Yesus Satu Pribadi Dua Hakekat Adalah Berhala


SOLA SCRIPTURA! Hanya Alkitab! Itulah yang diagul-agulkan oleh para teolog Kristen dari generasi ke generasi sejak 500 tahun yang lalu. Sacra scriptura sui ipsus interpres! Kitab suci menyatakan dirinya sendiri! Itulah yang mereka bangga-banggakan sejak 500 tahun yang lalu. Aneh bin ajaib! Walaupun getol sekali menyerukan kedua SLOGAN tersebut di atas namun para teolog, alih-alih memahami dan mengajarkan ajaran Alkitab tentang Yesus justru kekeh jumekeh melestarikan PENGAKUAN IMAN CHALCEDON yang merupakan kesepakatan konsili Chalcedon tahun 451 untuk SESAT dan MENYESATKAN manusia. Mereka yang pernah menonton film tentang makluk luar angkasa (Alien) sebagai PARASIT alias BENALU yang merasuki tubuh manusia sebagai INANG-nya pasti mudah sekali memahami doktrin Yesus SATU pribadi DUA hakekat dalam pengakuan iman Chalcedon.

PENGAKUAN IMAN CHALCEDON: Maka, kami semua, mengikuti bapa-bapa kudus, dengan suara bulat, mengajar manusia untuk mengaku, Anak yang satu dan yang sama, Tuhan kita Yesus Kristus, sempurna dalam keilahian dan juga sempurna dalam kemanusiaan, sungguh-sungguh Allah dan sungguh-sungguh manusia, dengan jiwa yang bisa berpikir dan tubuh; menurut keilahianNya mempunyai zat/hakekat yang sama dengan Sang Bapa, dan menurut kemanusiaanNya mempunyai zat/hakekat yang sama dengan kita, dalam segala hal sama seperti kita tetapi tanpa dosa; menurut keilahian-Nya diperanakkan sebelum segala jaman dari Bapa, dan menurut kemanusiaan-Nya dilahirkan dari Maria, sang Perawan, Bunda Allah dalam hari-hari akhir ini. Ia adalah Kristus, Anak, Tuhan yang satu dan yang sama, satu-satunya yang diperanakkan, mempunyai keberadaan dalam dua hakekat, tanpa percampuran, tanpa perubahan, tanpa perpecahan, tanpa perpisahan; perbedaan dari dua hakekat itu sama sekali tidak dihancurkan oleh persatuan mereka, tetapi sifat-sifat dasar yang khas dari setiap hakekat dipertahankan dan bersatu menjadi satu pribadi dan satu keberadaan/makhluk, tidak berpisah atau terbagi menjadi dua pribadi, tetapi Anak yang satu dan yang sama, dan satu-satunya yang diperanakkan, Allah Firman, Tuhan Yesus Kristus; seperti nabi-nabi dari semula telah menyatakan tentang Dia, dan seperti Tuhan Yesus Kristus sendiri telah mengajar kita, dan seperti pengakuan iman bapa-bapa kudus telah menyampaikan kepada kita.

Memberanikan diri bertanya, di dalam blognya yang berjudul: CHRIST: THE GOD-MAN, Pdt. Budi Asali Mdiv menulis:

2) Arti dari person  dan nature.

a) Human nature adalah substance/essence (= hakekat) dari manusia. Tidak ada perbedaan antara human nature yang satu dengan human nature yang lain. Semua manusia mempunyai human nature yang sama.

b) Human nature sudah merupakan seluruh manusia, tidak ada sedikitpun yang kurang.

c) Human person (= pribadi manusia) adalah human nature yang sudah dipribadikan. Karena itu, human person yang satu berbeda dengan human person yang lain.

Segumpal tanah liat mempunyai semua sifat-sifat dari bahan/zat yang dimiliki oleh bejana yang terhormat dan tak terhormat. Tetapi gumpalan tanah liat itu belum mempunyai bentuk dari bejana itu. Suatu tindakan dari penjunan harus ikut campur, dengan mana segumpal tanah liat itu dipisahkan dari seluruh gumpalan dan dibentuk menjadi suatu jambangan tertentu yang mempunyai ben-tuknya yang khas. Demikian juga, hakekat manusia sebagai suatu keseluruhan yang ada di dalam Adam mempunyai semua sifat-sifat dasar yang diperlukan untuk kepribadian, sekalipun hakekat manu-sia itu belum dipribadikan. Shedd’s Dogmatic Theology, vol II, hal 290-291.

Karena person/pribadi adalah nature/hakekat yang sudah dibentuk/dipribadikan, maka sebetulnya person/pribadi tidak memiliki kelebihan zat dibandingkan dengan nature/hakekat. Ingat bahwa ‘pembentukan’ bukanlah penambahan zat! Sama seperti segumpal tanah liat, yang sudah dibentuk menjadi jambangan/gelas, tidak mempunyai kelebihan zat dibandingkan dengan saat gumpalan tanah liat itu belum dibentuk, demikian juga person/pribadi tidak mempunyai kelebihan zat dibandingkan dengan nature/hakekat.

perbedaan antara nature  dan person, tidak terletak pada perbedaan zat/hakekat, tetapi pada pembentukan (nature – belum dibentuk; person – sudah dibentuk). Dengan demikian, pada waktu Yesus mengambil human nature/hakekat manusia, Ia sebetulnya sudah mengambil seluruh manusia, tanpa ada yang kurang sedikitpun.

2) Sebelum inkarnasi, Yesus adalah Allah Anak yang jelas merupakan ‘seseorang’ yang berpribadi. Jadi pada saat itu Ia adalah 1 pribadi dengan 1 hakekat, yaitu hakekat ilahi. Pada saat Ia berinkarnasi, Ia tidak mengambil ‘pribadi manusia’ karena ini akan menimbulkan adanya 2 pribadi seperti yang diajarkan oleh Nestorianism. Yang diambil olehNya adalah hakekat manusia. Hakekat manusia dan hakekat ilahi bersatu dalam pribadi Anak Allah sehingga setelah inkarnasi, Yesus adalah 1 pribadi dengan 2 hakekat (ilahi dan manusia).

3) Hakekat manusia itu tidak pernah ada terpisah dari pribadi Allah Anak. Hakekat manusia itu mendapat kepribadiannya dari pribadi Allah Anak dan selalu ada di dalam pribadi Allah Anak itu. Bahkan antara kematian dan kebangkitan Yesuspun, hakekat manusia itu tak terpisah dengan LOGOS/Allah Anak, karena sekalipun hakekat manusia itu terpecah (roh pisah dengan tubuh), tetapi LOGOS/Allah Anak yang maha ada itu tetap bersatu baik dengan tubuh (yang ada di kuburan) maupun dengan roh (yang ada di surga).

4) Dalam Personal Union (= persatuan pribadi) ini terjadi suatu persatuan, bukan suatu percampuran (mixture/confusion), antara hakekat manusia dan hakekat ilahi. Jadi, baik hakekat manusia maupun hakekat ilahi tetap mempunyai/mempertahankan sifat-sifat-nya sendiri-sendiri. Mereka berbeda, tetapi bersatu dalam diri Yesus Kristus.

5) Akibat adanya 2 hakekat dalam pribadi Yesus Kristus ini maka:

a) Kristus mempunyai 2 macam kesadaran, yaitu ilahi dan manusia. Kadang-kadang Ia berpikir dan merasa sebagai Allah, dan kadang-kadang sebagai manusia.

b) Kristus mempunyai 2 kehendak, ilahi dan manusia. Tetapi karena kehendak manusia yang ada dalam diri Yesus adalah suci, maka tidak ada pertentangan/konfrontasi antara kehendak ilahi dan kehendak manusia dalam diri Yesus. Karena itu, sekalipun ada 2 kehendak, selalu hanya menghasilkan satu tindakan (bdk. Mat 26:36-46).

Sifat-sifat dari hakekat manusia tidak diberikan kepada hakekat ilahi/ tidak menjadi sifat-sifat dari hakekat ilahi, dan sebaliknya, sifat-sifat dari hakekat ilahi tidak diberikan kepada hakekat manusia/tidak menjadi sifat-sifat dari hakekat manusia. Tetapi, baik sifat-sifat dari hakekat manusia maupun sifat-sifat dari hakekat ilahi diberikan kepada pribadi Kristus/menjadi sifat-sifat dari pribadi Kristus.

Hakekat manusia mempunyai sifat terbatas, sedangkan hakekat ilahi mempunyai sifat tidak terbatas. Sifat terbatas dari hakekat manusia tidak diberikan kepada hakekat ilahi/tidak menjadi sifat dari hakekat ilahi, dan sifat tidak terbatas dari hakekat ilahi tidak diberikan kepada hakekat manusia/tidak menjadi sifat dari hakekat manusia. Tetapi baik sifat terbatas dari hakekat manusia, maupun sifat tidak terbatas dari hakekat ilahi, sama-sama diberikan kepada pribadi Kristus/menjadi sifat dari pribadi Kristus. Jadi, pribadi Kristus mempunyai sifat terbatas dan tidak terbatas sekaligus. Dengan cara yang sama bisa kita dapatkan bahwa pribadi Yesus bisa dikatakan terbatas pengetahuannya maupun maha-tahu, lemah/terbatas kekuatannya maupun mahakuasa.

Bengcu Menggugat hai hai Mengungkap:

ketika itulah TUHAN Allah membentuk (yatsar) manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup. Kejadian 2:7

Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah (banah) seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu. Lalu berkatalah manusia itu: “Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki. ” Kejadian 2:22

Kemudian manusia itu bersetubuh dengan Hawa, isterinya, dan mengandunglah perempuan itu, lalu melahirkan Kain; maka kata perempuan itu: “Aku telah mendapat seorang anak laki-laki dengan pertolongan TUHAN.” Kejadian 4:1

Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung (gastri – n) dari Roh Kudus,  sebelum mereka hidup sebagai suami isteri. Matius 1:18

Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi  dan berkata: “Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya (gennēthen – v) adalah dari Roh Kudus. Matius 1:20

Kata Maria kepada malaikat itu: “Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?” Jawab malaikat itu kepadanya: “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah. Lukas 1:34-35

Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran. Yohanes 1:14

Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus, yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri (Kenosis), dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Filipi 2:5-8

Handai taulanku sekalian ayat-ayat tersebut di atas mencatat kisah penciptaan EMPAT JENIS manusia berdasarkan TEKNIK dan BAHAN BAKU penciptaannya. Adam dibentuk (yatsar) dari debu tanah dan nafas hidup. Hawa dibangun (banah) dari tulang dan daging Adam. Kain dikandung (harah) dari sperma Adam dan telur Hawa. Yesus adalah Logos (firman) yang dikandung oleh Roh Kudus dan lahir dari perawan Maria.

Saya tidak tahu para teolog mendapat wahyu dari mana ketika mengharuskan Yesus harus 100% manusia agar bisa menjadi juruselamat dunia. Namun saya tahu pasti, ketika anjing saya menggigit orang, saya tidak perlu menjadi anjing untuk menjadi juruselamatnya. Ketika anjing saya dicuri orang, saya  tidak perlu menjadi anjing untuk menebusnya dari penadah. Dalam kedua kondisi tersebut, apabila menjadi anjing, saya justru mustahil menyelamatkan anjing saya. Kerabatku sekalian, dengan menjadi anjing anda mustahil menyelamatkan anjing anda.

Para teolog Kristen mengajarkan bahwa H2O adalah HAKEKAT sedangkan AIR dan ES adalah PRIBADI. LEMPUNG adalah HAKEKAT sedangkan KENDI dan TEMPAYAN adalah PRIBADI. Karena mereka adalah orang-orang GENIUS yang diurapi Tuhan dan mendapat pencerahan dari Roh Kudus, mustahil ngaco belo bukan? Karena mereka pasti BENAR maka dengan meneladani KEGENIUSAN mereka, bukankah itu berarti DEBU dan nafas hidup adalah HAKEKAT sedangkan Adam adalah PRIBADI? Rusuk dan daging Adam adalah HAKEKAT sedangkan Hawa adalah PRIBADI? Sperma Adam dan telur Hawa adalah HAKEKAT sedangkan Kain adalah PRIBADI? Logos (Firman) adalah HAKEKAT sedangkan Yesus adalah PRIBADI? Yesus dan Roh Kudus yang seperti burung merpati adalah HAKEKAT sementara Yesus Kristus adalah PRIBADI?

Saya juga tidak tahu para teolog GENIUS itu mendapat KUASA dari mana ketika mengharuskan Yesus memiliki HAKEKAT manusia agar menjadi manusia 100% supaya bisa menjadi juruselamat dunia. Namun para teolog itu MAHAKUASA oleh karena itu kehendak mereka MENGHARUSKAN Yesus punya hakekat manusia HARUS digenapi. Itu berarti di luar hakekat-Nya sendiri Yesus harus memiliki hakekat Kain, Hawa dan Adam. Tanpa memiliki ketiga hakekat itu, Yesus mustahil manusia 100%. Tanpa ketiga hakekat itu Yesus mustahil menyelamatkan umat manusia. Ketika hamil, Maria masih perawan, lalu dari mana Yesus mendapatkan hakekat Kain yaitu: sperma dan telur? Karena Adam sudah mati dan tubuhnya sudah membusuk jadi tanah, bagaimana cara Yesus memperoleh hakekat Hawa yaitu: daging dan tulang Adam? TUHAN Allah sama sekali tidak membentuk dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalamnya, mungkinkah Yesus memiliki hakekat Adam yaitu: debu tanah dan nafas hidup?

Kebenaran yang tidak konsisten mustahil kebenaran sejati. Biarkan para pembual terus membual hingga menyangkal bualannya sendiri. Karena mengharuskan Yesus memiliki hakekat manusia, bukankah itu berarti Yesus harus punya 4 hakekat? Kenapa teolog-teolog itu justru mengajarkan doktrin Yesus SATU pribadi DUA hakekat padahal Dia seharusnya punya SATU pribadi EMPAT hakekat?

Inilah yang diajarkan oleh Alkitab tentang Yesus: Roh Kudus turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi menaungi engkau. Logos dikandung oleh Roh Kudus dan Maria mengandung  Roh Kudus yang HAMIL Yesus. Yesus dikandung oleh Roh Kudus dan lahir dari perawan Maria. Maria hamil RAHIM Roh Kudus dan Roh Kudus hamil JANIN Yesus.

Sesungguhnya, dari generasi ke generasi banyak sekali orang yang memberitahu para teolog Kristen bahwa doktrin diofisitisme alias Yesus satu pribadi dua hakekat itu GENIUS sekali. Namun sayangnya para teolog itu kekeh jumekeh rendah hati dan menganggap dirinya adalah yang bodoh dari Allah itu sebabnya lebih besar hikmatnya dari pada manusia. Itu sebabnya mereka pun dengan penuh KUASA menyuruh MANUSIA untuk MEMAHAMI doktrin DIOFISITISME secara ROHANI dan MEMPERCAYAINYA dengan IMAN (membabibuta) serta MENGANCAM yang menentangnya akan masuk NERAKA.

Kerabatku sekalian, setelah memahami ajaran Alkitab tentang Yesus  dan doktrin diofisitisme, maka sekarang anda bebas untuk memilih mempercayai ajaran Alkitab yang sederhana atau BERIMAN kepada Doktrin Yesus SATU pribadi DUA hakekat yang GENIUS itu.

NB.
Hai hai menantang Esra Alfred Soru dan siapa saja untuk BERAPOLOGETIKA menghadapi 7 blog hai hai di bawah ini di depan banyak saksi dengan Alkitab sebagai sumber pustaka dan standard kebenaran. Apabila yang diajarkan oleh hai hai benar maka semua ayat Alkitab yang digunakan untuk menentangnya akan berbalik mendukung yang diajarkannya. Atas tantangan tersebut, Esra Alfred Soru menyatakan, “Benar sekali pak Albert, saya memang tak tertarik debat dengan orang seperti si Bugil ini, tapi kadang kita perlu melempar seekor anjing walaupun kadang kita abaikan gonggongannya.” Ini adalah blog ke 5 dari 7 blog tantangan hai hai. Semoga Esra Alfred Soru bisa melempar anjing dengan tepat dan membungkam gonggongan hai hai atau dia cukup JANTAN untuk mengakui KEBENARAN? Ha ha ha ha …..

Untuk membaca blog-blog tentang Kristologi yang lain, silahkan klik di SINI.

  1. Bengcu Menggugat karena Yesus MUSTAHIL iman, nabi dan raja Yahudi.
  2. Bengcu Menggugat karena “3 hari 3 malam = hari ke 3 = setelah 3 hari” adalah ajaran SESAT
  3.  Bengcu Menggugat karena Stefanus MEMBUAL
  4. Bengcu Menggugat karena Doktri Allah Tritunggal adalah Ajaran SESAT
  5. Bengcu Menggugat karena Doktrin Yesus Satu pribadi DUA hakekat adalah ajaran sesat
  6. Bengcu Menggugat Karena Yesus MUSTAHIL mati MENGGANTIKAN manusia MENERIMA hukuman Allah
  7. Bengcu Menggugat karena Alkitab MUSTAHIL ditulis atas ILHAM Roh Kudus

76 thoughts on “Yesus Satu Pribadi Dua Hakekat Adalah Berhala

  1. @bengcu
    guru saya pernah mengajarkan pada saya,bahwa Yesus itu adalah manusia sekaligus Allah.manusia sejati dan juga Allah sejati.
    Berarti jika dalam ilmu pasti sejati artinya :Yesus=100%manusia(jika kurang atau lebih dari 100%=tidak manusia sejati=tidak normal)dan 100%Allah.
    Tapi bila dikalkulasikan jumlah=100%.
    Kalkulasinya bagaimana???
    Jika yesus juga adalah Allah mengapa Yesus bisa mati?alkitab mencatat Dia dibangkitkan bukan bangkit sendiri.

    Dan sang guru itu hanya mengatakan bahwa ini adalah “misteri Ilahi”yang tak dapat dijangkau oleh akal manusia.
    Jadi jika yesus itu adalah manusia sekaligus Allah,bukankan ini yang di maksud oleh bapa bapa gereja terdahulu???
    Hanya saja mereka tidak menemukan istilah yang tepat untuk menyatakan Yesus sebagai manusia sekaligus Allah.jadi dengan terpaksa mereka menggunakan istilah “hakekat”untuk menunjuk sifat/kodrat Yesus yang manusia.

    Salam

    • @Deadermine, kembalilah kepada guru anda bertanyalah: APA BEDANYA manusia dan Allah? Apa itu manusia dan apaitu Allah? Satu lagi ATAS DASAR apa guru anda menyatakan: iNI adalah MISTERI ilahi yang tak dapat dijangkau oleh akal manusi? Ha ha ha ha …. Anda tahu ajaran Calvinis yang disebut TULIP? coba klik di SINI untuk tahu apa itu TULIP.

  2. Deadermine, emang ada fit & proper test nya gitu.? Kasih link nya dong..

    Saya tidak tahu apa itu kodrat. saya juga cuma tahu sedikit tentang hukum alam, hukum alam mana yg menentang bahwa daging pasti bakal mati/musnah. Kalau menurut anda yg membuat hukum alam itu Allah, apa mentang2 Dia Allah maka setelah menjadi daging dia boleh seenakNya sendiri melanggar ketetapanNya. . ? Kalau menurut anda boleh, ya monggo mawon mas..

  3. @Bezero4Truth
    saudara…..,
    ini hanya diskusi bukan?bukan maksud saya untuk menembak Yesus dengan memanfaatkan tangan anda.
    Saya hanya butuh penjelasan dari apa yang selama ini diajarkan pada saya.
    Dan sebagai orang yang udah “mengetahui lebih dulu”barangkali anda bisa menjelaskannya.dan saudara menjelaskan sampai pada titik tertentu.bagi saya belum final.makanya untuk menjawab apa yang sama ini tidak saya pahami saya berusaha menanyakan nya pada orang yang lebih tahu dari saya.

    jadi bukan maksud saya untuk manfaatin tangan anda untuk menarik pelatuk pistol.
    Saya akui..,saya hanyalah korban dari pengajar yang tak bertanggung jawab.

    Salam

  4. Deadermine, mati ya mati, total mati. Kalau ada yg mati lalu bisa membangkitkan dirinya sendiri itu artinya dia tidak atau belum mati, mungkin setengah mati, mungkin 3per4 mati, mungkin 99% mati, mungkin juga pura2 mati alias ngibul. Ha.ha.ha..

    Alkitab jujur, Yesus mati artinya ya benar2 mati, kalau tidak ada yg membangkitkan ya Dia gak mungkin bisa bangkit lagi.
    Anda lebih suka alkitab ngibul..?

  5. @Bezero4Truth
    saudaraku sekarang saya sudah mengerti mengapa dikatakan Yesus 100%manusia dan 100% Allah adalah sesat.

    Allah bukanlah jenis mahluk hidup,Logos bukanlah anthropos
    melainkan Logos adalah sarx.logos tetaplah logos tidak berubah jenis menjadi manusia,dia hanya berubah menjadi daging dan berinteraksi dengan manusia,
    karena logos bukanlah anthopos makanya tidak boleh memakai ilmu pasti dengan mengatakan Yesus itu=manusia100% dan Allah100%
    dan tidak boleh dikalkulasikan.
    Benar begitu saudaraku???
    Sekarang baru saya mengerti sesungguhnya itulah maksud dari penjelasan saudara yang telah panjang lebar.
    Maafkanlah atas kebodohan saya yang tak mampu menganalisa penjelasan saudara.
    Alangkah lebih hebatnya saudara jika saudara mengajari seseorang menembak dengan cara memegang pistol yang BENAR dan menarik Pelatuk dengan Benar.
    Saya yakin PELURUNYA AKAN TEPAT MENGENAI JANTUNG.
    tepat sasaran sekaligus mematikan.

    Salam

  6. @bengcu.
    Om hai…,makasih ya,saya udah baca link yang om berikan.TULIP.
    dulunya saya memang setuju dengan itu.tapi saya kan sudah perbaiki komentar saya om…,komen terakhir yang untuk saudara Bezero4Truth.
    Bahwa Allah bukanlalh jenis mahluk hidup.Logos yang dikandung maria tetaplah logos.logos berubah menjadi sarxdan berinteraksi dengan manusia,logos tidak berubah jadi anthropos.karena logos bukanlah anthropos makanya gak boleh dikalkulasikan pakai ilmu pasti.dengan menyatakan Yesus seratus persen Allah dan seratus persen manusia adalah sesat.sekarang saya udah mengerti,setelah saya memendam kebingungan selama bertahun tahun.(yang ini udah benar kan om)

    baca tulisan om hai hai pengetahuan saya makin bertambah,tapi yang lebih penting…,banyak pertanyaan pertanyaan yang selama ini cuma saya simpan satu satu mulai terjawab.

    Salam

    • @Deadermine, MARI menjadikan MANUSIA sesuai dengan PETA dan TELADAN kita. Dari generasi ke generasi para sarjana Teologi membuat DOKTRIN yang semakin lama semakin NGACO tentang PETA dan TELADAN Allah. apa itu PETA dan TELADAN Allah?

      Alkitab mengajarkan bahwa SET adalah PETA dan TELADAN Adam.

      Allah PENTANG BACOT dan BACOTNYA pun menjadi KENYATAAN = Creatio ex nihilo.

      Alkitab sama sekali TIDAK mengajarkan hal demikian. Alkitab mengajarkan bahwa Allah MELAHIRKAN manusia. Allah melahirkan Allah. Allah melahirkan TUHAN. dan Allah mengajak TUHAN Allah untuk melahirkan MANUSIA.

  7. @bengcu
    om hai…saya memang udah mengerti tentang doktrin Yesus satu pribadi dua hakekat adalah sesat.tapi saya benar benar gak paham tentang pribadi Yesus versi pemahaman om hai hai.
    Rasanya susah banget menyangkal ajaran Eric chang.

    Dalam bukunya Eric Chang menjabarkan pribadi manusia Yesus dengan sangat gamblang,logis dan alkitabiah,susah banget saya menyangkalnya.terutama sifat sifat manusiawi Yesus.
    Eric Chang juga menjelaskan filipi 2:6-8 dengan sangat gamblang.
    Om hai…,
    bagaimana sih penjelasan tentang LOGOS,SARX ANTRHOPOS??

    Salam

  8. Deadermine, saya belum yakin benar, saya mohon koreksi mr.hai-hai dan anda.

    Deadermine mari kita coba menggali dan memahami Yesus Kristus dg pemahaman berikut:

    Elshabbath adalah pembuat rencana, rancangan, ketetapan, “bara” yg sebenarnya.

    Elohiym adalah Roh, Dia adalah pemilik Roh Dia selalu mewujudkan rancangan Elshabbath dalam ciptaan Nya dg meng ‘asah’. apa yg di “bara” oleh Elshabbath lalu di “asah” oleh Elohiym, maka hasilnya adalah HIDUP/ROH/TERANG=TANPA WUJUD.

    YHWH adalah pemilik wujud, dia adalah bapak dari segala wujud. Apa yg dirancang dan ditetapkan oleh ELSHABATH lalu di asah Elohiym (sampai tahap ini belum memiliki wujud) selanjutnya di beri wujud oleh YHWH dg cara di YATSAR, di TSAMATCH, Dll.

    Perhatikan:
    pada kejadian 1, yg di asah; binatang, tumbuhan, manusia belum memiliki wujud. Lalu pada kejadian 2, YHWH memberikan wujud pada apa yg telah di ‘asah’ oleh Elohiym, maka jadilah manusia, binatang, tumbuhan yg memiliki wujud.

    Kenapa ada karnivora dan omnivora, kenapa manusia jadi begini, sepertinya semua karena YHWH salah bahan dalam memberi wujud pada apa yg telah di “asah” oleh Elohiym.

    Yesus=wujud, Maha Tuan.
    Kristus=Roh, Allah
    Yesus Kristus= Allah yg BER WUJUD.
    (dalam Yesus Kristus ini, bahan2 untuk membuat manusia sudah pas). Thanks.

    • @BeZero4Truth, gunakanlah Alkitab SABDA untuk membaca Kejadian 1 dan dua. di sana anda bisa melihat bahasa aslinya. Perhatikan Apa PERINTAHNYA atau AMANAT dari Allah yang BERFIRMAN lalu Bagaiman TANGGAPANNYA?

      • Mr. hai-hai, saya sudah membacanya berulang tapi tetap mengalami kesulitan memahaminya.

        pertama:
        pada frasa “roh Allah” kej 1;1>>dan pada kata “Allah(0430)” yang terus berfirman dan menanggapi firman, kata “Allah” >>diterjemahkan dari “Elohiym(0430)” yang adalah bentuk PLURAL bukan SINGULAR dari Elowahh(0413), kalau ditelusuri akan tertuju pada kata dari “EL(0410)”
        ada berapa roh Allah dalam kej 1:1…? ada berapa Allah yang berfirman…? ada berapa Allah yang menaggapi firman….? ada berapa Allah yang meng amini firman….?

        ke dua:
        Berfirmanlah Allah, jadilah terang, lalu jadilah terang, siapa yang berfirman dan kepada siapa (Roh kepada Roh atau bagaimana),…?
        siapa yang menjadi terang…?
        Note: pada saat itu sudah ada
        1. air, kumpulan air yang disebut samudera,
        2. gelap yang menyelimuti samudera
        3. Roh Allah(plural)

        Ke tiga:
        1:6 Berfirmanlah Allah : “Jadilah cakrawala di tengah segala air untuk memisahkan air dari air .”
        1:7 Maka Allah menjadikan cakrawala dan Ia memisahkan air yang ada di bawah cakrawala itu dari air yang ada di atasnya . Dan jadilah demikian .
        Mr. Hai-hai said: ada dua cakrawala yang tercipta, yaitu :1. cakrawala yang menjadi, dan 2. cakrawala yang dijadikan
        siapa cakrawala yang menjadi..?
        siapa atau dari bahan siapa untuk menjadikan cakrawala yang dijadikan tersebut..?
        (konteks Creatio eX Deo)..?

        Ke empat
        1:11 Berfirmanlah Allah : “Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji , supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi .” Dan jadilah demikian .
        1:12 Tanah itu menumbuhkan tunas-tunas muda, segala jenis tumbuh-tumbuhan yang berbiji dan segala jenis pohon-pohonan yang menghasilkan buah yang berbiji . Allah melihat bahwa semuanya itu baik .

        kejadian 1;12 kontras dengan kejadian 2:5 ( tanah dan bumi = strong 0776)

        2:5 belum ada semak apapun di bumi , belum timbul tumbuh-tumbuhan apapun di padang , sebab TUHAN Allah belum menurunkan hujan ke bumi , dan belum ada orang untuk mengusahakan mengusahakan tanah itu;

        kenapa bisa kontras, apakah memang berbicara tentang (ehrtets – strong 0776) yang berbeda…? ataukah yang diasah pada kej:1 dalam bentuk roh lalu diwujudkan dalam bentuk fisik kej;2…? atau (asah +barak=………??)

        Ke lima:
        1:14 Berfirmanlah Allah : “Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam . Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun ,

        1:16 Maka Allah menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang lebih besar untuk menguasai siang dan yang lebih kecil untuk menguasai malam , dan menjadikan juga bintang-bintang .
        1:17 Allah menaruh semuanya itu di cakrawala untuk menerangi bumi ,

        Siapa yang menjadi penerang…?
        siapa yang dijadijakan penerang..?
        siapa yang dijadikan bintang-bintang…? apakah bintang-bintang dikehendaki oleh Allah yang berfirman…?

        ke enam:
        1:20 Berfirmanlah Allah : “Hendaklah dalam air berkeriapan makhluk yang hidup , dan hendaklah burung beterbangan di atas bumi melintasi cakrawala .”
        1:21 Maka Allah menciptakan binatang-binatang laut yang besar dan segala jenis makhluk hidup yang bergerak , yang berkeriapan dalam air , dan segala jenis burung yang bersayap . Allah melihat bahwa semuanya itu baik .
        1:22 Lalu Allah memberkati semuanya itu, firman-Nya : “Berkembangbiaklah dan bertambah banyaklah serta penuhilah air dalam laut , dan hendaklah burung-burung di bumi bertambah banyak.”

        kali ini firman direspon dengan mem-BARA lalu memberkati (barak) maka apa yang jadi…..? = (bara+barak=…………?)

        ke tujuh:
        24 Berfirmanlah Allah : “Hendaklah bumi mengeluarkan segala jenis makhluk yang hidup , ternak dan binatang melata dan segala jenis binatang liar .” Dan jadilah demikian .
        1:25 Allah menjadikan segala jenis binatang liar dan segala jenis ternak dan segala jenis binatang melata di muka bumi . Allah melihat bahwa semuanya itu baik .

        **binatang di asah oleh Allah** tapi kenapa jadi nya ada yang karnivora dan omnivora…?

        1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya , menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.
        1:28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka : “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi .”

        ada yang di asah tidak diberkati = kej 1:25
        ada yang di bara lalu diberkati = kej 1;21, kej 1:27-28
        Mohon petunjuk Mr. Hai-hai. thanks.

          • Mr. Hai-hai, saya pikir memang pada kej penciptaan Elohiym yg berfirman itu singular bukan plural, karena itu adalah pada mulanya, dan di PB juga ada satu2nya Allah yg benar, yg Esa, Dia kah yg di sebut Yesus Eli-Eli lama sabakhtani..?

            Saya masih belum paham kej penciptaan, tapi sementara saya cuma paham bahwa yg sesuai firman lah yg benar, firman benar tapi tanggapan atas firman banyak tidak sesuai, payahnya dalam membedakan dan detail nya saya masih bu-i-ngung. Thanks.

            • @BeZero4Truth, bila anda memang PUAS dengan hal demikian. Saya mau bilang apa lagi? Berapa kali saya harus bilang, “BUANG yagn lama dan mulailah dengan ygn BARU. Apabila SESAT 1 CM pada LANGKAH pertama, MUSTAHIL anda bisa MENCAPAI tujuan karena SEMAKIN melangkah semakin JAUH sesatnya.” BACA dan BACA dan BACA dan BACA. BACA tanpa PRASANGKA. Baca tanpa PRASANGKA artinya buanglah ajaran Tritunggal SIALAN itu dari BENAK anda.

  9. @bezero4Truth.
    susah banget saya menjabarkan apa yang tidak saya pahami.
    Tapi memang benar benar gak paham tentang manusia yesus,,,sebenarnya sih apa yang saudara jelaskan itu saya udah ngerti….,
    tapi,,

    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.