Yesus Bukan Anak Allah


Gambar: 1.bp.blogspot.com

Esra Alfred Soru berkata, “Beberapa hari yang lalu saya berbicara tentang ke-Allahan Yesus dan satu dasar yang saya pake untuk membuktikan bahwa Yesus adalah Allah adalah istilah atau ungkapan yang dipergunakan oleh dan kepada Yesus di mana Dia disebut sebagai Anak Allah. Orang menuntut bahwa Yesus harus mengatakan, “Akulah Allah” baru mereka mau percaya bahwa Dia adalah Allah. Tetapi di dalam Alkitab Yesus tidak pernah mengucapkan kalimat demikian atau “Aku adalah Allah” karena itu maka banyak orang terutama orang Islam yang tidak mau percaya bahwa Yesus adalah Allah.

Tetapi saya sudah tunjukkan bahwa ungkapan Yesus “Akulah Allah” itu tidak pernah ada. Tetapi Dia berulang kali disebut sebagai Anak Allah bahkan Dia sendiri menyebut diri-Nya sebagai Anak Allah. Lalu saya menunjukkan bahwa penggunaan istilah Anak Allah yang digunakan kepada Yesus itu menunjukkan kesamaan hakekat-Nya dengan Bapa-Nya. Dan karena Dia adalah Anak Allah Itu berarti Dia juga Allah. Dasar yang saya pake adalah Injil Yohanes 5:18.

Jadi kalau Yesus tidak mengatakan “Aku adalah Allah” tapi mengatakan Dia adalah Anak Allah berarti bahwa Dia adalah Allah. Mengapa? Karena itu menyamakan atau menyetarakan kesamaan hakekat antara Bapa dan Anak. Dan di sini kita bisa melihat bahwa Bapak dan Anak itu biarpun berbeda pribadi, berbeda orang tetapi hakekatnya sama. Sama seperti anak monyet itu adalah monyet. Bapaknya monyet dan anaknya monyet. Itu jenisnya sama yaitu sama-sama monyet. Anak ular itu ular. Anak macan itu macan. Anak manusia itu manusia maka Anak Allah dalam pengertian kesamaan hakekat adalah Anak Allah adalah Allah.

http://app.talkfusion.com/fusion2/viewTemplate.asp?mailId=MzU4Mzg4NA==&glb=#.UcJ8EAjgkp4.blogger

Alkitab menggunakan istilah Anak Allah pada Yesus itu pengertiannya itu berbeda dengan waktu istilah itu yang sama itu dipake untuk menuju kepada orang lain. Jadi memang istilahnya sama. Kepada Yesus, Anak Allah. Kepada manusia yang lain Anak Allah. istilahnya sama tapi pengertiannya berbeda. Dari mana kita tahu bahwa pengertiannya harus berbeda? Karena saudara-saudara dalam Alkitab Yesus bukan hanya disebut sebagai Anak Allah tapi Yesus disebut sebagai Anak Tunggal Allah.

Jadi di sini Yesus disebut Anak Tunggal Allah bukan sekedar Anak Allah. Kalau yang disebut Anak Allah yang dikenakan kepada Yesus sama dengan yang dikenakan kepada manusia yang lain, mengapa Yesus disebut Anak Allah, Anak Tunggal Allah? Yesus tidak bisa disebut sebagai Anak Tunggal karena ada begitu banyak orang seperti kata orang Islam tadi ada ribuan orang Anak Allah. Yesus tidak bisa disebut sebagai Anak Tunggal Allah. Tapi Alkitab menyebut ada banyak orang disebut sebagai Anak Allah tetapi di sisi lain Alkitab juga menyebut Yesus Anak Tunggal Allah. Kalau demikian saudara, kita harus mengerti bahwa penggunaan istilah Anak Allah yang dikenakan kepada Yesus tidak sama pengertiannya dengan yang dikenakan kepada orang lain.

Sebab itu orang-orang Yahudi lebih berusaha lagi untuk membunuh-Nya, bukan saja karena Ia meniadakan hari Sabat, tetapi juga karena Ia mengatakan bahwa Allah adalah Bapa-Nya sendiri dan dengan demikian menyamakan diri-Nya dengan Allah. Yohanes 5:18

Reaksi orang-orang Yahudi ini menunjukkan bahwa mereka sangat mengerti Yesus menggunakan istilah anak Allah yang tidak sama dengan pengertian umum, yang menggunakan istilah Anak Allah yang tidak sama dengan yang dipakai oleh bangsa Israel  yang dipakai oleh orang kebanyakan. Dia memakainya dalam arti khusus karena itu mereka mengertinya adalah menyamakan atau menyetarakan diri dengan Allah.

Jadi jelas dari apa yang saya katakan dan dari reaksi orang Yahudi jelas Anak Allah. Istilah Anak Allah yang dipergunakan oleh Yesus mempunyai pengertian yang berbeda dengan dari istilah yang sama yang digunakan oleh orang-orang dari banyak bangsa atau orang-orang Kristen atau orang-orang percaya di sepanjang Alkitab.

William Hendriksen menyatakan, “Mereka (maksudkan orang-orang Yahudi), mereka langsung mengerti bahwa Yesus mengklaim untuk diri-Nya sendiri keilahian dalam arti yang setinggi-tingginya.”

Nah, saudara-saudara, kalau Anak Allah yang digunakan oleh Yesus hanya sekedar orang yang dekat dan dicintai oleh Allah reaksi orang-orang Yahudi itu tidak masuk akal. Jadi jelas bahwa dengan menyebut diri-Nya sebagai Anak Allah, Yesus memaksudkan bahwa Dia mempunyai kesamaan hakikat-Nya dengan Bapa-Nya. Karena itu maka Anak Allah artinya adalah Allah. Yesus Anak Allah, Dia adalah Allah. Ini jawaban saya.”

Bengcu Menggugat:

Sudah lama saya tahu Esra Alfred Soru adalah PENIPU. Gembar-gembor Reformed sejati padahal MUSUH. Kasihan sekali si TOLOL Budi Asali, dia TERTIPU mentah-mentah selama ini. Anda tidak percaya Esra Alfred Soru MUSUH reformed? Inilah buktinya.

Orang Islam Tidak Menuntut Yesus

Esra Alfred Soru: Orang menuntut bahwa Yesus harus mengatakan, “Akulah Allah” baru mereka mau percaya bahwa Dia adalah Allah. Tetapi di dalam Alkitab Yesus tidak pernah mengucapkan kalimat demikian atau “Aku adalah Allah” karena itu maka banyak orang terutama orang Islam yang tidak mau percaya bahwa Yesus adalah Allah.

Esra Alfred Soru MENIPU. Tidak ada orang, terutama orang Muslim yang menuntut Yesus mengatakan, “Akulah Allah” baru mau percaya bahwa Yesus adalah Allah.

Esra Alfred Soru Musuh Reformed Sejati

Stephen Tong: “Doktrin Tritunggal termasuk doktrin monoteisme yang percaya kepada Allah Yang Maha Esa. Dan Allah Yang Maha Esa itu mempunyai tiga pribadi, bukan satu. Pribadi pertama adalah Allah Bapa, pribadi kedua adalah Allah Anak (Yesus Kristus) dan pribadi ketiga Roh Kudus. Tiga pribadi bukan berarti tiga Allah, dan satu Allah bukan berarti satu pribadi. Tiga pribadi itu mempunyai satu esensi atau sifat dasar (Yunani: Ousia; Inggris: substance) yang sama, yaitu Allah. Allah Bapa adalah Allah, Allah Anak adalah Allah dan Roh Kudus adalah Allah, namun ketiga-Nya mempunyai satu ousia, yaitu esensi Allah”. (Stephen Tong ; Allah Tritunggal; 1990 : 20-21).

Esra Alfred soru: Jadi kalau Yesus tidak mengatakan “Aku adalah Allah” tapi mengatakan Dia adalah Anak Allah berarti bahwa Dia adalah Allah. Mengapa? Karena itu menyamakan atau menyetarakan kesamaan hakekat antara Bapa dan Anak. Dan di sini kita bisa melihat bahwa Bapak dan Anak itu biarpun berbeda pribadi, berbeda orang tetapi hakekatnya sama. Sama seperti anak monyet itu adalah monyet. Bapaknya monyet dan anaknya monyet. Itu jenisnya sama yaitu sama-sama monyet. Anak ular itu ular. Anak macan itu macan. Anak manusia itu manusia maka Anak Allah dalam pengertian kesamaan hakekat adalah Anak Allah adalah Allah.

Kerabatku sekalian, yang diajarkan oleh Pdt. Dr Stephen Tong adalah ajaran Reformed sejati yang disebut doktrin Allah Tritunggal alias Tiga Allah Yang Mahaesa. Yang diajarkan oleh Esra Alfred Soru disebut Triteisme alias Tiga Allah Yang KUALITASNYA sama. Allah Tritunggal disebut ESA karena punya SATU hakekat. Triteisme disebut ESA karena JENIS hakekatnya SATU.

Meskipun mengagul-agulkan dirinya Reformed sejati ajaran Esra alfred Soru (Triteisme) justru MUSUH teologi Reformed! Meskipun menuduh Pdt. Dr Stephen Tong bukan reforme sejati namun faktanya, ajaran Esra Alfred Soru justru SESAT. Kasihan sekali si TOLOL Budi Asali selama ini menganggap Esra Alfred Soru SOUL mate reformed sejatinya, bukan?

Anak Allah Bukan Istilah Umum Bangsa Israel

maka anak-anak Allah (ben Elohiym) melihat, bahwa anak-anak perempuan manusia itu cantik-cantik, lalu mereka mengambil isteri dari antara perempuan-perempuan itu, siapa saja yang disukai mereka. Kejadian 6:2

Pada waktu itu orang-orang raksasa ada di bumi, dan juga pada waktu sesudahnya, ketika anak-anak Allah (ben Elohiym) menghampiri anak-anak perempuan manusia, dan perempuan-perempuan itu melahirkan anak bagi mereka; inilah orang-orang yang gagah perkasa di zaman purbakala, orang-orang yang kenamaan. Kejadian 6:4

Pada suatu hari datanglah anak-anak Allah (ben Elohiym) menghadap TUHAN dan di antara mereka datanglah juga Iblis. Ayub 1:6

Pada suatu hari datanglah anak-anak Allah (ben Elohiym) menghadap TUHAN dan di antara mereka datang juga Iblis untuk menghadap TUHAN. Ayub 2:1

Aku sendiri telah berfirman: “Kamu adalah Allah (Elohiym), dan anak-anak Yang Mahatinggi (ben Elyown) kamu sekalian. — Mazmur 82:6

Tetapi kelak, jumlah orang Israel akan seperti pasir laut, yang tidak dapat ditakar dan tidak dapat dihitung. Dan di tempat di mana dikatakan kepada mereka: “Kamu ini bukanlah umat-Ku,” akan dikatakan kepada mereka: “Anak-anak Allah  yang hidup (ben El chay).” Hosea 1:10

Esra Alfred Soru: Yesus menggunakan istilah anak Allah yang tidak sama dengan pengertian umum yang menggunakan istilah Anak Allah, yang tidak sama dengan yang dipakai oleh bangsa Israel.

Istilah “Anak Allah” di dalam Kejadian 6:2, Kejadian 6:4, Ayub 1:6 dan Ayub 2:1 digunakan oleh YHWH (TUHAN) ketika bercerita. Istilah “Anak Yang Mahatinggi” dalam Mazmur 82:6 digunakan oleh Daud ketika bernubuat (Allah berbicara Daud yang mengucapkannya). Istilah “Anak Allah Yang Hidup” dalam Hosea 1:10 digunakan oleh Hosea ketika bernubuat (Allah berkata-kata Hosea yang mengucapkannya).

Fakta-fakta di atas adalah BUKTI bangsa Israel tidak menggunakan istilah “Anak Allah” secara UMUM. Juga bukti bahwa Esra Alfred Soru MEMBUAL tentang istilah “Anak Allah” dengan pengertian umum.

Yesus Bukan Anak Allah

Sebab itu orang-orang Yahudi lebih berusaha lagi untuk membunuh-Nya, bukan saja karena Ia meniadakan hari Sabat, tetapi juga karena Ia mengatakan bahwa Allah adalah Bapa-Nya sendiri dan dengan demikian menyamakan diri-Nya dengan Allah. Yohanes 5:18

Dalam pandangan para imam Yahudi, mengaku Anak Allah berarti menyamakan diri-Nya dengan Allah alias menganggap dirinya Allah. Itu sebabnya Yesus dianggap menghujat Allah dan dihukum mati.

Disangka menyamakan diri-Nya dengan Allah oleh orang Yahudi tidak berkuasa menjadikan Yesus Anak Allah. Menyebut diri-Nya Anak Allah tidak berkuasa menjadikan Yesus Anak Allah.

Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus. Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya, dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan.” Lukas 1:32-33

Jawab malaikat itu kepadanya: “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah. Lukas 1:35

Kerabatku sekalian, apabila Yesus adalah Anak Allah maka sejak lahir Dia adalah Anak Allah. Namun, malaikat Gabriel memberitahu Maria bahwa Yesus baru disebut Anak Allah setelah Dia Dewasa. Disebut Anak Allah setelah dewasa adalah bukti bahwa Yesus bukan Anak Allah.

Keesokan harinya melihat Yesus datang kepadanya, dia pun berkata: “Lihatlah Anak Domba Allah, yang memikul (airo) dosa dunia. Yohanes 1:29 – Terjemahan lebih baik

Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Setelah aku akan datang yang mendahuluiku karena sebelum aku Dia telah ada. Yohanes 1:30 – Terjemahan lebih baik

Dan aku pun tidak melihat (oida) Dia, namun Ia harus dinyatakan kepada Israel sebab untuk itulah aku datang dan membaptis dengan air. Yohanes 1:31 – Terjemahan lebih baik

Dan Yohanes bersaksi, katanya: “Aku telah melihat Roh turun sebagai merpati keluar dari sorga dan tinggal pada-Nya. Yohanes 1:32 – Terjemahan lebih baik

Dan aku pun tidak melihat-Nya (eido), tetapi yang mengutus aku membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jika engkau melihat Roh turun ke atas seseorang dan tinggal pada-Nya, Dia itulah yang membaptis dengan Roh Kudus. Yohanes 1:33 – Terjemahan lebih baik

Dan aku telah melihatnya dan bersaksi: Inilah Anak Allah.” Yohanes 1:34 – Terjemahan lebih baik

Keesokan harinya kembali Yohanes berdiri di situ dengan dua orang muridnya. Yohanes 1:35 – Terjemahan lebih baik

Dan melihat Yesus lewat, dia berkata: “Lihatlah Anak Domba Allah!” Yohanes 1:36 – Terjemahan lebih baik

Dua kali Yohanes pembaptis bersaksi bahwa Yesus adalah Domba  Allah. Pertama, sebelum dia bersaksi tentang Anak Allah yang tidak dilihatnya (Yohanes 1:29). Kedua, setelah dia bersaksi tentang Anak Allah yang tidak dilihatnya (Yohanes 1:36). Itulah bukti bahwa Yesus bukan Anak Allah namun Domba Allah.

Terang sejati yang menerangi setiap orang datang ke dalam dunia. Yohanes 1:9 – Terjemahan lebih baik

Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengetahui-Nya (ginosko). Yohanes 1:10 – Terjemahan lebih baik

kepada milik-Nya Dia datang, tetapi milik kepunyaan-Nya tidak menyambut-Nya (paralambano). Yohanes 1:11 – Terjemahan lebih baik

Tetapi semua orang yang mendapat (lambano) Dia diberi-Nya kuasa menjadi anak-anak Allah yang percaya dalam nama-Nya Yohanes 1:12 – Terjemahan lebih baik

yang dilahirkan (gennao) bukan dari darah atau dari keinginan daging juga bukan dari keinginan seorang lelaki, namun dari Allah.Yohanes 1:13 – Terjemahan lebih baik

“Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang.” Lukas 4:18-19

Kenapa Yesus yang adalah Domba Allah disebut Anak Allah? Karena Dia mendapat Roh Kudus alias Terang. Ketika menerima Terang alias Roh Kudus yang rupa-Nya seperti burung merpati Yesus diberi kuasa untuk menjadi Anak Allah.

Yesus Bukan Anak Tunggal Allah

Esra Alfred Soru: Karena saudara-saudara dalam Alkitab Yesus bukan hanya disebut sebagai Anak Allah tapi Yesus disebut sebagai Anak Tunggal Allah.

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Yohanes 3:16

Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah. Yohanes 3:18

Yohanes 3:16 dan Yohanes 3:18 adalah ucapan Yesus. Apabila Yesus adalah Anak Tunggal Allah yang dimaksudkan-Nya, mustahil Dia menyatakan, “Barangsiapa percaya kepada-Nya, …” Seharusnya Yesus berkata, “Barangsiapa percaya kepada-Ku, …” Pernyataan Yesus dalam Yohanes 3:18 adalah bukti Yesus bukan Anak Tunggal Allah yang dimaksudkan-Nya.

Siapakah Yesus?

Keesokan harinya melihat Yesus datang kepadanya, dia pun berkata: “Lihatlah Anak Domba Allah, yang memikul (airo) dosa dunia. Yohanes 1:29 – Terjemahan lebih baik

Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: “Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. Matius 1:20

Jawab malaikat itu kepadanya: “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah. Lukas 1:35

Siapakah Yesus? Menurut Yohanes Pembaptis Yesus adalah Domba Allah. Menurut Malaikat Gabriel yang melayani Allah, Yesus adalah Roh Kudus. Roh Kudus adalah Roh Allah yang diutus untuk melakukan tugas khusus.

Untuk membaca blog-blog tentang Kristologi yang lain, silahkan klik di SINI.

85 thoughts on “Yesus Bukan Anak Allah

  1. Karena bukankah ayat tersebut penekanannya pada “pengaruniaan Anak Yang Tunggal”.

    Just my opinion…

  2. Pendeta yang besar mulut, sombong dan angkuh (jauh dari sifat buah-buah roh) mereka adalah nabi-nabi palsu yang mempunyai misi menyesatkan orang percaya. Begitu juga dengan penulis-penulis sesat yang secara lancang “menggugat Tuhan”, berusaha melencengkan kebenaran akan Firman Tuhan berusaha menyesatkan iman orang percaya mereka adalah penyesat (nabi palsu), akan mendapatkan upahnya yang jauh lebih berat dari yang ditanggung oleh orang yang berdosa.

  3. Bang bengcu. Kenapa komentarnya kok bisa menyempit begini. Tidak nyaman dibaca jadinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.