Dilahirkan Sebagai Manusia dan Dilahirkan Sebagai Anak Allah


Dua saksi adalah wahyu khusus dan wahyu umum. Dua saksi adalah alam dan nabi. Dua saksi adalah Pencipta dan ciptaan. Dua saksi adalah Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Dua saksi adalah nabi dan rasul.Dua saksi adalah taurat Musa dan taurat hati nurani. Dua saksi adalah nabi Israel dan nabi bangsa lain. Dua saksi adalah Alkitab dan kitab bangsa lain. Dua saksi adalah Israel dan bangsa lain. Dua saksi adalah Yohnes Pembaptis dan Yesus Kristus. Dua saksi adalah Yesus dan Kristus. Dua saksi adalah Tuhan Yesus dan Allah.
Apa yang terjadi setelah Yesus Kristus menjadi manusia? Tiga saksi. Bapa dan Anak dan Roh Kudus. Manusia dan Roh Kudus dan Tuhan Allah.

Apa yang SEHARUSNYA terjadi ketika Adam dan Hawa makan buah pengetahuan? MATI!

Apa yang SEHARUSNYA terjadi bila Adam dan Hawa mati? Tidak ada yang disebut UMAT manusia.

Kenapa Adam dan Hawa TIDAK mati? Karena Yesus Kristus menggantikannya untuk MATI.

Apa yang terjadi KARENA Yesus mati menggantikan Adam dan Hawa? SEMUA umat manusia dilahirkan dan memiliki hidup KEKAL.

Apa yang TERJADI setelah Adam dan Hawa makan buah pengetahuan? Allah dan manusia BERMUSUHAN.

Apa yang TERJADI setelah Yesus mati menggantikan Adam? Manusia dan Allah BERDAMAI.

KEMATIAN Yesus Kristus MENDAMAIKAN manusia dan Allah.

KEMATIAN Yesus Kristus MEMBERI manusia HIDUP KEKAL.

Apakah ketika seorang manusia MATI, dia MATI? Tubuhnya mati namun ROH-nya tidak.

Apakah KEMATIAN jasmani adalah HUKUMAN Allah atas dosa manusia? BUKAN! Bila kematian JASMANI adalah hukuman dosa manusia maka Yesus Kristus TIDAK PERLU mati.

Yang sudah DIHUKUM tidak perlu ditebus. Yang DITEBUS tidak perlu dihukum.

Semua manusia TIDAK akan dihukum oleh Allah karena Yesus sudah menanggung dosa mereka dan MEMPERDAMAIKAN mereka dengan Allah.

Itulah kisah PENCIPTAAN manusia. Itulah kisah PENCIPTAAN gambar-NYA.

Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita  menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.” Kejadian 1:26

Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. Kejadian 1:27

Yang Allah Tritunggal kehendaki adalah gambar dan rupa KITA yang diciptakan Allah saat itu adalah GAMBAR-Nya.

KITA = jamak

NYA = Tunggal

Setiap kali Allah selesai menciptakan, Allah menghakimi, “Allah melihat bahwa semuanya itu baik.”

Kenapa setelah Allah menciptakan manusia menurut GAMBAR-Nya, Allah tidak menghakimi? Allah bukannya tidak menghakimi namun BELUM menghakimi. Kenapa Allah BELUM menghakimi? Karena PENCIPTAAN manusia menurut GAMBAR dan rupa KITA belum selesai. Itu sebabnya Allah menentukan SATU hari NANTI untuk menghakimi semua umat manusia.

Manusia baru diciptakan menurut GAMBAR-Nya, belum diciptakan menurut gambar dan RUPA Kita.

Manusia INGIN menjadi SEPERTI Allah bukan MENJADI Allah. Itu sebabnya Allah menunjukkan CARANYA. Maka diberikanlah hukum TAURAT di dalam HATI manusia. Untuk meyakinkan manusia bahwa itu adalah TAURAT maka Allah memberi Taurat MUSA.

TAURAT = Sepuluh HUKUM Allah

Taurat Musa = Taurat Hati = TAURAT

Apakah MERESPON taurat MENYELAMATKAN manusia? TIDAK! Yang menyelamatkan manusia adalah PENEBUSAN Yesus Kristus.

Apa yang disebut MENYELAMATKAN manusia? Menyelamatkan manusia artinya MEMBERI manusia HIDUP KEKAL. Karena Yesus Kristus sudah MATI menggantikan manusia, maka semua manusia HIDUP KEKAL.

Apakah MERESPON taurat menjadikan manusia SEPERTI Allah? Seperti Allah artinya GAMBAR dan rupa KITA. TIDAK! Merespon Taurat HANYA menyadarkan manusia bahwa dia TIDAK seperti Allah dan MUSTAHIL seperti Allah. Itu sebabnya SEMUA manusia yang MERESPON taurat menyadari bahwa dia HANYA orang-orang BERDOSA yang tidak berdaya menghadapi nafsu-nafsu DAGINGNYA. Merespon TAURAT hanya membuat manusia SADAR bahwa dia bukan Allah dan MUSTAHIL seperti Allah.

Gambar dan rupa KITA = Gambar dan rupa Allah Tritunggal

Gambar dan rupa KITA = Anak-anak Allah

Anak-anak Manusia = Dilahirkan dari DAGING dan DARAH

Dilahirkan dari DAGING dan DARAH = Dilahirkan OLEH  DAGING dan DARAH

Anak-anak Allah = Dilhirkan dari Roh dan Air

Dilhirkan dari Roh dan Air = Dilhirkan oleh Roh dan Air

Dilahirkan oleh Roh = Dilahirkan oleh Roh Kudus = Dilahirkan oleh Allah

Semua orang Kristen SUDAH dilahirkan oleh Roh Kudus

Dilhirkan oleh Air = Dilahirkan oleh BAPA

Bapa = Bapa Tuhan Yesus dan Allah Bapa

Semua orang Kristen BELUM dilahirkan oleh AIR, itu sebabnya kita hanya melihat SIMBOLNYA yaitu BAPTIS.

Semua MANUSIA sudah DITEBUS oleh Yesus Kristus, itu sebabnya orang Kristen tidak memberikan korban PENEBUS dosa lagi.

Semua MANUSIA sudah diperdamaikan dengan Allah oleh Yesus Krsitus, itu sebabnya orang Kristen tidak memberikan korban PERDAMAIAN lagi.

Semua orang Kristen SUDAH menaklukkan diri kepada Yesus Kristus, kepada Tuhan Allah, itu sebabnya tidak DISUNAT lagi.

SUNAT adalah SIMBOL menaklukkan diri kepada Tuhan Yesus dan kepada Allah. Kepada Logos dan Theos. Kepada Firman dan Allah.

Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka:  “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.” Kejadian 1:28

Handai taulan sekalian, ketika memberkati manusia Allah memberi MANDAT yaitu:

1. Beranakcuculah
2. Taklukkan bumi
3. Berkuasa atas binatang

Apakah Allah memberi MANDAT untuk menjadi anak-anak Allah? Tidak!

Apakah Allah memberi MANDAT untuk BERIMAN? Tidak!

Apakah Allah memberi MANDAT untuk percaya bahwa Yesus adalah Tuhan? Tidak!

Apakah Allah memberi MANDAT untuk percaya bahwa Yesus Kristus sudah menanggung dosa manusia? Tidak!

Apakah Allah memberi MANDAT untuk MENAATI Hukum Allah? Tidak!

Kenapa Allah TIDAK memberi mandat agar manusia beriman; percaya bahwa Yesus adalah Tuhan; percaya bahwa Yesus Kristus sudah menanggung dosa manusia; MENAATI Hukum Allah? Karena itu adalah MANDAT Allah kepada Allah untuk MENCIPTAKAN manusia sesuai GAMBAR dan Rupa KITA. Itu adalah MANDAT MENCIPTAKAN.

Ketika Tuhan Yesus naik ke sorga, apakah Dia memberi MANDAT agar manusia beriman? Tidak!

Ketika Tuhan Yesus naik ke sorga, apakah Dia memberi MANDAT agar manusia percaya bahwa Dia adalah Tuhan? Tidak!

Ketika Tuhan Yesus naik ke sorga, apakah Dia memberi MANDAT agar manusia menaati HUKUM Allah? Tidak!

Ketika Tuhan Yesus naik ke sorga, Dia hanya memberi MANDAT agar menjadikan semua manusia murid-Nya dan membaptis mereka dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus.

Kenapa Tuhan Yesus tidak memberi MANDAT kepada manusia untuk beriman; percaya bahwa Dia adalah Tuhan; menaati HUKUM Allah? Karena itu adalah MANDAT kepada Roh Kudus. Itu adalah MANDAT MENCIPTAKAN.

Untuk menjadi manusia, dia DICIPTAKAN. Dia menjadi manusia ketika dikandung dan dilahirkan oleh manusia; darah dan daging. Untuk menjadi anak Allah, dia HARUS diciptakan. Dia menjadi anak Allah ketika dilahirkan oleh Allah.

Itulah kebenaran tentang penciptaan manusia dan penciptaan anak-anak Allah. Itulah kebenaran tentang penciptaan gambar-Nya dan penciptaan gambar dan rupa KITA.

“Kamu tahu, bahwa tidak seorangpun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kamipun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus  dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: ‘tidak ada seorangpun yang dibenarkan’ oleh karena melakukan hukum Taurat.” Galatia 2:16

Handai taulan sekalian, walaupun mengaku dirinya Reformed sejati dan menentang Armenianisme habis-habisan namun sesungguhnya Pdt. Budi Asali adalah seorang Armenianisme berbulu Reformed sejati. Orang-orang seperti dialah yang dimaksudkan oleh rasul Paulus ketika mengingatkan jemaat untuk berhati-hati kepada para penyesat yang adalah nabi-nabi palsu.

Iman KEPADA Kristus bukan iman DALAM Kristus. Armenianisme mengajarkan untuk beriman KEPADA Kristus sementara Reformed sejati berdasarkan ajaran Alkitab mengajarkan untuk beriman DALAM Kristus.

Beriman KEPADA Kristus adalah PEKERJAAN manusia. Beriman DALAM Kristus adalah PEKERJAAN Kristus alias Roh Kudus alias Allah. Manusia MUSTAHIL percaya kepada Kristus, hal itu sudah TERBUKTI ketika Yesus Kristus menjadi manusia dan hidup di antara orang Yahudi. Apabila manusia BISA percaya KEPADA Kristus, mustahil mereka menyalibkan Yesus.

Namun benar  yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan  datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan  mengutus Dia kepadamu. Yohanes 16:7

Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; Yohanes 16:8

akan  dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku;  Yohanes 16:9

akan  kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi; Yohanes 16:10

akan  penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum. Yohanes 16:11

Handai taulan sekalian, siapakah yang MENGINSAFKAN dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman? Roh Kudus! Murid-murid Yesus Kristus INSAF akan dosa dan kebenaran dan penghakiman. Alkitab mengajarkan bahwa murid-murid Yesus Kristus INSAF karena mereka DIINSAFKAN Roh Kudus, bukan kerena mereka MENGINSAFI.

DIINSAFKAN Roh Kudus akan akan dosa, kebenaran dan penghakiman BUKAN MENGINSAFI.

Armenianisme dan Pdt. Budi Asali MDiv YAK-YAK-O serta murid-murid TOLOLNYA percaya bahwa orang Kristen adalah orang yang MENGINSAFI, bukan orang yang DIINSAFKAN Roh Kudus. Itu sebabnya mereka mengajarkan bahwa Roh Kudus adalah pedagang asongan yang mengasong-asongkan KESELAMATAN dan orang Kristen adalah manusia yang MERESPON keselamatan yang diasong-asongkan oleh Roh Kudus dengan PERCAYA.

Percaya bahwa Yesus adalah Tuhan tidak menjadikan manusia anak Allah. Iblis dan setan-setan percaya bahwa Yesus adalah Tuhan. Percaya bahwa Yesus Kristus sudah menanggung dosa manusia tidak menyelamatkan. Iblis dan setan-setan percaya bahwa Yesus sudah mati menanggung dosa manusia. Untuk menjadi anak Allah seseorang HARUS dilahirkan oleh Allah alias Roh Kudus. Dilahirkan oleh Roh yang membuat manusia BERIMAN  dalam Kristus. Percaya kepada Yesus TIDAK menjadikan seseorang BERIMAN dalam Kristus.

Anda menjadi manusia karena DILAHIRKAN sebagai manusia, bukan karena anda PERCAYA alias BERIMAN bahwa anda manusia.

Anda menjadi anak Allah karena DILHIRKAN sebagai anak Allah, bukan kerena anda PERCAYA alias BERIMAN bahwa anda anak Allah.

19 thoughts on “Dilahirkan Sebagai Manusia dan Dilahirkan Sebagai Anak Allah

  1. Salam pak Hai,

    Saya ada pertanyaan,

    “Anda menjadi anak Allah karena DILAHIRKAN sebagai anak Allah, bukan kerena anda PERCAYA alias BERIMAN bahwa anda anak Allah.”

    Bisakah saya artikan sbb:
    DILAHIRKAN sebagai anak Allah = DILAHIRKAN KEMBALI atas kuasa Roh Kudus + Diinsafkan Roh Kudus = mandat penciptaan RUPA KITA = dilahirkan oleh AIR = ending dari pem’baraan” gambar dan rupa KITA

    atau saya analogikan dengan
    #Yesus MATI menggantikan Adam dan Hawa… kemudian Yesus dilahirkan oleh Roh Kudus dan Bapa….Yesus kembali menjadi Tuhan seperti pada mulanya

    #Umat manusia diberi kehidupan atas kematian Yesus = manusia dilahirkan oleh Roh Kudus….(+) diinsafkan Roh Kudus = dilahirkan oleh AIR = manusia menjadi gambar dan rupa Allah sesuai yg di”bara”kan

    Mohon pencerahannya.

  2. Paulus Miki Sucahyo, dilahirkan KEMBALI. ajaran itu dipahami dari yohanes 3:3

    Yesus menjawab, kata-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.” Yohanes 3:3

    kata KEMBALI itu diterjemahkand dari akta Yunani ANOTHEN , hanya DUA kali kata itu dipahami sebagai KEMBALI. digunakan 13 kali, 5 kali dipahami sebagai DARI ATAS, 3 kali dipahami sebagai ATAS, 2 kali dipahami sebagai SEJAK SEMULA 1 kali tidak diterjemahkan.

    Silahkan klik di sini untuk melihatnya

    http://alkitab.sabda.org/strong.php?id=509

    silahkan klik di bawah ini untuk melihat penggunaan kata tersebut:

    http://alkitab.sabda.org/strong.php?id=509

    Dilahirkan KEMBALI artinya SUDAH pernah dilahirkan.

    Bukankah terjemahan yang benar adalah DILAHIRKAN dari ATAS karena sebelumnya BARU lahir dari RAHIM alias di lahirkan dari SINI (dunia)?

    Bila anda pelajari kisah penciptaan, maka Firman-Nya adalah menciptakan manusia MENURUT gambar dan rupa KITA. namun penggenapan Firmannya adalah menciptakan menurut GAMBAR-Nya.

    NYA

    itulah kata kuncinya.

    NYA artinya SATU.

    Silahkan pelajari dari kata apa GAMBAR dan RUPA diterjemahkan, lalu pelajarilah penggunaan KEDUA kata itu di dalam Alkitab.

    Saya jamin, anda akan bilang, WOW ….

  3. Selamat pagi om, maaf mau nanya soal anak Allah. Betulkah kata “ANAK” berasal dari kata pais dan huios, dimana pais berasal dari kata Ibrani EBED?

    dan bila kata asal dari kata Ibrani pais theou adalah ebed, bukankah itu mengandung penekanan hubungan personal bermakna ‘HAMBA’”?

    terima kasih dan salam sejahtera selalu.

    • Nona, saya kurang pandai dalam masalah bahasa Ibrani dan Yunani, makanya nggak bisa kasih penjelasn panjang lebar. Setahu saya, kata ANAK dalam Perjanjian BAru diterjemahkan dari kata Huios. misalnya, huios Abraham = anak abraham. Diterjemahkan dari kata Ibrani BEN. contohnya Ben Yakub = anak Yakub. Ketika penulis Alkitab gunakan sebuah kata, dia menggunakan kata tersebut dengan ARTI yang dipahami oleh masyarakat pada saat itu. Untuk mengerti maknanya dengan benar anda bisa membandingkan penggunaan KATA yang sama dalam ayat-ayat lainnya oleh penulis yang sama. Anda juga bisa membandingkannya dengan penulis lain dari generasi yang sama. Anda bisa bandingkan penggunaannya dalma generasi yang tidak sama. Kita melakukan hal demikian, karena terkadang para Teolog sudah MEMANIPULASI sebah KATA untuk mendukung DOKTRIN yang diyakininya. contoh. Elohiym = kata JAMAK. Itu adlaah pembohongan publik untuk mendukung doktrin Tritunggal.

      • Oh gitu, lalu bagaimana ayat Yesaya 9:6 yg mengatakan:
        9:6 (9-5) Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

        para Teolog mengklaim bahwa anak yg telah lahir tsb adalah Yesus. Bagaimana menurut om hai? Thanks 🙂

        • Sebab seorang anak (yeled) telah lahir untuk kita, seorang putera (ben) telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib (ya`ats pele’), Allah yang Perkasa (el gibbowr), Bapa yang Kekal (ad), Raja PANGERAN Damai (sar shalowm). Yesaya 9:6

          Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus. Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya, dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan.” Lukas 1:32-33

          Jawab malaikat itu kepadanya: “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah. Lukas 1:35

          Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa u mereka.” Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” –yang berarti: Allah menyertai kita. Matius 1:21-23

          Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda i mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel. Yesaya 7:14

          Para teolog memang mengajarkan bahwa Yesaya 9:6 adalah NUBUATAN tentang Yesus. Mereka lalu mengajarkan bahwa Yesus adalah El Gibbowr – Allah Yang Perkasa. Itulah bukti tentang Allah Tritunggal. Itulah bukti Yesus adalah Allah.

          Saya sering mengatakan, ajaran Kristen HARUS DIAUDIT. Setelah 50 tahun KOTBAH Pdt. Dr Stephen Tong seharusnya BERHENTI dan MENGAUDIT ajarannya. Orang Kristen harus BERHENTI main SLOGAN mulai BELAJAR Alkitab TANPA prasangka.

          Pepatah Hokkien bilang, “Kio ti kio kao kaki cao = menyuruh babi dan anjing akhirnya mengerjakannya sendiri.” Karena Stepheng Tong tidak mau berhenti kotbah dan karena tidak ada sarjana teolog GENIUS lain yang mau melakukannya maka SAYA terpaksa melakukannya dengan BERSUSAH payah karena otak saya tidak pinter dan pengetahuan saya pas-pasan.

          Bandingkan Yesaya 7:14 dengan berita dari Gabriel kepada Maria dan Yusuf. Nampak Gamblang sekali bahwa Yesus adalah Imanuel yang dinbuatkan dalam yesaya 7:14.

          Inilah daftar keturunan Adam. Pada waktu manusia itu diciptakan (bara) oleh Allah, DIJADIKANNYA (asah) dia menurut rupa Allah; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya (bara) mereka. Ia memberkati mereka dan memberikan nama “Manusia” (adam) kepada mereka, pada waktu mereka diciptakan (bara). Kejadian 5:1

          Bagaimana dengan Yesaya 9:6? Itu mustahil NUBUATAN bagi Yesus bahkan itu MUSTAHUL nubuatan MASA depan sebab. Yang tercatat sangat TEGAS dan GAMBLANG. ANAK itu SUDAH dilahirkan. Putera itu SUDAH diberikan. Yesaya 9:6 adalah Yohanes 3:16 dan Yohanes 3:18. Bacalah. Yesaya 9:6 bicara tentang NAFAS hidup yang diberikan (asah)kepada DUNIA ketika Tuhan Allah MENDESIGN (bara) manusia. Coba anda pelajari Kejadian 1 dan perhatikan KUASA yang diebrikan kepada manusia.

            • Mencerahkan? Syukur kepada Allah. Saat ini saya sedang menguji tulisan saya yang berjudul “Bengcu Menggugat Karena Yesus Mustahil Logos” Saya mengoreksi Terjemahan LAI atas Yohanes 1:1-18. Dari situ akan nampak gamblang sekali siapakah Logos itu? Dan Logos mustahil Yesus.

  4. jadikan buku aja bang untk smua yg abng tulis. Mulai dri awal deh supaya bsa di mengerti. Hehe..

  5. Shalom Bengcu. Apakah anda mau mengatakan bahwa TAURAT itu gambaran ALLAH yg mustahil manusia seperti ALLAH? Terimakasih.

  6. Jasad mengalami kematian namun roh tidak memang benar, sebab saat setan dikatakan dicampakan kedalam lautan api adalah untuk disiksa selama-lamanya. Hanya, perjanjian Tuhan dengan manusia melalui nabi sebelum Yesus dan nabi yang satu dengan yg lain mencakup kesepakatan yang sama. Dan selain beberapa orang pilihan, sepertinya tidak disebutkan roh yang telah mati akan dilahirkan kembali melalui kelahiran baru.

    Penjelasan diatas membingungkan, biar katanya ada ayat yang menyebut Yesus telah ada bahkan sebelum Adam di adakan, yang Yesus sendiri mengatakannya..

    • Janji Allah dengan MANUSIA leat Nabi? Anda pasti belum pernah baca alkitab dari Kejadian sampai Wahyu, itu sebabnya tidak tahu bahwa Perjanjian Allah dengan Manusia hanya berlangsung sampai NUH. Sejak itu tidak ada lagi perjanjian Allah dnegan manusia. PErjanjian El sadday dengan Abraham, Ishak dan yakub bukan perjanjian Allah dengan manusia. Perjanjian YHWH dengan Musa bukan perjanjian Allah dengan manusia, itu sebabnya yang bukan Israel disebut KAFIR.

      • Benar, Pencipta membuat kesepakatan dengan manusia lewat manusia pilihannya. Sepertinya tidak betul kalau ada dikatakan bukan yahudi berarti kafir. Malah dikatakan Pencipta memilih caranya, dimana Ia memilih bangsa yahudi, agar seluruh dunia tahu benar tidaknya Ia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.