Bukan Jimat dan Roh Jahat Namun Hepatitis C


Om Sun (bukan nama sebenarnya) telah meninggal namun perilakunya selama sakit benar-benar MEMICU prasangka dan MEMACU perdebatan.  Roh-roh jahat yang dulu memberinya jimat kembali untuk menagih hutangnya.

Umur om Sun 70 tahun (bukan umur sebenarnya) dan selama ini dikenal sebagai jemaat yang saleh dan logis serta kritis namun sangat aktif. Itu sebabnya dia dikenal baik oleh seluruh jemaat dan sangat dihormati. Banyak yang menjadikannya tempat bertanya dan minta nasehat.

Selama sakit, om Sun beberapa kali berteriak-teriak panik karena dikejar-kejar. Dia juga berkali-kali berteriak-teriak kepanasan meskipun seluruh pakaiannya telah ditanggalkan dan suhu ruangan direndahkan. Om Sun juga bererapa kali menyatakan sudah dijemput namun dia menolak untuk pergi.

Handai taulannya bahu membahu berdoa untuk om Sun. Namun alih-alih sembuh, om sun justru KOMA. Karena nggak tega melihat penderitaannya, beberapa orang jemaat pun berdoa dengan sungguh-sungguh agar Tuhan bertindak. Bila tidak mau menyembuhkan sebaiknya panggil saja pulang. Seorang teman membujuknya agar tidak kuatir dengan yang akan ditinggalkan dan gembira untuk menyambut yang akan ditemuinya di seberang langit biru. Om Sun pun meninggal.

Waktu muda om Sun suka berkelana ke tempat-tempat keramat untuk mencari kesaktian. Bukan hanya berkunjung namun tidur di tempat-tempat keramat yang didatanginya bahkan melakukan tata sembah (ritual) untuk mendapatkan berkat dan kesaktian. Waktu muda om Sun punya banyak jimat. Itulah cerita yang beredar di antara jemaat. Namun, om Sun sudah membuang semua jimatnya. Mungkin om Sun belum melakukan doa pemutusan dengan jimat-jimatnya dan mengusir roh-roh jahat yang memberi jimat-jimat kepadanya dalam nama Yesus. Mungkin kuasa roh-roh jahat belum dipatahkan, makanya unjuk gigi menyatakan keberadaannya. Mungkin roh-roh jahatnya unjuk gigi menagih janji atau sumpah om Sun. Itulah perdebatan di antara jemaat.

Harapan adalah milik manusia yang mustahil dirampas darinya. Harapan! Manusia akan melakukan apa saja untuk mewujudkan HARAPANNYA. Mereka yang bertindak untuk mengejar harapannya tidak pernah menyesali tindakannya meskipun harapannya kandas. Namun mereka yang TIDAK bertindak mengejar harapannya selalu menyesali TINDAKANNYA. Umumnya mereka pun menjadi MR. ANDAI KATA yang hidup berandai-andai dirinya BERTINDAK mengejar harapannya sehingga harapannya pun menjadi KENYATAAN.

NAMANYA JUGA USAHA! Itulah HARAPAN! Itu sebabnya sejak lama saya belajar membina diri untuk menahan diri agar tidak menghalangi seseorang mengejar harapannya meskipun TAHU pasti harapannya akan KANDAS. Selama tidak menyelesaikan masalah dengan masalah, dukunglah tindakannya mengejar harapannya. Ketika harapannya kandas, temani dia. Bila dia tidak mau ditemani, cukup tunjukkan bahwa diri ini selalu ada dan siap sedia baginya. Biarkan dia berharap. Dukunglah dia mengejar harapannya. Jadilah penerang agar dia bisa melihat harapannya  dengan gamblang juga melihat cara-cara dia mengejar harapannya dengan terang.

Bagaimana dengan kepribadian om Sun sebelum sakit? Apakah dia seorang yang logis? Apakah dia seorang yang tabah? Apakah dia seorang yang realistis? Apakah dia seorang yang berjiwa besar? Itulah pertanyaan yang kuajukan ketika teman itu memberitahuku bahwa kondisi om Sun semakin parah. Apabila perilaku om Sun bertolak belakang dengan perilakunya sehari-hari, itulah pertanda bahwa dia tidak sehat AKAL BUDI. Tidak sehat akal budi adalah pertanda kerusakan jaringan otak. Itulah pertanda kematian jaringan tubuh. Sesungguhnya saya sedang memberitahu  teman tersebut agar dia bersiap-siap untuk sebuah perpisahan dengan sahabat tuanya. Untuk sebuah kata yang lebih baik bagi penjelasan saya di atas adalah: Sahabat tuanya sudah menunjukkan tanda-tanda MAUT sedang menjelang karena sel-sel otaknya mulai mati.

Apabila aku bersaksi kepada handai taulan bahwa aku telah bercerita tentang banyak hal kepada om Sun, memberi tahu dia  agar tidak usah kuatir sebab yang biasa dilakukannya sudah ada yang melakukannya dengan baik, memberi tahu dia bahwa kematian adalah perpisahan dengan yang di dunia namun PERTEMUAN dengan yang telah mendahului, juga memberitahunya bahwa dari seberang langit biru pun dia tetap punya cara untuk peduli dengan yang ditinggalkannya di dunia? Benarkah bila aku bersaksi bahwa om Sun mendengar ceritaku dan memahaminya, itu sebabnya dia terharu dan meneteskan air mata?

Kerabatku sekalian, teologia REFORMED mengajarkan bahwa Iblis adalah penghulu malaikat yang memimpin sepertiga malaikat melakukan kudeta di sorga. Setelah dikalahkan oleh Michael dan para malaikatnya Iblis dan malaikat-malaikat jahatnya pun dibuang ke bumi. Karena pemberontakannya, meskipun kehilangan KESUCIANNYA namun para malaikat jahat sama sekali TIDAK kehilangan KESAKTIANNYA. Di bumi malaikat-malaikat jahat gentayangan sebagai roh-roh jahat dan dewa-dewi yang memberi imbalan harta dan kuasa serta kesaktian kepada manusia-manusia yang menyembahnya. Itu sebabnya hal-hal GAIB alias MUJIZAT yang tidak berasal dari Allah pasti berasal dari malaikat jahat alias dari roh-roh jahat alias dari dewa-dewi alias dari Iblis. Para sarjana teologi reformed menyebut ajarannya OKULTISME (kuasa kegelapan) alias Satanologi (ilmu tentang Iblis). Saya menyebut ajaran mereka DOKTRIN IBLIS MENYAMAR menjadi dewa-dewi.

Handai taulanku sekalian, pernahkah anda menguji SATANOLOGI teologi reformed? Apakah doktrin Iblis menyamar sebagai dewa-dewi adalah ajaran Alkitab? Mengajarkan yang tidak diajarkan Alkitab sebagai ajaran Alkitab namanya MEMBUAL. Mengajarkan yang bertentangan dengan ajaran Alkitab sebagai ajaran Alkitab namanya menyesatkan.

Alkitab Perjanjian Lama sama sekali tidak mencatat kisah Iblis (Satan) gentayangan di dunia untuk membujuk manusia menyembahnya dengan iming-iming harta kuasa dan kesaktian. Perjanjian Lama hanya mencatat kisah Iblis beraksi di dunia sebagai utusan TUHAN (YHWH) untuk mewujudkan kehendak TUHAN. Perjanjian Lama juga tidak mencatat kisah roh-roh jahat gentayangan di dunia untuk membujuk manusia menyembahnya dengan iming-iming harta kuasa dan kesaktian. Perjanjian Lama mengajarkan bahwa dewa-dewi yang disembah bangsa-bangsa adalah berhala. Perjanjian Lama mengajarkan bahwa berhala adalah CIPTAAN manusia, berhala tidak bernyawa alias tidak berjiwa alias tidak ada rohnya. Berhala tidak berkuasa untuk berbuat baik apalagi berbuat jahat.

Alkitab Perjanjian Baru sama sekali tidak mencatat kisah Ibis (Diabolos; Satanos) gentayangan di dunia untuk membujuk manusia menyembahnya dengan iming-iming harta kuasa dan kesaktian. Perjanjian Baru hanya mencatat kisah Iblis membujuk Yesus untuk menyembahnya. Perjanjian Baru sama sekali tidak mencatat kisah setan-setan (daimonion) gentayangan di dunia untuk membujuk manusia menyembahnya dengan iming-iming harta kuasa dan kesaktian. Perjanjian Baru hanya mencatat kisah setan-setan merasuki orang Yahudi dan menyebabkan mereka gila dan ketika melihat Yesus mereka segera menyembah-Nya dan bersaksi bahwa Yesus adalah Anak Allah Yang Mahatinggi. Perjanjian Baru mengajarkan bahwa dewa-dewi yang disembah bangsa-bangsa adalah berhala. Perjanjian Baru mengajarkan bahwa berhala adalah CIPTAAN manusia. Berhala tidak bernyawa alias tidak berjiwa alias tidak ada rohnya. Berhala tidak berkuasa untuk berbuat baik apalagi berbuat jahat.

Karena Alkitab tidak mengajarkannya itu berarti doktrin Iblis menyamar menjadi dewa-dewi adalah bualan para sarjana teologi belaka. Karena bertentangan dengan ajaran Alkitab itu berarti doktrin Iblis menyamar menjadi dewa-dewi adalah ajaran sesat. Bila demikian, bagaimana dengan jimat-jimat dan kesaktian yang diperoleh dari dewa-dewi? Karena dewa-dewi tidak ada itu berarti jimat-jimat dan kesaktian-kesaktian dari dewa-dewi pun sama sekali tidak ada. Bila demikian, bagaimana dengan kesaksian para dukun tentang jimat-jimat dan kesaktian mereka? Karena demikian maka jimat-jimat dan kesaktian para dukun bukan hal nyata namun pepesan kosong belaka. Bila jimat-jimat dan kesaktian para dukun bukan hal nyata namun pepesan kosong belaka, lalu bagaimana dengan kesaksian pada pengkotbah mantan dukun tentang jimat-jimat dan kesaktian-kesaktian yang mereka miliki ketika menjadi dukun? Kesaksian mereka bukan kisah nyata namun omong kosong belaka. Apabila informasinya cukup maka kita bisa menguji kesaksian pengkotbah mantan dukun secara logis dan ilmiah untuk membuktikan apakah kesaksian mereka adalah kisah nyata atau pepesan kosong belaka? Namun kita tidak akan melakukannya saat ini. Kali ini kita akan menguji apa yang sesungguhnya terjadi pada om Sun.

Om Sun menderita sakit hati (hepatitis C). Hepatitis C yang tidak ditangani dengan benar akan mengakibatkan hepatitis C menahun (kronis). Hepatitis C kronis akan mengakibatkan sirosis (hati mengeras) dan atau kanker hati. Yang dialami oleh om Sun adalah SIROSIS alias pengerasan hati. Pengerasan hati akan menyebabkan MALFUNGSI otak (hepatic encephalopathy) alias GAGAL Otak. Gagal Otak ringan menyebabkan HILANGNYA kewarasan. Hilangnya kewarasan ringan adalah lupa, yang lebih berat adalah perubahan kepribadian, yang lebih berat lagi halusinasi dan mimpi buruk, yang lebih berat lagi GILA. Gagal otak berat menyebabkan KOMA dan KEMATIAN.

Kerabatku sekalian, yang terjadi pada om Sun adalah proses GAGAL OTAK. Mula-mula mereka yang membesuknya melihat perubahan KEPRIBADIANNYA. Kemudian dia mulai berhalusinasi  dan mimpi buruk. Kemudian dia menjadi gila dan akhirnya KOMA lalu MENINGGAL. Tidak ada jimat-jimat sama sekali. Tidak ada kerasukan roh-roh jahat sama sekali. Tidak ada roh-roh jahat yang unjuk gigi sama sekali. Karena yang terjadi adalah gagal otak yang disebabkan oleh Hepatitis C kronis.

Mungkinkah saat KOMA, om Sun mendengar dan memahami kalimat-kalimat sahabatku? Itu sebabnya dia terharu dan meneteskan air mata? Saya tidak tahu! Saya hanya bisa katakan bahwa mata selalu meneteskan air mata untuk melumasi bola mata. Proses tersebut terjadi secara reflek. Saya tidak tahu apakah om Sun meneteskan air mata karena terharu atau karena fungsi matanya terganggu? Namun itu bukan masalah, karena masalahnya adalah sahabatku mengasihi sahabat tuanya dan menyangka sahabat tuanya kekeh jumekeh bertarung untuk sembuh karena kuatir dengan orang-orang yang disayanginya. Itu  sebabnya dia memberitahu sahabatnya untuk  jangan kuatir dan silahkan meninggalkan dunia fana ini ke seberang langit biru sebab semua yang biasa dilakukannya telah dilakukan orang lain dengan baik dan dari seberang langit biru pasti ada cara untuk tetap peduli dengan yang ditinggalkannya di dunia. Sahabatku BERHARAP sahabat tuanya mendengar dan memahami kalimat-kalimatnya. Dia BERTINDAK untuk mengejar HARAPANNYA dengan bercerita. Karena SUDAH melakukan yang INGIN dilakukannya maka dia TIDAK akan menjadi Miss ANDAIKATA.

Harapan adalah milik terakhir seseorang. Itu sebabnya ketika harapannya pupus harapann baru pun semi.

60 thoughts on “Bukan Jimat dan Roh Jahat Namun Hepatitis C

  1. @Sampai hari ini masih banyak orang Kristen yang lebih percaya tentang jimat-jimat dan roh jahat yang tidak diajarkan Alkitab. Lucunya mereka menyebut itu adalah ajaran Alkitab, apalagi jika disampaikan oleh seorang “hamba Tuhan” yang punya kuasa mengusir setan, menyembuhkan penyakit, dll. Meskipun mengaku beriman, banyak orang Kristen yang suka ketakutan sendiri ketika berada di suatu tempat tertentu (misalnya gelap atau sepi), karena dianggap ada setan. Atau takut dengan benda-benda berupa patung dewa-dewi maupun jimat-jimat. Saya sering jelaskan apa bedanya setan-setan, berhala, jimat, dan hal-hal yang dianggap supranatural lainnya yang di catat di Alkitab dengan yang berasal dari dukun-dukun. Sayangnya, umumnya mereka lebih percaya cerita yang berasal dari dukun dan memberi alasan yang kelihatannya Alkitabiah. Seringkali saya juga coba ikuti pemikiran mereka yang percaya hal-hal konyol tapi kemudian memberi tantangan dengan berkata kepada mereka “KALAU KAMU PERCAYA TUHAN, KENAPA TAKUT SAMA SETAN!” Ujung-ujungnya, tetap saja mereka yang mengaku percaya Tuhan selalu ketakutan dengan tempat atau benda yang katanya ada setannya. Cape deh….

    • @kalebyosua, salah satu alasna utama saya belum MENERBITKAN BuKu Bengcu Menggugat Teologi Alam roh Di Mata seorang Tionghoa Kristen, adalah karena BELUM MAMPU menemukan CARA-CARA SEDERHANA namun ILMIAH dan LOGIS untuk MENGuJI segala hal-hal yang DISEBUT GAIB. MENJELASKAN CARA dan MEMACI orang untuk MENGUJI. itulah yang SULIT.

      • @hai hai, yang lebih sulit itu mengubah pola pikir orang Indonesia, termasuk yang kristen, karena sudah dari kecil mendengar cerita-cerita gaib. Saya juga sejak kecil sangat percaya hal-hal yang berbau supranatural, tapi karena rasa ingin tau tentang hal-hal seperti itu akhirnya saya justru menemukan tipuan-tipuannya. Sayangnya ketika mencoba menjelaskan kepada orang kristen tentang apa yang sudah saya ketahui, tetap saja mereka sangat sulit sekali untuk percaya. Yang ada justru saya yang dianggap sudah sesat. Cape lagi deh….. HAHAHAHAHAHA……

        • @kalebyosua, setuju dgn anda. Ketika saya mencoba menjelaskan ttg bualan kisah2 roh jahat, cerita2 kesurupan yang terjadi disekitar mereka, malah dianggap tidak percaya Alkitab. Disamping yang anda katakan ttg pola pikir kita yg sdh terbentuk sejak kecil untuk percaya dengan cerita-cerita mistik, juga semakin diperparah oleh para pengkotbah yang berdiri di mimbar-mimbar gereja mengajarkan dongeng-dongeng tentang betapa hebatnya roh-roh ini dan itu, betapa hebatnya dirinya ketika msh praktek sbg dukun, dll sebagai KEBENARAN.
          Yah..kisah-kisah mistik memang lebih menarik didengar karena lebih seru…makanya banyak yang suka, liat aja tuh film2 horor dan berbagai acara2 tv dgn tema horor/mistik tetap eksis..soalnya ratingnya bagus…makanya kalo kotbah2 bertema mistik, alam roh, dunia gaib, meskipun isi kotbahnya cuman dongeng belaka tapi banyak yang suka dan malah mempercayainya sebagai kebenaran…hahahaha..

        • @kalebyosua, mereka punya waktu seumur hidup untuk BELAJAR dan kita juga punya waktu seumur hidup untuk MENGAJAR. Oleh karena itu mari kita nikmati saja perjalanannya. ha ha ha ha .. Namanya juga usaha!

  2. @hai hai bengcu dan @kalebyosua salam kenal semua ya.. 🙂 maaf kalau sebenarnya saya bukan bermaksud untuk menyinggung atau bagaimanapun.. saya itu heran saja dengan percakapan kalian semua.. saya heran.. kalau kalian memang tidak percaya hal – hal yang berbau Yesus atau berbau mistik kenapa kalian harus heboh untuk membahas hal – hal yang kalian tidak percayai.. buat apa susah susah buat blog, ngomong kurang bermutu.. kalau mau politik mbuk ya politik aja.. tidak usah membawa yang namanya hal supranatural ataupun hal berbau gereja.. toh ya kalian tidak percaya hal – hal gerejawi.. kalian dan saya masih hidup dalam daging,, dan manusia itu bebal sehingga untuk mempercayai hal – hal yang mistik pun mereka menolak.. maaf semuanyaa ya.. cuma saya menyarankan seperti itu.. matur nuwun.. JBU 🙂

  3. “Itu sebabnya sejak lama saya belajar membina diri untuk menahan diri agar tidak menghalangi seseorang mengejar harapannya meskipun TAHU pasti harapannya akan KANDAS”

    ko, bukannya itu artinya membiarkan orang yang berharap itu menantikan sesuatu yang tidak pasti? bukan nya itu justru menyakitkan, ketika seseorang mengharapkan sesuatu yang semu, ada 2 kemungkinan yang terjadi ketika org itu sadar kalau harapan nya semu, yang pertama dia akan kecewa dan menyalahkan keadaan, yang kedua dia akan putus asa, dan gak mau berharap lagi, apa tidak lebih baik memberitahu kemungkinan sedari awal?

    memang ada kemungkinan lain, mungkin selagi di support dengan baik orang itu akan menerima kalau harapannya telah kandas, tapi… ???? (berfikir….)

    lalu, jika ada babi ngepet, tuyul, pesugihan, nyi roro kidul, yang konon, sudah terbukti di masyarakat, itu iblis, setan, dedemit, malaikat jahat, atau apa namanya ko?

    • @aletheaminerva, JADILAH PENERANG. Itulah yang saya suka. Kepada handai taulan saya senantiasa belajar untuk HANYA menjadi PENERANG, bukan PENUNJUK JALAN. Saya MENERANGI dan mereka MELIHAT sendiri jalannya.

      Babi ngepet, tujul, pesugihan, nyai roro kidul dan semua ilmu GAIB lainnya SUDAH TERBUKTI? Siapa yang MEMBUKTIKANNYA? BANYAK orang BERSAKSI namun semuanya DOnGENG belaka, terutama KESAKSIAN para pengkotbah MANTAN DUKUN, misalnya Daud Tony dan Eku Hidayat. Tunggu saja buku saya terbit. Judulnya: Bengcu Menggugat Teologi Alam roh Di Mata Seorang Tionghoa Kristen. Isinya GUGAT tuntas semua TIPUAN pengktobah mantan dukun, DUKUN bahkan hipnoterapis.

      • ” JADILAH PENERANG”
        Ehmmmm….., begitu ya maksudnya, sepertinya theia salah mengertikan… terimakasih deh

        di tunggu di tunggu bukunya, kalau sudah terbit langsung kasih tau ya…. penasaran, pingin baca dongeng pengkotbah mantan dukun, GPL alias gak pake lama ya ko, good luck

      • @hai hai, Daud Tony sama Eku Hidayat, keduanya sama saja. Kotbah-kotbah mereka bukan menceritakan tentang Yesus, tapi kehebatan ilmu-ilmu lama mereka, hanya saja ditambah “sudah kalah oleh Yesus”. HAHAHAHA…. Saya tunggu bukunya…

        • @kalebyosua, anda benar. Namun saya mendapat BOCORAN kalau Sejak tulisan hai hai di internet maka semakin hari ORDER kotbah Daud Tony semakin MENYUSUT dan saat ini dia bisa dibilang sudah GULUNG tikar. ha ha ha ha ha ha …

  4. sorry ya hai.. hai… ak mau tanya… bukannya kamu semangat kalau balas koment orang lain.. kok balas aku cuma JANGAN SIRIK! ini BLOG SITE GUA. JAdi terserah GUA mau NULIS tentang APA… kok gitu sihh. gimana too.. katanya orang politik.. cobaa dong,,,, bjawaban kmu kasih ayat alkitab.. supaya aku jadi terlihat salahhh.. walaupun ini BLOG MU …..!!!! KAN INI SUDAH TERPAMPANG DI MEDIA UMUM… JAAADDDIIIIIIIIII……KALO ADA ORANG YANG MAU KOMENTAR ,, YA TERSERAH AKU JUGA DONKK….
    BERARTI ELOOO gak berani trima blog ini di komentari orang lain.. KALO GAK BERANI.. YA SAYA SARANIN GAK USAH BIKIN BLOG !!
    PLEASE DEHHHH YAAAA…..

  5. bengcu itu bencong ta ?? kok kaya bencong yaaa ? atau anda homo ? kmu tu kalau jwab singkat.. tidak seruuuuuuuuuuuuuu…. ooo iyaa anda sudah tua yaaa ??? balasnya lamaaaaaaaaaaaa

    • @ anak allah : kamu ngomong apa sih bos?? Sudah untung om hai mau nanggapi comment ga mutu kamu.. aku yang liat aja males..

  6. om hai2 : om hai2 bagaimana dgn medium2 yg srg kali kerasukan roh ( biasanya roh dewa yg dipuja ditmpat itu ) apakah itu boong jg?soalnya setelah kerasukan biasanya mereka membacok2 dirinya dan menjadi kebal,bahkan kdg mereka bisa meramal masa lalu seseorg dgn tepat.. tlg penjelasannya ya om,trima kasih

    • @joehan, saat ini saya sedang bekerja KERAS untuk mengedit buku saya yang akan terbit. Saya bekerja keras sebab ada TEMAN yang NGANCAM kalau nggak SELESAI tahun ini, dia NGGAK mau menjadi TEMAN saya lagi. Tunggu buku tersebut TERBIT maka setelah membacanya anda akan menjadi AHLI bongkar KEDOK dukun termasuk DUKUN Kristen dan dukun intelek alias Master Hipnoterapis.

      • @Hai hai, sampai saat ini saya masih penasaran dengan ilmu hipnotis. Saya belum tau pasti ilmu seperti apa itu. Saya hanya tau itu ada hubungannya dengan psikologi dan sugesti. Kalau dibukunya ada tentang hipnotis atau hipnoterapis, itu sangat menarik sekali. Ada satu lagi yang masih saya pelajari juga, yaitu tentang kepribadian ganda. Orang kristen mengatakan itu dari setan, para ahli mengatakan itu akibat trauma masa kecil, tapi ada juga yang mengatakan kepribadian ganda sebenarnya tidak ada selain hanya tipuan. Apa di buku ini ada di bahas juga?

        • @kalebyosua, saya tidak membahas masalha pribadi ganda. Saya tidak menemukan KASUS demikian sehingga nggak bisa mengadakan PENGUJIAN. Itu sebabnya bila menulis pun maka saya hanya kutip sana kutip sini.

  7. @haihai, bagaimana menjelaskan manusia paku Supiyati yang telah dioperasi di RS Bantul Yogya untuk mengeluarkan paku tetapi pakunya kembali lagi?

    • @mich, benarkah paku yang sudah dioperasi masuk lagi? LOGISNYA adalah begini. Selama ini, PAKU yang DITEMUKAN dalam TUBUH manusia TIDAK ada KEPALANYA alias KEPALANYA sudah DIPOTONG. Ketika MEMASUKI tubuh (misal: KAKI), paku-paku TERSEBUT meninggalkan BEKAS. Tentang SUPIYATI kita TUNGGu saja apa kata DOKTERNYA. Apabila PAKU bisa memasuki TUBUH tanpa BEKAS dan setelah DIOPERASI ada lagi, maka Itu adalah PERISTIWA GAIB yang HARUS diselidiki dan DIGALI potensinya. Kalau bis menghasilkan PAKu, kemungkinan BISA menghasilkan EMAS bukan?

        • @mich, bila itu memang PAKU yang dikeluarkan maka LUKA yang TERJADI ketika memasukkannya AKAN lebih BESAR sehingga bekas lukanya pun akan lebih KENTARA. Inilah FAKTA-FAKTA yang kita DAPATKAN dari BERITA dan FOTO-FOTO yang ada:

          1. BENDA-BENDA itu posisinya SEJAJAR dengan KULIT.
          2. BENDA-BENDA itu LETAKNYA di jaringan LEMAK yang ada di antara KULIT dan DAGING.
          3. TIDAK ada BENDA yang MENEMBUS DAGING alias MELINTANG dengan KULIT.
          4. DOKTER sama sekali TIDAK BICARA tentang KULIT yang ROBEK karena BENDA-DENDA itu MENEROBOS KULIT. Itulah BUKTI ILMIAH bahwa BENDA-BENDA tersebut MASUK ke jaringan LEMAK secara ALAMIAH.
          6. DOKTER juga SAMA sekali tidak BICARA tentaatn TIDAK ada BEKAS kulit yang ROBEK yang MENJADI BUKTI bahwa benda-bend tersebut MASUK ke jaringan LEMAK tidak MELALUI cara ALAMIAH
          7. PENGAKUAN tentang 2000 BENDA yang SUDAH dikeluarkan dari TUBUH.

          Yang MENJADI pertanyaannya adalah KENAPA DOKTER tidak menyatakan APAKAH benda-benda itu MEMASUKI tubuh dengan CARA ALAMIAH atau TIDAK? Kenapa TIDAK ada SATU WARTAWAN PUN yang MEMPERTANYAKAN hal demikian kepada DOKTER?

          Yang MENJADI pertanyaan adalah: ADA banyak BEKAS LUKA di kaki SUPIYATI. KENAPA dokter TIDAK memberitahu KENAPA luka-luka itu TERJADI? Kenapa TIDAK ada WARAWAN yang BERTANYA apakah BEKAS-BEKAS LuKA itu TERJADI akibat BENDA-BENDA itu KELUAR? APAKAH SETIAP kali BENDA KELUAR maka MENIMBULKAN LUKA? APABILA LUKA-LuKA itu adalah BEKAS JALAN keluar BENDA-BENDA, MAKA 2000 BENDA yang TELAH KELUAR seharusnya MENIMBULKAN 2000 LUKA. 10% X 2000 = 200. 5% X 2000 = 100. 1% X 2000 = 20. Pertanyaannya adalah ADA BERAPA BANYAK BEKAS LUKA akibat 2000 BENDA keluar dari JARINGAN LEMAK dibawah KULIT dari SUPIYATI?

          Setelah DIRONSEN, diberitakan bahwa ada RIBUAN benda di dalam TUBUH Supiati. Setelah DIOPERASI dikatakan ada 69 BENDA yang dikeluarkan. BERAPA banyak BENDA yang NAMPAK dalam FOTO sebagai HASIL operasi? KEBENARAN yang TIDAK konsisten MUSTAHIL kebenaran SEJATI bukan?

          Kisanak, Biarkan PEMBUAL TERUS MEMBuAL sampai menyangkal BUALANNyA.

          Mari kita IKUTI terus BERITANYA sehingga akhirnya BISA menarik KESIMPULAN. ha ha ha ha …

  8. Artikel di atas TIDAK BISA KITA UJI KEBENARANNYA……. oleh sebab itu……. OPINI ATAS KISAH OM SUN oleh Haihai…… JUGA DIRAGUKAN KEBENARANNYA………….

    Jadi………….?!?!?!?!?…………….. kisah Om Sun maupun opini Haihai……….. semuanya juga PESONG alias PEPESAN KOSONG………….

    • @ssi, Menulis buku beda dengan menulis di internet. Menulis di internet orang-orang yang NGAK ngerti langsung bisa Interaktif. Orang-orang yang MEMBACA buku SUDAH terdidik untuk percaya bahwa yang ada di BUKU pasti BENAR. Itu sebabnya saya sangat berhati-hati dalam penerbitan BUKU. Saat ini bukunya masih SAYA edit. NAmun saya berjanji TAHUN ini buku tersebut PASTI JADI. Itu sebabnya akhir akhir ini saya agak kurang mengunggah blog karena HAMPIR semua waktu di luar KERJA saya gunakan untuk MENGEDIT buku.

      Di samping itu, sejak lama saya SUDAH berjanji, BUKU pertama saya yang TERBIT akan SAYA dedikasikan untuk handai taulan di LPMI (Lembaga Pelayanan Mahasiswa Indonesia), itu sebabnya saya akan minta tolong Pdt. Dr Nus Reimas yang baru saja PENSIUN dari jabatannya sebagai DITEKTUR Nasional LPMI dan KETUA PGLII (Persekutuan Gereja-Gereja dan Lembaga-Lembaga Injili Indonesia) untuk memberi KATA PENGANTAR. Itu sebabnya saya TIDAK berani MENCEMARKAN nama BESAR beliau! Bila buku saya terbit, pasti akan saya promosikan di blog dan FB.

      • @ Ko Hai….Ko Hai gimana neh tahun 2012 dah tinggal 17 hari lagi… masih on schedule kan tahun ini akan terbit? dah gak sabar neh…hehehe…^_^

        • @Budi Sundjaja, targetnya TAHUN ini SELESAI. terbitnya awal tahun depan. Bulan DESEMBER banyak buku Kristen yang TERBIT. Karena mreka MIKIR akan digunakan oleh pembeli sebagai hadiah natal. Saya memilih untuk TIDAK bertarung dengan para JAGOAN itu karena pasti KALAH. ha ha ha ha ….. Awal tahun depan. on jadwal.

          • @Ko Hai….Sipp….awal tahun…awal yang baru….gebrakan untuk memulai sesuatu yang baru yang sesuai dengan ALKITAB….mantap Ko…Lanjutkan!…GBU

  9. Udah lama ngikutin blog ko hai hai….tp ini komen pertama saya. 🙂 Mengenai master hipnoterapi itu gimana ko?
    Bukankah ada penelitian mengenai gelombang otak dll. Apa menurut koko teknik NLP, EFT itu boongan? Makasih sebelumnya n salam kenal ko. 🙂

    • @daredevil, saya sudah berjanji kepada teman-teman yang membantu penerbitan buku “Bengcu Menggugat Teologi Alam Roh Di Mata Seorang Tionghoa Kristen” agar tidak membahas tentang HIPNOTIS sebelum buku tersebut TERBIT. Oleh karena itu tolong, bersabarlah sampai buku tersebut terbit. Saat ini saya sedang berusaha keras untuk menyelesaikannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.