Debat Tritunggalisme Calvinis VS hai hai bengcu


GAMBAR: bible Quran.com

Benarkah doktrin Allah Tritunggal teologi reformed adalah ajaran sejati Alkitab? Mustahil! Benarkah doktrin Allah Tritunggal teologi reformed adalah ajaran sesat? Benar! 100% sesat.  Sesat karena bertentangan dengan ajaran alkitab.

Tritunggalisme Dan Diofisitisme Aneh bin Ajaib

Bengcu: Apa itu Tritunggalisme?

Calvinis: Tritunggal artinya tiga pribadi satu hakekat. Tiga pribadi yaitu: Bapa, Putera alias Yesus dan Roh Kudus. Satu hakekat artinya hanya ada satu Allah. Tiga pribadi artinya bisa DIBEDAKAN.  Satu hakekat artinya tidak TERPISAHKAN. Tiga pribadi artinya 1 + 1 + 1 = 3. Satu hakekat artinya 1 X 1 X 1 = 1.

Bengcu: Apa itu Diofisitisme?

Calvinis: Diofisitisme artinya satu pribadi dua hakekat. Yesus adalah manusia 100% dan Allah 100%. Yesus punya dua hakekat yaitu hakekat manusia dan hakekat Allah. Hakekat adalah intisari atau bagian dari sesuatu yang paling hakiki (Essence; nature; substance). Pribadi adalah hakekat dengan karakter khusus. Tanah liat adalah hakekat.  Pot bunga, kendi dan piring tanah liat adalah pribadi. H2O adalah hakekat.  Air, uap, es, salju dan awan adalah pribadi. Semua manusia dilahirkan dengan hakekat yang SAMA lalu di atas HAKEKAT itu bertumbuh kembang pribadi.  Ada yang berhati lembut atau kasar; bertekad tabah atau rapuh; berotak pinter atau bodoh; bertubuh tinggi atau pendek, gemuk atau kurus, dan lain sebagainya.

Bengcu: Benarkah Calvinis mengajarkan: PRIBADI adalah hakekat dengan karakter khusus? Artinya ketika PRIBADINYA dikuliti maka tinggallah HAKEKAT-nya. Benarkah Allah Tritunggal adalah Tiga Pribadi satu hakekat?

Calvinis: Benar.

Bengcu: Bukankah itu berarti ketiga pribadi Allah adalah tiga hakekat dengan karakter khusus? Kenapa diajarkan Allah Tritunggal adalah Tiga Pribadi satu hakekat? Bukankah itu namanya menjilat muntah sendiri?

Calvinis: Tidak ada yang mustahil bagi Allah. Anda harus mengimaninya. Mustahil memahaminya dengan akal budi.

Bengcu: Benarkah Calvinisme mengajarkan: Allah tritunggal adalah tiga pribadi satu hakekat? Yesus adalah satu pribadi dua hakekat? manusia 100% dan Allah 100%?

Calvinis: Benar!

Bengcu: Ketika hakekat Allah Yesus berpadu (union) dengan hakekat manusia Yesus, bukankah itu berarti pada saat yang sama hakekat dua Allah yang lain juga berpadu dengan hakekat manusia Yesus, karena Tritunggal hanya memiliki SATU hakekat?

Calvinis: …….???????? …….!!!!!!

Bengcu: Kenapa Calvinisme tidak mengajarkan Allah Bapa manusia 100% dan 100% Allah?  Kenapa tidak mengajarkan Roh Kudus  manusia 100% dan 100% Allah?  Apabila hanya hakekat Allah dari Yesus saja yang berpadu dengan hakekat manusia Yesus, bukankah itu berarti Allah Tritunggal minimal punya dua hakekat? Apabila satu hakekat artinya memiliki hakekat yang sama, bukankah itu berarti mustahil disebut TUNGGAL karena semua anjing memiliki hakekat yang sama namun tidak pernah disebut anjing-anjing yang mahaesa?

Calvinis: Tidak ada yang mustahil bagi Allah. Anda harus mengimaninya. Mustahil memahaminya dengan akal budi.

Bengcu: Benarkah Calvinisme mengajarkan: Yesus menjadi tidak mahatahu ketika hakekat manusia-Nya berkuasa?

Calvinis: Benar!

Bengcu: Karena Allah Tritunggal Satu hakekat, bukankah itu berarti hakekat Yesus adalah hakekat dua Allah yang lain? Bukankah itu berarti ketika hakekat Allah Yesus berpadu (union) dengan hakekat manusia Yesus maka hakekat dua Allah yang lain juga berpadu dengan hakekat manusia Yesus? Karena ketika hakekat manusia berkuasa maka Dia menjadi pikun alias tidak mahatahu, bukankah itu berarti dua Allah yang lain juga mengalami hal yang sama, menjadi pikun alias tidak mahatahu? Kenapa Calvinisme mengajarkan tidak pernah mengajarkan kebenaran demikian?

Calvinis: Tidak ada yang mustahil bagi Allah. Anda harus mengimaninya. Mustahil memahaminya dengan akal budi.

Bengcu: Benarkah Calvinisme mengajarkan: Yesus mati menggantikan manusia menerima hukuman Allah?

Calvinis: Benar!

Bengcu: Allah Tritunggal satu hakekat. Bukankah itu berarti ketika Yesus mati menggantikan manusia menerima hukuman Allah maka dua Allah yang lain juga melakukan hal yang sama. Bukankah itu berarti ketika Yesus mati dua Allah yang lain juga ikut mati karena ketiga-Nya satu hakekat?

Calvinis: Tidak ada yang mustahil bagi Allah. Anda harus mengimaninya. Mustahil memahaminya dengan akal budi.

Bengcu: Ketika Yesus diutus ke dunia, apakah hakekat-Nya ikut diutus? Kenapa Calvinisme tidak pernah mengajarkan apa yang terjadi dengan hakekat Allah tritunggal ketika Yesus menjadi daging? Setelah dibaptis, Roh seperti burung merpati turun dan tinggal di atas Yesus. Kenapa Calvinisme tidak pernah mengajarkan apa yang terjadi dengan hakekat Allah tritunggal ketika Roh turun dan tinggal di atas Yesus?

Calvinis: Tidak ada yang mustahil bagi Allah. Anda harus mengimaninya. Mustahil memahaminya dengan akal budi.

Bengcu: Kebenaran yang tidak konsisten bukan kebenaran sejati! Anda sama sekali tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan saya. Mustahil saya mengerti apalagi meyakini Tritunggalisme dan Diofisitisme Calvinisme bila ajarannya tidak konsisten dan saling menyangkal.

Calvinis: Tritunggalisme dan Diofisitisme adalah misteri Allah yang mustahil dipahami oleh manusia yang akal budinya terbatas.

Bengcu: Anda menuduh akal budi saya terbatas alias bodoh sehingga mustahil memahami Tritunggalisme dan Diofisitisme? Akal budi anda tidak terbatas, itu sebabnya anda memahaminya?

Calvinis: Jangan salah faham. Saya tidak menuduh anda bodoh. Maksud saya manusia memiliki akal budi yang terbatas, itu sebabnya mustahil memahami Tritunggalisme dan Diofisitisme.

Bengcu: Maksud anda Tritunggalisme dan Diofisitisme MUSTAHIL dipahami oleh manusia?

Calvinis: Benar! Itu maksud saya!

Bengcu: Adakah ayat Alkitab yang mengajarkan Tritunggalisme dan Diofisitisme mustahil dipahami manusia?

Calvinis: Tidak ada! Namun itu adalah kesimpulan logis para sarjana teologi.

Bengcu: Tidak memahami belum tentu mustahil dipahami. Diri sendiri tidak memahami belum tentu orang lain mustahil memahaminya. Generasi ini tidak memahami belum tentu generasi berikut mustahil memahaminya. Hanya orang-orang berhati dengki dan berjiwa picik serta berpikiran degil yang menarik kesimpulan logis mustahil dipahami karena diri sendiri tidak memahaminya.

Calvinis: Anda pikir anda siapa, berani menghakimi para bapak gereja dan para bapak reformasi serta teolog dari generasi ke generasi? Anda pikir anda lebih hebat dari mereka semua?

Bengcu: Bukankah kesimpulan logis saya lebih hebat dari kesimpulan logis orang-orang yang anda sebutkan? Karena mustahil dipahami manusia, bukankah itu berarti Tritunggalisme dan Diofisitisme Calvinisme tidak lebih dari omong kosong belaka? Sudah tahu mustahil dipahami namun sok tahu mengajarkan Tritunggalisme dan Diofisitisme? Benar-benar tidak tahu malu! MENGENASKAN!

Calvinis: Anda salah mengerti! Yang saya maksudkan adalah Tritunggalisme dan Diofisitisme MUSTAHIL dipahami oleh manusia secara sempurna. Tritunggalisme dan Diofisitisme bisa dipahami namun pemahamannya tidak sempurna.

Bengcu: Apa perbedaan pemahaman sempurna dan tidak sempurna? Anda paham 1 + 5? Saya paham namun tidak sempurna. 1 + 5 = 3 bukan? Lho katanya paham? 1 + 5 = 6, bukan 3. Wah, maaf ya, pemahaman saya belum sempurna. Pemahaman saya baru sampai 1 +5 = 3.

Calvinis: Tritunggalisme dan Diofisitisme mustahil dipahami dengan akal budi, itu sebabnya hanya bisa di imani.

Bengcu: Hanya bisa diimani? Apa yang harus diimani? Mengimani Tritunggalisme dan Diofisitisme mustahil dipahami dengan akal budi itu sebabnya Tritunggalisme dan Diofisitisme Calvinisme pasti BENAR? Ha ha ha ha ha ha …..

Calvinis: Anda sombong sekali. Anda belum lahir baru. Bila anda sudah lahir baru dan dipenuhi Roh Kudus saya yakin pasti akan mengimani Tritunggalisme dan Diofisitisme.

Bengcu: Anda rohani sekali. Anda pasti beriman bahwa saya belum lahir baru dan dipenuhi Roh Kudus bukan? John Calvin mengakui, Tritunggalisme dan Diofisitisme Calvinisme sama sekali tidak diajarkan oleh Alkitab. Dia meyakini dan mengajarkannya karena menurutnya, ajaran itu lebih dibandingkan ajaran-ajaran lain. Semua teolog Calvinis setelah John Calvin mengakui, Tritunggalisme dan Diofisitisme Calvinisme tidak sempurna. Handai taulanku sekalian, kaum Calvinis yang terhormat, izinkan saya bertanya, kenapa kekeh jumekeh meyakini dan mengajarkan apa yang diakui oleh John Calvin tidak diajarkan oleh Alkitab sebagai ajaran sejati Alkitab? Kenapa kekeh jumekeh meyakini dan mengajarkan apa yang diakui tidak sempurna sebagai ajaran sempurna? Bukankah lebih baik mengaku tidak paham dari pada pura-pura paham? Bukankah lebih baik mengaku tidak paham dari pada membual bahwa pemahamannya belum sempurna? Bukankah lebih baik giat menggali Alkitab dengan harapan mendapat pencerahan dari pada mencari-cari cara untuk mempertahankan ajaran yang tidak diajarkan Alkitab sebagai kebenaran?

Rahasia Kristus

Apabila kamu membacanya, kamu dapat mengetahui dari padanya pengertianku akan rahasia Kristus, yang pada zaman angkatan-angkatan dahulu tidak diberitakan kepada anak-anak manusia, tetapi yang sekarang dinyatakan di dalam Roh kepada rasul-rasul dan nabi-nabi-Nya yang kudus. Efesus 3:4-5

Berdoa jugalah untuk kami, supaya Allah membuka pintu  untuk pemberitaan kami, sehingga kami dapat berbicara tentang rahasia Kristus, yang karenanya aku dipenjarakan. Kolose 4:3

yaitu bahwa orang-orang bukan Yahudi, karena Berita Injil, turut menjadi ahli-ahli waris dan anggota-anggota tubuh  dan peserta dalam janji yang diberikan dalam Kristus Yesus. Efesus 3:6

Para Calvinis, dari generasi ke generasi meyakini bahwa RAHASIA KRISTUS yang dimaksudkan oleh Paulus adalah yang tercatat dalam Efesus 3:6. Itu sebabnya para penerjemah LAI dengan penuh keyakinan menambahkan frasa “Yaitu bahwa” yang tidak ada di dalam Alkitab bahasa Yunani ke dalam ayat tersebut. Apa bila yang diyakini dan diajarkan oleh Calvinisme benar, bukankah itu berarti rasul Paulus MEMBUAL ketika mengajarkan bahwa RAHASIA Kristus tidak diberitakan kepada anak-anak manusia pada zaman angkatan-angkatan terdahulu, sebab Abraham sudah diberitahu bahwa melalui keturunannyalah bangsa-bangsa lain akan memperoleh keselamatan? RAHASIA Kristus bukan keselamatan bangsa-bangsa bukan Yahudi. RAHASIA Kristus sudah diajarkan namun belum dipahami oleh orang-orang Kristen sampai generasi ini.

Ziran (dibaca: che ran) artinya: Yang ada karena dirinya ada. hayah aher hayah (dibaca: haw yaw ahser haw yaw) artinya: Aku ada karena aku ada. Bangsa Yahudi percaya hanya ada satu Ziran. Itu sebabnya mereka menyangka nama-nama hanya dimaksudkan untuk menerangkan sifat-sifat Ziran yang mahaesa.

Orang Kristen mengaku menyembah tiga Ziran yang mahaesa alias Allah Tritunggal alias tiga pribadi satu hakekat. Pada masa awal kekristenan, ajaran Allah Tritunggal adalah yang paling seru diperdebatkan dan dipertanyakan. Hal itu terus berlangsung sampai gereja kembali mengeluarkan FATWA (konsili Konstantinopel 381) doktrin Allah Tritunggal dan memvonis jemaat yang menentangnya sebagai bidat atau penyesat atau antikristus atau utusan iblis yang harus dihukum mati. Nampaknya, sejak itulah para sarjana teologi berhenti mempertanyakan ajaran Allah Tritunggal dan memusatkan perhatiannya untuk mempertahankan doktrin Allah Tritunggal dari serangan dan mencari cara untuk mengajarkannya kepada jemaat. Saya tidak tahu sejak kapan doktrin “Allah Tritunggal mustahil dipahami manusia” diajarkan sebagai kebenaran kepada jemaat namun saya tahu bahwa saya belum pernah bertemu dengan orang Kristen yang tidak meyakini doktrin itu sebagai kebenaran.

Dua puluh sekian tahun yang lalu, di dalam salah satu seminar tentang Allah Tritunggal, Pdt. Dr. Stephen Tong berkata kira-kira begini, “Saya tahu banyak sekali ilustrasi tentang Allah Tritunggal namun tidak ada satupun yang mampu menjelaskan Allah Tritunggal dengan sempurna. Kita harus mengakui bahwa pengetahuan kita tentang Allah Tritunggal sangat terbatas bahkan kita belum tahu bagaimana korelasi (hubungan kerja) Allah Tritunggal ketika berkarya.” Walaupun melupakan kata-kata persisnya namun saya tidak pernah melupakan makna di dalam kalimat-kalimatnya tersebut. Itulah yang memicu dan memacu saya untuk berharap dan berdoa, mudah-mudahan semuanya dibukakan dalam generasi ini dan semoga saya ikut terlibat di dalamnya.

Handai taulanku sekalian, yang disebut RAHASIA Kristus oleh Paulus adalah MISTERI Allah Tritunggal. Kebenaran itu belum dipahami manusia sampai generasi ini karena para sarjana Teologi berhenti mempertanyakannya dan gereja mengeluarkan FATWA doktrin Tritunggal  dan Doktrin Tritunggal Mustahil Dipahami Manusia.

NB.
Ini adalah BAGIAN I dari Blog: Bengcu Mengungkap Rahasia Kristus Yang Tidak Dipahami Generasi Terdahulu. untuk membaca bagian lainnya, silahkan klik di bawah ini:

Untuk membaca blog-blog tentang Allah Tritunggal yang lain, silahkan klik di SINI.

2. Bengcu Mengungkap Rahasia YHWH kan•na she•mov, el kan•na
4. Bengcu Menggugat Karena YHWH Adalah Sahabat Para PERAMPOK
5. Bengcu Menggugat Karena YHWH Adalah Sahabat Para Pembunuh
6. Bengcu Menggugat Karena YHWH Adalah Pahlawan Kesiangan
7. Bengcu Menggugat Karena YHWH Tidak Mahatahu
8. Bengcu Mengungkap Rahasia Allah Yang Tidak Dikenal Umat Kristen
9. Bengcu Mengungkap Rahasia Kematian Ananias dan Safira
10. Bengcu Mengungkap Rahasia Iblis Yang Selalu Jadi Kambing Hitam

13 thoughts on “Debat Tritunggalisme Calvinis VS hai hai bengcu

  1. hai2 hebat….. bisa debat sama calvanis,,, plok plok plok… hi smuanya,,, saya rasa hai2 org paling pintar,,, lihat org2 calvin, ajaran bapa greja yg sdah dtrima itu dhancurkannya,,, plok plok kita tunggu pak hai2 kotbah di gereja saya atau di kkr,,, kita undang…^^

    • Kalau saya sarankan jangan di gereja. bagaimana kalau di acara Opera Van Jawa aja?? Lebih cocok kayaknya.

  2. Sebagai sesama Tioghoa Kristen, saya malu sekali kalau seorang tionghoa Kristen berteologi yang bermutu rendah dan sesat seperti Tololloginya Bengcuisme. Beng Cu seharusnya bukan Hai hai tapi Pu Hai Siu alias Tidak tahu malu. Cu , Bengcu. tahu biji semangka?? KWACIan deh loe!!

    • @Yoel Sabarno, sayang sekali KEMALUAN anda kecil sekali itu sebabnya NGGAK TAHU MALU. Udah dicuekin masih terus pentang bacot sembarangan. HA ha ha ha ah ha ha ha …… silahkan menghasut sampai pohon semangka berdaun sirih kisanak.

  3. Bengcu: Allah Tritunggal satu hakekat. Bukankah itu berarti ketika Yesus mati menggantikan manusia menerima hukuman Allah maka dua Allah yang lain juga melakukan hal yang sama. Bukankah itu berarti ketika Yesus mati dua Allah yang lain juga ikut mati karena ketiga-Nya satu hakekat?

    Hai, sepengetahuan saya yesus itu 100%manusia, 100%allah, waktu mati disalip, yang mati adalah hkikat manusianya, sedang hakikat allahnya tetap ada. cuma yang saya bignung kalau yesus itu allah, trus dia ngomong sama siapa waktu di taman getsemani dan di salib? apa 100% allahnya lagi ke sorga, terus ninggalin yesus yg 100% manusia di taman/ di salib waktu adegan bicara itu?. tq before

    • @Humaniora, Yesus SATU pribadi DUA hakekat. Allah Tritunggal SATU hakekat TIGA pribadi. Setelah Yesus seharusnya Allah Tritunggal adalah TIGA pribadi DUA hakekat. Kenapa demikian Karena Yesus punya DUA hakekat.

      Doktrin Allah Tritunggal BUKANNHA sulit untuk DIPAHAMi namun NGGACO BELO.

  4. Saya akan menjawab untuk orang-orang Kristen yang mampir ke sini. Saya tidak peduli dengan bengcu ini, biarkan mulutnya menjerat lehernya sendiri, dan otaknya memenjarakan jiwanya di dalam kegelapan.

    Saya percaya jawaban2 calvinis tidak akan seperti karangan bengcu bencong di atas.
    Inilah jawaban saya, sekalipun saya belum bisa dibilang calvinis, tapi saya mengimani Tritunggal.

    Allah memang Tritunggal, 3 di dalam 1.
    Saya menghindari istilah ”pribadi”, tapi saya memilih istilah 3 itu Bapa-Anak-Roh hakekatnya adalah Allah, hakekatnya 1 dan sama yaitu Allah.
    Ketika Anak Allah menjadi Anak Manusia, hakekat Allah tetaplah Allah, Yesus hakekatnya tetaplah Allah.
    Tapi karena menjadi manusia, tentu saja saat itu hakekat Yesus juga manusia, sekalipun Dia Allah.
    Dan saat itu hekekat Bapa tetaplah Allah, sebab Bapa tidak pernah menjadi manusia.
    Hakekat manusia itu melekat kepada daging Yesus di bumi, tapi tidak melekat pada Bapa.
    Yang ingin diterangkan adalah, saat Yesus menjadi manusia, hakekat keilahianNya tidak hilang.
    Mengapa bisa begitu? Sebab Tritunggal, Bapa tidak bercampur dengan Anak, tapi Allah itu tetap Satu, yaitu Bapa Anak & Roh.

    Si bengcu bencong itu hanya berpikir hakekat Allah itu ada deh, tau ah, gak ngerti tuh belun ketemu.
    Sedangkan hakekat Allah bagi kami adalah Tritunggal.
    Kalau ditanya, berapa sih bengcu bencong itu? jawab: satu.
    Tanya lagi, gak mungkin, tangannya 2 kok?
    jawab: ya kalau tangannya 3, namanya bukan bengcu bencong lagi, tapi jadi bengcu bego.

    Jadi tanya ulang, Allah itu berapa? jawab: satu!
    Gak mungkin, kan ada Bapa, Anak, dan Roh, mustinya 3 dong?
    jawab: kalau tidak demikian, maka tidak ada Allah, sebab Allah adalah demikian adanya.
    Tapi kalau kita lihat, manusia itu satu ya satu kan, masakan tiga itu satu?
    jawab: kalau Allah itu satunya seperti manusia, maka Dia bukan lagi Allah, tapi sekedar manusia.
    Tapi Yesus itu kan manusia? jawab: Tidak, Dia itu sebenarnya Allah.
    Tapi kalau bengcu bencong itu kan manusia ya manusia, gak mungkin ya manusia ya Allah juga, kok Yesus bisa begitu sih? jawab: memang cuma Yesus yang bisa gitu, sebab Dia itu Allah.

    Tapi bengcu bencong jumlahin jadi 5? jawab: siapa suruh dijumlahin.
    Gantian tanya, contoh nih, bengcu bencong hakekatnya berapa dan apa? jawab : satu dong, manusia.
    Balas: salah, hakekatnya dia manusia, hakekatnya dia bencong, hakekatnya dia alat iblis.
    Dia yang manusia aja hakekatnya bisa banyak, tapi tetap pribadinya si bengcu itu.
    Besok-besok kalau dia berhenti jadi bencong, maka hilanglah hakekat kebencongannya, tapi hakekat kemanusiaannya tidak bisa hilang, kecuali dia uda jadi hantu bencong.

    Demikian juga hakekat Yesus tetap Allah, sekalipun Dia turun menjadi manusia.
    Tapi karena Bapa tidak turun menjadi manusia, maka Bapa tidak punya hakekat manusia.
    Saat itu terjadi, berapa hakekat Allah? jawab : satu, Allah Tritunggal.
    Apakah Allah Tritunggal itu Esa?
    Jawab: hakekat Allah Tritunggal adalah Allah Yang Esa, dan hakekat Allah Yang Esa itu adalah Allah Tritunggal.
    Tapi saat itu Yesus jadi manusia, bukankah hakekat Allah jadi 2?
    jawab: Allah ya Allah, manusia ya manusia, hakekat Anaklah yang menjadi 2, tapi hakekat Allah adalah Tritunggal, itu tidak tercampur. Contoh: kalau bengcu bencong bersepatu, maka kakinya dapat berhakekat bersepatu juga, tapi tangannya gak mungkin berhakekat bersepatu.

    oh oh oh saya ngerti sekarang..
    kesimpulannya hakekat bengcu bencong bertambah satu lagi, yaitu bengcu bencong bego, 3 di dalam 1.
    jawab: pinter kamu.. hehehe

    • Kisanak, kalau mau MENuLis dongeng, bikin blog sendiri kisanak. kalau mau membahas ajaran Tritunggalisme, Pakailah Alkitab sebagai sumber pustaka dan standar kebenaran. Saya tidaj MENULIS blog untuk ADU LIDAH itu sebabnya yang pandai MELETER pasti BENAR, namun saya menulis ajaran Alkitanb dan MENGUJI ajaran Calvinis.

      Yang anda tulis di atas, mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, MENGENASKAN. ha ha ha ha … Itu bukan ajaran Alkitab namun DoNGENG. ha ha ha …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.