Selamat Ulang Tahun Anakku


Pink polygonal 19th happy birthday — Stock Vector © HoldenKolf #85881464Ombak yang datang belakangan selalu lebih besar dari ombak di depannya, anakku. Jangan lupa dengan kebenaran demikian. Makin hari KESULITAN yang harus kamu hadapi akan MAKIN besar. Aku tidak berharap apa pun darimu selain rajin membina diri agar mandiri melakukan banyak hal.

Kamu harus membina diri hari ini karena MENUNDANYA pastilah membuat dirimu membuang KESEMPATANMU untuk MELATIH diri melakukan banyak hal.

SELAMAT ULANG TAHUN ANAKKU.

Karena tidak TERLATIH, itu sebabnya kebanyakan orang nggak CAKAP melakukan banyak hal.

Orang CERDAS pandai memanipulasi SITUASI agar tidak PERLU melakukan banyak HAL, contohnya: Ketika ditanya, CEPAT sekali menjawab, “Tidak tahu. Tidak bisa. Itu susah. Nggak perlu begitu. Nanti saja. Nanti aku akan …. Aku tidak sempat.”

Kalau kamu MELATIH dirimu demikian maka makin-hari kamu makin TERLATIH untuk MENJAWAB demikian namun KEHILANGAN kesempatan untuk membina diri melakukan banyak HAL sehingga tidak CAKAP alias BO LO IONG – tidak berguna sebab tidak BISA melakukan apa pun selain bersenang-senang.

Seekor anjing yang BAIK mustahil TERLATIH kalau tidak DILATIH melakukan berbagai trik. Dia harus dilatih siang malam secara rutin sehingga akhirnya trik-trik yang dilatihkan kepadanya pun menjadi gerakan REFLEK alias OTOMATIS.

Kalau kamu tidak berlatih melakukan BANYAK PEKERJAAN setiap harinya maka akhirnya semakin hari kamu makin terlatih untuk TIDAK BISA melakukan PEKERJAAN apa pun.

Latilah dirimu untuk MELAKUKAN banyak pekerjaan untuk melatih dirimu agar MENYUKAINYA sehingga MELAKUKANNYA secara REFLEK.

Kamu ingat waktu belajar Bulutangkis? Begitu pegang raket kamu lngsung TAHU caranya. Namun LATIHAN-lah yang membuat kamu AHLI.

Kamu ingat waktu belajar Biola? Hanya perlu beberapa menit bagimu untuk bisa membuatnya BERSUARA, namun latihan bertahun-tahunlah yang membuatmu PAKAR.

Tanpa latihan kamu hanya PUNYA BANYAK KEMAUAN namun nggak BECUS mewujudkannya. Demikian juga dalam hal PEKERJAAN dan yang lainnnya.

Menyapu dan ngepel serta cuci piring? Itu memang MUDAH dilakukan. Kamu tidak menjadi PAKAR dan AHLI dalam pekerjaan tersebut. Namun kenapa kamu PERLU melatih dirimu untuk terus menyapu dan ngepel serta cuci piring? Untuk melatih dirimu agar SUKA dan TERLATIH serta REFLEK bekerja apa pun.

Secara naluri semua manusia hanya SUKA melakukan yang MENYENANGKAN dan BENCI melakukan yang TIDAK DISUKAINYA.

Namun, kalau kamu hanya MEMBIARKAN dirimu melakukan yang kamu SUKAI dan TIDAK melakukan yang kamu BENCI, maka makin hari makin BANYAK pekerjaan yang kamu BENCI namun HARUS dikerjakan dan banyak PEKERJAAN yang kamu SUKAI namun TIDAK perlu DIKERJAKAN sebab tidak berguna.

Satu hari lamanya 24 jam. Mencuci piringmu setelah makan hanya memakan waktu 3 menit. Apa jadinya kalau kamu BENCI cuci piring dan SUKA main game? Kamu PUAS main game namun hal itu TIDAK berguna sebab kalau tidak dicuci piring akan tetap kotor. Itu sebabnya kamu harus MEMBINA diri agar dirimu TERLATIH untuk menyukai pekerjaan mencuci piring yang hanya perlu 3 menit tersebut.

Makanya, hati-hati dengan KESUKAANMU dan KETIDAK SUKAANMU melakukan banyak hal agar tidak membuat hidup MISKIN.

Aku sudah PERNAH melakukan banyak HAL sia-sia demi KESUKAANKU sehingga menyesalinya. Itu sebabnya aku mengajarimu agar bijksana dalam MEMILIH karena dalam sehari kita hanya punya 24 jam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.