Gunting Pangkas Sesuai Kebutuhan


Keterangan foto tidak tersedia.Memang relatif lebih mahal namun bila menyukainya sehingga rajin merawatnya dengan baik (membersihkan dan mengasahnya serta memeriksa baut-bautnya) maka selain awet hidup juga menjamin selalu TAJAM dan enak dipakai.

Mengasah gunting pangkas (Pruning shears) itu mudah. Dari pada pakai batu asah lebih mudah dan cepat pakai kikir kecil saja. Cari videonya di Youtube tentang caranya dan saya jamin perempuan bahkan nenek-nenek rentah bisa mulai belajar lalu melakukannya dengan mudah. Percuma rajin mencucinya kalau gunting pangkas anda tumpul.

Bercocok tanam tanpa memangkas, ibarat punya rambut namun tidak pernah dipangkas dan disisir serta dikramas, rambut jadi gimbal dan pohon menjadi sarang hama. Selain kumuh, kalau pun berbuah, kualitasnya jelek sekali.

Di sebut ranting karena kecil, ranting besar namanya dahan. Dinamai kayu karena keras, kayu yang masih lunak disebut empulur. kayu yang masih menyatu dengan pohonnya disebut cabang, yang sudah dipotong namanya gelondong. Gelondong yang dipotong tipis namanya papanm yang dipotong tebal namanya kasau. Berdasarkan pengetahuan di ataslah kita memilih jenis Gunting Tanaman atau Gunting Tangan (Gardening Shears – Hand Pruners) yang cocok.

Gunting Pangkas bukan Gunting Potong. Kita menggunakan Gunting Pangkas untuk memangkas tanaman. Gunting potong gunanya untuk dahan kering. Dalam Bahasa Ingris, Gunting Pangkas disebut Pruning shears – Bypass Pruners – Bypass shears sementara Gunting Potong namanya Anvil shears.

Tentu saja kita bisa memotong ranting dan dahan kering dengan Gunting Pangkas (Pruning shears – Bypass Pruners – Bypass shears) namun dahan kering sangat a lot, itu sebabnya perlu tenaga yang lebih kuat.

Kita juga bisa memotong ranting dan dahan dengan Gunting Potong (Anvil shears) namun akibatnya, kulit kayu dan empulur jadi bonyok sehingga potongannya menjadi tidak bersih dan tidak tajam.

Keterangan foto tidak tersedia.Bagaimana dengan Gunting Potong Berjenjang (Ratchet Pruning shears)? Lawan Ratchet – Pruning shears (Berjenjang) adalah Bypass Pruning Shears (langsung). Batang mati alias batang kering sangat alot, itu sebabnya kita sering terpaksa memakai kedua belah tangan untuk menambah kekuatan remasan saat memotong.

Gunting Potong Berjenjang (Ratchet Pruning shears) adalah Gunting Potong (Anvil shears) dengan tambahan teknologi sehingga bisa memotong dengan tenaga REMASAN lebih ringan. Dengan teknologi Gunting Potong Berjenjang maka batang yang tidak bisa dipotong satu kali remas bisa dipotong dengan remasan berjenjang. Makanya kalau sudah punya Ratchet Pruning shears anda tidak perlu membeli Anvil shears lagi.

One thought on “Gunting Pangkas Sesuai Kebutuhan

  1. Bank dunia ; Indonesia Status penghasilan Menengah keatas. BANK dunia taunya hanya dari laporan diatas kertas. Kalau memang penghasilan menengah keatas, Saatnya semua subsidi harus di hentikan,semua bansos hentikan. Ngak nyangka Rakyat indonesia jarang yang miskin,Hebat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.