Perpuluhan Yakub Sang Penipu?


Pendeta Dr Stephen Tong, “Perpuluhan milik Tuhan, bukan milik manusia. Manusia tidak memberi persembahan perpuluhan kepada Tuhan karena perpuluhan bukan persembahan namun milik Tuhan. Setelah perpuluhan baru mulai persembahan.”

Menurut kitab Musa, perpuluhan adalah 10% dari hasil panen (Imamat 27:30) dan 10% dari jumlah ternak (Imamat 27:32) saat dihitung. Karena tidak ada catatannya artinya tidak ada perpuluhan atas perikanan, upah, keuntungan jual beli juga riba.

Demikian juga segala persembahan persepuluhan dari tanah, baik dari hasil benih di tanah maupun dari buah pohon-pohonan, adalah milik TUHAN; itulah persembahan kudus bagi TUHAN. Imamat 27:30

Mengenai segala persembahan persepuluhan dari lembu sapi atau kambing domba, maka dari segala yang lewat dari bawah tongkat gembala waktu dihitung, setiap yang kesepuluh harus menjadi persembahan kudus bagi TUHAN. Imamat 27:32

Saat ditanya, “Mengapa Abraham tiba-tiba memberikan pesepuluhan? Apa latar belakang persembahan persepuluhan itu?” David Tong menjawab, “Ucapan syukur.”

Kerabat Kristenku sekalian, ternyata ada dua ajaran perpuluhan di GRII (Gereja Reformed Injili Indonesia) yaitu ajaran Pdt Dr Stephen Tong VS ajaran Pdt Dr David Tong. Kedua ajaran itu saling bertentangan. Stephen Tong: Perpuluhan bukan persembahan namun milik Tuhan VS David Tong: Perpuluhan adalah ucapan (persembahan) syukur manusia kepada Tuhan.

Suhu hai hai bengcu menulis: Ajaran perpuluhan sangat gamblang: Perpuluhan adalah milik YHWH, YHWH lalu berikan perpuluhan itu kepada suku Lewi. Sejak kapan YHWH berhenti memberikan peerpuluhan kepada suku Lewi namun diberikan kepada gereja Kristen? Saya tidak tahu. Itu sebabnya, suhu hai hai bilang, “Gereja Kristen mencuri perpuluhan yang adalah hak suku Lewi.”

David Tong: Kalau perpuluhannya Abraham dan Yakub dasarnya apa?

David Tong: bagi saya persepuluhan bukan di bawah taurat Musa karena Abraham dan Yakub juga tidak memberikan persepuluhan karena taurat Musat. Kalau dikatakan persepuluhan ada karena hukum Taurat maka pada saat Abraham memberikan persepuluhan (dan Yakub), Hukum Taurat belum ada. (ini adalah rangkuman yang dibuat atas tulisan-tulisan David Tong, anda bisa membaca tulisan lengkapnya di bawah ini.)

Perpuluhan Yakub? Atas dasar apa David Tong mengajarkan tentang perpuluhan Yakub? Saya tidak tahu. Padahal, Perjanjian Lama sama sekali tidak mencatat kisah Yakub memberi perpuluhan. Jangan-jangan David Tong mengarang doktrin perpuluhan Yakub berdasarkan cerita mimpi Yakub di Betel (Kejadian 28:10-22) dan cerita Yakub di Betel untuk kedua kalinya (Kejadian 35:35:1-15)? Saya tidak tahu.

Di Betel, Yakub bernazar, “Dari segala sesuatu yang Engkau berikan kepadaku akan SELALU kupersembahkan sepersepuluh kepada-Mu,” namun, setelah sukses, Yakub tidak pernah menggenapi nazarnya tersebut walaupun di Betel dia memang mendirikan tugu batu dan mempersembahkan korban curahan serta menuangkan minyak. Namun, dari segala sesuatu yang diberikan kepadanya, Yakub tidak pernah mempersembahkan sepersepuluhnya kepada Tuhan.

Kerabat Kristenku sekalian, mustahil ada perpuluhan Yakub karena jangankan perpuluhan, menggenapi nazarnya saja Yakub tidak jujur. Ha ha ha ….

Di samping itu, bukankah yang diberikan oleh Yakub di Betel adalah PERSEMBAHAN, bukan PERPULUHAN?

Mengenaskan bukan? Pdt Pdt GRII ternyata nggak paham ajaran Pdt Dr Stephen Tong, “Perpuluhan milik Tuhan, bukan milik manusia. Manusia tidak memberi persembahan perpuluhan kepada Tuhan karena perpuluhan bukan persembahan namun milik Tuhan. Setelah perpuluhan baru mulai persembahan,”?

Lalu bernazarlah Yakub: “Jika Allah akan menyertai dan akan melindungi aku di jalan yang kutempuh ini, memberikan kepadaku roti untuk dimakan dan pakaian untuk dipakai, sehingga aku selamat kembali ke rumah ayahku, maka TUHAN akan menjadi Allahku. Dan batu yang kudirikan sebagai tugu ini akan menjadi rumah Allah. Dari segala sesuatu yang Engkau berikan kepadaku akan selalu kupersembahkan sepersepuluh kepada-Mu.” Kejadian 28:20-22

Kemudian Yakub mendirikan tugu di tempat itu, yakni tugu batu; ia mempersembahkan korban curahan dan menuangkan minyak di atasnya. Yakub menamai tempat di mana Allah telah berfirman kepadanya “Betel”. Kejadian 35:14-15

David Tong: ya itu hanya menuliskan fakta Abraham memberikan persepuluhan. Yang saya tanyakan apa dasarnya Abraham melakukan itu. Kalau dikatakan persepuluhan ada karena hukum Taurat maka pada saat Abraham memberikan persepuluhan (dan Yakub), Hukum Taurat belum ada. Bahkan dalam Ibr.7:9, persepuluhan Abraham adalah model bagi persepuluhan Lewi, bukan sebaliknya.

David Tong: siapa yang mengatakan tidak ada kontinuiras persepuluhan? Tapi bagi saya persepuluhan bukan di bawah taurat Musa karena Abraham dan Yakub juga tidak memberikan persepuluhan karena taurat Musat. Belajar membaca, bernalar, dan bertukar pikiran dengan baik. Tidak perlu menggunakan caps.

8 thoughts on “Perpuluhan Yakub Sang Penipu?

  1. Kurang ajar sekali anda, berani membongkar rahasia dapur saya

    唐崇榮

  2. Kesimpulannya,

    Seandainya perpuluhan masih belum dibatalkan pun, cuma untuk petani dan peternak. Pedagang, jasa, dll tidak perlu bayar perpuluhan. Dan diserahkan kepada suku lewi.

    Efesus 2:15
    sebab dengan mati-Nya sebagai manusia, Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya,  untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya,

  3. Wahai Anonymous

    Eits biar saya babu saya babu Tuhan, oleh karena itu aset saya banyak, mobil mewah berjibun
    Saya memang “diberkati”

    Ente jangan ngiri ya

  4. Yesus tidak pernah menyusun liturgi kebaktian, demikian juga murid-muridnya. Yesus juga tidak pernah membangun organisasi SINODE, misalnya Sinode GKI. Adakah HUKUM yang MELARANG menyusun liturgi dan sinode? Tidak ada! Kita membuatnya karena itu BAIK dan itu BERGUNA.

    Kalau Pdt Stephen Tong menyusun AJARAN Perpuluhan dengan Mengambil SEBAGIAN idea dari Perpuluhan Israel, bolahkah? Tentu saja BOLEH namun harus BAIK dan BERGUNA serta ADIL. Menurut saya, itulah yang dilakukan oleh Pdt Dr Stephen Tong. Sayangnya, para muridnya nggak MEMAHAMI ajarannya sehingga sembarangan kutip ayat dan ngarang ajaran sontoloyo.

  5. Terima kasih Hai hai, untuk penjelasannya, jadi kita kalau mau memberi persembahan tidak harus merasa bersalah, kalau di saat itu tidak ada uang banyak di dompet kita

  6. Waktu SD, kami tidak pernah mendapat uang jajan. Itu sebabnya saat kantong kolekte yang diedarkan mencapaiku, aku hanya memberi berkat saja. Tidak ada uang.

    Berilah dari kelimpahanmu, jangan memberi dari kekuranganmu untuk gereja. Kita boleh memberi kepada sesama dari kekurangan kita namun jangan sering-sering. Misalnya, Waktu SMA, saya sering memberi dari kekurangan saya karena temanku sudah 2 hari puasa.

  7. Waktu SD, kami tidak pernah mendapat uang jajan. Itu sebabnya saat kantong kolekte yang diedarkan mencapaiku, aku hanya memberi berkat saja. Tidak ada uang.

    nah mari kita bahas kesalahan suhu hai hai sewaktu mudanya ya, ya mgkn barangkali belio masih muda belum paham isi teks2 alkitab mengenai kolekte persembahan perpuluhan dll, kalau saja saat SD suhu hai hai duduk di sebelah saya di gereja dan saat kantung kolekte hampir mendekat belio berbisik “gue bokek nih” pasti akan saya beri…uang? tidak! enak saja…kertas dan bolpen, saya akan sarankan belio utk beriman mempercayai bahwa itu kertas cek, dan silahkan tulis sesukanya mau kasih kolekte berapa di kertas cek tsb, 100jt 200jt 1M 2M monggo, setelah ditulis, dengan sikap sempurna berdoa dan masukkan kertas cek tsb ke kantung kolekte, nah dasar alkitabnya adalah sbb : Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya..dst Markus 11:24-26*
    nah percaya saja bahwa kamu telah menerimanya,..artinya percaya saja bahwa suhu hai hai sudah menerima cek (misalkan tadi ditulis 200jt) dan dicemplungkan utk perpuluhan gereja, dan gereja tsb klo sudah membuka kantungnya menghitung2 hasilnya juga harusnya percaya saja bahwa itu cek 200jt , percaya bahwa kamu telah menerimanya , Amin …salam edan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.