Fakta Dan Penipuan Hipnotis


suhu hai haiHipnotis adalah sulap tanpa trik. Hipnotis tidak lebih dari saya menyuruh anda melakukan sesuatu dan anda melakukan yang saya suruh. Hipnotis kelihatan dasyat karena anda berprasangka akibat mendengar dongeng-dongeng saya. Hipnotis kelihatan mistik karena anda tidak tahu bahwa anda tidak tahu. Inilah fakta-fakta hipnotis, ketika diampilkan sebagai sulap hipnotis maupun stage hipnotis bahkan hipnoterapi. Setelah memahami fakta-faktanya, anda bukan saja bisa hipnotis namun mampu mengembangkannya dengan dasyat.

Sulap Hipnotis

Sulap hipnotis adalah pura-pura hipnosis. Dalam sulap hipnotis pesulap membangun ilusi penonton bahwa setiap manusia memiliki kekuatan gaib yang tersembunyi di alam bawah sadarnya. Dengan kekuatannya master hipnotis bukan saja membuat sukarelawan tidak sadar, juga menggali kekuatan gaibnya.

Di dalam sulap hipnotis melayang seperti yang ditunjukkan oleh Uya Kuya, penonton percaya tubuh memang melayang karena tidak melihat penyanggahnya. Triknya adalah menyembunyikan penyanggah dari pandangan penonton. Dalam sulap Uya Kuya, penonton menyangka selimut merah itu hanya untuk membungkus tubuh padahal juga menyembunyikan penyanggah tubuh.

Hipnotis Panggung – Stage Hypnosis

Di dalam Hipnotis panggung (stage hypnosis), saya menyuruh anda melakukan sesuatu dan anda melakukan yang saya suruh. Namun, saya membungkus FAKTA demikian dengan menceritakan dongeng kepada penonton bahwa anda sama sekali tidak menyadari yang anda lakukan. Bahwa anda melakukan yang saya suruh bukan atas kemauan sendiri namun atas kemauan saya. Bahwa anda tidak berkuasa menolak sugesti saya.

Untuk mendukung dongeng demikian, saya menyuruh anda TIDUR dan anda melakukan yang saya suruh: BERUSAHA tidur senyenyak mungkin. Kondisi anda yang demikian membangkitkan imajinasi penonton bahwa anda TIDAK sadar, itu sebabnya melakukan yang saya suruh tanpa menyadarinya.

Saya berkata, “Saya akan menghitung sampai tiga dan anda pun memasuki alam tidur setelah hitungan ketiga. Satu dua tiga,” lalu menjentikkan jemari dan anda pun nampak tertidur. Apakah anda tertidur? Tidak! Anda hanya BERUSAHA tidur. Anda hanya MELAKUKAN yang saya suruh.

Kembali saya berkata, “Anda memasuki alam tidur lebih dalam lagi dan lebih dalam lagi. Pandangilah telapak tangan kanan anda lalu gerakan jemarinya. Jemari anda bisa digerakkan dengan luwes bahkan anda bisa mengepal dengan mudah.” Anda pun melakukan yang saya suruh. Berusaha tidur lebih nyenyak, memandangi tangan, menggerakkan jemarin, mengepal dan membukanya dengan luwes.

Saya berkata, “Anda memasuki alam tidur lebih dalam lagi dan lebih dalam lagi. Saya akan menghitung mundur dari angka lima dan semakin kecil angkanya jemari anda akan terasa semakin kaku. Pada saat saya menghitung sampai satu maka anda pun berusaha mengepal namun tidak bisa karena jemari anda kaku sekali.”

Saya mengulangi perintahnya, “Saya akan menghitung mundur dari lima ke satu dan semakin kecil angka hitungna saya, jemari anda akan terasa semakin kaku. Begitu saya menghitung sampai satu anda pun berusaha mengepal namun tidak bisa karena jemari anda kaku sekali. Lima, empat, tiga, dua, satu.”

Penonton melihat anda berusaha mengepal namun tidak bisa. Mereka menyangka jemari anda menjadi kaku karena kekuatan hipnotis saya padahal tidak. Bila demikian, apa yang sesungguhnya terjadi? Yang terjadi adalah anda melakukan yang saya suruh yaitu, “Berusaha mengepal namun tidak bisa karena jemari anda kaku sekali!” Anda hanya melakukan yang saya suruh. Jemari anda baik-baik saja. Tidak ada yang kaku sama sekali.

Mereka yang menonton tanpa prasangka akan melihat faktanya. Faktanya adalah anda memperagakan gerakan mengepal dengan jemari kaku sesuai perintah saya. Mereka yang menonton dengan prasangka pun melihat ilusi anda tidak bisa mengepal karena jemarinya saya hipnotis menjadi kaku.

Itulah hipnotis panggung atau stage hipnotis. Hipnotis adalah sulap tanpa trik. Tidak ada trik sama sekali. Yang ada hanya dongeng dan prasangka.

Dalam pertunjukan hipnotis panggung, yang melakukan hipnotis disebut Master Hipnotis. Sukarelawannya adalah orang sendiri yang membaur dengan penonton. Dalam pertunjukan hipnotis jalanan, sukarelawannya adalah orang sendiri yang membaur dengan masyarakat. Dalam pertunjukkan hipnotis panggung, FAKTANYA adalah:

  1. Saya menyuruh anda melakukan sesuatu dan anda melakukan yang saya suruh.
  2. Saya memanipulasi penonton agar menyangka saya memaksa anda melakukan perintah saya dengan kekuatan hipnotis.
  3. Saya memanipulasi penonton agar menyangka anda melakukan perintah saya tanpa menyadarinya.

Hipnoterapi

Hipnoterapi umumnya diajarkan atau ditunjukkan dalam seminar hipnotis (hipnoterapi). Orang yang melakukan terapi hipnotis disebut hipnoterapis. Di dalam hipnoterapi, seorang hipnoterapis selain memanipulasi penonton juga memanipulasi pasiennya.

Di dalam hipnoterapi saya memanipulasi anda dan penonton agar menyangka karena hipnotislah anda MAMPU melakukan yang anda SANGKA tidak mampu anda lakukan.

Dalam video di atas Henrikus Yorath memanipulasi penonton dan pasiennya agar menyangka pasien mustahil tahan dibakar. Dia memanipulasi penonton dan pasiennya agar menyangka hipnotislah yang membuat pasiennya tidak merasa panas ketika dibakar. Padahal apinya memang tidak panas sama sekali.

Umumnya orang-orang menyangka dirinya mustahil bisa berjalan di atas beling dan arang membara serta main sepak bola api. Bila anda termasuk orang demikian, apa yang terjadi bila saya menyuruh anda tidur dan anda berusaha tidur lalu saya menyuruh anda menanggalkan sendal atau sepatu. Kemudian saya mengucapkan beberapa kalimat dan menyebutnya SUGESTI lalu menuntun anda melangkah dan anda pun melangkah dengan patuhnya. Kemudian saya membangunkan anda dan menyuruh anda menonton video. Di video itu anda melihat diri anda berjalan di atas beling. Anda memeriksa kaki anda dan tidak menemukan luka sama sekali. Anda pasti menyangka kemampuan anda berjalan di atas beling muncul karena hipnotis. Benarkah demikian? Mustahil! Berjalan di atas beling dan arang membara serta main bola api bisa dilakukan oleh semua orang yang bisa berjalan. Bila saatnya tiba kita akan membahasnya dengan gamblang.

Di dalam hipnoterapi saya juga memanipulasi anda dan penonton agar menyangka karena hipnotislah maka anda TIDAK MAMPU melakukan yang anda SANGKA bisa dilakukan dengan mudah.

Mengedip adalah ideomotor effect alias gerakan yang tidak disadari oleh yang melakukannya. Anda mustahil menggerakkan kelopak mata untuk memejam dan membuka secara sadar. Silahkan mencobanya. Pejamkan mata anda dan pusatkan pikiran pada kelopak mata lalu bukalah kelopak mata anda pelan-pelan. Semakin pikiran anda fokus, semakin tidak bisa membukanya. Karena ketika anda berusaha membuka kelopak mata, yang anda lakukan justru mengangkat alias.

Karena tidak tahu kebenarannya, maka ketika saya berkata, “Kisanak, pejamkan mata anda dan rilekslah. Pusatkan pikiran anda pada kelopak mata anda dan pelan-pelan rasakan, betapa lelahnya kelopak mata anda sehingga tidak bisa di buka. Kerahkan tenaga anda ke kelopak mata untuk membukanya pelan-pelan. Buka pelan-pelan! Rasakan kelopak mata anda dan bukalah pelan-pelan! Kerahkan tenaga ke kelopak mata anda untuk membukanya pelan-pelan! Kelopak mata anda lelah sekali itu sebabnya tidak bisa dibuka meskipun anda mengerahkan seluruh tenaga anda untuk membukanya pelan-pelan. Buka pelan-pelan. Buka pelan-pelan! Buka pelan-pelan!” dan terbukti anda tidak mampu membuka kelopak mata anda, maka anda pun menyangka tidak bisa membuka kelopak mata yang biasanya anda lakukan dengan mudah karena hipnotis. Anda pun menyangka saya berhasil mensugesti pikiran bawah sadar anda. Anda menyangka saya hebat padahal tidak sama sekali.

FAKTA dalam hipnoterapi adalah:

  1. Saya menyuruh anda melakukan sesuatu dan anda melakukan yang saya suruh.
  2. Saya memanipulasi anda dan penonton agar menyangka karena hipnotislah anda MAMPU melakukan yang anda SANGKA tidak mampu anda lakukan.
  3. Saya juga memanipulasi anda dan penonton agar menyangka karena hipnotislah anda TIDAK MAMPU melakukan yang anda SANGKA bisa dilakukan dengan mudah.

Adi W Gunawan Membual Tentang Hipnoanestesi

Di dinding face booknya Adi W Gunawan menulis:

Malam ini saya melakukan praktik dan demo induksi menggunakan teknik EAI disaksikan oleh para peserta. Setelah menjelaskan teori yang mendasari teknik induksi ini secara detil saya meminta seorang peserta, Pak Yuan, untuk ke depan dan mulai melakukan induksi.

Hanya dalam waktu singkat Pak Yuan masuk sangat dalam, bahkan melebihi kondisi profound somnambulism (deep trance) yang menjadi tujuan induksi. Saat saya cek, Pak Yuan minimal masuk ke level Esdaile (Coma State). Ini dibuktikan dengan terjadinya anestesi spontan, tanpa sugesti sama sekali. Saya mencubit lengan atas kanannya sebelah dalam, ia sama sekali tidak bereaksi.

Saat saya bimbing keluar dari kondisi relaksasi ia mengalami kesulitan untuk keluar karena masuk terlalu dalam. Dan saat keluar, saya tanya apakah ia merasakan sesuatu di lengannya tadi. Ia menjawab merasakan sedikit sentuhan tapi sama sekali tidak sakit.

Ini memang masalah yang sering dialami oleh para peserta atau alumni yaitu subjek atau klien masuk terlalu dalam, seringkali hingga ke level Esdaile dan bahkan lebih dalam lagi. Namun, ini adalah masalah yang sangat menyenangkan :)).

Kedalaman Esdaile tidak bisa digunakan untuk terapi bila menggunakan teknik biasa. Kedalaman ideal untuk terapi adalah profound somnambulism. Level Esdaile digunakan untuk hypno-birthing atau operasi tanpa obat bius.

Besok akan ada materi yang lebih menarik lagi…….

Bengcu Menggugat:

Adi W Gunawan: Saat saya cek, Pak Yuan minimal masuk ke level Esdaile (Coma State). Ini dibuktikan dengan terjadinya anestesi spontan, tanpa sugesti sama sekali. Saya mencubit lengan atas kanannya sebelah dalam, ia sama sekali tidak bereaksi.

Adi W Gunawan: Dan saat keluar, saya tanya apakah ia merasakan sesuatu di lengannya tadi. Ia menjawab merasakan sedikit sentuhan tapi sama sekali tidak sakit.

Silahkan menonton video pertama untuk melihat Dr John Butler menusuk punggung tangannya untuk membuktikan hipnoanestesi. Kenapa dia tidak menusuk dengan jarum suntik saja? Apa tujuannya menusuk dengan mata bor yang panjang dan bergelombang? Untuk memanipulasi penonton agar menyangka ditusuk dengan mata bor sakit sekali, sehingga mustahil menanggungnya tanpa hipnoanestesi.

Kerabatku sekalian, berapa sakitkah rasanya punggung tangan ditusuk jarum tanpa hipnoanestesi atau anestesi? Silahkan menonton video  kedua tentang Nadia tidak menangis waktu diinfus.

Mereka yang pernah diinfus tahu bahwa rasa sakitnya tidak seberapa. Rasa sakit muncul ketika jarum menembus kulit, setelah itu tidak sakit lagi. Itu sebabnya belum pernah terjadi, orang dewasa menjerit-jerit kesakitan waktu diinfus.

Berapa sakitkah rasanya lengan bawah yang ditusuk jarum? Mereka yang pernah ke dokter lalu disuntik pasti tahu rasanya ditusuk jarum. Seperti itulah rasanya. Rasa sakitnya tidak seberapa. Tidak perlu anestesi apalagi hipnoanestesi untuk menanggungnya.

Anda yang belum pernah diinfus dan disuntik bisa mengira-ngira rasa sakit ditusuk jarum dengan menusuk punggung tangan dan lengan bawah dengan tutuk gigi yang tajam. Rasa sakit ditusuk jarum lebih rendah dari ditusuk tusuk gigi.

Ketika mencubit lengan atas bagian dalam anda, saya harus manipulasi anda dan penonton (peserta seminar) agar menyangka rasa sakit akibat cubitan itu benar-benar dasyat namun anda tidak merasakannya karena hipnoanestesi. Bagaimana caranya? Caranya adalah:

Saya bertanya kepada semua orang tentang cara mencubit agar menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Kemudian, saya mengajak semua orang untuk mencubit lengan atas bagian dalamnya. Setelah, itu saya bercerita bahwa rasa sakit itu terjadi karena lengan atas bagian dalam kulitnya halus sensitif.

Ketika saya mencubit, anda menutup mata. Bagaimana cara meyakinkan anda bahwa saya mencubit anda keras sekali meskipun anda hanya merasa disentuh? Caranya adalah menyuruh anda melihat bekas cubitan saya di kulit anda. Mungkinkah mencubit dengan lembut sehingga anda merasa disentuh namun meninggalkan bekas yang dasyat di kulit? Mungkin dan mudah. Cobalah mencubit diri sendiri untuk menemukan cubitan yang tidak sakit namun menghasilkan bekas kuku.

Pilihlah orang yang kulitnya putih. Jangan hanya mencubit satu kali dan jangan hanya mencubit di satu tempat. Cubitlah beberapa kali di beberapa tempat yang berbeda.

Ketika anda membuka mata saya pun menyuruh anda melihat bekas cubitan. Saat itu anda hanya melihat bekas kuku. Sebetulnya, bekas kuku demikian belum cukup meyakinkan anda dan penonton bahwa saya telah mencubit anda keras sekali meskipun anda tidak merasa sakit. Beberapa menit kemudian saya akan minta anda untuk melihat  bekas cubitan saya lagi. Anda dan penonton yang duduk dekat dengan anda pasti kaget sekali karena melihat bekas cubitan-cubitan itu berwarna merah dan bengkak. Sebelum saya beritahu anda pasti tidak tahu bahwa cubitan yang lembut bisa mengakibatkan bekas yang dasyat dan bekas yang dasyat itu tidak akan hilang hingga beberapa jam kemudian.

Nah, kisanak, benar bukan? Itulah hipnotis. Hipnotis kelihatan dasyat karena anda berprasangka akibat mendengar dongeng-dongeng saya. Hipnotis kelihatan mistik karena anda tidak tahu bahwa anda tidak tahu. Itu sebabnya untuk menjagi jagoan hipnotis anda hanya perlu mengarang dongeng-dongeng yang dasyat dan mencari tahu sebanyak mungkin hal yang orang lain tidak tahu bahwa dirinya tidak tahu.

53 thoughts on “Fakta Dan Penipuan Hipnotis

  1. “tatung” atau orang kesurupan roh dalam praktik shammanisme Tionghoa, membakar tubuhnya dengan bara segenggam dupa, tidak apa-apa. Owe membakar lengan owe dengan bara sebatang rokok (di pertontonkan kepada Haihai) tidak apa-apa. Dan itu tidak perlu hipnotis……. membakar lengan sama seperti unggahan youtube disesuaikan sama dengan tempo dan jarak api dari lengan yang dipertontonkan, jugak gak aap-apa……. dan itu tanpa hipnotis……

    mau liat unggahan youtube owe…..?

  2. Apinya dingin jeeeekkkk…….. 😀
    Judul: Hypnosis to Feel Cool on Fire (Merasakan api Dingin); gue jugak bisa jek
    keterangan: apa yang dilakukan Henrikus CHt CPLRT dalam ungahan Youtube berjudul Hypnosis to Feel Cool on Fire (Merasakan api Dingin)……… gue jugak bisa jek……. TANPA DIHIPNOTIS LAGEEEEEEE………

  3. nuryadin paijo ceriwis ….Om MBENGCUK oe mo nanya nih tentang yang namanya GENDAM soalnya barusan ada famili ketiban sial kena gendam duit senilai toyota fortuner raib . modusnya pas famili oe mau buka toko di mall didatangi 2 orang logat melayu pertamanya nanya2 alamat, trus anehnya si famili oe (cewe) disuruh nganter ke alamat tsb nurut jadi semobil dengan para pelaku. Pas di mobil orangnya bilang kalo dia butuh duit dan mau punjam dengan jaminan . lalu si pelaku mengeluarkan jam tangan emas plus atm sebagai jaminan trus nanya lu punya duit berapa di bank ? lalu dijawab senilai xxx.xxx.xxx trus mereka ke bank dan dicairkanlah duit tsb.Sebelum mencairkan duit, atm penggendam dicek di mesin dan ada duitnya .
    Berhubung jumlah duit cukup gede tellernya nanya mo buat apa lalu famili oe bilang ada keperluan. trus tu duit bertumpuk tumpuk dikluarkan dari bank XXX (ada rekaman cctv) ditunggui pelaku gendam sehingga wajahnya juga terekam kamera.
    Setelah selesai duit masuk dus, mereka bertiga masuk mobil dan famili oe di drop di mall plus atm dan jam rolex sbg jaminan.Si penggendam kabur PLUS DUITNYA. setelah itu baru famili oe sadar apa yang terjadi kemudian mulai panik dan telpon kanan kiri dicek atm yang tadi dikasih pin tidak bisa dibuka (ditukar kali .) trus lapor polisi tapi sampai hari ini tidak ada kelanjutannya. Nah yang saya ingin tanya KALAU HIPNOTIS ADALAH SULAP TANPA TRIK TRUS GENDAM ITU APA ?? DAN BAGAIMANA CARANYA AGAR KITA TERHINDAR DARI KEJAHATAN GENDAM ITU ? masalah ini sudah banyak dibahas di TV dan surat kabar namun nyatanya masih banyak orang yang kena . Bagaimana pandangan om MBENGCUK ?

    • Gendam = ilmu membuat orang terpesona. Ilmu Gendam lalu dikenal dengan nama ilmu PELET. Istilah GENDAM lalu digunakan untuk menyebut HIPNOTIS. Baik Pelet maupun hipnotis sama-sama tipuan belaka. Apa yang terjadi pada kerabat anda? Seseorang yang MELAKUKAN kesalahan selalu MENCARI kambing HITAM untuk membenarkan DIRI. Itulah yang TERJADI. Nggak percaya? Dengarkan CERITANYA. REKAM ceritanya. Nanti kita analisa apa yang sesungguhnya terjadi.

  4. ya itulah critanya kalo mo ngorek sampe detil oe rasa gak mungkin jadi menurut om mbengcu apa yg sebenarnya terjadi?

    • Yang terjadi adalah PENIPUAN dengan memanfaatkan RASA nggak ENAK dan SERAKAH seseorang. Kerabat anda pasti merasa dirinya BERuNTuNG karena dapat Jam tangan rolex dan ATM dengan harga murah.

  5. kalau namanya WEDUS IRENG itu kan orang gak salah difitnah wong ini kan jelas ada penggendam bawa kabur duit?

  6. o..o…o..jadi kira kira gitu ya om memang ada bbrp teman saya memberikan jawaban mirip punya anda jadi intinya kita harus RASIONAL DALAM MENILAI SEGALA SESUATU dan TIDAK MUDAH TERPESONA serta TIDAK SERAKAH agar terhindar dari gendam mungkin gitu ya om..nb SERTA TERHINDAR DARI GENDAM PENDETA ALAM ROH YANG MINTA SAJEN

  7. “Bukankah semua hipnoterapis mengajarkan: HIPnOTIS itu RASIONAL dan ILMIAH? SEmua orang yang makan BANGKU sekolah tahu bahwa RASIONAL dan ILMIAH bukan PENDAPAT. Itu sebabnya KEBENARAN rasional dan ILMIAH tidak tergantung pada PENDAPAT.” …………..Betul bang utk yang ini saya setuju. Semua ilmu yang diklaim ilmiah harus punya teori dan konsep yang bisa dibuktikan hasil serta kebenarannya. Begitu juga dengan hypnotis….kenapa dikatakan ilmiah karena hypnotis juga didasari atas teori dan konsep yang bisa dibuktikan hasil dan kebenarannya. Dan untuk membuktikan hasil serta kebenaran konsep ini kita gak bisa memahaminya hanya dengan sepotong demi sepotong, tapi harus secara keseluruhan dari A sampai Z. Apalagi hanya dengan melihat dari luarnya saja atau saat penggalan proses hypnotis itu berlangsung. Tanpa memahami konsepnya semua proses hypnotis bisa disimpulkan apa saja berdasarkan latar belakang pengetahuan, norma, budaya dan ego orang yang melihatnya. Orang yang belum memahami konsep hypnotis (teori Gelombang otak, Tingkat sugestibilitas, konsep cara kerja fikiran, cara kerja emosi, kondisi trance, cara kerja sugesti, kondisi mental dll secara keseluruhan) akan mengangapnya sesuai latar belakang pengetahuan, norma, budaya dan egonya masing-masing (ada yang menganggap hypnotis itu menggunakan bantuan jin (sihir), trik/ tipuan sulap, kepura-puraan, energi tenaga dalam, dll). Tapi semua itu hak masing-masing, dan gak salah kalau mereka berpendapat berbeda bahkan ada yang negatif thd hypnotis, sekali lagi semua karena mereka memandangnya dari konsep latar belakang ilmu, pengetahuan, norma, budaya dan ego masing-masing. Dan para praktisi hypnotis/ hypnoterapis pun gak perlu memaksakan mereka untuk menerima konsep ini. Bukan mereka gak mau menjelaskan konsepnya bang….tapi utk memahami konsep suatu ilmu itu (termasuk hypnotis/ hypnoterapi) gak bisa sepotong-sepotong, melainkan harus dipelajari secara keseluruhan sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung. Dan karena begitu banyak konsep yang harus dijelaskan maka gak mungkin (gak cukup waktu dan gak muat) kalau menguraikannya hanya dalam Blog seperti ini, karena konsep itu harus dipelajari secara keseluruhan serta bertahap dari awal sampai akhir secara berurut tanpa harus dipotong-potong. Analoginya mungkin seperti ini : “Seorang anak SD yang baru memahami konsep matematika tentang pembagian, penambahan, pengurangan, perkalian, akar dan desimal akan bingung bila disuguhi penyelesaian soal trigonometri, tangen, kotangen, sudut elevasi, dll. karena konsep matematika mereka masih sepotong, apalagi kalau dia seorang yang sama sekali belum menguasai konsep dasar matematika, pasti gak akan percaya dengan hasil perhitungan trigonometri, tangen, kotangen, sudut elevasi, dll, dan mungkin mereka menganggap konsep itu hanya mengada-ada, hanya tipuan, dan gak ada manfaatnya padahal ditangan seorang arsitek konsep itu sangat bermanfaat utk membangun sebuah bangunan. Tapi semua orang kan gak harus jadi arsitek bang… mereka bisa menikmati hasil arsitektur dengan hanya meminta bantuan seorang arsitek, dan yang merasa gak perlu/ anti bantuan arsitek juga gak masalah, karena mereka juga bisa membangun bangunan sesuai konsep yang dikuasainya. Yang jadi masalah adalah seseorang yang menyalahkan ilmu dan hasil kerja seorang arsitek padahal belum memahami konsep arsitek itu sendiri secara keseluruhan (dan ia sangat merasa pengetahuannya sudah cukup utk memahaminya) , dan sulitnya…ia meminta arsitek utk menjelaskan kesalahan pendapatnya hanya lewat tulisan, padahal si Arsitek itu sendiri butuh waktu yang lama dan banyak buku yang harus dipelajari utk memahami konsep ilmu arsitektur itu dari dasar. Masalahnya bagaimana arsitek tsb bisa membuat orang faham tentang arsitektur hanya dengan mengemukakan penggalan-penggalan teori dan konsep sesuai masalah/ temuan seseorang, kalau orang yang akan diberi penjelasan hanya baru menguasai teori/ konsep dasar (apalagi kalau belum mengetahui dasar teori sama sekali) tapi mengaku sudah memahami semua konsep ilmu arsitek…..sedangkan ilmu arsitektur juga perlu didukung oleh teori dan konsep ilmu fisika, kimia, seni, geologi dll. Memang gak ada yang bisa membuktikan apakah orang yang menentang dan menganggap salah teori, konsep dan hasil kerja arsitek itu apakah sebenarnya menguasai atau tidak menguasai seluruh teori dan konsep arsitektur. Yaa…mungkin benar dia seorang yang jenius yang bisa menguasai berbagi macam ilmu, teori dan konsep (termasuk arsitektur) secara utuh dan menyeluruh. Tapi anehnya…kalau dia benar-benar sudah memahami teori dan konsepnya secara utuh dan menyeluruh, kenapa malah hanya dia yang menyalahkan konsep itu ?…(sedangkan semua orang yang sudah memahaminya sudah membenarkanya…) dan kalau benar-benar karena kejujuran dan kuasa tuhan orang itu yang benar, kenapa hanya dia sendiri yang mengetahui kesalahan dan kebohongan konsep ini ? sementara banyak orang yang menguasai dan merasakan manfaat konsep tersebut malah dianggap sebagai pembohongan yang dipertahankan demi kepentingan uang belaka….. Saya malah berfikir justru apa yang sudah abang tulis tentang kebohongan hypnotis dan hypnoterapi selama inilah yang hanya sebagai pendapat yang tidak ilmiah. Karena Abang hanya melihat bukti dan membahas sesuatu dari potongan-potongan kejadian dari sudut pandang pengetahuan abang. Padahal sekali lagi bang… semua itu cuma potongan kejadian saja, dan utk menjelaskan potongan2 kejadian itu gak bisa dilakukan dengan potongan2 sudut pandang, penglihatan, konsep/ teori. Satu lagi ya bang… sesuatu yang ilmiah itu harus ada kepastian bukti hasilnya yang sesuai dengan teori/konsep yang diusungnya. Nah untuk buktikan ini abang harus berdasarkan fakta (misalnya data statistik…) misalnya abang bisa melakukan survey tentang berapa orang yang sudah merasa tertipu dengan kebohongan serta omong kosong teori hypnoterapi, dan berapa yang sudah merasakan keefektifan dan manfaat teori/ konsep ini, dan itu bisa abang konfirmasikan kepada para pasien yang pernah datang keberbagai klinik hypnoterapis handal seperti Adi W Gunawan, Yan Nurindra, Romo dewo, dll (Data statistik adalah salah satu bukti pendukung ilmiah suatu penelitian) dan bukannya berdasarkan pendapat dari apa yang hanya abang lihat dan simpulkan sendiri, apalagi menantang para hypnoterapis utk meng-upload berbagai proses terapi yang pernah dilakukan dan abang yang akan membahasnya sendiri, itu gak fair.

    “Hanya orang DUNGU yang menyangka SATU-SATUNYA cara untuk menghapuskan PENIPUAN adalah MENUNTUT para PENIPU ke pengadilan”. Betul bang…..dan saya yakin abang bukanlah orang dungu yang tanpa berfikir panjang akan akibat dan resikonya untuk memutuskan segera melaporkan kasus penipuan praktek hypnotis/ hypnoterapi ini keranah hukum. Abang cukup cerdik untuk menggunakan cara aman dengan cara membangun opini publik dan membiarkan masyarakat yang memutuskan. Karena abang gak perlu banyak membuang energi dan mengambil resiko. Kalau apa yang anggap abang ini benar dan masyarakat mendukung maka upaya abang berhasil dengan mudah, tapi kalau ternyata salah dan gak berhasil abang gak perlu harus berurusan dengan mereka yang akan menuntut balik. Cerdik bang…tapi gak rasional. Karena saya fikir untuk sesuatu yang sudah diyakini sebagai sebuah kebohongan apalagi bisa dibuktikan dengan gamblang sebagai sebuah penipuan yang akan merugikan masyarakat harusnya bisa abang tindak tegas dan secepat mungkin ditumpas sesuai dengan hukum yang berlaku. Bukan hanya sekesar dengan upaya mengedukasi dan menunggu reaksi orang lain. Tapi…. gak apalah, setiap orang punya cara dan triknya masing-masing tentang apa yang paling efektif serta teraman bagi dan menurut versi mereka untuk mencapai tujuannya.

    • Kisanak, di dalam blog ini hai hai menulis tentang HIPNOTIS dan HIPNOTERAPI. Tulisannya sangat GAMBLANG dan TEGAS. Siapa saja yang bisa membaca dan mengerti bahasa Indonesia bisa memahaminya dengan MUDAH. Itulah TUJUAN utama saya MENULIS. Nggak perlu LAPOR polisi agar orang-orang mengerti, bukan? ha ha ha ha ….. gitu aja kok repot?

  8. ha ha ha ha ha 😀
    debat yg dahsyat mas brow smua,..salut ama anda smua,..saya punya solusi yg cukup jozzzz pd anda smua:
    dear @bengcu:
    saya dulu jg berpkiran kyk anda,TP suatu saat saya belajar hipnotis dan DI HIPNOTIS..maka dri tu solusi saya untuk bengcu adalah,..
    1) COBALAH ANDA SENDIRI YG DI HIPNOTIS/DITERAPI !! oleh pkar hipnotis lalu tulis dsni apa yg ANDA rasakan
    2) CARI TEMAN YG ANDA PERCAYA UNTUK DI HIPNOTIS/DITERAPI !! oleh pkar hipnotis lalu tulis dsni apa yg DIA rasakan,..
    KALAU saya blum pernah mencoba dan mlihat sendiri tmn dkt saya di hipnotis dan mrasakannya,..mungkin saya masih berpkir spt anda,.. 🙂

      • ha3,..kok kita sama ya gan!!
        dulu saya juga berpikir saya pakar hipnotis,..:D
        gk da salahnya di coba gan,..:D,.pokoknya susah deh di critain dsni,..

        • Hanya orang SAKIT JIWA yang BERPIKIR dirinya pakar hipnotis sebab KEPAKARAN seseorang mustahil ditentukan oleh PIKIRANNYA. Hanya orang TOLOL yang nggak paham Hipnotis yang MENYURUH orang MENCOBA hipnotis. Ha ha ha ha …. Orang skit jiwa yang TOLOL benar-benar mengenaskan. Tapi mau apa lagi dong ya? ha ha ha ha …

          • Hanya orang JIWA BESAR yang BERPIKIR dirinya pakar hipnotis sebab KEPAKARAN seseorang ditentukan oleh PIKIRANNYA. Hanya orang TOLOL yang nggak paham Hipnotis yang sudah DISURUH si JIWA BESAR untuk MENCOBA hipnotis.tp msh mengaku PAKAR Ha ha ha ha …. Orang skit jiwa yang TOLOL benar-benar mengenaskan. Tapi mau apa lagi dong ya? ha ha ha ha …:D

            • Kisanak, para master HIPNOTERAPI Indoenesia, Adi W gunawan dan Awie Suwandi dan lain-lain sudah pernah MENCOBA menyebar BERITA hai hai nggak NGERTI hipnotis bahkan Yan Nurindra memberi hai hai GELAR Master Hipnoterapi GOOGLE. Ha ha ha ha ha … Namun cara demikian sama sekali tidak MENGUBAH fakta-fakta HIPNOTIS yang hai hai ungkapkan. Ha ha ha ha ….. Juga tidak mengubah FAKTA-FAKTA penipuan berkedok hipnoterapi yang hai hai ungkapkan. Ha ha ha ha … Silahkan saja kalau anda mau mencoba jurus demikian juga. cobalah sampai kuda gigit jari. Ha ha ha ha …

  9. Nama asli: ANG CI YANG ( HAIHAI BENGCU )
    Tgl Lahir 13/02/47
    nama istri: Iis Adriana
    nama anak Samuel Wisely Ang (12 th)
    Pekerjaan Auditor.akuntan di kantor swasta di Jakarta
    Menguasai bela diri kungfu dan silat

    Ang Ci Yang dibenci dan ditolak dalam forum milis Tionghoa
    Ia juga dimusuhi berbagai kelompok Kristen karena memecah belah
    Kini dengan jumawa mau mengganggu komunitas lain lewat dunia maya
    Bila orang ini tiba-tiba lenyap, percayalah….. segelintir yang meratapinya
    Sebaliknya, banyak orang akan tertawa lega dan bergembira.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.