Bait Allah Bukan Bait Suci


Anda Kristen namun tidak tahu bahwa bait Allah bukan Bait Suci? Mengenaskan. Hanya Yahudi asli yang boleh masuk dan beribadah di Bait Suci. Menurut Injil, Yesus sering ke bait Allah namun tidak pernah masuk ke Bait Suci. Aneh.

Perjanjian baru mencatat, dalam bahasa Yunani, kata bait Allah diterjemahkan dari kata Yunani: Hieron. Sementara bait Suci, diterjemahkan dari kata Yunani: Naos.

Di dalam bahasa Inggris, KJV menerjemahkan Naos dan Hieron menjadi: temple (kuil). Dalam NETBible dan HCSB, Naos diterjemahkan menjadi: temple (kuil). Di dalam NETBible, Naos. Diterjemahkan menjadi: the temple courts (pelataran kuil). Sedangkan dalam HCSB, Naos diterjemahkan menjadi: the temple complex (komplek kuil).

Bait Suci (Naos) 100% dibangun oleh bangsa Yahudi. Hanya orang Yahudi yang boleh beribadah di bait suci. Orang non yahudi yang berusaha masuk ke bait suci pasti dibunuh karena dianggap najis. Orang cacat juga dilarang masuk ke bait suci dengan alasan yang sama yaitu najis.

Raja Herodes bukan orang Yahudi, dia orang Edom alias Idumea. Itu sebabnya, Herodes mustahil beribadah di bait suci (Naos). Namun Herodes mendirikan Hieron yang diterjemahkan sebagai Bait Allah oleh para penerjemah LAI.

Kerabatku sekalian, bukan salahmu bila menyangka Bait Allah adalah kata lain dari bait suci. Kenapa demikian? Karena seumur hidupku, saya belum pernah membaca buku atau mendengar kotbah yang mengajarkan bahwa Bait Allah (Hieron) bukan Bait Suci (Naos). Bait Allah mustahil tempat ibadah bangsa Yahudi.

Mimbar gereja mengotbahkan (Lukas 2:21-39) bahwa Yesus disunat pada hari ke 8 dan dikuduskan bagi Allah dengan mempersembahkan korban sepasang burung tekukur atau dua ekor anak burung merpati di Bait Allah. Karena Bait Allah (Hieron) bukan Bait Suci (Naos), bukankah itu berarti Tuhan Yesus Ayu Ting ting alamat palsu? Ke mana …. Ke mana …. Ke mana …? Ku harus mencari ke mana …?

Lukas 2:41-52 mencatat, saat usia 12 tahun, Tuhan Yesus diajak ayah bundanya jalan kaki dari Nazaret ke Yerusalem yang jauhnya 145 km untuk merayakan paskah. Di sana Tuhan Yesus  lupa pulang sehingga ayah bundanya terpaksa balik lagi ke Yerusalem setelah berjalan seharian. Lukas mencatat:

Sesudah tiga hari mereka menemukan Dia dalam Bait Allah (Hieron); Ia sedang duduk di tengah-tengah alim ulama, sambil mendengarkan mereka dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada mereka. Lukas 2:46

Saat ditegur bunda Maria, inilah yang dikatakan Tuhan Yesus:

Jawab-Nya kepada mereka: “Mengapa kamu mencari Aku? Tidakkah kamu tahu, bahwa Aku harus berada di dalam rumah Bapa-Ku?” Lukas 2:49

Handai taulanku sekalian, ternyata Tuhan Yesus memberikan Ayu Ting ting alamat palsu. Ya … ya ya ya ya …. ya ya ya ya …. ya ya yaya … Ke mana …. Ke mana …. Ke mana …? Ku harus mencari ke mana …?

Memangnya Bapak-Nya Tuhan Yesus sudah pindah rumah dari Bait Suci (Naos) tempat ibadah bangsa yahudi ke Bait Allah (Hieron) made in Herodes orang Edom? Atau Tuhan Yesus Ayu ting ting alias alamat palsu?

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.