Imam Yesus Dan Mukidi


Imam: google

Imam: google

Yesus dan Mukidi sama-sama tidak mungkin menjadi Imam di Israel karena hanya keturunan Harun yang berhak menjadi Imam. Mari kita ngotot menjadikan Yesus dan Mukidi sebagai Imam apalagi Imam Agung.

Sebab telah diketahui semua orang, bahwa Tuhan kita berasal dari suku Yehuda dan mengenai suku itu Musa tidak pernah mengatakan suatu apapun tentang imam-imam. Ibrani 7:14

tetapi engkau ini beserta anak-anakmu harus memegang jabatanmu sebagai imam dalam segala hal yang berkenaan dengan mezbah dan dengan segala sesuatu yang ada di belakang tabir, dan kamu harus mengerjakannya; sebagai suatu jabatan pemberian Aku memberikan kepadamu jabatanmu sebagai imam itu; tetapi orang awam yang mendekat harus dihukum mati.” Bilangan 18:7

YHWH menetapkan tiga gembala untuk memimpin (menggembalakan) bangsa Israel yaitu:

1.    Nabi
2.    Imam
3.    Raja (hakim)

Yesus bukan Nabi itu sebabnya selain tidak memberi korban bakaran juga menyangkal Hukum Taurat (Hari Sabat). Yesus bukan raja karena selain tidak mendapat legitimasi juga tidak ditahbiskan oleh imam dan penatua Israel. Yesus bahkan mengaku bukan raja Israel karena kerajaannya bukan dari dunia ini. Yesus itu keturunan Yehuda sedangkan Mukidi adalah keturunan Madura itu sebabnya keduanya sama-sama tidak mungkin menjadi Imam karena Harun dan keturunannyalah Imam Hukum Taurat.

Karena bukan Nabi dan Imam serta Raja itu sebabnya Yesus mustahil MESIAS alias Juruselamat. Itu sebabnya penulis kitab Ibrani dan Paulus membangun dua doktrin agar Yesus menjadi Mesias yaitu:

1. Mengangkat Yesus menjadi Imam Besar menurut Melkisedek (bukan menurut Hukuk Taurat).
2. Membatalkan Hukum Taurat.

Sekiranya Ia di bumi ini, Ia sama sekali tidak akan menjadi imam, karena di sini telah ada orang-orang yang mempersembahkan persembahan menurut hukum Taurat. Ibrani 8:4

Dan tidak seorangpun yang mengambil kehormatan itu bagi dirinya sendiri, tetapi dipanggil untuk itu oleh Allah, seperti yang telah terjadi dengan Harun. Demikian pula Kristus tidak memuliakan diri-Nya sendiri dengan menjadi Imam Besar, tetapi dimuliakan oleh Dia yang berfirman kepada-Nya: “Anak-Ku Engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini” sebagaimana firman-Nya dalam suatu nas lain: “Engkau adalah Imam untuk selama-lamanya, menurut peraturan Melkisedek.” Ibrani 5:4-6

sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera, Efesus 2:15

Pertanyaannya adalah: Apakah Yesus adalah Imam Agung menurut Melkisedek dan berkuasa membatalkan Hukum Taurat?

23 thoughts on “Imam Yesus Dan Mukidi

  1. Yesus adalah nabi, imam dan raja.

    Problem yang Hai hai hadapi adalah keterbatasan/membatasi dirinya sendiri pada memaknai nabi, imam dan raja.

    Untuk hal ini sudah diberikan pendapat di tulisan2 hai2 yg lainnya.

    Sekali lagi saya sampaikan, Yesus diutus oleh AllahNya (BapaNya) yang bukanlah YHWH. Yesus bukan Allah. YHWH adalah salah satu anak Yang Maha Tinggi, bukan Yang Maha Tinggi itu sendiri. YHWH adalah allah bangsa Israel, yang mengutus nabi2nya, mengangkat raja2 duniawinya dan menentukan imam2nya dari keturunan Lewi.

    Yesus bukan utusan YHWH, sehingga pemaknaan nabi, raja atau imam tidak dimasukkan ke dalam konteks nabi,raja atau imam YHWH.

    • Aldi Tan, kalau anda cuman mau NGOTOT untuk berlaku SOK TAHU maka sebaiknya anda GARUK aspal saja. Kalau garuk aspal kurang membuatmu PUAS maka saya anjurkan anda untuk NGELOCO saja. Kalau anda memang mau belajar Alkitab maka mulailah dengan TUTUP MULUT dan mulailah BACA alkitab dari KEjadian sampai Wahyu. Kalau anda SUDAH baca bangsa 3 kali, kembali lagi untuk MEMBACA blog-blog tersebut.

      Saya tidak akan buang waktu sia-sia untuk membantu anda NGELOGO alias MASTURBASI sambil MENGHAYAL dongeng kisanak.

      • Kalau dengan seringnya anda baca alkitab kejadian sampai wahyu masih belum bisa mengetahui kebenaran yg saya sampaikan maka berarti bukan baca alkitab kejadian sampai wahyu yg bisa menolong anda keluar dari ilusi yg anda alami.

        Dan dengan komen anda tsb terlihat gamblang bhw sebenarnya anda tidak menguasai sedikitpun alkitab yg anda klaim sudah anda baca berulang-ulang kali.

          • Ah itu khan halusinasi anda saja.

            Anda berpikir cuma anda seorang yg sudah baca dari kejadian sampe wahyu dan menyombongkan hal tersebut.

    • kalau saya coba pahami… mungkin hai hai mencoba mengartikan isi dalam alkitab secara harafiah.. namun pertanyaannya sekarang dalam memahami isi alkitab ini yang betul harus scara harfiah atau tidak?

      • Kisanak, BAca Alkitab dulu dari Kejadian sampai Wahyu. Belum pernah baca Alkitab namun sudah SOK JAGOAN bicara tentang apa itu HARAFIAH? Ha ha ha ha …. Garuk aspal saja bro. ha ha ha ….

  2. Pak Hai-Hai, apakah Imam besar yang sebenarnya bisa kita ketahui di Alkitab? Karena Nabi Muhammad jelas bukan keturunan Harun juga.

    • Imam besar adalah JABATAN dalam agama Yahudi. Dia harus keturunan Harun. Awalnya jabatan Imam itu diangkat oleh YHWH namun dengan berlalunya waktu maka YHWH itu pun kehilangan kesaktiannya untuk mengangkat Imam sehingga akhirnya jabatan Imam besar itu pun dipolitisasi para ahli taurat.

  3. sekilas Info Qs sahaja 40:73 kemudian dikatakan kepada mereka: “Manakah berhala-berhala yang selalu kamu persekutukan, 74 (yang kamu sembah) selain Allah?” Mereka menjawab: “Mereka telah hilang lenyap dari kami, bahkan kami dahulu tiada pernah menyembah sesuatu”. Seperti demikianlah Allah menyesatkan orang-orang kafir. 75 Yang demikian itu disebabkan karena kamu bersuka ria di muka bumi dengan tidak benar dan karena kamu selalu bersuka ria (dalam kemaksiatan). 76 (Dikatakan kepada mereka): “Masuklah kamu ke pintu-pintu neraka Jahannam, sedang kamu kekal di dalamnya. Maka itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang sombong”.

    Qs 13:5 Dan jika (ada sesuatu) yang kamu herankan, maka yang patut mengherankan adalah ucapan mereka: “Apabila kami telah menjadi tanah, apakah kami sesungguhnya akan (dikembalikan) menjadi makhluk yang baru?” Orang-orang itulah yang kafir kepada Tuhannya; dan orang-orang itulah (yang dilekatkan) belenggu di lehernya; mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.

    Qs 9:68 Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka, dan Allah melaknati mereka, dan bagi mereka azab yang kekal.

    Qs 5:9 (5:8) Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

    Qs 5:3 (5:2) Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi’ar-syi’ar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatang-binatang had-ya, dan binatang-binatang qalaa-id, dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari kurnia dan keridhaan dari Tuhannya dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka bolehlah berburu. Dan janganlah sekali-kali kebencian( mu) kepada sesuatu kaum karena mereka menghalang-halangi kamu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat aniaya (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.

    Qs 10:27 Dan orang-orang yang mengerjakan kejahatan (mendapat) balasan yang setimpal dan mereka ditutupi kehinaan. Tidak ada bagi mereka seorang pelindungpun dari (azab) Allah, seakan-akan muka mereka ditutupi dengan kepingan-kepingan malam yang gelap gelita. Mereka itulah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.

    Qs 2:62 Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

    Qs 23:101 Apabila sangkakala ditiup maka tidaklah ada lagi pertalian nasab di antara mereka pada hari itu, dan tidak ada pula mereka saling bertanya. 102 Barangsiapa yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka mereka itulah orang-orang yang dapat keberuntungan. 103 Dan barangsiapa yang ringan timbangannya, maka mereka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, mereka kekal di dalam neraka Jahannam.

    Mat 13:49 Demikianlah juga pada akhir zaman: Malaikat-malaikat akan datang memisahkan orang jahat dari orang benar,13:5 0lalu mencampakkan orang jahat ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.

    Mat 12:36 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.

  4. sekilas info
    4:15 Karena kita tidak ada Imam Besar yang tiada menaruh belas kasihan akan segala kelemahan kita, melainkan yang sudah terkena coba di dalam segala perkara sama seperti kita, dan lagi tiada berdosa.

  5. 4:15 Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa.

  6. 3:1 Sebab itu, hai saudara-saudara yang kudus, yang mendapat bagian dalam panggilan sorgawi, pandanglah kepada Rasul dan Imam Besar yang kita akui, yaitu Yesus,

  7. 4:14 Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita.

  8. 7:39 Ketika orang Farisi yang mengundang Yesus melihat hal itu, ia berkata dalam hatinya: “Jika Ia ini nabi, tentu Ia tahu, siapakah dan orang apakah perempuan yang menjamah-Nya ini; tentu Ia tahu, bahwa perempuan itu adalah seorang berdosa.”
    7:40 Lalu Yesus berkata kepadanya: “Simon, ada yang hendak Kukatakan kepadamu.” Sahut Simon: “Katakanlah, Guru.”
    7:41 “Ada dua orang yang berhutang kepada seorang pelepas uang. Yang seorang berhutang lima ratus dinar, yang lain lima puluh.
    7:42 Karena mereka tidak sanggup membayar, maka ia menghapuskan hutang kedua orang itu. Siapakah di antara mereka yang akan terlebih mengasihi dia?”
    7:43 Jawab Simon: “Aku kira dia yang paling banyak dihapuskan hutangnya.” Kata Yesus kepadanya: “Betul pendapatmu itu.”
    7:44 Dan sambil berpaling kepada perempuan itu, Ia berkata kepada Simon: “Engkau lihat perempuan ini? Aku masuk ke rumahmu, namun engkau tidak memberikan Aku air untuk membasuh kaki-Ku, tetapi dia membasahi kaki-Ku dengan air mata dan menyekanya dengan rambutnya.
    7:45 Engkau tidak mencium Aku, tetapi sejak Aku masuk ia tiada henti-hentinya mencium kaki-Ku.
    7:46 Engkau tidak meminyaki kepala-Ku dengan minyak, tetapi dia meminyaki kaki-Ku dengan minyak wangi.
    7:47 Sebab itu Aku berkata kepadamu: Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih.”

  9. 17:14 Mereka akan berperang melawan Anak Domba. Tetapi Anak Domba akan mengalahkan mereka, karena Ia adalah Tuan di atas segala tuan dan Raja di atas segala raja. Mereka bersama-sama dengan Dia juga akan menang, yaitu mereka yang terpanggil, yang telah dipilih dan yang setia.”

    21:14 Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar dan di atasnya tertulis kedua belas nama kedua belas rasul Anak Domba itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.