Bojoku Selingkuh, Aku Harus Bagaimana?


Gambar: picswalls.com

Semua yang ketahuan selingkuh pertama kali pasti mengaku khilaf dan berjanji tidak akan selingkuh lagi. Namun, alih-alih berhenti dia justru selingkuh kembali dengan hati-hati agar tidak ketahuan lagi. Yang ketahuan selingkuh lagi, membela diri dengan mengeritik bojonya bla bla bla bli bli bli.

Perempuan Kristen dibesarkan dengan doktrin istri adalah penolong yang sepadan bagi suaminya. Itu sebabnya ketika mengadukan suaminya yang selingkuh ke pendetanya,  istri-istri Kristen pun dibacakan ayat-ayat Alkitab bahwa istri yang cakap adalah mahkota suaminya. Istri yang berakal budi serta takut akan TUHAN akan dipuji-puji. Setelah di doakan dan diingatkan bahwa istri harus tunduk kepada suaminya seperti tunduk kepada Tuhan, istri-istri Kristen demikian pun disuruh pulang untuk beriman alias merasa nyaman meyakini Allah punya rencana dan menjadikan segala sesuatu indah pada waktunya.

Semua orang yang mendapati bojonya selingkuh pasti merasa dikhianati, namun yang menyiksa adalah perasaan CEMBURU. Cinta kuat seperti maut namun CEMBURU kejam seperti dunia orang mati yang apinya berkobar-kobar tak terpadamkan. Itu sebabnya suami-suami Kristen yang mendapati istrinya selingkuh merasa berhak untuk melampiaskan CEMBURU-nya dengan MERAJAM istrinya dengan perceraian tanpa pembagian harta dan hak asuh anak. Makanya istri selingkuh yang menuntut harta gono-gini dan hak asuh anak dianggap perempuan bejad oleh kebanyakan orang Kristen. Itu sebabnya istri-istri yang suaminya selingkuh merasa berhak untuk MERAJAM suaminya dengan menyindir suaminya selama bertahun-tahun.

Ajaran Kristen memang menjadikan istri-istri Kristen mengenaskan nasibnya. Bila bojonya selingkuh dia harus menganggap dirinya perempuan “orak mutu” karena nggak becus menjadi penolong yang sepadan bagi suaminya. Bila ketahuan selingkuh dia harus menganggap dirinya perempuan bejad yang harus rela DIRAJAM.

Banyak yang menyangka bojonya selingkuh karena dirinya tidak pandai bersetubuh itu sebabnya banyak istri yang berlagak pelacur jalanan untuk memikat suaminya kembali dan  suami yang menenggak dan mengoles segala yang disebut obat kuat untuk memikat istrinya kembali. Alih-alih terpikat, bojo yang selingkuh justru merasa muak. Kisanak, ketahuilah bahwa kepandaianmu bersetubuh MUSTAHIL penyebab bojomu selingkuh. Kepandaian bersetubuh berguna untuk menambah kenikmatan namun tidak berguna untuk memikat bojo selingkuh apalagi mencegah bojo selingkuh.

Karena yang ketahuan selingkuh lagi pasti mengeritik prilaku bojonya habis-habisan. Itu sebabnya para konselor Kristen pun menyimpulkan bojo selingkuh karena tidak tahan lagi menghadapi perilaku pasangannya dan tidak kuat lagi menjalani hubungan suami istri yang buruk. Itu sebabnya mereka pun mengajarkan untuk berintrospeksi lalu membina diri guna memikat kembali bojo yang selingkuh dan mencegahnya selingkuh lagi. Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, para konselor Kristen itu salah total bahkan ngaco-belo.

Perilaku binatang dilakukan secara NALURI. Binatang tidak punya pengetahuan. Apa yang disebut pengetahuan binatang hanyalah naluri belaka. Itu sebabnya tidak ada bebek yang mengajari anaknya berenang dan anak burung yang dikatakan belajar terbang sama sekali tidak diajari terbang oleh induknya. Induk elang tidak mengajari anaknya terbang. Secara naluri induk elang menjatuhkan anaknya dan secara naluri pula dia menyambar anaknya sebelum membentur tanah. Secara naluri anak elang yang jatuh membentangkan sayapnya dan secara naluri pula dia mengepakkan sayapnya.

Perilaku manusia tidak dilakukan secara naluri namun dikuasai dengan BERLATIH dan pengetahuan manusia hanya bisa didapat dari BELAJAR. Masalahnya, kebanyakan orang MALAS bahkan merasa MALU untuk berlatih dan belajar. Perempuan ningrat Jawa gerak-geriknya sangat anggun bukan karena bawaan lahir namun karena sejak kecil diajari dan berlatih bergerak dengan anggun.

Waktu kuliah, suatu hari saya diajak untuk mencoba main bowling. Selain nggak tahu cara menghitung, lemparan bola kami pun nggak karu-karuan. Karena rombongan sebelah permainannya hebat sekali, teman-teman saya pun merasa MALU untuk terus main. Aneh bin ajaib. Mereka menuduh saya tidak tahu malu karena terus bermain bahkan minta diajari ngitung dan melempar bola ke rombongan sebelah. Karena diajari rombongan sebelah maka hari itu saya bisa menghitung angka bowling dan melempar bola dengan cara yang benar. Karena MALU teman-teman saya pun kehilangan kesempatan untuk belajar main bowling.

Meskipun ketrampilan manusia hanya bisa dikuasai dengan BERLATIH dan pengetahuan manusia hanya bisa didapat dari BELAJAR, namun dari generasi ke generasi, banyak orang yang beriman alias merasa nyaman meyakini adanya jalan pintas untuk menjadi HEBAT. Ada yang beriman bahwa bengong alias bertapa bisa mendatangkan pencerahan alias membuatnya ujug-ujug pinter dan sakti mandraguna. Ada pula yang beriman kerasukan roh kudus bisa membuat dirinya ujug-ujug mahatahu dan mahakuasa. Itu sebabnya dalam generasi ini, banyak yang berlagak pinter dan sakti mandraguna karena sudah bertapa. Banyak pula yang berlagak mahatahu dan mahakuasa karena sudah beriman dirinya dirasuki roh kudus. Kasihan!

Ada banyak hal tolol yang kita lakukan karena menganggapnya benar. Inilah contohnya. Tengah malam, istri keluar dari kamar lalu menyuruh suaminya yang sedang asyik nonton televisi mengecilkan suaranya karena nggak enak sama tetangga. Suami mengabaikannya dengan alasan tetangga tidak pernah mengeluh dan suara televisinya tidak keras, mustahil mengganggu tetangga. Karena tegorannya diabaikan istri pun marah dan menuduh suaminya tidak punya tenggang rasa. Suaminya kesal setengah mati karena keasyikan nonton televisinya diganggu. Keduanya pun saling ngomel dan saling kesal setengah mati selama berhari-hari. “Istri sialan!” Maki suaminya. “Suami nggak tahu diri!” Maki istrinya. Meskipun selalu mengakibatkan hal yang sama namun keduanya terus melakukan hal yang sama. Kenapa demikian? Karena yakin yang dilakukannya benar dan yang lain salah juga menganggap itulah cara yang benar untuk membuat yang lainnya benar.

Hai istri, bila engkau terganggu oleh suara televisi suamimu, mintalah dia mengecilkannya tanpa melibatkan tetangga. Kalau engkau tidak terganggu, kenapa memastikan tetanggamu pasti terganggu? Karena tidak mengeluh, dari mana engkau tahu tetanggamu terganggu? Engkau bukan juru bicara tetanggamu, kenapa kepoh mewakilinya menegor suamimu? Andai kata tetanggamu mengeluh tentang suara televisi suamimu, seharusnya engkau minta tolong mereka untuk memaklumi masalah pendengaran suamimu. Kisanak, hanya istri bodoh yang merusak keasyikan suaminya demi kenyamanan tetangganya. Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, hanya istri sialan yang merusak keasyikan suaminya karena menyangka itu akan membuat tetangganya nyaman. Darah lebih kental dari air, cinta harus didahulukan dari tetangga.

Hai suami, bila istrimu bahagia menjalani hidup bodoh, kenapa memaksanya untuk pintar? Bila gagal meyakinkan istrimu bahwa tetanggamu sama sekali tidak tertanggu oleh suara televisimu, kenapa tidak mencoba  cara lain? Ketika istrimu menegormu, dia sama sekali  tidak punya standar suara keras dan kecil yang tidak mengganggu tetanggamu, itu sebabnya, bila engkau tersenyum kepadanya sambil melambaikan tangan kirimu sementara tangan kananmu mengambil remote kontrol lalu mengarahkannya ke televisi sambil menggerakkan jari telunjukmu memencet-mencet, maka dia akan menyangka engkau telah mengecilkan suara televisimu meskipun engkau tidak melakukannya. Dengan cara demikian maka istrimu marasa senang karena sarannya dipatuhi suaminya sementara engkau bahagia karena suara televisi tidak mengecil sama sekali.

Peduli setan kucing hitam atau kucing putih, yang penting bisa menangkap tikus. Peduli setan begitu atau begini caranya, yang penting bisa menyelesaikan masalah tanpa melanggar kesusilaan.

Hubungan suami istri dan selingkuh adalah dua hal yang berbeda. Perilaku adalah faktor utama hubungan suami istri namun sama sekali bukan faktor bojomu selingkuh. Hubungan suami istri mustahil menyebabkan bojomu selingkuh. Bila tidak sanggup lagi menghadapi perilakumu, jika tidak tahan lagi menjalani hubungan buruk kalian, bojomu akan minta cerai, bukan selingkuh. Karena hubungan suami istri mustahil penyebab selingkuh, itu sebabnya banyak bojo yang selingkuh meskipun hubungan suami istrinya baik-baik saja.

Bila demikian, kenapa bojoku selingkuh? Bojomu selingkuh karena dia bertemu dengan orang yang memikatnya dan terpikat olehnya lalu keduanya sepakat untuk terus saling memikat. Itu sebabnya hanya ada satu cara untuk mengakhiri perselingkuhan yaitu berhenti saling memikat alias berhenti saling berhubungan alias berpisah secara tuntas.

Mamaku menikah saat berumur 21 tahun. Tahun berikutnya dia berumur 22 tahun dan melahirkan aku. Sejak itu, setiap tahun dia melahirkan satu anak. Itu sebabnya ketika berumur 28 tahun, dia punya tujuh orang anak. Empat lelaki dan tiga perempuan. Di antara ketujuh anaknya, siapakah yang paling dicintainya? Tidak ada. Kenapa demikian? Karena cintanya kepada setiap anaknya bersifat unik dan tidak bisa dibandingkan dengan cintanya kepada anaknya yang lain.

Bila engkau bertanya kepada mamaku tentang siapa yang paling dicintanya dari ketujuh anaknya, maka, mamaku akan menjelaskannya panjang lebar yang kesimpulannya adalah, “Aku punya tujuh cinta untuk ketujuh anakku. Satu cinta untuk setiap anakku. Bukan satu cinta dibagi tujuh namun tujuh cinta untuk tujuh anakku. Itu sebabnya ketika mencintai yang satu, cintaku kepada anak lainnya tidak berkurang.” Itu sebabnya aku dan keenam adikku tidak pernah berlomba untuk memperebutkan cinta mama kami. Karena kami tahu dia punya tujuh cinta untuk ketujuh anaknya. Ketika dia mencintai yang satu, cintanya kepada yang lain tidak berkurang. Untuk apa rebutan?

Kerabatku sekalian, meskipun punya tujuh cinta namun yang mama miliki tidak selalu cukup. Waktu kami kecil, mama miskin. Saat itu, bila punya tujuh butir telur, mama goreng mata sapi. Bila kurang dari tujuh, mama goreng dadar. Bagaimana dengan daging ayam? Mama selalu bilang padaku, “Kamu lebih tua dari adik-adikmu, kamu sudah makan daging ayam lebih banyak dari mereka, itu sebabnya bagianmu lebih sedikit.” Saya tidak pernah protes karena penjelasan mama masuk akal dan benar.

Meskipun punya tujuh cinta namun mama kami hanya satu. Tangannya cuma dua. Kakinya hanya dua. Matanya dua. Telinganya dua. Mulutnya satu. Tubuhnya satu. Kepalanya satu. Itu sebabnya ketika mama memeluk salah satu anaknya, dia tidak bisa memeluk anaknya yang lain. Bukan karena tidak cinta namun karena tidak bisa. Karena tidak mampu.

Handai taulanku sekalian, cinta memang bisa lebih dari satu namun tubuh kita hanya satu. Waktu kita hanya 24 jam setiap harinya. Kita hanya bisa ada di satu tempat setiap kalinya. Itu sebabnya, punya lebih dari satu cinta hanya akan mendatangkan lebih banyak DUKA dan LUKA dari pada SUKA. Itulah alasan aku akhirnya memutuskan untuk hanya merawat dan memuaskan satu cintaku saja. Cintaku kepada Iis. Ini istri saya.

Bojoku selingkuh. Aku harus bagaimana? Semoga Allah menjauhkan kita dari hari-hari demikian. Namun, bila bojoku selingkuh, maka yang akan kulakukan adalah memberitahu dia bahwa aku tahu dia selingkuh dan aku tidak suka dia selingkuh dan aku sakit hati dia selingkuh. Selanjutnya terserah dia. Selanjutnya aku akan membina diri agar tabah menghadapi pilihannya dan pilihanku. Bila pilihannya bertentangan dengan pilihanku  maka aku akan memilih pilihanku meskipun itu berarti kehilangan dirinya. Aku tidak akan menyalahkannya sebab menyalahkannya hanya menambah luka dan duka. Agape! Aku tidak akan membencinya meskipun tidak suka. Itu namanya ren 仁 artinya peri kemanusiaan.

32 thoughts on “Bojoku Selingkuh, Aku Harus Bagaimana?

  1. soal kritik pada konselor yang menjadikan istri adalah pihak yang paling menderita berdasrkan alkitab, saya setuju,

    menurut pak arief (gak panggil pak haihai lagi ah), di artikel mengenai budi asali, kalo tidak salah ingat (bukan bermaksud mengungkit person dan kasusnya) bpk menuliskan, cemburu adalah sakit asmara, apakah benar obatnya adalah menyelesaikannya secara tuntas kegiatan memikat dan terpikatnya? apa cukup dengan tabah? dan kemudian menerima sakit nya ketika pasangan tetap berkeputusan “gue tetep pengen slingkuh”?
    akhirnya pihak yang cemburu yang harus tabah, harus kehilangan orang yang “mungkin” dicintai (kata mungkin ini saya maknai: kadang orang cemburu itu hanya cari perkara biar pisah, ada juga yang cemburu hanya untuk mencari kesalahan pasangannya). tapi setidaknya di sini, perselingkuhan memang sangat menyakitkan, tapi apakah pilihannya hanya itu?

    jika tabah adalah jalan satu2nya, pak arief hanya membuat counternya saja, apabila istri berselingkuh suami juga wajib tabah, ketika istrinya tetep kekeh pengen selingkuh.
    apa bila suami berselingkuh istri istri wajib juga menahan nyeri ganda, yang 1 karena perselingkuhan suaminya, yang 1 karena dihamiki atas dasar Alkitab.

    • TUJUANNYA adalah MENYELESAIKAN masalah. BERCERAI tidak menyelesaikan MASALAH cemburu. Itu sebabnya menyelesaikan masalah CEMBURU dengan bercerai bukan CARA yang benar. Membina diri untuk:

      1. Memahami bahwa Pernikahan bukan SYARAT untuk bahagia.
      2. Memahami bahwa suami dan cintanya bukan SYARAT untuk bahagia
      3. Mampu hidup mandiri tanpa dukungan ekonomi suami

      Dalam hal bojo selingkuh saya tidak bicara masalha MORAL namun masalah MELANJUTKAN HIDUP.

  2. Luar biasa!!!
    Sy suka kalimat terakhir suhu,sy tidak membencinya walau sy tidak suka…

    Ya bukan karna keburukan pasangan seseorang selingkuh”walau kadang bisa di jadikan alasan yg masuk akal”
    Tapi terpikat dengan lawan jenis yg barulah alasan yg utama.
    Walau pun pasangan kita sifatnya sangat buruk,tapi kalau kita tidak terpikat dengan lawan jenis yg lain selain pasangan kita,kita tidak akan pernah selingkuh…

    Tuhan Yesus Memberkati suhu _/\_

  3. saat ini memang saya sedang dekat dengan mantan (pacar). padahal skr saya sudah berkeluarga. tulisan Ko haihai seolah menerangi pikiran yang sedang gelap. Terima kasih sekali lagi terima kasih, Ko haihai, engkau guru bagi saya.

    • Ketika berjalan dengan perempuan dan berpapasan dengan perempuan cantik, kebanyakan lelaki akan MELIRIK. Kenapa MELIRIK? Karena dia TAKUT ketahuan perempuan yang berjalan dengannya. Sejak muda, saya MELATIH diri tidak melakukan hal demikian. Biarkan saja perempuan cantik itu lewat begitu saja. Kalau jodoh, pasti ktemu lagi. kalau nggak jodoh, kenapa dipikirin? Masih banyak perempuan cantik akan saya temui seumur hidup saya. Awalnya, tindakan saya demikian memang MENDATANGKAN ketidaknyamanan, namun Dengan berlalunya waktu, semuanya baik-baik saja tuh.

      Setiap hari kita bertemu dengan perempuan. Ada perempuan yang membuat kita kasmaran. banyak pula perempuan yang membuat kita birahi. Saya TIDAK pernah MENOLAK perasaan BIRAHI atau KASMARAN yang muncul tersebut, namun JUGA tidak MEMANJAKANNYA. artinya, biarkan perasaan itu DATANG dan PERGI semau dia. Bila tidak ditentang dan dimanjakan maka, Melihat perempuan itu seperti kita melihat PEMANDANGAN indah. Kita mengaguminya dan hanya itu.

      MANTAN pacar sangat BERBAHAYA bila kita yang DIPUTUS. Itu akan membuat kita terpancing untuk MEMIKAT-nya. Bila kita yang MEMUTUS, dia yang akan MEMIKAT. Di katakan BERBAHAYA karena siapa pun yang MEMIKAT, tidak ada BEBAN MENTAL takut GAGAL. Yang memikat bisa MENGELUARKAN semua jurusnya tanpa tedeng aling-aling dan tidak takut gagal, “Namanya juga usaha.”

      CINTA. Banyak orang tidak tahu bahwa MENGENDALIKAN alias membiarkan CINTA terpendam sama indahnya dengan MELAMPIASKAN CINTA, bahkan lebih indah. Kenaa demikian? Karena cinta terpendam tidak mendatangkan BAHAYA. Hanya BAHAGIA. Membiarkan CINTA terpendam bukannya MEMUASKAN diri dengan NGELAMUNIN bercinta dengan orang yang kita cintai. NAmun membiarkan perasaan itu DATANG dan PERGI tanpa MEMANJAKANNYA. Seperti yang Jose Marichan katakan, “Like a song in the night.”

      • Kalo dilirik, cuma bisa lihat paling lama 3 detik (kalau mau lebih mesti nengok).
        Maka itulah gunanya kamera hp. Foto aja. he…he..hee.. becanda ko.

        Walaupun tulisannya seperti omongan teori dan prakteknya sulit sekali.
        Tapi memang sesulit apapun, pasti bisa dijalankan. ngutip buku bengcu,
        pukulan yang tidak mematikan, …..

        Kalau kita sadar, kita hidup seperti sedang bermain drama skala besar,
        yang pada akhirnya harus berakhir juga, kita lebih mudah menjalankannya.
        CINTA dan BENCI bener hampir tidak ada batasannya.

        Salam,
        Dari Saya yang sudah pernah mengalaminya.

        • Ketika saya mulai berlatih tidak melirik ketika sedang berjalan dengan perempuan dan berpapasan dengan perempuan cantik, HATI saya diliputi KEKECEWAAN. Namun setelah berkali-kali mengalami hal demikian, aku ra popo tuh. Ketika berlatih tidak menggunakan kesempatan untuk saling memikat meskipun saya terpikat, hati saya pun patah. Namun, saya menikmatinya. Patah hati adalah PERASAAN yang luar BIASA KAYA WARNA-nya. Saat ini bisa dibilang saya cukup berhasil Bertemu dan berteman dengan perempuan cantik, TIDAK memicu yang tidak-tidak lagi. Saya mengagumi dan menikmati kecantikan dan kesesxian serta suara mereka apa adanya tanpa terlintas masalah sex dan memiliki. Seperti saya mengagumi lukisan dan pemandangan serta musik.

  4. Bila suami selingkuh, maka anda dapat mengajukan seribu satu alasan, bahkan sejuta, namun semuanya akan bermuara pada satu hal, sebagai istri anda gagal menolongnya untuk menjadi seorang suami yang baik dan saleh. (dari blog Ko Hai Hai: Bila Suami Selingkuh)

    Ko Hai Hai, bagaimana menyimpulkan kedua hal ini? Suami selingkuh karena dia terpikat dengan orang lain atau karena istri yang gagal menolong suami untuk menjadi suami yang baik dan saleh? Bagaimana menolong suami? Kata2 “menolong suami untuk menjadi suami yang baik dan saleh” terasa masih mengawang-awang bagi saya?

    • Memang MUSTAHIL menolong SUAMI menjadi orang SALEH. Itu sebabnya AJARAN Kristen bahwa Istri adalah PENOLONG SUAMI-nya adalah AJARAN SESAT. ajaran demikian TIDAK boleh DIPEGANG karena TIDAK BAIK. DOKTRIN demikianlah yang SELAMA ini digunakan untuk MENEKAN perempuan Kristen.

      Seperti yang selalu saya katakan, hai hai juga BISA sesat dan MENYESATKAN itu sebabnya UJILAH segalanya dan PEGANGLAH yang BAIK. Ada jalan yang disangka lurus namun ujungnya berakhir pada MAUT. tulisan hai hai yang anda kutip di atas adalah JALAN lurus menuju MAUT itu. MENGKAMBINGHITAMKAN perempuan untuk semua KEBEJATAN suami. Ha ha ha ha …. Banyak lho ornag Kristen yang suka ajaran demikian? Ha ha ha ha ha …

      • Kejadian 2:18-23 TUHAN Allah berfirman: “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.”
        Lalu TUHAN Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan dan segala burung di udara. Dibawa-Nyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang diberikan manusia itu kepada tiap-tiap makhluk yang hidup, demikianlah nanti nama makhluk itu.
        Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia.
        Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging.
        Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu.
        Lalu berkatalah manusia itu: “Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki.”

        Ko Hai Hai, selama ini saya juga meyakini bahwa wanita diciptakan sebagai penolong yg sepadan bagi pria. Ketika Ko Hai Hai berkata bahwa ajaran tersebut sesat, saya membuka kitab Kejadian di atas, ayat-ayat populer yang menyatakan bahwa wanita adalah penolong sepadan pria. Tadinya, saya bermaksud counter pernyataan Ko Hai Hai. Tetapi, setelah saya baca2, saya jadi bertanya-tanya.
        1) Setelah TUHAN Allah menyatakan, “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.”, mengapa TUHAN Allah malah menciptakan binatang dan burung? Setelah manusia itu tidak menjumpai penolong yg sepadan, baru diciptakan perempuan.
        2) Bukankah TUHAN Allah menciptakan perempuan untuk menggenapi firman-Nya: “Aku akan menjadikan penolong baginya, yg sepadan dengan dia (manusia)”? Mengapa Ko Hai Hai menyatakan ajaran “wanita diciptakan sebagai penolong yg sepadan bagi pria” adalah sesat? Jika wanita bukan penolong yg sepadan, lalu untuk apa wanita diciptakan dan siapa penolong yg sepadan itu?

        • Kata PENOLONG diterjemahkan dari kata Ibrani EZER yang artinya SESEORANG YANG MENOLONG SESEORANG dari KESULITAN. Berapa banyak PEMOLONG yang DIJANJIKAN? SATU ORANG. PENOLONG itu dijanjikan kepada MANUSIA (UMAT MANUSIA) bukan kepada SEORANG MANUSIA alias SEORANG LELAKI, bukan kepada ADAM. KENAPA demikian? Karena ADAM TIDAK PERLU PENOLONG alias TIDAK PERLU SESEORANG untuk MENOLONGNYA.

          Lelaki adalah MANUSIA. Perempuan juga MANUSIA. itu sebabnya LELAKI dan PEREMPUAN sama-sama PERLU PENOLONG. Jadi, mengajarkan PEREMPUAN adalah PENOLONG lelaki bukan ajaran Alkitab.

          Siapakah THE ONE and ONLY penolong tersebut? Anda pasti akan bilang YESUS. Benarkah Yesus? Masih banyak yang harus dijelaskan dan dipelajari untuk memahaminya. Silahkan belajar.

  5. koh hai hai, sekedar bertanya saja nih,,,oot sih dari topik. Apa benar Samuel Franklyn yang ada di blog koh hai hai ini adalah Samuel Franklyn yang diceritakan di detik.com mengenai programmer yang lumpuh tsb ? terima kasih.

      • saya lihat ada di Kompas.com juga, salut dengan fighting spiritnya pak Sam, gak semua orang bisa tetap semangat dlm situasi yg di alami pak Sam ini. Di samping tulisan2nya ko Hai2, saya juga suka membaca tulisan2 pak Sam ini di SS.
        btw, yg buatkan penyangga laptopnya itu ko hai-hai kah?

        • Yang membuat tukang las. Saya hanya minta tolong tukang las bikin begini dan begitu. Ha ha ha ha …. Samuel Franklyn adalah seorang petarung sejati. Adalah suatu kehormatan bagai saya untuk berdiri di pihaknya.

  6. ketika ketahuan selingkuh, suami bilang.. aku tak akan membela diri, bagaimanapun juga aku tetap salah. aku khilaf..
    merasa aku benar, aku telah disakiti, akupun menindasnya.. setiap ada kesempatan dan sakit hatiku datang aku melampiaskan dengan mengungkit kesalahannya.
    dia diam tapi rasa nyamannya hilang, dia mencari perempuan itu lagi jengah menghadapiku yg berubah menyebalkan. kali ini lebih rapi.. lebih hati2.. lebih tega.
    sakit hatiku bukan kepalang mengetahuinya(lagi)

    Mungkin ada yg salah dari sikapku.. aku mulai mengkoreksi diri, tak menghakiminya. terlanjur… dia laki2 yg baik hati. sekalipun dia ingin lepas, perempuan itu tak melepaskannya. perempuan itu terus mengejarnya.. menerornya.. akupun pasrah.
    kukatakan aku cemburu, hatiku sakit mengetahui kamu mengulanginya utk kedua kali. sangat sakit…
    tapi tak ada yg bisa kulakukan selain membiarkan dia menentukan pilihannya. walau berat aku mulai beralih fokus… aku mulai memikirkan bagaimana aku harus hidup jika tanpa dia nanti. bagaimana aku harus mendidik anak2ku sendirian. mulai darihal kecil.. aku belajar mengerjakan sesuatu lebih cepat dari biasanya agar aku tetap bisa membereskan rumah ketika suatu saat aku harus bekerja nanti.
    aku mengajari anak2ku mandiri supaya mereka terbiasa mengerjakan apa2 sendiri..
    hidupku lebih teratur sekalipun hampa rasanya. aku tetap melayaninya sekalipun masgul hatiku.
    namun bahagia ketika mendengar,”aku respect sekali dengan responmu, aku bisa bedakan mana yg benar2 mengasihi, kalianlah hartaku yg berharga, aku takkan pernah menyia2kan kalian, kita besarkan anak2 bersama2.”

    • Membina diri. Itulah cara yang benar menghadapi suami selingkuh. Membina diri punya DUA kelebihan bahkan tiga.

      1. Bila dia kembali, diri sendiri sudah menjadi orang yang lebih mudah untuk dicintai dan lebih mudah mencintai.
      2. Bia dia pergi, diri sendiri sudah menjadi orang yang lebih pandai untuk menjalani hidup.
      3. MEMBINA DIRI juga adalah CARA untuk MMEMBALAS dendam dengan menjadikan diri KITA tidak tergantung kepadanya. Kebahagiaan kita tidak menjadikanya sebagai SYARAT.

      Suami selingkuh PERGI selingkuh atau KEMAUANNYA sendiri itu sebabnya dia hanya akan KEMBALI dengan SUKARELA. mustahil MEMAKSA suami selingkuh kembali.

      Terima kasih untuk komentarnya. Mencintai harus dimulai dengan MELEPASKAN. Bila dimulai dengan MENGIKAT pasti mendatangkan LUKA.

  7. Article yang hebat, dan komentar2 dari sahabat2 yang lain yang sangat membangun.
    Memiliki seorang Istri yang baik yang adalah sebagai Sahabat, Penolong, Penopang, Pengingat, dan representasi Kasih adalah idaman dari seorang Pemuda Kristen.
    Salam untuk Ko haihai.
    Dan salut untuk wawasan yang anda miliki. Bagikan terus, karena takkan ada kekekalan umur di dunia ini.
    Satu2nya cara agar yang lain bisa tau, adalah dengan membagikannya.
    Terus bagi, dan terus menjadi berkat.

    Dari Tuhan, dan untuk Tuhan..

    • Kisanak, terima kasih untuk dukungannya. Belajar itu benar-benar ASYIK demikian juga mengajar. Ketika kita MENGERTI, tidak ada orang lain yang DIRUGIKAN. Ketika mengajarkan yang kita pahami, pengetahuan kita tidak berkurang. Itu sebabnya saya suka belajar dan gemar mengajarkan yang saya mengerti. Kalau tulisasn saya berguna bagi anda, itu berarti akan berguna juga bagi orang lain. Itu sebabnya, tolong bantu saya memberi tahu orang lain tentang tulisan-tulisan saya.

  8. Menemui kenyataan isteri selingkuh itu sungguh hancur perasaan suami ketika mengalaminya sendiri. Semuanya serba gelap dan yang paling pertama terbayang menjadi korban adalah anak. Setelah itu diri sendiri hancur secara perlahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.