Jamahan Roh Kudus Philip Mantofa?


Image result for jamahan roh kudus philip mantofaSentuhan Philip Mantofa membuat orang rebah namanya sentuhan Roh Kudus. Hembusannya bikin rebah disebut hembusan Roh Kudus. Pukulan jarak jauhnya yang merebahkan adalah pukulan Roh Kudus.

Pertanyaannya adalah: Benarkah Philip Mantofa punya kuasa sentuhan Roh Kudus, hembusan Roh Kudus dan pukulan Roh Kudus? Benarkah orang-orang itu rebah karena dilanda atau dijamah Roh Kudus?

Kesaksian Philip Mantofa

 

Di dalam film berjudul Myanmar for Jesus, di Youtube, Philip Mantofa bersaksi, “Pada tanggal 3 September 2011 di hotel Swissotels Singapura, saya mengalami perjumpaan yang ajaib dengan Tuhan Yesus. Tuhan ijinkan saya menjamah tangan Tuhan yang berlobang paku secara fisik, lalu Ia berkata kepada saya: Pergilah ke Myanmar. Beritakanlah keselamatan besar kepada bangsa yang hidup dalam kegelapan!”

Di dalam film tersebut Philip Mantofa memegang borgol sambil berteriak, “In Jesus name. Satan lets them go!” artinya, “Dalam Nama Yesus. Iblis lepaskan mereka!” Dia lalu membanting borgol dan hadirin pun bergelimpangan rebah.

Karena Iblis sudah dimusnahkan oleh kematian Yesus maka yang dilakukan oleh Philip Mantofa adalah pembohongan publik.

Paulus Orang Yang Terakhir Bertemu Yesus

Dan yang paling akhir dari semuanya Ia menampakkan diri juga kepadaku, sama seperti kepada anak yang lahir sebelum waktunya. 1 Korintus 15:8

Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini: “Jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini,  maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini. Wahyu 22:18

Paulus bersaksi dirinyalah orang yang paling terakhir bertemu dengan Yesus. Artinya, setelah Paulus tidak akan ada lagi orang BARU yang bertemu dengan Yesus. Dari mana Paulus tahu kebenaran demikian? Dari Yesus.

Yohanes bersaksi dialah yang menerima wahyu TERAKHIR dari Yesus. Artinya setelah WAHYU yang disampaikan kepada Yohanes di pulau Patmos, tidak akan ada wahyu baru lagi. Dari mana Yohanes tahu hal demikian? Dari Yesus.

Mungkinkah Paulus dan Yohanes membual? Tidak mungkin! Mungkinkah Yesus plintat-plintut alias menjilat FIRMAN-Nya kepada Paulus dan Yohanes? Mustahil! Itu sebabnya Yesus mustahil menemui Philip Mantofa di Singapura. Makanya kesaksiannya bertemu Yesus adalah bohong. Kesaksiannya menerima WAHYU baru untuk pergi ke Myanmar adalah dusta.

Apa tujuan Philip Mantofa bersaski PALSU bertemu dengan Yesus dan menerima Wahyu baru pergi ke Myanmar? Untuk mencari PUJIAN! Untuk MENYESATKAN umat Kristen.

Tidak Mungkin Menjamah Tangan Yesus

Kesaksian Philip Mantofa menjamah tangan Yesus yang berlobang paku secara fisik adalah TIPU! Kenapa demikian? Karena Yesus bukan Pinokio yang terbuat dari kayu yang lobang pakunya tidak bisa sembuh. Tubuh Yesus adalah DAGING yang luka pakunya berangsur-angsur sembuh seiring berlalunya waktu.

Ketika bertemu Tomas luka Yesus belum sembuh, itu sebabnya Tomas melihat lukanya. Namun, luka Yesus mustahil belum sembuh setelah dua ribu tahun berlalu.

Tomas berguru kepada Yesus selama tiga setengah tahun. Tomas kenal Yesus secara pribadi, itu sebabnya ketika melihat Yesus dia segera mengenalinya tanpa perlu mencucukan jari ke luka Yesus. Dan ketika Yesus menunjukkan luka-lukanya yang belum sembuh, Tomas pun benar-benar terharu.

Bagaimana rupa wajah dan perawakan Yesus? Alkitab tidak mencatatnya. Apa itu gambar Yesus? Gambar Yesus adalah imajinasi para seniman lukis tentang rupa wajah dan perawakan Yesus. Yang dilukis adalah model yang didandani dan disuruh berakting sebagai Yesus. Yang beredar di masyarakat saat ini lebih dari 150 model Yesus.

Philip Mantofa ketemu Yesus versi yang mana? Yesus yang menjumpai Philip Mantofa seperti apa tampangnya? Itulah bukti kesaksian Philip Mantofa bertemua Yesus adalah DUSTA.

Iblis Sudah Dimusnahkan

Karena anak-anak itu adalah anak-anak dari darah dan daging, maka Ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka, supaya oleh kematian-Nya Ia memusnahkan dia, yaitu Iblis, yang berkuasa atas maut;  Ibrani 2:14

Ibrani 2:14 mencatat bahwa Iblis sudah dimusnahkan oleh kematian Yesus. Karena sudah dimusnahkan tidak mungkin Iblis memborgol manusia. Karena sudah musnah tidak mungkin Iblis mendatangi Philip Mantofa di dalam KKR-KKR-nya. Karena tidak ada Iblis yang memborgol makanya tidak ada borgol Iblis. Itu sebabnya LAGAK Philip Mantofa melepaskan borgol Iblis adalah penipuan publik.Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, lagaknya kampungan sekali.

Kalau Yesus memang menemui Philip Mantofa, Dia pasti menyuruhnya untuk berhenti berlagak melepaskan borgol Iblis karena Iblis sudah musnah. Tindakan Philip Mantofa kekeh jumekeh berlagak melepas borgol iblis adalah bukti dia tidak bertemu Yesus.

Penipuan Baptis Roh Kudus

Yohanes menjawab dan berkata kepada semua orang itu: “Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia yang lebih berkuasa dari padaku akan datang dan membuka tali kasut-Nyapun aku tidak layak. Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus dan dengan api. Lukas 3:16

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya. Matius 11:11

Yohanes pembaptis bilang, yang akan membaptis dengan Roh Kudus itu lebih BERKUASA darinya. Philip Mantofa dilahirkan oleh perempuan itu sebabnya dia tidak mungkin lebih besar alias lebih berkuasa dari Yohanes pembaptis. Itu sebabnya Philip Mantofa tidak mungkin orang yang dinubuatkan oleh Yohanes Pembaptis akan membaptis dengan Roh Kudus dan  api.

Itu sebabnya mereka yang mengaku punya karunia membaptis dengan Roh Kudus adalah PENIPU. Makanya lagak kampungan Philip Mantofa melempar-lemparkan Roh Kudus dan menghembuskan Roh Kudus adalah PENIPUAN PUBLIK.

Penipuan Direbahkan Roh Kudus

Ketika seluruh orang banyak itu telah dibaptis dan ketika Yesus juga dibaptis dan sedang berdoa, terbukalah langit dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atas-Nya. Dan terdengarlah suara dari langit: “Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan.” Lukas 3:21

dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada setiap orang dari mereka. Kisah Para Rasul 2:3

Setelah mendapat curahan (baptisan) Roh Kudus, Yesus tidak rebah sama sekali. Ketika mendapat pencurahan (baptisan) Roh Kudus pada hari Pentakosta tidak ada yang rebah sama sekali. Itu sebabnya rebah dengan alasan mendapat curahan Roh Kudus adalah penipuan publik.

Ketika Zakaria dipenuhi Roh Kudus, dia tidak rebah. Ketika Elisabet penuh Roh Kudus, dia tidak rebah. Ketika Yesus penuh Roh Kudus Dia tidak rebah. Ketika Petrus penuh dengan Roh Kudus dia tidak rebah. Ketika Stefanus penuh Roh Kudus dia tidak rebah. Alkitab mencatat bahwa ketika dipenuhi Roh Kudus mereka tidak rebah.

Ada banyak ayat yang mencatat orang-orang tidak rebah namun tidak ada ayat yang mencatat kisah seseorang yang REBAH karena dipenuhi Roh Kudus. Berdasar fakta-fakta demikian maka berlagak dipenuhi Roh kudus lalu rebah adalah Penipuan Publik.

Penipuan Sentuhan Dan Pukulan Roh Kudus

Ia rebah ke tanah (peson) dan kedengaranlah olehnya suatu suara yang berkata kepadanya: “Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya Aku?” Kisah Para Rasul 9:4

Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia. 1 Yohanes 4:4

Para pengkotbah alam roh menggunakan kisah Paulus rebah di jalan ke Damsyk sebagai teladan dan 1 Yohanes 4:4 sebagai alasan kenapa rebah. Menurut mereka, Paulus rebah karena tidak berdaya menghadapi kuasa Roh Kudus. Tentu saja ajaran demikian sesat karena Paulus bertekuk lutut menyembah Yesus bukan rebah dilanda Roh Kudus. Kata Yunani PESON artinya berlutut, bukan rebah terjengkang. Di samping itu, Paulus juga tidak lalu terbaring klojotan.

Kenapa orang-orang Myanmar rebah? Dari rekaman kelihatan jelas bahwa mereka saling bergandengan. Mereka yang memakai kaos seragam adalah panitia. Warna kaos mereka berbeda-beda untuk menandai tempatnya bertugas. Orang-orang Myanmar itu rebah seperti robohnya susunan kartu domino. Rebah bergiliran alias rebah berurutan. Itulah bukti mereka tidak rebah karena jamahan Roh Kudus. Kalau rebah oleh jamahan Roh Kudus pasti rebah bersamaan bukan rebah giliran alias rebah berurutan.

Kenapa terjadi rebah berurutan? Ketika seorang panitia merebahkan diri dia menarik kedua orang yang digandengnya untuk ikut rebah dan merebahi orang di belakangnya. Akibatnya adalah rebah berurutan karena orang yang rebah menarik orang didekatnya untuk rebah. Kenapa rebah? Karena kekuatan sentuhan dan pukulan roh Kudus Philip Mantofa? Mustahil! Bila demikian kenapa? Karena mereka telah disesatkan.

Mereka rebah karena sudah diajari sehingga meyakini barang siapa yang dijamah oleh Roh Kudus harus rebah karena tidak rebah berarti menentang kuasa Roh Kudus atau tidak peka dengan jamahan Roh Kudus. Itu sebabnya mereka segera rebah begitu diberi tahu dirinya sedang dijamah oleh Roh Kudus dengan seruan “Touch!”

Untuk apa Philip Mantofa mengayunkan tangan bahkan sambil berteriak “Touch!”? Untuk memberi tahu hadirin bahwa mereka sedang dijamah oleh Roh Kudus. Apa jadinya bila Philip Mantofa tidak mengayunkan tangan dan tidak berteriak “Touch!”, namun berbisik di dalam hatinya kepada Roh Kudus agar menjamah mereka? Mustahil ada yang rebah! Kenapa demikian? Karena tidak diberitahu dirinya sedang dijamah Roh Kudus.

Philip Mantofa fasih bahasa Jawa dan Roh Kudus mustahil tidak bisa berbahasa Jawa. Bila Philip Mantofa berteriak, “Cekelono!”, bahasa Jawa, artinya “Touch!” sambil mengayunkan tangannya, apakah anggota Jemaat Gereja Mawar Sharon akan rebah? Musahtil! Alih-alih rebah mereka akan  ngakak terbahak-bahak.

Kerabatku sekalian, dijamah Roh Kudus lalu rebah adalah ajaran sesat. Dipenuhi Roh Kudus lalu rebah adalah ajaran sesat. Mendapat curahan Roh Kudus lalu rebah adalah sesat. Itu sebabnya jangan rebah apalagi klojotan karena berlagak dijamah Roh Kudus lagi bro! Kampungan tahu!

NB. Untuk membaca blog-blog hai hai yang lain tentang Philip Mantofa, silahkan Klik di SINI.

802 thoughts on “Jamahan Roh Kudus Philip Mantofa?

  1. Yah ga berani jawab lagi. Hahahahahahahahahahahahaha…
    Kalau memang anda merasa benar dan diijinkan oleh Tuhan untuk mengatakan tentang kebenaran, kenapa anda ga sekalian adain aja seminar terbuka untuk share kan apa yang anda “tahu” tentang alkitab.. Nanti saya datang deh, biar gantian saya yang menggugat.. Haha..

    Di jawab donk pak.. Apa anda sudah merasa terpojok dan kehabisan kata-kata untuk menjawab apa yg saya tanyakan??
    Jika memang begitu berarti sudah saya prediksi bahwa comment anda selanjutnya pasti menghindar lagi , atau bahkan ga d balas?? HAHAHAHAHAHAAHAHAHAHAHAHAHAHA

  2. Wow..luar biasa, fansnya si Pilip banyak ya..sayang rata2 cuman selevel kepala udang, gak punya kemampuan berapologetika..sungguh tipikal org kharismatik yg biasa mengandalkan “bisikan” roh kudus dgn kurabaraba siki bala bala nya…
    Perilakunya yang paling memuakkan adalah sok2an memberkati hai2 dgn bahasa Tuhan Yesus mengasihimu, semoga Yesus mengampunimu sambil memaki bilang hai2 org farisi, sesat, anak iblis dll.

    Wahai org Kristen Lemot, jgn sok2an kek Yesus yang menghardik org farisi dan saduki ya, wkt Yesus menghardik mereka, Yesus berapologetika..kalo punya kemampuan, buktiin aja kalau tulisan hai2 memang salah!! malu2in kekristenan tau!!

  3. Maaf yaa.. Semua orang mempunyai kesempatan untuk dijamah dan mengalami perjumpaan dengan Tuhan. Jika anda benar2 berdoa dan puasa sungguh2 dengan iman yg kuat dan meminta. Tapi hanya jika anda bnr2 punya iman yg kuat. Tolong dengan sangat jangan menghakimi orang lain.. Jika memang pdt Philip tidak membritakan kebenaran maka itu adalah urusan dy dengan Tuhan.. Apa hak anda menghakimi? Jika dy menyampaikan kebohongan, sudah berapa banyak jiwa yang di selamatkan dengan percaya kepada Yesus dengan kebohongan dia? Berapa banyak yg disembuhkan ? Dengan apa yg pak pdt lakukan kita memuliakan Tuhan bukan memuliakan ptd. Dan saya mohon dengan sangat pahamilah Alkitab lebih lagi.. Setiap anda mau baca Alkitab lbh baik berdoa dulu untuk minta hikmat dan akal budi dan bimbingan Roh Kudus. Membaca Alkitab tanpa hikmat bisa menimbulkan kekeliruan dalam memahami mksud dr Firman Tuhan. Kita sma2 belajar.. Terima kasih.. Tuhan berkati..

  4. admin, anda sangat dangkal sekali menggali firman Tuhan, anda sudah menghakimi Hamba Tuhan. semua akan kelihatan dari buah yang dihasilkan, semoga anda bisa lebih memahami arti firman Tuhan dan bukan untuk menghakimi dan menjatuhkan orang lain. thx

  5. bukankah pak philip yang duluan menghakimi orang2 myanmar? katanya mereka penyembah berhala dan iblis?

    sekarang pak philip dihakimi orang lain kok anda ikutan mewek?

    bagaimana dengan pak alex yang dihakimi umatnya sendiri karena terlalu sering berbohong? bagaimana dengan umat gereja mawar.S yang dihakimin oleh tuhan dipesawat airasia itu?

    matius 1:1 janganlah engkau menghakimi kalau engkau tidak ingin dihakimi. Stop fitnah terhadap umat Agama Lain. yang berhak menghakimi Cuman Tuhan Yang Maha Esa. Pendeta dan orang2 kharismatik sok suci tapi sesat itu cuman cecunguk yang merasa berhak menghakimi orang lain…

  6. Waah, kalo mau nipu orang, gak perlu dilakukan oleh Philip Mantofa.
    Gerejanya sudah besar, jemaatnya banyak, dan banyak yg berduit.
    Soal YESUS menampakkan diri, itu pernah dialami oleh seorang pengurus klenteng di Jatim. Kejadiannya waktu di rumah sakit RKZ Malang bbrp th lalu.
    Dan sy sempat mendengar kisahnya langsung dr istri dan putrinya.
    Sejak itu keluarga srmakin mantap mengikut YESUS KRISTUS.

  7. banyak juga Tuh orang Kristen yang akhirnya Jadi Mualaf Islam.

    Banyak juga tuh orang Bule Kristen yang setelah ke Thailand atau Tibet akhirnya menetap dan jadi Biksu.

    jadi relatiflah, berpikirlah yang logis.
    penampakan itu relatif. buah dari pemikiran belaka.

    ada juga yang udah Kristen 30 tahun juga ga pernah melihat ataupun bermimpi Yesus.

  8. Yang dikatakan oleh pak Bengcu mengenai Roh Kudus sangat benar kok. Karena memang membahas yang ayat2 bagian atas agak susah perlu penjelasan dan pendalaman doktrin yang cukup kuat. Jadi saya tidak enak kalau mau menghakimi sesama org Kristen dalam interpretasi nya hanya karena ada sedikit salah interpretasi ayat Alkitab. Yang penting kan pak Bengcu tidak merendahkan Tuhan Yesus atau tidak menghujuat nama Tuhan sembarangan. Malahan pak Bengcu hanya berusaha utk mengabarkan kebenaran yg sesungguhnya menurut Firman Tuhan.. Walaupun tidak sempurna.

    Karena mengenai Wahyu dimana bapak komentar ayat tersebut tidak boleh menambah atau mengurangi itu hanya tentang nubuat wahyu.. Disini memang benar tapi saya mengerti dari pendapat pak bengcu yang maksudnya adalah sangat bahaya utk Philip Mantofa jika dia menambah2 sembarangan kepada Firman Tuhan. Karena peringatan di wahyu menggambarkan bahwa hal tersebut dianggap Tuhan sebagai pelanggaran yg sangat serius. Dan peringatan ini juga berlaku utk seluruh org Kristen skrg dimana kita jangan sembarangan menambah atau mengurangi dari Firman.

    Roh Kudus: ayat2 dan contoh2 dari Alkitab yg diberikan pak Bengkulu sudah sangat jelas dan sangat konkrit.. Terutama poin beliau mengenai tidak ada tokoh Alkitab yg rebah karena direbah Roh Kudus. Dari yang saya sendiri baca dari Kejadian tentang Musa sampai perjanjian baru.. Semua tokoh pada saat bersujud atau terselungkup itu selalu karena sedang menyembah Tuhan.. Suatu tindakan menghormati, menyembah, takluk, bukan karena sedang seperti kesurupan Roh Kudus.

    Paling gampang adalah utk melihat apakah itu Roh Kudus beneran atau bukan, kita tinggal bertanya dan menjawab sejuujur2nya.. Apakah nama Tuhan dipermuliakan dalam hal yg terjadi tsb? Jawaban nya adalah tidak! Nama Tuhan tidak dipermuliakan.. Yang di elu-elukan adalah Philip Mantofa nya sendiri.. Yang selalu dimuliakan oleh jemaat nya adalah pendeta mereka Philip Mantofa.. Bukan Tuhan Yesus sendiri.. Ini sangat jelas dari tindakan2 orang2 yang selalu meng idola kan Philip Mantofa..

  9. Bu Donna.. Menurut saya ibu benar sekali kita tidak boleh menghakimi seorang yg proklamasi sebagai hamba Tuhan karena dia menjabat sebagai Pendeta.. Dan memang benar.. Mungkin tetap ada orang2 yang benr2 mengikuti Yesus karena khotbah dari Mantofa.. Tapi ini bukan berarti Pendetanya ibu itu benar.. Itu hanya karena Tuhan nya ibu yang hebat dan adil. DIA begitu besar IA tidak akan membiarkan umatnya binasa karena dosa oleh satu orang. Seperti yg Paul katakan di Filipi 1:15-18. Philippians 1:15-18 KJV
    Some indeed preach Christ even of envy and strife; and some also of good will: [16] The one preach Christ of contention, not sincerely, supposing to add affliction to my bonds: [17] But the other of love, knowing that I am set for the defence of the gospel. [18] What then? notwithstanding, every way, whether in pretence, or in truth, Christ is preached; and I therein do rejoice, yea, and will rejoice.

    Jadi ibu benar memang itu urusan nya Mantofa dengan Tuhan. Tapi bukan berarti dia tidak bersalah. Dan bukan berarti dia tidak membawa banyak jiwa juga utk tidak mengikuti Tuhan Yesus dengan sebenar2nya. Mungkin Bu Donna berbeda karena ibu punya hati utk benar2 mencintai Yesus. Tapi itu bukan karena Pendeta ibu. Melainkan karena Roh Kudus yg hidup dalam hatinya ibu. Tapi itu kan Bu Donna… Bagaimana dengan jemaat lainnya? Bagaimana dengan jemaat2 yang lebih lemah secara spiritual? Bagaimana d3ngan orang2 yang tidak pernah membaca Alkitab dalam sehari2nya? Inilah yang saya maksud kenapa Mantofa itu tidak sehrusnya seperti ini.

    Setan jaman sekarang pintar bu. Dia tidak hanya membuat org menjadi anti Kristen atau anti Yesus. Setan akan berusaha keras selalu utk membuat umat2 Yesus.. Yang sudah menerima Tuhan Yesus.. Utk hanya sekedar menjadi Kristen ktp. Menjadi org2 Kristen yang tidak memuliakan Yesus dalam hidup pribadi mereka. Menjadi org2 Kristen yang hambar di dalam dunia ini. Org2 Kristen yang istilah nya Losers. Menjadi org2 Kristen yang tidak memiliki sukacita, yang dicemooh oleh org Dunia, yg tidak hidup dengan kepercayaan, harapan, ketenangan, sukacita dalam Yesus. Dan maaf sekali.. Menurut saya Mantofa kontribusi dalam hal ini.

    Tapi jangan kesal… Karena Tuhan Allah Bapa di Surga yang maha Kuasa, maha Tau, baik, begitu setia.. Tidak akan membiarkan orang2 yang hatinya sungguh2 mencari Dia.. Sungguh2 mau hidup utk Nya.. Allah Bapa tidak akan pernah meninggalkan mereka 🙂

  10. Shallom..
    Maaf setelah saya baca artikel & comment2 yg ada, saya cm mau mengingatkan bahwa ajaran kristen adl untuk saling mengasihi, krna Tuhan sendiri adalah kasih..
    So, entah artikel ini benar atau tidak (menurut saya pribadi si saya tdk) lbh baik kalau tdk perlu menghakimi org lain, entah itu pdt philip / yg nulis artikelnya..
    Stiap org pnya persepsi sendiri2, tdk perlu memaksakan kpd org lain.
    Lagipula Tuhan itu terlaluuuu besarrrr utk kita bisa pahami. Dia pnya seribu cara bahkan lebih untuk menyelamatkan jiwa2 yg terhilang utk bisa diselamatkan & kalau KKR pdt philip bisa menyelamatkan byk jiwa untuk Yesus..why not?
    Kalau pun MISALNYA beliau menipu, itu bukan hak kita utk menghakimi.. Bukankah pembalasan itu hak nya Tuhan? Lalu bagaimana kalau trnyata beliau benar2 disuru olh Tuhan ke myanmar, bukankah kita yg menghakimi malah jdi yg salah..

    Saya pribadi mmg blm pernah bertemu scra pribadi dgn Tuhan Yesus, tp saya sering mengalami Dia melalui byk cara.
    Teman saya seorang yg tadinya dr agama sebrang pun justru prnah mimpi bertemu dgn Yesus & sejak itu dia bertobat & terima Yesus..

    Kedatangan Tuhan sudah semakin dekat, bukankah lebih baik kalau gereja2 Tuhan bersatu untuk menyelamatkan jiwa2 yang masih terhilang..bukan malah saling menghakimi & membuat perpecahan.

    terima kasih.. Gbu

Leave a Reply to John

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.