABAR BAIK alias dikabarkan secara baik-baik dengan HARAPAN semoga BERMANFAAT meskipun TIDAK sepakat.

Sejak purbakala umat Kristen segala denominasi mengucapkan Pengakuan Iman Rasuli untuk mengungkapkan keyakinannya akan doktrin Allah Tritunggal dalam setiap misa atau kebaktian. Para teolog menuangkannya dalam konsili-konsili. Apakah hal demikian adalah JAMINAN 100% bahwa doktrin Allah Tritunggal pasti ajaran Alkitab? Tidak! Kenapa demikian? Karena umat Kristen sejati tidak pernah menjadikan konsili dan pengakuan atau keyakinan seseorang sebagai STANDAR kebenaran dan sumber pustaka. Alkitab adalah sumber pustaka dan standar kebenaran ajaran Alkitab alias ajaran Kristen.

Apabila terbukti! Doktrin Allah Tritunggal bukan ajaran Alkitab bahkan bertentangan dengan ajaran Alkitab. Apakah agama Kristen RUNTUH dan KEKRISTENAN luluh-lantak? Mustahil! Kenapa demikian? Karena agama Kristen adalah ajaran Alkitab, bukan doktrin Allah Tritunggal. Karena KEKRISTENAN didirikan di atas Tuhan Yesus Kristus, bukan di atas Allah Tritunggal. Karena keselamatan adalah ANUGERAH bukan PENGETAHUAN. Karena manusia diselamatkan oleh IMAN, bukan oleh PENGETAHUAN-nya.

Apabila terbukti! Doktrin Allah Tritunggal bukan ajaran Alkitab bahkan bertentangan dengan ajaran Alkitab, apakah itu berarti Alkitab SALAH? Mustahil! Kenapa demikian? Karena bila terbukti! Doktrin Allah Tritunggal bukan ajaran Alkitab bahkan bertentangan dengan ajaran Alkitab, itu HANYA berarti Doktrin Allah Tritunggal bukan ajaran Alkitab bahkan bertentangan dengan ajaran Alkitab. Alkitabnya sendiri TIDAK salah sebab yang terjadi bukan Alkitab SALAH namun ajaran Alkitab belum dipahami oleh generasi sebelumnya. Yang terjadi adalah ajaran Alkitab disalahpahami oleh generasi sebelumnya.

Apabila terbukti! Doktrin Allah Tritunggal bukan ajaran Alkitab bahkan bertentangan dengan ajaran Alkitab. Itu hanya berarti umat Kristen generasi ini dan selanjutnya MEMAHAMI ajaran Alkitab yang BELUM dipahami oleh generasi sebelumnya.

Kerabatku sekalian, nampak gamblang sekali bukan? Umat Kristen tidak perlu kuatir ketika doktrin Allah Tritunggal DIUJI dengan Alkitab sebagai STANDAR kebenaran. Para sarjana teologi Kristen tidak perlu TAKUT ketika doktrin Allah Tritunggal DIUJI dengan dengan Alkitab sebagai STANDAR kebenaran. Kenapa demikian? Karena yang BELUM diuji dan TERUJI tidak layak DIPUJI.

Allah Banyak Tunggal?

Allah Tritunggal = Tiga Pribadi SATU hakekat. TIGA pribadi adalah BAPA dan Putera dan Roh Kudus. Ada BERAPA Roh Kudus? SATU!

dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atas-Nya. Dan terdengarlah suara dari langit: “Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan.” Lukas 3:22

Setelah dibaptis oleh Yohanes pembaptis, Roh Kudus yang rupanya seperti burung merpati turun atas Yesus.

dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. Kisah Para Rasul 2:3

Pada hari Pentakosta murid-murid bersaksi melihat BANYAK Roh Kudus yang rupanya seperti litah-lidah api HINGGAP pada MASING-masing orang.

Dari Yohanes kepada ketujuh jemaat  yang di Asia Kecil: Kasih karunia dan damai sejahtera menyertai kamu, dari Dia, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, dan dari ketujuh roh yang ada di hadapan takhta-Nya,  Wahyu 1:4

Yohanes bersaksi tentang 7 Roh Allah yang MENYERTAI dengan kasih karunia dan damai sejahtera.

“Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Sardis: Inilah firman Dia, yang memiliki ketujuh Roh Allah dan ketujuh bintang itu: Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau dikatakan hidup, padahal engkau mati! Wahyu 3:1

Yohanes bersaksi tentang 7 Roh Allah yang dimiliki oleh DIA (dia bukan Yohanes).

Dan dari takhta itu keluar kilat dan bunyi guruh yang menderu, dan tujuh obor menyala-nyala di hadapan takhta itu: itulah ketujuh Roh Allah. Wahyu 4:5

Yohanes bersaksi tentang 7 Roh Allah yang rupanya seperti obor yang menyala.

Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembelih, bertanduk tujuh dan bermata tujuh: itulah ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi. Wahyu 5:6

Yohanes bersaksi tentang 7 Roh Allah yang rupanya seperti MATA.

Menurut ajaran Alkitab ada BERAPA Roh Kudus alias Roh Allah?

Minimal = 1 + BANYAK + 7

Berdasarkan FAKTA yang tercatat di dalam Alkitab maka doktrin SATU Roh Kudus adalah ajaran sesat karena bertentangan dengan ajaran Alkitab. Itu juga berarti doktrin Allah Tritunggal adalah ajaran SESAT karena bertentangan dengan ajaran Alkitab.

TUJUH bukan jumlah namun SIMBOL yang artinya SEMPURNA. TUJUH Roh Allah bukan TUJUH pribadi Roh Allah namun artinya Roh Allah yang sempurna. Itukah apologetika teologi reformed?  Yohanes bersaksi melihat TUJUH obor. Dia tidak bersaksi melihat SATU obor yang sempurna. Yohanes bersaksi tentang TUJUH Roh Allah, bukan SATU Roh Allah yang sempurna. Yohanes bersaksi melihat TUJUH mata, bukan SATU mata yang SEMPURNA. Yohanes tidak pernah bersaksi bahwa TUJUH artinya SEMPURNA. Dia juga tidak pernah bersaksi melihat TUJUH artinya melihat yang SEMPURNA.

Roh Kudus berkuasa untuk menampakkan diri dalam berbagai wujud yaitu: Burung merpati, lidah-lidah api, obor, mata dan lain sebagainya. Itulah bukti kemahakuasaan-Nya. Itukah apologetika teologi reformed?  Itu berarti Roh Kudus menguasai ilmu 72 wujud seperti milik Sun Go Kong?

Roh Kudus berkuasa untuk menjadi SATU atau TUJUH bahkan BANYAK. Itulah bukti kemahakuasaan-Nya. Itukah apologetika teologi reformed?  Itu berarti Roh Kudus menguasai ilmu SERIBU bayangan seperti yang dimiliki oleh Naruto?

Seharusnya teologi reformed tidak mengajarkan Allah Tritunggal namun Allah BANYAK Tunggal, bukan?

Allah Tri Duo

Yesus = Satu Pribadi DUA hakekat = Pribadi + hakekat manusia + hakekat Allah

Allah Tritunggal = Tiga Pribadi Satu Hakekat = Bapa + Anak + Roh Kudus + hakekat Allah

Bila doktrin Allah Tritunggal Teologi Reformed benar, bukankah seharusnya mengajarkan:

Allah Tri Duo = Allah TIGA pribadi DUA hakekat = Bapa + Anak + Roh Kudus + hakekat Allah + hakekat manusia

Kebenaran yang tidak konsisten mustahil kebenaran sejati.

Ketika Yesus Mati Roh Kudus dan Bapa ½ mati

Yesus = SATU pribadi DUA hakekat

Ketika Yesus MATI apanya yang MATI? Yesus mati 100%

Pribadi MATI, hakekat manusia dan hakekat Allah tidak mati = 1/3 mati

Hakekat manusia MATI, pribadi dan hakekat Allah tidak mati = 1/3 mati

Pribadi dan hakekat manusia MATI, hakekat Allah tidak mati = 2/3 mati

Pribadi dan hakekat manusia MATI dan hakekat Allah, semuanya mati = 100% mati.

Allah Tritunggal = Tiga Pribadi SATU hakekat

Hakekat Allah Yesus mati = Hakekat Allah Bapa mati = hakekat Roh Kudus Mati

Pribadi Bapa tidak mati namun hakekat-Nya mati = ½ mati

Pribadi Roh Kudus tidak mati namun hakekat-Nya mati = ½ mati

Yesus Mati = Roh Kudus dan Bapa ½ mati?

Hakekat Allah Yesus Mati, Pribadi Yesus mati = Hakekat Allah Roh Kudus dan Bapa Mati, Pribadi Roh Kudus dan Bapa mati.

Kalau Allah Tritunggal MATI, siapa yang bangkitkan?

Jadi sebetulnya waktu disalib itu Yesus 1/3 mati atau 2/3 mati atau Allah Tritunggal MATI?

Kenapa teologi reformed tidak pernah mengajarkan hal demikian di atas?

Tubuh dan Jiwa Bukan Hakekat dan Pribadi

Alkitab mengajarkan manusia adalah DIKOTOMI yaitu Tubuh dan jiwa. Manusia DIBENTUK dari DEBU tanah dan NAFAS Hidup. Debu TANAH menjadi TUBUH dan nafas HIDUP adalah ROH manusia. Ketika tubuh masih hidup ROH manusia disebut JIWA dan setelah tubuhnya mati, rohnya disebut ARWAH.

Alkitab mengajarkan manusia adalah TRIKOTOMI yaitu: Tubuh dan jiwa dan Roh. Manusia Trikotomi bentuk dari Manusia dikotomi (Tubuh + jiwa) dan Roh Kudus. Hal itu terjadi pada hari Pentakosta. Itu sebabnya manusia Trikotomi = Tubuh  + jiwa + roh.

Alkitab TIDAK pernah mengajarkan bahwa manusia itu dikotomi yaitu: HAKEKAT +  PRIBADI. Lalu dari mana para teolog reformed mendapatkan ajaran manusia Dikotomi = Hakekat + Pribadi, kemudian mengajarkan bahwa Yesus memiliki hakekat manusia? Dari entah berentah atau dari hongkong?

Teologi Reformed mengaku sola scriptura namun mengajarkan yang tidak diajarkan bahkan yang bertentangan dengan ajaran Alkitab sebagai ajaran Alkitab? Terlalu!

Bukan Meruntuhkan Namun Menguji

Handai taulanku sekalian, apa yang harus umat Kristen lakukan menghadapi fakta-fakta tersebut di atas? Memvonis tulisan ini SAMPAH lalu membuangnya ke tong sampah dan BERLAGAK tidak pernah membacanya serta memaksa diri untuk beriman alias merasa nyaman bahwa doktrin Allah Tritunggal adalah KEBENARANA ajaran Alkitab tidak menyelesaikan masalah sama sekali. Menggali Alkitab habis-habisan untuk memahami KEBENARAN-nya. Itulah satu-satunya jalan keluar bagi kita.

NB.
Untuk membaca blog-blog tentang Allah Tritunggal yang lain, silahkan klik di SINI.

Untuk membaca blog-blog tentang Kristologi yang lain, silahkan klik di SINI.

217 thoughts on “Allah Tritunggal Adalah Ajaran Sesat

  1. Isu trinitas sudah menjadi perdebatan di kalangan christian scholar dari jaman sebelum reformasi protestan. Bahkan beberapa tokoh reformasi protestan pionir seperti Luther dan Calvin memiliki pemahaman berbeda terhadap isu ini. Itulah sebabnya sampai sekarang, trinitas masuk dalam kategori doktrin. Sampai sekarang, isu ini masih dalam perhatian dan pembelajaran dalam komunitas christian scholar. Jadi sah-sah saja jika artikel dalam blog ini menawarkan persepsi dan argumen berbeda terkait isu ini.

    Terkait terjemahan alkitab, setiap terjemahan alkitab memiliki tujuan spesifik, itulah mengapa untuk inggris saja, terdapat banyak macam terjemahan. Metode yang dipakaipun berbeda-beda. Yang paling umum adalah metode literal (word-to-word) dan dinamis (thought-to-thought).
    Literal berusaha memberikan terjemahan secara akurat, namun susah dimengerti orang awam, karena itulah terjemahan ini biasanya digunakan oleh pelajar atau christian scholar.
    Dinamis berusaha mempertimbangkan konteks lain seperti sejarah dan tradisi. Dinamis memiliki resiko ketidakakuratan, tapi tujuan utama terjemahan tipe ini adalah untuk lebih mudah dimengerti kalangan awam. Dan menurut saya, mengingat sejarah penyebaran Kristen di Indonesia, LAI masuk kategori dinamis.

    Agar lebih objektif, sebaiknya kritik terhadap reformed lebih spesifik dan eksplisit ditujukan terhadap ajaran siapa dan thesis yang mana. Karena generalisasi untuk semua reformed juga bisa menyesatkan para pembaca.

    Menurut saya, artikel-artikel di blog ini berusaha memahami alkitab dari perspektif keakuratan (word-to-word). Namun, dalam beberapa konten, masih bersifat argumen atau pendapat penulis, seperti bagaimana penulis berusaha menjelaskan dengan menominalkan definisi trinitas.

    Saya apresiasi keinginan dan perhatian penulis blog ini untuk “menguji” pemahaman yang ada atau umum di Indonesia, dan saya juga tetap mengingatkan semua pembaca untuk juga selalu menguji setiap artikel dalam blog ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.